10 Universitas di Bali dari Universitas Negeri, Swasta Terbaik 2024

Bali selama ini identik dengan destinasi wisata kelas dunia. Tak banyak yang tahu, Bali juga memiliki potensi pendidikan yang luar baisa. Banyak universitas di Bali yang memiliki program studi terbaik di Indonesia.

Dengan kekayaan budaya dan pesona wisatanya, kuliah di Bali akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Salah satu yang akan dirasakan saat kuliah di Bali adalah gedung-gedung kampusnya memiliki ornamen dan desain ala Bali yang cantik. Kuliah pun akan semakin betah.

Dengan banyaknya universitas yang tersedia, Anda bisa memilih universitasnya berdasarkan keunggulannya, misal jurusannya yang hanya ada di Bali, keistimewaan dari kampusnya, serta berbagai fasilitas yang tersedia.

Ingin tahu Universitas negeri dan swasta di Bali dengan kualitas terbaik? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Universitas Udayana Bali

1. Universitas di Bali: Universitas Udayana

Gedung rekrotat kampus Universitas Udayana di Bali.

Universitas Udayana yang berdiri sejak 1962. Perguruan tinggi di Bali yang sering disebut Unud ini adalah perguruan tinggi tertua, terbesar dan terbaik di Bali. Ada 13 fakultas dan 113 jurusan yang tersedia di UNUD dari berbagai jenjang, mulai sarjana hingga doktoral.

Banyaknya jurusan yang dimiliki, memberikan Anda pilihan yang banyak untuk melanjutkan studi. Beberapa jurusan favorit di Unud antara lain Pendidikan Dokter, Farmasi, Akuntansi, Manajemen, dan Hukum.

Fakta menarik lainnya adalah ternyata kampus dengan akreditasi A ini memiliki peran penting dalam menentukan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di Bali.

Alamat:

Kampus bukit, Jl. Raya Kampus Unud Jimbaran, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali.

2. Universitas Pendidikan Ganesha

2. Universitas di Bali: Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha awalnya merupakan bagian dari Universitas Airlangga.

Institusi yang berdiri pertama kali pada 1955 ini merupakan bagian dari universitas Airlangga sebagai fakultas keguruan dan Pendidikan. Sebelum berdiri sebagai institusi sendiri, Universitas Pendidikan Ganesha juga sempat berada di bawah Universitas Udayana (Undiksha) Bali.

Sempat menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kependidikan Singaraja pada 1993, statusnya akhirnya berubah menjadi Undiksha pada 2006. Saat ini Undiksha memiliki delapan fakultas yang bisa dijadikan pilihan untuk kuliah.

BACA JUGA :  57 Game Action PC Terbaik Yang Akan Release 2014

Jurusan favorit di Undiksha adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Teknik Informatika, Akuntandi, Manajemen, dan Kedokteran.

Alamat:

Jl. Udayana no. 11, Banjar Tegal, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali

3. Politeknik Pariwisata Bali

3. Universitas di Bali: Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik Pariwisata Bali terkenal sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang kepariwisataan.

Memperdalam ilmu pariwisata di kota wisata, tentu sangat tepat. Sesuai dengan sebutannya sebagai kota wisata, Bali memiliki banyak perguruan khusus untuk bidang pariwisata. Bila tertarik untuk memperkaya diri di bidang industri pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali adalah salah satu pilihan kampus yang bagus.

Kampus yang biasa juga dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali ini didirikan pada tahun 1975. Kampus ini merupakan kampus negeri yang berada di bawah naungan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ada 11 program studi yang semuanya sangat menarik, antara lain Bisnis Hospitaliti, Destinasi Pariwisata, Administrasi Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Manajemen Bisnis Perjalanan, Manajemen Konvensi dan Perhelatan, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Boga, Manajemen Tata Hidangan, dan Magister Terapan Pariwisata.

Alamat:

Jl. Dharmawangsa, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

4. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Bali

4. Universitas di Bali: Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Gedung IHDN.

Bali adalah pulau dengan penduduk mayoritas beragama Hindu. Tidak sedikit orang menjadikan Bali sebagai kota tujuan untuk memperdalam ilmu agama Hindu. Jika Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk memperdalam agama Hindu, Universitas Hindu Negeri Sugriwa bisa jadi piihannya.

Universitas ini didirikan pada 2004 yang awalnya adalah sebagai institute. Statusnya beralih menjadi universitas negeri pada tahun 2020.

Di UHN Sugriwa terdapat 3 pilihan falkutas yang tersedia, yaitu Fakultas Dharma Acarya, Fakutlas Dharma Duta, dan Fakultas Brahma Widya. Ada 12 jurusan di sini. Jika Anda ingin tahu lebih lengkap mengenai kampus ini, Anda dapat langsung mengakses infonya di website resmi UHN Sugriwa.

Alamat:

Jl. Ratna no. 51, Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali

5. Universitas Ngurah Rai Bali

5. Universitas di Bali: Universitas Ngurah Rai

Gedung Pascasarjana Universitas Ngurah Rai.

Universitas Ngurah Rai merupakan kampus tertua kedua di Bali yang didirikan oleh Yayasan Jagadhita pada 22 Mei 1979. Sebagai salah satu universitas tertua, tentu kampus ini sudah memiliki sistem pembelajaran yang baik, memiliki banyak lulusan berkualitas serta jangkauan relasi kerja sama yang luas.

BACA JUGA :  15 Sifat Cowok Ini Lebih Penting dari Sekadar "Ganteng"

Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi B ini memiliki 5 fakultan yaitu Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi, serta Ilmu Sosial dan Politik. Beberapa jurusan favorit di perguruan tinggi ini adalah Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Sipil, dan Pendidikan Dokter Gigi.

Alamat:

Jl. Kampus Ngurah Rai no. 30, penatih, kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali

6. Institute Seni Indonesia Denpasar

6. Universitas di Bali: Institute Seni Indonesia Denpasar

Mahasiswa Universitas ISI-Denpasar Bali melakukan Latihan pertunjukan tari di idepan kampus.

Seperti yang kita tahu, sebagai kota yang kaya akan budaya tentu Bali memiliki beragam seni yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain masyarakat Bali terkenal dengan bakat dan kelihaiannya dalam menari, melukis, menggambar, dan seni lainnya.

Untuk memfasilitasi peluang ini, maka di Bali didirikan ISI Denpasar pada tahun 2003. Meskipun terhitung masih baru, ISI merupakan perguruan tinggi yang kredibel dan jadi perguruan tinggi seni terbaik di Indonesia. Kampusnya bisa Anda temukan di Jalan Nusa Indah, Denpasar.

ISI Denpasar juga termasuk sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terbaik di Bali dengan akreditasi A. Terdapat dua fakultas di ISI Denpasar yang bisa dipilih, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Beberapa program studi favorit di ISI Denpasar adalah Seni Tari, Seni Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Rupa MUrni, dan Desain Komunikasi Visual.

Alamat:

Jl. Nusa Indah, Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

7. Politeknik Negeri Bali

7. Universitas di Bali: Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali adalah perguruan tinggi yang membekali mahasiswa dengan kemampuan vokasi.

Politeknik Negeri Bali (PNB) adalah pilihan kampus yang tepat bila ingin lebih menguasai praktik daripada teori dan ingin langsung siap menghadapi dunia kerja. Kampus dengan Akreditasi B ini memiliki 6 jurusan, antara lain Pariwisata, Administrasi Niaga, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin.

Anda bisa mengasah kemampuan vokasi atau keterampilan di kampus ini. PNB berlokasi di Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Kampusnya menyajikan pemandangan yang indah dan bikin betah saat belajar.

Alamat:

Jl. Kampus bukit, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

BACA JUGA :  15 Karakter Ninja Keren Di Mortal Kombat

8. Politeknik Kesehatan Denpasar

8. Universitas di Bali: Politeknik Kesehatan Denpasar

Mahasiswa Universitas Politeknik Kesehatan Denpasar Bali mengikuti apel pagi.

Politeknik Kesehatan Denpasar adalah institusi Kesehatan yang berada di abwah naungan Kemenkes RI. Apabila tertarik untuk menjadi orang yang expert di bidang kesehatan di Bali, perguruan tinggi ini bisa jadi pilihan.

Di kampus yang didirikan pada tahun 2001 ini terdapat 6 jurusan yang bisa jadi pilihan. Jurusan tersebut adalah Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Teknologi Laboratorium Medis.

Alamat:

Jl. Sanitasi no. 1, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

9. Universitas Mahasaraswati Denpasar Bali

9. Universitas di Bali: Universitas Mahasaraswati Denpasar

Universitas Mahasaraswati adalah salah satu universitas swasta terbaik di Bali.

Universitas Mahasaraswati memiliki kualitas dan kredibilitas yang tidak kalah dari kampus swasta lain di Bali. Kampus ini berlokasi di Jl. Kamboja no. 11 A, Denpasar.

Kampus ini memiliki beberapa fakultas, yaitu Fakultas Prtanian, Hukum, Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, serta Kedokteran Gigi. Terbilang cukup banyak.

Jurusan Kedokteran Gigi jadi favorit di kampus ini dengan akreditasi A. Selain itu jurusan yang diminati di kampus ini adalah Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Pendidikan Matematika.

Alamat:

Jl. Kamboja no. 11 A, Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Bali

10. Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

10. Universitas di Bali: Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana bisa jadi pilihan untuk kuliah di bidang perikanan dan kelautan.

Satu lagi universitas di Bali yang bisa jadi pilihan untuk kuliah di Pulau Dewata ini, yaitu Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana. Sebagai pulau yang dikelilingi lautan, tentu Bali menjadi tujuan yang tepat jika Anda tertarik di bidang kelautan dan perikanan.

Menilik potensi untuk berkarir di kelautan, ada peluang yang besar di Pulau Bali. Bila Anda tertarik dan siap untuk menjadi seorang pelaut atau pelayar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana bisa jadi pilihannya. Kampus ini berada di bawah Kementrian Kelautan dan Perikanan, jadi teruji secara kualitas.

Ada tiga program studi yang bisa dipilih di sini, yaitu Studi Perikanan Tangkap, Budidaya Ikan, dan Pengolahan Hasil Laut. Tertarik?

Alamat:

Jl. Desa Pengambengan Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com