Perkembangan Eksponensial Covid-19 By Made Supriatma

Ekonom Dr. Haryo Aswicahyono memberikan grafik pertumbuhan kasus positif dari penularan virus Corona di Indonesia. Terus terang, grafik perkembangannya sangat mengkhawatirkan. Saya tidak mengatakan ini untuk menakut-nakuti. Namun untuk meminta perhatian dan kewaspadaan kita semua. Penyebaran virus Corona ini adalah sesuatu yang sangat serius.

Dr. Haryo mengutip juru bicara tim penanggulangan kasus Corona. Perkembangan kasus positif terjadi secara eksponensial. Pada 6 Maret 2020, kita hanya punya dua kasus positif. Pada 17 Maret sudah ada 172 kasus positif. Pertumbuhannya 56,1 %/hari. Dan jumlah kasus berlipat dua setiap 1,2 hari.

Dari dialog di laman beliau juga terungkap sinyalemen seorang ekonom lain, Dr. Arya Gaduh. Karena ketersediaan alat tes yang tidak merata maka ada kemungkinan ada semacam underestimation bias. Artinya, jumlah yang kasus Covid-19 yang sebenarnya bisa jadi lebih tinggi dari jumlah yang diketahui.

Kalau dilihat dalam grafik, angka pergerakan Indonesia sangat mirip dengan Iran. Seperti diketahui, Iran memiliki 16 ribu lebih kasus dengan jumlah kematian mendekati seribu. Angka ini bertambah secara eksponensial.

Perkembangan Eksponensial Covid-19 By Made Supriatma

Sekali lagi, proyeksi ini sebenarnya amat mengkhawatirkan. Hari ini saya berbincang dengan seorang peneliti. Dia memberikan pertanyaan sulit untuk dijawab: Mampukah sistem kesehatan Indonesia bertahan menghadapi gempuran ini? Penularan akan terjadi sangat cepat dan dalam kelipatan yang makin besar. Tidak banyak waktu tersedia.

Belum lagi sistem ekonomi kita. Ekonomi China berkontraksi dengan sangat hebat. Tidak pernah sejak tahun 1976, ketika China memulai reformasi ekonominya, negara ini mengalami kontraksi sedemikian besar.

Amerika juga mengalami hal yang sama. Hari ini, pemerintahan Trump mengusulkan untuk memberikan stimulus sebesar hampir 1 trilyun untuk menggerakkan ekonomi yang dihantam oleh virus ini. Amerika seolah-olah macet. Semua komponen ekonomi tidak bergerak.

BACA JUGA :  Cara Beli Tiket Pesawat Air Asia Online Atau Offline

Perkembangan Eksponensial Covid-19 By Made Supriatma

Hal yang sama juga terjadi di Eropa, Asia Timur, Australia, dan hampir di seluruh belahan dunia.

Pagebluk atau wabah akan diikuti oleh konflik sosial, kalau tidak peperangan besar. Itulah yang kita pelajari dari sejarah. Para penguasa penguasa akan tumbang. Batas negara berubah. Dan antagonisme akan semakin memuncak.

Tapi itu masih jauh. Saya hanya bisa mengharap kewaspadaan. Virus ini tidak terlihat. Namun dia sangat menular. Untuk mengerti kedahsyatannya, lihatlah keluar Indonesia. Semua kekuatan-kekuatan besar berhenti karenanya. Kota-kota Metropolitan menjadi sepi. Pertunjukan dihentikan. Sekolah dan universitas diliburkan. Pertandingan olahraga ditiadakan. Kehidupan malam lenyap. Hotel, restoran, airport, semuanya kosong.

Kita memang tidak perlu takut. Namun kita harus bersiap menghadapi kemungkinan paling buruk. Tidak lupa pula, kita memikirkan bagaimana menolong saudari dan saudara kita yang paling lemah dan paling rentan.

(sumber)

Comments

comments