10 Universitas di Medan Negeri dan Swasta Terbaik Di 2024

Keberadaan universitas di Medan melengkapi fasilitas dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat. Beragam universitas di Medan yan terdiri dari kampus negeri dan swasta telah diakui kualitasnya melalui akreditasi oleh BAN-PT.

Kota Medan merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan menjadi pusat pemerintahan, sosial, ekonomi, bisnis, juga pendidikan. Tak heran bila Medan menjadi pusat berkembangnya universitas sebagai tempat mencetak para intelektual.

Berikut ini kami sajikan daftar universitas di Medan yang terbaik, mulai dari universitas negeri hingga perguruan tinggi swasta yang cukup favorit:

1. Universitas Sumatera Utara Medan

1. Universitas di Medan: Universitas Sumatera Utara

Medan Mall, mall tertua di Medan yang masih tetap menjadi favorit wisata belanja bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Layaknya kota-kota besar lain, universitas di Medan juga sudah cukup lama berdiri. Yang tergolong tua dari daftar universitas di Medan di antaranya adalah Universitas Sumatera Utara (USU). Perguruan tinggi negeri yang satu ini mulai berdiri sejak tahun 1952 dengan nama Yayasan Universitet Sumatra Utara.

Letak kampus utama USU cukup strategis, yakni di wilayah Padang Bulan, tidak jauh dari jantung Kota Medan. Kampus Padang Bulan ini tergolong luas, yakni sekitar 120 hektare. Sementara kampus-kampus USU lainnya tersebar di beberapa wilayah Kota Medan.

Kampus Padang Bulan memiliki infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa dan dosen. Selain itu, kampus ini juga dilengkapi berbagai sarana, seperti asrama, arena olahraga, wisma, kafetaria, toko, bank, dan kantor pos. Tak ketinggalan sebuah rumah sakit pendidikan pun dibangun di lokasi kampus.

Universitas Sumatera Utara memiliki agenda besar dengan mengusung visi menjadi “World Class University”. Universitas di Medan yang satu ini memiliki 15 fakultas dan puluhan program studi. Fakultas kedokteran menjadi fakultas yang diandalkan USU dan merupakan program studi favorit.

Alamat:

Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Universitas Negeri Medan

2. Universitas di Medan: Universitas Negeri Medan

Universitas di Medan dengan gaya arsitektur yang cukup ikonik ini sering menyabet prestasi tingkat nasional.

Universitas Negeri Medan yang disingkat Unimed merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 23 Juni 1963 di Medan, Sumatra Utara. Awal dirintisnya salah satu universitas di Medan ini adalah pada tahun 1956 ketika dibukanya perguruan tinggi pendidikan guru (PTPG) oleh beberapa tokoh pendidikan di Sumatra Utara.

Pada tahun 1957, PTPG resmi menjadi bagian dari Universitas Sumatra Utara (USU), yaitu sebagai fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP). Perjalanan sejarah Unimed cukup panjang hingga kemudian menjadi IKIP Medan. Nah pada tahun 2000, IKIP Medan berubah menjadi Universitas Negeri Medan.

Universitas Negeri Medan kerap menjadi pilihan karena termasuk kampus negeri unggulan di Sumatera Utara. Berbagai prestasi telah diraih universitas di Medan yang satu ini, baik secara institusional maupun tingkat mahasiswa.

Terdapat tujuh fakultas dengan beragam program studi pilihan yang ditawarkan Unimed. Jenjang yang tersedia di sini mulai dari sarjana hingga program pascasarjana. Prodi di kampus ini antara lain pendidikan guru sekolah dasar, manajemen, pendidikan matematika, pendidikan bimbingan dan konseling, serta pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Alamat:

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

BACA JUGA :  12 Peraturan di Rumah yang Bisa Anda Terapkan Pada Anak Sejak Dini

3. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

3. Universitas di Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Berdirinya UINSU untuk mewadahi perkembangan ilmu Islam yang cukup pesat di Sumatera Utara, terutama di Kota Medan dan sekitarnya.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) merupakan sebuah universitas di Medan yang memfokuskan diri pada perkembangan ilmu Islam. Kampus ini lahir pada tanggal 19 November 1973 dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara (IAIN SU). Sejak 16 Oktober 2014, IAIN SU telah resmi menjadi UINSU.

Setidaknya ada dua faktor yang melatarbelakangi pendirian IAIN SU, yakni perguruan tinggi Islam yang berstatus negeri saat itu belum ada di Provinsi Sumatera Utara. Yang kedua, pertumbuhan madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan yang sederajat dengan SLTA berkembang pesat di daerah ini sehingga memerlukan lembaga pendidikan yang lebih tinggi untuk memfasilitasinya.

Awalnya universitas di Medan yang satu ini hanya membuka dua fakultas, yaitu fakultas syariah yang merupakan cabang IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan fakultas tarbiyah yang berpusat ke IAIN Imam Bonjol Padang. Kini, UINSU memiliki 8 fakultas dengan program studi yang juga mencakup ilmu-ilmu sosial serta ilmu sains dan teknologi.

Sepertinya halnya perguruan tinggi negeri lainnya, UINSU membuka lima jalur bagi mereka yang berminat menjadi mahasiswa di sini. Dengan kampus yang cukup luas dan dilengkapi fasilitas yang memadai, UINSU menjadi salah satu kampus favorit di Kota Medan.

Alamat:

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

4. Universitas Medan Area

4. Universitas di Medan: Universitas Medan Area

Fakultas Psikologi UMA, pernah menjadi satu-satunya fakultas psikologi di luar Pulau Jawa. Tak heran bila kemudian menjadi fakultas favorit.

Universitas Medan Area atau biasa disebut UMA merupakan perguruan tinggi swasta yang dirintis pada tahun 1983 oleh Haji Agus Salim Siregar. Universitas di Medan ini didukung dengan dua kampus yang berlokasi sangat strategis, termasuk dalam kawasan jantung Kota Medan.

Nama Universitas Medan Area diambil sebagai penghargaan kepada para pejuang 1945 atas perjuangan mempertahankan kemerdekaan di sekitar Kota Medan. Para pejuang tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan “Pejuang-Pejuang Medan Area”.

Awal berdiri, UMA membuka 5 fakultas dengan program pendidikan strata satu atau sarjana. Pada tahun akademik 1985/1986, universitas di Medan yang satu ini membuka fakultas psikologi. Istimewanya, Fakultas Psikologi UMA menjadi satu-satunya fakultas psikologi di luar Pulau Jawa kala itu. Tak heran bila sampai sekarang, fakultas ini menjadi fakultas andalan yang banyak diincar calon mahasiswa.

Saat ini, ada 8 fakultas yang mengisi UMA dengan puluhan program studi yang terakreditasi BAN-PT. Jenjang pendidikan yang ditawarkan mulai dari sarjana, magister, dan doktor, semuanya lengkap. Fasilitas kampus yang tersedia pun sangat lengkap, seperti asrama, kebun percobaan, taman hutan raya, sarana olahraga, konsultasi psikologi, dan banyak lagi.

Alamat:

Jl. Setia Budi No.79 B, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

5. Universitas di Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Megahnya Gedung Rektor UMSU. UMSU menjadi salah satu universitas swasta di Medan yang banyak menarik minat para calon mahasiswa.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau UMSU adalah satu di antara sekian banyak universitas di Medan yang telah berdiri sejak 1957. Seiring waktu, UMSU telah menjelma sebagai salah satu kampus terbaik di Kota Medan, baik dari sisi prestasi ataupun jumlah mahasiswanya. Saat ini, UMSU memiliki 9 fakultas dengan beragam program studi yang mendapat akreditasi A.

Pada tahun 2019, UMSU berhasil meraih predikat akreditasi A untuk perguruan tinggi dari BAN-PT. UMSU menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Pulau Sumatera yang berhasil meraih peringkat akreditasi A dan kedua di Indonesia untuk luar Pulau Jawa.

BACA JUGA :  4 Cara Penggunaan Lampu Hazard Yang Salah! Ingat!

Berbagai prestasi masih terus diraih UMSU. Saat ini, UMSU telah mendapat akreditasi unggul dan menjadi perguruan tinggi ketiga terbaik di Medan versi UniRank 2022. Oleh karenanya, UMSU termasuk universitas di Medan yang cukup populer di tengah masyarakat.

UMSU memiliki tiga kampus yang berada di tiga lokasi berbeda. Kampus pertama UMSU adalah kampus yang digunakan untuk fakultas kedokteran, berada di Jl. Gedung Arca. Karena jumlah mahasiswa yang semakin banyak, UMSU pun membangun kampus baru di Jl. Mukhtar Basri yang kini menjadi kampus utama. Sementara kampus ketiga merupakan gedung pascasarjana yang terletak di Jl. Denai, Kota Medan.

Alamat:

Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Universitas Prima Indonesia Medan

6. Universitas di Medan: Universitas Prima Indonesia

Program pertukaran mahasiswa di Universitas Prima Indonesia, Medan, Sumatera Utara.

Yuk, kita kenalan dengan salah satu universitas di Medan yang bernama Universitas Prima Indonesia ini! Disingkat Unpri cikal bakal Universitas Prima Indonesia bermula dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima Medan yang didirikan pada tahun 2001.

Pada tahun 2002, perguruan tinggi ini berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan. Memasuki tahun 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan kian berkembang dan berubah menjadi Universitas Prima Indonesia.

Kerennya Unpri adalah menjadi satu-satunya universitas swasta di Sumatera Utara yang memiliki rumah sakit pendidikan dan rumah sakit gigi dan mulut pendidikan. Fakultas Kedokteran Gigi Unpri juga merupakan satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatera Utara. Wah…!

Tidak hanya menawarkan 10 fakultas dengan fakultas kedokteran yang menjadi unggulan, universitas di Medan yang satu ini juga dikenal dengan berbagai event-nya yang cukup bagus dan inspiratif.

Di antara event yang digelar Unpri, yaitu Unpri Awards yang bertujuan memberikan penghargaan kepada tokoh pelopor pendidikan di Sumatera Utara. Ada juga Unpri Fiesta, event tahunan untuk memperingati ulang tahun universitas, penyambutan mahasiswa baru, dan pemilihan ikon kampus.

Alamat:

Jl. Sampul No. 4, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Universitas Potensi Utama

7. Universitas di Medan: Universitas Potensi Utama

Selamat datang di kampus tercinta Universitas Potensi Utama, salah satu universitas di Medan yang cukup favorit.

Universitas Potensi Utama merupakan salah satu universitas di Medan dengan status swasta yang telah terakreditasi. Dari sejak berdiri, Universitas Potensi Utama berada dibawah naungan Yayasan Potensi Utama Medan. Asal mula Universitas Potensi Utama berawal dari lembaga kursus komputer dan Bahasa Inggris pada tahun 1994 dengan nama PLSM (Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat) Potensi Utama.

Pada tahun 2003, PLSM Potensi Utama meningkatkan status menjadi STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Potensi Utama. Tepat tahun 2014, STMIK Potensi Utama berubah bentuk menjadi Universitas Potensi Utama dengan motto “Kami hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Saat ini Universitas Potensi Utama memiliki 6 fakultas yang terdiri dari 18 program studi. Fakultas teknik dan komputer menjadi fakultas yang diunggulkan universitas di Medan yang satu ini. Didukung dengan fasilitas kampus yang lengkap, Universitas Potensi Utama masuk dalam daftar pilihan para calon mahasiswa.

Alamat :

  1. KL. Yos Sudarso Km. 6,5 No. 3-A, Tanjung Mulia, Kec. Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Universitas Islam Sumatera Utara

8. Universitas di Medan: Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas di Medan yang satu ini masuk kategori universitas swasta yang menjadi perhatian khusus masyarakat.

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) merupakan universitas di Medan yang cukup tua. Berdiri pada tanggal 7 Januari 1951, UISU termasuk perguruan tinggi pertama yang berdiri di luar Pulau Jawa yang dipelopori oleh oleh tokoh pemuda pemudi Islam saat itu.

UISU pada mulanya membuka kelas persiapan Akademi Islam Indonesia (setara dengan kelas III SMA bagian A) dan selanjutnya berkembang menjadi Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII) yang memulai kegiatan perkuliahan pertama pada 7 Januari 1952.

BACA JUGA :  Ini Dia Tips Hindari Perampasan Motor

Seiring waktu, PTII kemudian berubah menjadi Universitas Islam Sumatera Utara dan mendapatkan pengesahan dari Mendikbud RI pada tanggal 31 Desember 1977. Saat ini UISU mengelola 9 fakultas dan 26 program studi S-1, 3 program studi S-2, dan 1 program studi S-3 (Ilmu Ekonomi dan Kebijakan) yang merupakan kerja sama UISU dengan UII Jogjakarta.

Tak hanya kerja sama di dalam negeri, UISU juga menjalin kerja sama secara internasional. Fasilitas dan sarana kegiatan akademik dan kemahasiswaan pun terbilang lengkap sehingga reputasi universitas di Medan yang satu ini makin maju dan dikenal khalayak luas.

Alamat:

Jl. Sisingamangaraja No.Kelurahan, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

9. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

9. Universitas di Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi

Universitas Pembangunan Panca Budi atau Unpab, salah satu universitas di Medan yang memiliki sejarah cukup panjang dan unik.

Ada jejak sejarah yang cukup unik bagi universitas di Medan yang satu ini. Universitas Pembangunan Panca Budi semula berdiri dengan nama Akademi Metafisika, di bawah naungan Yayasan Akademi Metafisika. Didirikan pada tanggal 27 November 1956, oleh Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, seorang veteran militer dan cendikiawan, ahli di bidang fisika dan kimia serta ilmu filsafat spiritual.

Akademi Metafisika berubah menjadi Universitas Pembangunan Panca Budi dan tanggal 19 Desember 1961 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Pembangunan Panca Budi atau biasa disingkat Unpab.

Unpab memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi swasta yang terkemuka berbasis religius dalam mengembangkan IPTEK yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Tahun 2017, Unpab melebur sejumlah fakultasnya yang tadinya berjumlah tujuh menjadi tinggal tiga fakultas ditambah program pascasarjana.

Kegiatan belajar mengajar di Universitas Pembangunan Panca Budi juga tidak terlepas dari dukungan sarana dan fasilitas yang dimiliki. Universitas di Medan ini memiliki dua kampus yang cukup representatif. Fasilitas di kampusnya pun terbilang lengkap dan sangat mendukung kegiatan belajar mengajar serta kegiatan mahasiswa lainnya.

Alamat:

Jl. Gatot Subroto No.km, Simpang Tj., Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Universitas HKBP Nommensen

10. Universitas di Medan: Universitas HKBP Nommensen

Universitas di Medan ini mengemban visi menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara.

Universitas HKBP Nommensen (UHN) adalah sebuah universitas di Medan yang didirikan pada 7 Oktober 1954. Nama perguruan tinggi ini diambil dari nama seorang misionaris Kristen Protestan di Sumatera Utara, Ingwer Ludwig Nommensen.

Pendirian Universitas HKBP Nommensen sebagai jawaban atas permintaan masyarakat dan tugas pelayanan yang diemban Sinode Agung HKBP. Ketika beroperasi pertama kali, universitas di Medan ini memiliki tiga fakultas, yaitu hukum, ekonomi, dan theologia.

Waktu pun bergulir, zaman kian berkembang, UHN pun menjawab tantangan dengan melahirkan sejumlah fakultas. Tercatat hingga kini ada 11 fakultas dengan berbagai macam program studi. Jenjang pendidikannya pun bukan hanya strata-1 tapi juga terdapat program pascasarjana.

Demi peningkatan kualitas, universitas di Medan yang satu ini menyelenggarakan hubungan kerja sama international dengan universitas-universitas terbaik di Asia, Eropa dan Amerika. Bentuk kerja sama yang dilakukan, antara lain dalam bidang student exchange (pertukaran pelajar), studi banding dosen, join research, scholarship, dan kerja sama dalam bentuk akademik lainnya.

Alamat:

Jl. Sutomo No.4A, Perintis, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara.

Wah, ternyata banyak sekali universitas di Medan yang berkualitas, memiliki gedung yang megah, serta fasilitas yang lengkap dan memadai. Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu universitas di Medan?

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com