10 Universitas di Purwakarta dari Universitas Negeri, Swasta

Purwakarta memiliki suasana yang tenang. Hiruk pikuk kendaraan, kemacetan, sangat jarang terjadi di Purwakarta. Itulah sebabnya Purwakarta dikenal sebagai Kota Pensiunan. Karena atmosfer lingkungannya yang menenangkan dan kalem. Hal ini membuat Purwakarta juga cocok sebagai tempat menimba ilmu. Ada banyak universitas di Purwakarta dengan berbagai program studi. Bahkan kabupaten seluas 971,72 kilometer persegi ini memiliki sebuah perguruan tinggi negeri. Artikel ini akan mengulas 10 universitas di Purwakarta dari universitas negeri hingga swasta pilihan.

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta

1. Universitas di Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta

UPI Purwakarta merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Purwakarta.

UPI kampus Purwakarta merupakan perguruan tinggi negeri pertama di wilayah IV Jawa Barat. Universitas di Purwakarta ini mendapat kewenangan dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan demi menyiapkan lulusan calon guru SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI). UPI Purwakarta resmi berdiri tahun 1990.

Program studi unggulan adalah pendidikan guru SD (S1) terakreditasi B dan pendidikan guru PAUD (S1) terakreditasi A. Namun UPI Purwakarta juga memiliki jurusan yang mengakomodiri kebutuhan teknologi, yaitu program studi mekatronika dan kecerdasan buatan (S1) serta pendidikan sistem dan teknologi informasi (S1).

Selain memiliki gedung yang bagus dan modern, UPI Purwakarta juga berada di lokasi yang strategis, yaitu di pusat kota. Sehingga mudah dicapai baik oleh kendaraan pribadi maupun umum. Meski berada di pusat kota, universitas di Purwakarta ini tetap terasa teduh dan adem karena dikelilingi oleh banyak pohon.

Alamat: Jl. Veteran no 8, Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

2. Universitas Kartamulia Purwakarta

2. Universitas di Purwakarta: Universitas Kartamulia

Universitas swasta terbesar di Purwakarta.

Universitas di Purwakarta ini merupakan universitas swasta pertama sekaligus terbesar di Purwakarta. Universitas ini berdiri di lokasi lahan milik sendiri, yaitu Yayasan Griya Gemintang Husada, seluas 35 hektare. Di sini juga tersedia asrama bagi para mahasiswa luar kota.

Universitas di Purwakarta ini merupakan universitas kelima yang didirikan oleh H Rusli Bintang, pengusaha berdarah Aceh. Selain Universitas Kartamulia, ia juga membangun Universitas Abulyatama di Aceh, Universitas Malahayati di Lampung, Universitas Batam, dan Institut Kesehatan Indonesia di Jakarta.

Universitas Kartamulia didirikan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi lompatan teknologi digital. Ada empat fakultas dengan tujuh program studi yang disedikan oleh universitas ini, yaitu fakultas hukum, fakultas ilmu kesehatan, fakultas ekonomi, dan fakultas ilmu komputer.

BACA JUGA :  Hati - hati Banyak Dijual Ban Dalam Motor Palsu!

Alamat: Jl. Veteran no 4, Ciseureuh, Purwakarta.

3. Politeknik Enjinering Indorama

3. Universitas di Purwakarta: Politeknik Enjinering Indorama

Politeknik yang berada di bawah industri besar tingkat dunia.

Politeknik Enjinering Indorama (PEI) bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Indorama yang merupakan anak perusahaan Indorama Corp, PT Indo-Rama Synthetics Tbk. Perusahaan tersebut merupakan salah satu produsen poliester dan benang pintal paling kompetitif di seluruh dunia.

Universitas di Purwakarta ini memiliki empat program studi, yaitu teknologi rekayasa manufaktur (D3), rekayasa mekatronika (D3), teknologi listrik (D3), dan teknologi rekayasa perangkat lunak (D4). Di sini, lebih dari 70 persen proses pembelajaran berupa praktek untuk mempertajam keterampilan mahasiswa.

Karena merupakan anak perusahaan besar, Pusat Karir PEI banyak bekerja sama dengan berbagai perusahaan. Kampus PEI yang berada di lahan seluas 6 hektare juga merupakan eco-kampus. Di mana ditata dengan baik di atas landscape yang subur sehingga sangat nyaman. Gedung kampus pun memiliki desain kontemporer.

Alamat: Kembangkuning, Ubrug, Jatiluhur, Purwakarta.

4. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Purwakarta

4. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Purwakarta

Perguruan tinggi tempat mendidik calon-calon guru berkualitas.

Dari universitas di Purwakarta ini lahirlah para tenaga pendidik yang berkualitas. STKIP Purwakarta yang berdiri tahun 2013 ini memang menyelenggarakan pendidikan akademik bagi para calon guru. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Putra Bangsa (YPPB).

STKIP Purwakarta memiliki tiga program studi, yaitu pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan jasmani, dan pendidikan bahasa Indonesia. Seluruhnya untuk jenjang Sarjana atau S1. Saat ini, STKIP mengantongi akreditasi “Baik” berdasarkan data dari PDDikti.

Banyak pengajar-pengajar berkualitas di Purwakarta yang lahir dari perguruan tinggi ini. STKIP Purwakarta juga telah memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Dibentuk pula Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STKIP Purwakarta agar kualitas manajerial dan layanannya semakin baik.

Alamat: Jl. Laks. Laut RE Martadinata no. 43, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

5. Sekolah Tinggi Teknik Wastukancana

5. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Teknik Wastukancana

Salah satu universitas perguruan tinggi teknik yang populer di Kabupaten Purwakarta.

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Wastukancana merupakan salah satu perguruan tinggi yang populer di Purwakarta. STT Wastukancana mendapat peringkat keempat dalam peringkat kampus terbaik di Kabupaten Purwakarta. Tak heran kampus ini banyak peminatnya dan memiliki cukup banyak mahasiswa, yaitu sekitar 830 orang.

Perguruan tinggi yang mulai buka pada tahun akademik 2000/2001 ini menyediakan jenjang D3 dan S1 dengan 5 jurusan. Dua jurusan untuk jenjang D3, yaitu manajemen industri dan teknik tekstil. Sedangkan untuk jenjang S1 tersedia jurusan teknik informatika, teknik industri, dan teknik mesin.

BACA JUGA :  Menjadi Seorang Konsumen Cerdas Di Dalam Era Digital!

STT Wastukancana mengantongi akreditasi “Baik” berdasarkan data dari PDDikti untuk semua jurusan, kecual teknik informatika yang mendapat akreditasi B. Perguruan tinggi ini juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Alamat: Jl. Cikopak no 53, Sadang, Kabupaten Purwakarta.

6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dr Kyai Haji Ez Muttaqien

6. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dr Kyai Haji Ez Muttaqien

STIE Muttaqien merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Kabupaten Purwakarta.

Berdirinya STIE Muttaqien berawal dari ide-ide para dosen di jurusan ekonomi Islam (mu’amalah) pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Dr. KHEZ Muttaqien. Ide tersebut akhirnya difasilitasi oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dr. KHEZ Muttaqien, dan terbentuklah STIE Muttaqien pada tahun 2001.

Walaupun hanya memiliki dua jurusan jenjang S1, yaitu manajemen dan akuntansi, namun universitas di Purwakarta ini termasuk yang diakui kualitasnya oleh masyarakat Purwakarta. Tak heran bila perguruan tinggi ini menjadi salah satu favorit dari para calon mahasiswa di sana.

STIE Muttaqien telah mengantongi akreditasi C dari BAN-PT. Perguruan tinggi ini menerapkan metode pembelajaran blended learning. Selain itu juga disediakan kelas karyawan bagi Anda yang ingin bekerja sambil menimba ilmu.

Alamat: Jl. KK Singawinata no 83, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wibawa Karta Raharja (Wikara)

7. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wibawa Karta Raharja (Wikara)

Perguruan tinggi di bidang ekonomi yang dilengkapi perpustakaan digital.

Hampir sama dengan STIE Muttaqien, STIE Wibawa Karta Raharja atau disingkat Wikara, juga menyediakan dua jurusan dengan jenjang S1, yaitu manajemen dan akuntansi. Berdirinya pun sama, yaitu pada tahun 2001.

STIE Wikara telah mengantongi akreditasi B untuk jurusan manajemen dan akreditasi C untuk jurusan akuntansi, berdasarkan data dari PDDikti, Kemdikbud. Tak heran bila STIE Wikara juga menjadi salah satu andalan perguruan tinggi bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu ekonomi.

Universitas di Purwakarta ini dilengkapi dengan perpustakaan digital, di mana para civitas academica bisa dengan mudah mengakses buku-buku yang ada di perpustakaan di mana pun berada. Selain itu terdapat pula layanan journal online, berisi hasil-hasil riset dari para dosen dan mahasiswa yang bisa diakses dengan mudah.

Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani no 21, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

8. Politeknik Perdana Mandiri (Polibisnis)

8. Universitas di Purwakarta: Politeknik Perdana Mandiri (Polibisnis)

Politeknik di Purwakarta yang hadir untuk memenuhi kebutuhan industri.

Melihat kebutuhan industri akan tenaga-tenaga profesional, terutama di bidang teknologi dan administrasi, di wilayah Purwakarta, Subang, dan Karawang (Purwasuka), Yayasan Swakarsa Karya Mandiri akhirnya mendirikan Politeknik Perdana Mandiri atau biasa disingkat Polibisnis.

BACA JUGA :  3 Tool Terbaik Untuk Analisis Twitter Hestek/Hashtag

Politeknik yang berdiri tahun 2003 tersebut menyediakan jenjang diploma III (D3). Dengan pertimbangan, meningkatnya minat masyarakat Purwasuka akan pendidikan profesional. Jurusan yang tersedia yaitu manajemen informatika, administrasi bisnis dengan konsentrasi sekretaris dan administrasi bisnis, serta teknik elektro.

Fasilitas politeknik ini cukup lengkap, antara lain ruang kelas yang dilengkapi penyejuk udara, fasilitas hot spot dan internet gratis, empat laboratorium, yaitu laboratorium komputer, akuntansi, bahasa, dan mesin ketik elektronik/manual. Tersedia pula bursa kerja LPPS (Lembaga Pelayanan Penempatan Kerja Swasta).

Alamat: Jl. Veteran no. 74, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta

9. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Indonesia Purwakarta

Salah satu universitas, sekolah tinggi ekonomi di Purwakarta yang memfokuskan pada ekonomi syariah.

Ekonomi syariah yang berkembang pesat di Indonesia menjadi salah satu alasan didirikannya STIE Syariah Indonesia di Purwakarta pada tahun 2010. Sebelumnya perguruan tinggi ini bernama STAI Darul Ulum, kemudian diubah menjadi STIES Darul Ulum Purwakarta. Baru pada tahun 2017 menjadi STIES Indonesia Purwakarta.

Ada dua program studi dengan jenjang S1 yang bisa diambil di perguruan tinggi ini, yaitu ekonomi syariah dan perbankan syariah. Program studi ekonomi syariah telah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT. Memang program studi inilah yang paling banyak diminati oleh para calon mahasiswa.

Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta berasal dari berbagai provinsi, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, hingga Jawa Tengah. Memang sebagian besar mahasiswanya, 89 persen, dari Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi, Ciamis, Banjar, Bandung, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Veteran no 150, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

10. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhajirin

10. Universitas di Purwakarta: Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhajirin

Unversitas di Purwakarta ini menyediakan dua program studi, ilmu Al-Qur’an dan tafsir serta perbankan syariah.

Bagi masyarakat yang ingin mendalami ilmu agama Islam, Purwakarta memiliki perguruan tinggi yang mampu mengakomodir hal tersebut. STAI Al-Muhajirin yang berdiri pada tahun 2009 merupakan perguruan tinggi swasta yang menanamkan ilmu serta ajaran Islam pada mahasiswanya.

Perguruan tinggi ini menyediakan dua program studi, yaitu ilmu Al-Qur’an dan tafsir serta perbankan syariah. Keduanya adalah jenjang strata satu (S1). STAI Al-Muhajirin telah mengantongi akreditasi C atau “Baik” berdasarkan PDDikti Kemdikbud.

Salah satu ciri khas dari STAI Al-Muhajirin adalah perguruan tinggi ini berbasis pesantren, sehingga lulusannya diharapkan memiliki jiwa sarjana, kyai, dan pengusaha. STAI Al-Muhajirin juga disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik dari 158 perguruan tinggi Islam.

Alamat: Jl. Veteran Gg. Kenanga 2 no 155, Kebon Kolot, Kabupaten Purwakarta.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com