10 Rumah Subsidi Medan Di 2024, Jangan Sampai Kehabisan!

Kehadiran rumah subsidi Medan menjadi oase bagi orang-orang yang sudah sejak lama bermimpi untuk memiliki rumah. Program rumah bersubsidi yang digulirkan oleh pemerintah nampaknya disambut antusias oleh masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah.

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Ditopang oleh Pelabuhan Belawan dan Bandara Internasional Kualanamu, ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. Tak heran bila banyak yang melirik Medan sebagai tempat mencari nafkah sekaligus bertempat tinggal.

Sebagai kawasan sunrise property, banyak kawasan hunian yang tumbuh di Medan. di antara sekian banyak kawasan perumahan, rumah subsidi Medan menjadi salah satu yang diburu oleh masyarakat. Ya, rumah subsidi merupakan jembatan untuk bisa punya rumah di kota besar dengan harga terjangkau yang didukung infrastruktur dan fasilitas terbaik.

Sebagai kota metropolitan, ada sejumlah alasan mengapa Medan sangat cocok dijadikan tujuan tempat tinggal yang sangat nyaman:

  • Adanya Bandara Internasional Kualanamu yang akan mempermudah perjalanan di dalam dan luar negeri. Bandara ini merupakan bandara terbesar ketiga di Indonesia, setelah Soekarno–Hatta Jakarta dan bandara baru Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.
  • Adanya integrasi antara bandara dengan jalur kereta api. Jelas hal ini membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan infrastruktur yang menopang sistem transportasi publik di Medan.
  • Terdapat jalan tol yang memudahkan mobilitas masyarakat. Ada jalan Tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa yang disingkat jadi Jalan Tol Belmera. Jalan tol yang membentang sepanjang 34 kilometer ini menghubungkan Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa. Belum lagi dukungan jalan tol Medan – Binjai serta jalan tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.
  • Memiliki fasilitas pendidikan yang mumpuni mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Anda dengan mudah dapat menemukan sekolah dan kampus ternama yang tersebar cukup merata di wilayah Medan.
  • Seperti halnya kota-kota besar lain, Medan pun disesaki dengan pusat perbelanjaan modern yang megah dan lengkap. Warga Medan tidak perlu repot-repot untuk memenuhi kebutuhan dan sekadar mencari tempat tongkrongan.
  • Terdapat banyak destinasi wisata, termasuk wisata kuliner dan spot-spot kekinian yang memanjakan warga maupun wisatawan yang tengah bertandang ke Medan.

Rumah subsidi Medan merupakan jawaban dari program rumah bersubsidi yang digulirkan pemerintah. Di samping sebagai tempat tinggal yang nyaman, rumah bersubsidi memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

Karena sasaran utama rumah bersubsidi adalah MBR, maka rumah ini boleh dibilang sangat terjangkau. Rumah subsidi Medan misalnya, bisa diperoleh dengan harga di bawah 200 juta rupiah.

  • Didukung developer tepercaya

Para pengembang yang membangun rumah subsidi telah memiliki lisensi dan terdaftar resmi di beberapa asosiasi pengembang, seperti APERSI dan REI. Dengan begitu sangat kecil kemungkinan adanya developer nakal.

Rumah bersubsidi biasanya berlokasi dekat dengan kawasan industri serta didukung akses transportasi umum yang memudahkan mobilitas para penghuninya.

Program rumah bersubsidi telah diatur dengan baik sehingga tidak ada sistem rumah inden. Para calon pembeli bisa mengecek langsung kondisi rumah ke lokasi untuk memastikan ketersediannya dan mengecek langsung bangunan beserta fasilitasnya.

Karena bertujuan untuk kesejahteraan warga negara, rumah bersubsidi bisa dimiliki dengan persyaratan yang cukup mudah. Apabila semua syarat telah terpenuhi, calon pemiliki tinggal memilih bank penyalur KPR.

Yuk kita cek 10 rumah subsidi Medan yang memiliki berbagai keunggulan layaknya rumah real estate. Siapa tahu ini yang menjadi incaran Anda!

Perumahan Tamora Residence

1. Rumah subsidi Medan- Tamora Residence

Harga rumah subsidi Medang memang murah, tapi bangunan dan fasilitas kawasan huniannya tidaklah murahan.

BACA JUGA :  Pengertian Drainase, Fungsi, Jenis, Hingga Contohnya

Perumahan Tamora Residence dibangun oleh PT Titech Karya Perdana, terletak di Jl. Ujung Serdang – Jl. Patumbak IV, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Kawasan rumah subsidi Medan yang satu ini berada di wilayah yang cukup strategis, dengan akses melalui Jl. Perjuangan Patumbak Amplas Medan – Sinembah, Tanjung Morawa.

Meski berstatus rumah subsidi, kompleks perumahan Tamora Residence memiliki desain bangunan rumah yang menarik. Ditambah lagi dengan fasilitas di dalam kompleks yang cukup memadai, seperti masjid dan kolam renang, Anda layaknya tinggal di perumahan komersil.

Tidak hanya itu, rumah subsidi Medan ini juga dilengkapi dengan jogging track, sarana olahraga, dan taman bermain untuk anak. Dengan beragam fasilitas yang menyenangkan tersebut, para penghuni kompleks rasanya cukup terhibur.

Namun begitu, bukan berarti kawasan hunian Tamora Residence jauh dari fasilitas umum yang melayani kebutuhan dasar, seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Di perumahan ini, Anda cukup mudah untuk menjangkau semua fasilitas dasar tersebut.

Perumahan Green View Sunggal

2. Rumah Subsidi Medan- Green View Sunggal

Lokasi dekat dengan pusat Kota Medan, bentuk bangunan cantik, dan lingkungan yang nyaman. Rumah subsidi Medan ini layaknya kompleks real estate.

Lokasi rumah subsidi Medan yang satu ini terbilang istimewa. Pasalnya, perumahan Green View Sunggal terletak cukup dekat dari jantung Kota Medan. Dari kompleks ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk sampai ke Kota Medan. Sangat strategis, bukan?

Mengusung konsep minimalis modern dengan bangunan yang cantik lagi menarik, Green View Sunggal layak menjadi rumah idaman Anda. Yang menarik, Gerbang Tol Sei Semayang bisa diakses cukup dalam waktu sekitar 10 menit saja. Sementara dengan Bandara Internasional Kualanamu, hanya berjarak sekitar 60 menit saja.

Rumah subsidi Medan yang dibangun oleh PT Dafaland Bintang Graha ini cukup dekat dengan dua pusat perbelanjaan modern, Binjai Supermall (12 menit) dan Manhattan Times Square (24 menit). Tidak heran jika perumahan Green View Sunggal banyak dilirik untuk tempat tinggal sekaligus investasi.

Selain apa yang sudah disebutkan di atas, jika Anda tinggal di Green View Sunggal maka Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai fasilitas umum, antara lain:

  • Stasiun Binjai (15 menit)
  • RS Latersia (8 menit)
  • RS Bunda Thamrin (32 menit)
  • SMPN 1 Sunggal (8 menit)
  • Tjut Nyak Dhien University (28 menit)

Kalau Anda tertarik dengan rumah subsidi Medan yang satu ini, langsung saja ke Jl. Paya Bakung Medan Binjai, Kelurahan Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Anda bisa survei dan menimbang dulu sebelum memutuskan!

Perumahan Subsidi Delitua

3. Rumah Subsidi Medan- Perumahan Subsidi Delitua

Rumah subsidi dengan desain menarik dan lingkungan asri nan hijau di wilayah Delitua, Deli Serdang.

Perumahan Subsidi Delitua adalah rumah subsidi Medan yang terletak di wilayah yang masih asri dan sejuk dengan didukung beberapa fasilitas di sekitarnya. Perumahan subsidi dengan suku bunga rendah dan cicilan yang terjangkau ini tergolong ramah lingkungan dan dikeliling area penghijauan yang alami, serta bebas polusi dan jauh dari kebisingan.

Berlokasi di Jl. Rampah Delitua, Delitua, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Perumahan Subsidi Delitua sangat cocok bagi pasangan muda yang tidak sekadar punya tempat tinggal, tapi juga berinvestasi. Pasalnya, kawasan ini diprediksi akan memiliki nilai pertumbuhan yang menjanjikan di masa depan.

Jika tinggal di sini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas penunjang kebutuhan. Ya, di dekat perumahan subsidi Medan ini terdapat RS Sembiring yang menjadi lembaga layanan kesehatan andalan. Selain itu, sekolah-sekolah juga cukup lengkap, mulai dari tingkat terendah hingga sekolah menengah atas (SMA).

Di dekat Perumahan Subsidi Delitua juga terdapat markas Yon Armed Delitua yang seperti memberi keamanan ekstra bagi masyarakat. Dan untuk belanja kebutuhan sehari-hari, Anda bisa mengunjungi Pasar Delitua yang cukup lengkap.

BACA JUGA :  5 Rumah Adat Sulawesi Selatan, Wajib Tahu

Perumahan Subsidi Tembung

4. Rumah Subsidi Medan- Perumahan Subsidi Tembung

Perumahan subsidi Tembung dipasarkan dengan harga sangat terjangkau. Cicilan rumah subsidi Medan ini hanya 1 jutaan.

Perumahan Subsidi Tembung terletak di Jl. Tembung Medan, Medan Tembung, Medan, Sumatera Utara. Rumah subsidi Medan yang satu ini memiliki lokasi yang bagus sekali. Dengan kawasan yang masih sejuk dan asri serta jauh dari polusi udara, Perumahan Subsidi Tembung cukup dekat dengan akses Pintu Tol Letda Sujono dan dan Pintul Toll H. Anif.

Selain terdapat layanan kesehatan, seperti klinik, para penghuni Perumahan Subsidi Tembung ini juga bisa mengakses RS Haji dengan layanan pengobatan yang lebih lengkap lagi.

Sementara untuk fasilitas pendidikan cukup dekat dengan beberapa sekolah. Untuk perguruan tinggi, berikut daftar universitas terdekat dari rumah subsidi Medan yang satu ini:

  • Univesitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Universitas Negeri Medan
  • STIP-AP

Perumahan Subsidi Patumbak Amplas

5. Rumah Subsidi Medan- Perumahan Subsidi Patumbak Amplas

Bangunannya cantik menarik, harga terjangkau, dan fasilitas perumahan dilengkapi kolam renang yang pasti sangat memanjakan penghuninya.

Kompleks rumah subsidi Medan bernama Perumahan Subsidi Patumbak Amplas disebut-sebut sebagai rumah yang diincar oleh banyak orang. Pasalnya, kawasan perumahan yang berlokasi di Jl. Patumbak Amplas, Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara ini memiliki fasilitas kolam renang.

Tentu saja kolam renang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghuni perumahan ini. Bayangkan saja, rumah dengan harga yang dibanderol begitu murah dan cicilan ringan, tapi memiliki fasilitas sekelas perumahan real estate. Belum lagi ditambah fasilitas lainnya, seperti tempat ibadah, arena bermain anak, dan lain sebagainya.

Di samping menjadi tempat tinggal yang nyaman, rumah subsidi Medan yang satu ini juga cocok dijadikan investasi. Dengan kawasan yang masih terus berkembang, maka nilainya akan makin meningkat di masa mendatang.

Rumah Subsidi Batang Kuis

6. Rumah Subsidi Medan- Rumah Subsidi Batang Kuis

Sangat dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu menjadi nilai lebih perumahan subsidi Batang Kuis.

Rumah subsidi Medan kali ini berada di Kecamatan Batang Kuis. Dikenal dengan istilah Rumah Subsidi Batang Kuis, kawasan hunian yang belakangan menjadi buah bibir karena lokasinya yang sangat strategis.

Batang Kuis merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara yang berkembang sangat pesat. Infrastruktur jalan sudah memadai dan memiliki akses yang cukup strategis. Batang Kuis terus berbenah diri untuk menjadi Gapura (Gerbang dan Pintu Utama Menuju Bandara).

Ya, Batang Kuis memang bersebelahan dengan Bandara Internasional Udara Kualanamu. Tak heran jika posisi Batang Kuis menjadi pintu gerbang bagi mereka yang hendak mengakses salah satu bandara terbesar di Indonesia ini. Batang Kuis kemudian berkembang menjadi kawasan yang salah satunya berisi kawasan hunian, salah satunya kawasan perumahan bersubsidi.

Karena lokasinya berdekatan dengan bandara internasional, Rumah Subsidi Batang Kuis tentunya mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tidak hanya akses yang mudah, rumah subsidi Medan yang satu ini juga dekat dengan fasilitas umum, seperti:

  • Pusat kota Kecamatan Batang Kuis
  • Klinik kesehatan/balai pengobatan
  • Sekolah/perguruan tinggi negeri dan swasta
  • Pasar tradisional dan minimarket modern
  • Tempat hiburan Bima Utomo Waterpark Internasional

Pesona Sukaraya City

7. Rumah Subsidi Medan- Pesona Sukaraya City

Rumah subsidi Medan yang satu ini mungkin yang Anda cari. Lokasi strategis, desain bangunan menarik, lingkungan terjamin, dan harga yang terjangkau adalah sederet keunggulan dari Pesona Sukaraya City.

Satu lagi rumah subsidi Medan yang tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan tempat tinggal, tapi juga mendukung rutinitas harian setiap anggota keluarga, yakni Pesona Sukaraya City.

Di kompleks perumahan yang beralamat di Jl. Rampah Dua, Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara ini, Anda akan memperoleh hunian yang bermutu, akses yang mudah, lingkungan nyaman, serta harga yang terjangkau.

Tidak sulit untuk menjangkau perumahan yang dibangun oleh PT Angkasa Indah Engineering ini karena bisa ditempuh dalam waktu kira-kira 18 menit dari simpang Pemda Setia Budi. Sementara kalau Anda datang dari simpang ringroad/Ngumban Surbakti, sekitar 20 menit sudah tiba di perumahan Pesona Sukaraya City.

BACA JUGA :  7 Macam Dinding Roster, Plus Minus, dan Harga Terbarunya

Fasilitas umum, semisal layanan kesehatan, sekolah, pasar, institusi pemerintahan, dan lain sebagainya, bisa digapai dalam waktu kurang dari 60 menit. Kampus USU misalnya, hanya berjarak sekitar 30 menit. Ditambah lagi fasilitas di dalam kawasan, tentu menjadi keunggulan rumah subsidi Medan yang satu ini.

Wonosari Asri Residence

8. Rumah Subsidi Medan- Wonosari Asri Residence

Wonosari Asri Residence, rumah subsidi Medan dengan spesifikasi rumah komersial.

Wonosari Asri Residence merupakan rumah subsidi Medan yang menjanjikan sejumlah keuntungan bagi para penghuninya. Lingkungan perumahan diciptakan dengan kesan nuansa alam yang menghadirkan kenyamanan. Selain itu, hunian ini terbilang menguntungkan karena berada di area bebas banjir, fasilitas umum yang lengkap, serta akses mudah menuju pusat kota.

Kawasan Wonosari Asri Residence terbilang dekat dengan akses jalan tol, yakni Tol Tanjung Morawa yang membutuhkan waktu tempuh 10 menit. Untuk Anda sering mengakses Bandara Internasional Kualanamu, dari perumahan ini bisa digapai dalam waktu 20 menit. Sementara jika Anda ingin bepergian ke pusat Kota Medan, dalam 25 menit Anda sudah bisa tiba di sana.

Yang lebih menguntungkan lagi, rumah subsidi yang berlokasi di Jl. Wonosari, Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara yang satu ini dikelilingi oleh fasilitas umum yang relatif mudah dicapai, seperti klinik dan rumah sakit, lembaga pendidikan, minimarket, instansi pemerintah, sarana ibadah, dan lain sebagainya. Cukup menarik, bukan?

Cluster Namorambe

9. Rumah Subsidi Medan- Cluster Namorambe

Cluster Namorambe ditawarkan dengan berbagai keistimewaan demi kenyamanan para penghuninya.

Saat langkah Anda memasuki gerbang kawasan rumah subsidi Medan yang satu ini, nuansa lingkungan yang asri langsung menyapa Anda. Barisan rumah berdesain indah akan Anda temui di sini. Dan pasti Anda tidak akan percaya jika ternyata rumah berspesfikasi komersil tersebut dipasarkan dengan perumahan bersubsidi.

Bukan hanya harga yang dibanderol cukup terjangkau, tapi berbagai fasilitas yang mengelilingi kawasan Cluster Namorambe akan membuat Anda merasa tenang ketika memutuskan untuk menetap di sini. Klaster ini berlokasi di Jl. Namorambe, Namo Rambe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Cluster Namorambe terbilang cukup dekat dengan akses jalan utama, yakni Jl. Besar Namorambe dan Jl. Perjuangan. Dengan begitu, Anda pun bisa mengakses fasilitas lain dengan mudah. Nah, fasilitas umum apa saja yang terdekat? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • 5 menit menuju RS Sembiring
  • 7 menit ke pasar tradisional
  • 3 menit ke lembaga pendidikan
  • 3 menit untuk tiba kantor desa batu Gemuk
  • 3 menit dari Yon Armed 2

Cluster Cengkeh Turi

10. Rumah Subsidi Medan- Cluster Cengkeh Turi

Desain yang cantik dengan warna kekinian yang cerah menjadikan Cluster Cengkeh Turi sebagai salah satu rumah subsidi di Medan yang diincar banyak orang. (Foto: rumah.com)

Perumahan Cluster Cengkeh Turi berada di Jl. Yos Sudarso Binjai, Binjai Kota, Binjai, Sumatera Utara. Kompleks rumah subsidi Medan dengan lokasi yang menguntungkan ini memiliki sejumlah keistimewaan yang bisa ditemui pada perumahan komersil. Sebut saja lebar jalan dalam kompleks yang bisa memuat dua mobil, sistem keamanan, dan fasilitas di dalam lingkungan lainnya.

Perumahan Cluster Cengkeh Turi cukup mudah dijangkau dan memiliki akses yang strategis karena berada di pinggir jalan utama, Jl. Yos Sudarso. Ditambah lagi, akses menuju jalan Tol Binjai pun terhitung sangat dekat. Nah, Anda pun tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, namun juga transportasi umum yang melalui jalan raya utama.

Beberapa fasilitas dan tempat penting yang berdekatan dengan rumah subsidi Medan yang satu ini, antara lain:

  • Puskesmas
  • RS Bidadari
  • Sekolah dan pesantren
  • Perguruan Tinggi Budidaya
  • Pasar tradisional Kebun Lada
  • Binjai Supermall

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com