Perilaku Konsumen Cerdas, Bijak Menggunakan Kartu Kredit

By | November 25, 2018

Lapakfjbku.com – Di era modern dimana zaman berubah menjadi serba digital seperti sekarang ini, perilaku konsumen dalam bertransaksi sudah banyak berubah. Jika zaman dulu perilaku konsumen dalam bertransaksi mulai menggunakan sistem barter, hingga menggunakan alat berupa uang, sekarang ini perilaku konsumen mulai berubah ke dalam sistem cashless. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Perilaku Konsumen Cerdas Yang Selalu Bijak Menggunakan Kartu Kreditnya

Saya adalah salah satunya, sebagai seorang konsumen yang sering menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. Mulai dari pembayaran tiket pesawat, beli buku, hingga hal sederhana seperti beli kopi di starbucks. Lha? kenapa kok gak dibayar memakai cash saja? Begini, pertama, saya memang tidak terlalu suka membawa uang cash terlalu banyak. Membawa uang cash terlalu banyak akan lebih berbahaya, jika uang cash tadi hilang, kita tidak akan bisa berbuat apa – apa. Sedangkan dengan sistem cashless (dengan kartu kredit, atau kartu debit) kita masih bisa mengurus kartu yang hilang di bank. *tapi bukan alasan untuk ceroboh dengan sering menghilangkan kartu! bukan perilaku konsumen cerdas itu namanya :D*

Perilaku Konsumen Cerdas, Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Perilaku Konsumen Cerdas, Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Bijak Dalam Berbelanja

Alasan yang kedua, kartu kredit sering memberikan promo, terutama buat saya yang doyan traveling. Percaya enggak saya sering dapet tiket promo setengah harga, tapi cuma bisa dibayar dengan kartu kredit. Malah yang terakhir saya dapet tiket promo garuda indonesia ke jepang dengan setengah harga (dari sekitar 10 jt, jadi 4 juta-an), hingga mimpi saya untuk bertemu samurai dan doraemon pun semakin dekat :D. Lah, enggak takut kena bunga berlipat – lipat? Ingat, Kartu Kredit Bukan Alat Hutang! Tetapi sebagai pengganti alat pembayaran saja loh! Selalu rencanakan keuangan anda jika menggunakan  kartu kredit sebagai alat pembayaran, dan kalau bisa, selalu bayar lunas tagihan kartu kredit anda untuk menghindari bunga nantinya. Toh, kita cuma ngincer diskonnya saja kan :D. Selalu bayar lunas kartu kredit, juga merupakan perilaku konsumen cerdas loh!

Perilaku Konsumen Cerdas : Ada Diskon Kartu Kredit, Tidak Mesti Gila Belanja!

Memang sebelumnya saya sempat bilang, kalau hal yang paling menguntungkan ketika mempunyai kartu kredit adalah dengan memanfatkan fasilitas diskonnya. Yah, tapi bukan berarti kita bisa seenaknya ber – perilaku konsumen yang konsumtif dong? “Asal ada diskon, mari puas – puasin belanja!” Kalau sudah begitu, siapkan jantung anda untuk bayar tagihan di belakang, jangan sampai kena serangan jantung deh.

Sayangnya perilaku konsumen ketika sudah memegang kartu kredit pasti cenderung konsumtif. Well, saya juga kadang begitu sih, tetapi selalu berusaha untuk mengurangi perilaku konsumen konsumtif tadi. Caranya gampang, selalu pikirkan apakah ketika membeli dengan menggunakan kartu kredit, kedepannya bermanfaat. Selain itu, apakah keuangan anda kuat untuk membayar tagihan si kartu kredit tadi. Nah! Ketika perilaku konsumen jaman sekarang memilih kartu kredit menjadi salah satu pilihan pembayaran, sebagai konsumen cerdas harus bisa bijak dalam menggunakannya. Semoga sedikit tulisan tentang “Perilaku Konsumen Cerdas, Bijak Menggunakan Kartu Kredit” ini berguna buat semua :D

Baca Juga Tulisan menarik Lainnya

Comments

comments