Stadion Maguwoharjo, Mini San Siro Milan Italia ala Yogyakarta

Sepak bola sudah menjadi olahraga rakyat. Hampir semua kota besar memiliki setidaknya satu stadion sepak bola. Tak terkecuali dengan Yogyakarta. Daerah istimewa ini bahkan memiliki tujuh stadion sepak bola yang masih aktif digunakan hingga sekarang. Salah satu yang terbesar bahkan bertaraf internasional adalah Stadion Maguwoharjo.

Stadion sepak bola yang kerap disingkat MAGIS (Maguwoharjo International Stadium) ini umurnyanya sudah 16 tahun. Dan telah menjadi saksi beberapa event pertandingan sepak bola besar.

Stadion Maguwoharjo merupakan salah satu fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Salah satu tujuannya adalah sebagai markas dari Super Elang Jawa, Perserikatan Sepak Bola Sleman (PSS).

Bagi sebuah klub sepak bola, memiliki stadion sebagai markas adalah hal yang membanggakan. Terlebih bila stadion tersebut berkualitas dan bertaraf internasional, mulai dari desainnya, rumput, fasilitas, serta kapasitasnya. Berikut info lengkap mengapa Stadion Maguwoharjo memang layak dibanggakan masyarakat Yogyakarta.

Pengelolaannya diurus oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Stadion ini jaraknya kurang lebih 11 km dari kawasan Malioboro. Tertarik mau punya rumah di Sleman, Yogyakarta? Cek pilihan rumahnya di sini!

Pembangunan Stadion Maguwoharjo

Sempat rusak cukup parah karena gempa bumi dahsyat yang melanda Yogyakarta. (Foto: Jogjasuper.co.id)

Sempat rusak cukup parah karena gempa bumi dahsyat yang melanda Yogyakarta.

Bisa dibilang Stadion Maguwoharjo merupakan penuaian janji dari Ketua Umum PSS Sleman, Drs. Ibnu Subianto, pada akhir tahun 1999. Ibnu yang saat itu juga menjabat sebagai Bupati Sleman berjanji kepada para pemain PSS Sleman akan membuatkan stadion bertaraf internasional jika berhasil tembus Divisi Utama.

PSS Sleman yang saat itu masih ada di Divisi I akhirnya mampu mencapai kasta tertinggi sepak bola Indonesia, yaitu Divisi Utama, pada musim 1999/2000. Janji pun berusaha ditepati, namun sayang ada beberapa masalah yang membuat pembangunannya tertunda.

BACA JUGA :  9 Contoh Surat Kuasa Lengkap dengan Cara Membuatnya

Akhirnya baru pada tahun 2005 dimulailah pembangunan Stadion Maguwoharjo. Jalan Kepuhsari, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dipilih menjadi lokasi stadion tersebut. Letak stadion ini sekitar 11 kilometer dari pusat Malioboro, Yogyakarta.

Stadion dengan luas 25 hektare ini mengadopsi konsep Stadion San Siro di Milan, Italia. Stadion ini memiliki empat menara di setiap sudut atau penjurunya dan dilengkapi dengan tangga memutar. Stadion ini seperti stadion di Eropa, di mana tidak disediakan lintasan atletik.

Sebenarnya stadion ini sudah selesai dibangun pada tahun 2006. Sayangnya gempa besar yang melanda daerah Yogyakarta pada 27 Mei 2006 turut menghancurkan Stadion Maguwoharjo. Kerusakannnya cukup berat. Dana untuk pemasangan lampu pun ditunda karena dialihkan untuk penanganan gempa bumi.

Barulah pada tahun 2007 Stadion Maguwoharjo direnovasi. Akhirnya setelah menghabiskan dana sekitar Rp100 miliar, stadion ini selesai dibangun. Stadion ini memiliki empat bangunan utama.

Keempat bangunan tersebut adalah Sayap Barat dengan 5 lantai, Sayap Timur memiliki 4 lantai, Sayap Utara dan Selatan masing-masing terdiri dari 3 lantai. Sedangkan lampu stadion baru terealisasi pada awal tahun 2013. Sebanyak 72 lampu dipasang pada sisi Timur dan Barat stadion.

Beberapa renovasi minor juga dilakukan beberapa kali setelah itu. Seperti perbaikan rumput dengan melakukan pemupukan dan pemotongan rumput sampai habis pada tahun 2019 menjelang Piala Presiden. Lalu pada awal tahun 2020 kursi bench untuk pemain dan official diganti menjadi merah hitam dari yang sebelumnya merah biru.

Fasilitas Stadion Maguwoharjo

Fasilitas Stadion Maguwoharjo lengkap dan berkualitas. (Foto: Bola.com)

Fasilitas Stadion Maguwoharjo lengkap dan berkualitas.

Memang sudah selayaknya Stadion Maguwoharjo disebut bertaraf internasional. Fasilitas di stadion ini lengkap dan bukan kaleng-kaleng, baik di dalam maupun di luar stadion. Stadion ini bahkan menyediakan mess untuk para pemain. Ada pula fasilitas yang disewakan. Berikut beberapa fasilitasnya.

BACA JUGA :  Penampilan The Avenger Dari Masa Ke Masa

Fasilitas dalam stadion

  • 2 ruang ganti pemain yang terdiri dari 26 loker.
  • 2 set bench pemain dengan kursi seperti mobil.
  • Ruang perlengkapan.
  • 8 toilet (keseluruhannya berjumlah 40 kamar toilet dan 24 wastafel).
  • 6 ruang pembelian tiket.
  • 3 mushola.
  • Gudang penyimpanan.
  • Ruang konferensi pers.
  • Ruang kesehatan atau P3K yang dilengkapi dengan kamar mandi.
  • Ruang wasit.
  • Ruang pengawas pertandingan. Sebelumnya ruang wasit dan pengawas pertandingan menyatu.
  • 2 ruang administrasi.
  • Papan skor elektronik.
  • Aula stadion.
  • Lobi VIP.
  • Ruko-ruko atau ruang kantor.

Di luar stadion

  • Tempat parkir yang cukup luas.
  • Ruangan khusus yang disediakan untuk acara atau kegiatan.
  • Area motorcross.

Beberapa fasilitas di stadion ini juga disewakan, seperti untuk bermain gokart, roadrace, dragbike, sepatu roda, motorcross, juga lapangan. Lokasinya biasanya di area parkir sayap timur dan sayap barat.

Kapasitas Stadion Maguwoharjo

Dengan empat tribun, Stadion Maguwoharjo mampu menampung puluhan ribu orang. (Foto: Okezone.com)

Dengan empat tribun, stadion di Yogyakart ini mampu menampung puluhan ribu orang.

Stadion Maguwoharjo memiliki empat buah tribun di setiap sisi dengan warna masing-masing. Tribun biru untuk pengunjung VIP dan VVIP, tribun merah ada pada bagian timur, tribun hijau ada pada bagian utara, dan tribun kuning ada di Selatan.

Dengan demikian, kapasitas keseluruhan tribun adalah 40 ribu penonton. Kursi penonton dibuat memanjang sehingga bisa menampung secara maksimal. Namun ada pula yang berdiri. Diperkirakan, maksimal pengunjung yang duduk adalah 20.000 orang, sedangkan penonton berdiri bisa mencapai 32.000 orang.

Lampu dengan kekuatan 1.200 luks atau sebanyak 144 buah siap memberikan pencahayaan yang memadai bagi penonton. Rumput lapangan yang digunakan pun merupakan standar internasional, yaitu zoysia matrelia linmer, yang diimpor langsung dari Italia.

Untuk tiket masuk, harga tiket masuk Stadion Maguwoharjo hampir sama dengan stadion lain. Untuk pertandingan biasa misalnya, harga tiket untuk tribun kuning dan hijau adalah Rp 50.000. Sedangkan harga tiket untuk tribun biru bagian bawah adalah Rp 100.000.

BACA JUGA :  Cara Penanganan Virus Corona Menurut Para Ahli

Event Bergengsi dan Berkelas Internasional di Stadion Maguwoharjo

Berbagai event bergengsi pernah digelar di Stadion Maguwoharjo. (Foto: olahraganesia.id)

Berbagai event bergengsi pernah digelar di stadion ini.

Stadion Maguwoharjo saat ini memang digunakan sebagian besar untuk acara olahraga. Namun sesekali beberapa acara musik, seperti konser, juga digelar di sana. Memang tidak sebesar Standion Gelora Bung Karno, namun konser tersebut mendapat sambutan cukup hangat.

Beberapa event bergengsi atau berskala internasional yang pernah digelar di Stadion Maguwoharjo antara lain:

Event olahraga

  • Piala AFF U-16 tahun 2022.
  • Pertandingan sepak bola U-23, Indonesia Vs Brunei Darussalam, tahun 2013.
  • Pertandingan sepak bola U-23, Indonesia Vs Timor Leste, tahun 2013.
  • Pertandingan sepak bola U-19, Indonesia Vs Yaman, tahun 2014.
  • Seri kedua Archilles Motorsport Festival, tahun 2016. Yaitu event drifting tahunan terbesar di Indonesia.

Event non-olahraga

  • Konser Helloween, grup musik power metal dari Jerman, tahun 2015.
  • Konser London Booze & Glory, 14 Januari 2023. Mereka adalah band street punk asal Inggris.
  • Konser pembukaan roadshow Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS), April 2023.

Ke depannya, Pemkab Sleman berharap Stadion Maguwoharjo dapat seperti Stadion Gelora Bung Karno. Selain sebagai tempat olahraga juga menjadi tempat untuk rekreasi atau berkaitan dengan bisnis.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com