10 Rekomendasi Pesantren di Depok yang Bagus, Murah Di 2024

Seiring berkembangnya Kota Depok sebagai kota penyangga DKI Jakarta, tumbuh pula berbagai fasilitas pendidikan di kota ini, termasuk pesantren. Ada banyak pesantren di kota ini yang bisa dijadikan pilihan untuk mendidik anak agar ilmu agama dan karakternya kuat.

Pondok pesantren di Depok rata-rata memiliki fasilitas dan sistem modern. Hal ini tidak terlepas dari tumbuhnya pondok pesantren di Depok yang memang belum terlalu lama. Tumbuhnya pondok pesantren di Depok baru dimulai sekitar tahun 1990. Yang lebih awal pun baru di akhir atau pertengahan 1980-an.

Ingin tahu Pesantren di Depok yang bagus, murah, bahkan gratis? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Pesantren Hidayatullah Depok

Pesantren Hidayatullah di Depok

Pesantren Hidayatullah di Depok termasuk salah satu pesantren paling terkenal di kota ini.

Pesantren Hidayatullah adalah salah satu pesantren yang lokasinya terbilang strategis. Pesantren ini terletak di daerah Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Lokasinya tidak jauh dari salah satu perumahan paling terkenal di kota ini, yaitu Grand Depok City.

Pesantren ini sudah berdiri sejak 1989. Termasuk pesantren yang awal berdiri di Depok. Pondok pesantren ini memiliki lahan yang cukup luas, yaitu 3,5 hektar. Jenjang pendidikan pesantrennya terbilang lengkap mulai dari TK sampai kuliah.

Pesantren ini menerapkan sistem pembelajaran modern kepada para santrinya. Uniknya, sekolah ini menerapkan subsidi silang kepada kaum yatim, piatu, dan duafa. Salah satu dana subsidi tersebut ternyata dari hasil pertanian hidroponik yang dikembangkan di dalam pesantren ini.

Biaya pendidikan di pesantren ini masing-masing jenjang berbeda-beda. Sebagai gambaran untuk biaya awal masuk jenjang SMP berdasar informasi dari website Pesantren Hidayatullah besarnya sekitar Rp10 juta.

Alamat:

Jl. Pesantren Hidayatullah No.RT 01/05, Kalimulya, Kec. Cilodong, Depok, Jawa Barat

2. Pesantren Darus-Sholihin

2. Pesantren di Depok: Darus-Sholihin

Masjid di Pondok Pesantren Darus Sholihin Depok.

Pondok pesantren di Depok yang bagus dan bisa dijadikan pilihan untuk anak-anak Anda adalah Darus Sholihin. Pondok pesantren modern ini ada di daerah Sawangan, Depok.

Pesantren ini mendidik santrinya untuk mendalami Alquran secara disiplin. Misalnya setelah salat tahajud ada kegiatan tadarus. Kegiatan lain dilakukan setelah maghrib, yaitu kegiatan tahfidz Alquran. Pengasuh pondok pesantren ini adalah DR. Ahmad Dimyati Badruzzaman, M.A.

Sistem pendidikan pesantren ini menggabungkan pendidikan formal dan informal. Pagi sampai dzuhur mereka akan mendapat pendidikan formal SMP IT dan MA. Setelah dzuhur hingga sore akan dihabiskan dengan pembelajaran ala pesantren tradisional melalui model pengajian.

BACA JUGA :  10 Aplikasi Populer Untuk Baca Komik Di Android Dan iOS

Biaya SPP di pesantren ini terbilang murah, yaitu sekitar Rp1 jutaan. Untuk info detail pesantren ini bisa membuka website resmi pesantren.

Alamat:

JL.H.Sulaiman no. 03, Bedahan, Sawangan, Depok

3. Pesantren Nurussalam Depok

3. Pesantren di Depok: Nurussalam

Pesantren Nurussalam di Depok adalah salah satu pesantren modern di kota ini.

Nama Pesantren Gontor, sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bila Anda mencari pesantren dengan nuansa Gontor di daerah Depok, Nurussalam adalah jawabannya. Pesantren yang berlokasi di daerah Sawangan ini memang didirikan oleh alumni Gontor.

Pesantren ini sebenarnya terbilang baru, belum terlalu lama berdiri. Pesantren Darussalam berdiri pada 2015 dan didirikan oleh H. Effendi Muhajir. Pesantren ini mengadopsi sistem pendidikan nasional dan kurikulum Gontor. Memadukan pendidikan formal dan agama.

Berbagai ekstra kurikuler tersedia di pesantren ini, mulai dari kesenian hingga teknologi informasi. Adopsi kurikulum dan fasilitas gedung yang baik membuat pesantren Nurussalam menjadi salah satu pesantren yang bagus di Depok.

Untuk biaya masuk pesantren sederajat SMP sekitar Rp15 juta, sedangkan SMA sekitar Rp16 juta. Untuk SPP bulanan, biayanya sekitar Rp1,5 juta.

Alamat:

Jl. Madrasah Jl. Panggulan No.86, Pengasinan, Kec. Sawangan, Depok

4. Pesantren Qatrun Nada

4. Pesantren di Depok: Qatrun Nada

Pesantren di Depok yang bagus salah satunya adalah Qatrun Nada di daerah Cipayung

Pesantren Qatrun Nada adalah salah satu pesantren terbesar di Depok. Pesantren yang berdiri pada tahun 1995 ini memiliki jumlah santri yang besar, sekitar 2.000 santri. Lokasinya terletak di daerah Cipayung Depok.

Pesantren Qatrun Nada menggabungkan tiga kurikulum sekaligus. Pertama adalah kurikulum dari Kementerian Agama setara MTs dan MA. Pendidikan formal diperoleh santri dari kurikulum ini.

Kurikulum kedua adalah pola pesantren modern dengan sistem asrama. Ketiga, adalah kurikulum tradisional dengan kajian kitab-kitab kuning seperti Safinatun Naja, Fathul Qorib, Nasoihul Ibad, dan lainnya. Gabungan tiga kurikulum tersebut menghasilkan santri-santri yang berkualitas.

Untuk menjadi santri di pesantren ini, biaya yang harus dikeluarkan mulai Rp5 jutaan. Tertarik untuk mendidik anak Anda di pesantren ini?

Alamat:

Jalan Qotrun Nada No. 1 RT. 002/003, Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Depok, Jawa Barat

5. Pesantren Al Awwabin Depok

5. Pesantren di Depok: Al Awwabin

Al Awwabin adalah pesantren di Depok yang bagus khusus untuk perempuan.

Ingin memasukkan anak perempuan ke pesantren? Al Awwabin bisa jadi pilihannya. Pesantren yang berlokasi di Sawangan, Depok ini adalah pesantren khusus perempuan.

BACA JUGA :  Rumah Rombe - Cerita Horror Misteri Indonesia

Yang menarik pesantren ini adalah menyediakan pilihan santri mukin di asrama atau pulang ke rumah—biasa disebut santri kalong. Metode pesantren di Al Awwabin masih menggunakan metode tradisional dengan kajian kitab kuning atau biasa disebut sistem mengaji sorogan.

Semenara untuk tahfidz Al Qurannya tersedia sebagai ekstra kurikuler. Bagaimana, tertarik untuk memasukkan anak perempuan di pesantren ini?

Alamat:

Jl. H. Sulaiman Desa Perigi No.12, Bedahan, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat

6. Pesantren Madinatul Quran

6. Pesantren di Depok: Madinatul Quran

Madinatul Quran adalah pondok pesantren tahfiz yang berlokasi di daerah Sawangan Lama.

Ingin memasukkan anak ke pesantren yang mengedepankan tahfiz Quran? Pesantren di Depok Madinatul Quran bisa jadi pilihannya. Di setiap jenjang, para santri diberikan target untuk menghapal ayat suci Alquran dalam jumlah juz tertentu.

Para santri akan diajarkan mengenai ilmu aqidah, ulumul Quran, tafsir, fiqih, dan lainnya. Tujuannya agar para santri bisa memahami ilmu agama secara lengkap. Selain ilmu agama, para santri juga dilengkapi dengan kurikulum pendidikan nasional.

Hal ini akan membuat para santri memiliki kemampuan seimbang antara ilmu umum dan ilmu agama. Bila ingin mendaftar di pesantren ini, biaya pendaftaran untuk tes adalah Rp400 ribu. Setelah mengikuti tes, baru calon santri akan diumumkan lulus atau tidak.

 Alamat:

Gg. Poncol No.2, Sawangan Lama, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat

7. Pesantren Al Hamidiyah Depok

7. Pesantren di Depok: Al Hamidiyah

Pesantren Al Hamidiyah menyatakan diri sebagai lembaga pendidikan berwawasan internasional.

Pesantern berikutnya di Depok yang bagus adalah Al Hamidiyah. Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Syaikhu, salah satu tokoh Nahdhatul Ulama. Tak heran, pesantren ini memiliki nuansa ormas Islam terbesa di Indonesia.

Al Hamidiyah berlokasi di Rangkapan Jaya, Depok. Jenjang pendidikannya terbilang lengkap, mulai dari TPQ hingga sekolah tinggi. Kurikulumnya berimbang antara ilmu pengetahuan modern dengan ilmu islam.

Kualitas pendidikan dan fasilitas yang cukup lengkap di pesantren ini diikuti dengan biaya masuk yang cukup tinggi. Biaya pendaftaran mencapai Rp26 juta dengan SPP sekitar Rp1 juta per bulan.

Alamat:

Jl. Raya Sawangan Depok Jl. Raya Sawangan No.KM.2 No.12, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Depok

8. Pesantren Almanar Azhari

8. Pesantren di Depok: Almanar Azhari

Para santri di Pesantren Almana Azhari melakukan aktivitas game di sela kegiatan pesantren.

Pesantren Almanar Azhari adalah pilihan lain dari pesantren di Depok yang berkualitas. Pesantren ini didirikan oleh KH Manarul Hidayat di daerah Limo pada tahun 2005. Ponpes ini menawarkan alternatif sistem sekolah berasrama tetapi dengan nilai tambah kurikulum keislaman dengan standar internasional.

BACA JUGA :  Penampilan The Avenger Dari Masa Ke Masa

Dalam pendidikannya, pesantren ini mengaplikasikan kurikulum terpadu, yaitu kurikulum Pendidikan Nasional (lokal) yang diselaraskan dengan Kurikulum Cambridge (Internasional) dan kurikulum dari Al-Azhar Cairo pada muatan Islamic Studiesnya.

Tujuan akhir dari proses pembelajaran adalah menjadikan santri sebagai pusat pengembangan potensi untuk dapat mempersiapkan diri bagi masa depannya, dengan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan nilai santri.Saat ini Ponpes Almanar turut menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA.

Alamat:

Jl. Limo Raya Jl. Pelita No.10, Limo, Kec. Limo, Depok

9. Pesantren Baitul Quran (Gratis)

9. Pesantren di Depok: Baitul Quran (Gratis)

Suasana Pondok Pesantren Baitul Quran di Kompleks Timah, Depok.

Pondok pesantren di Depok yang bagus dan gratis juga ada. Salah satunya adalah Baitul Quran. Pondok pesantren ini mengedepankan aspek tahridz Quran untuk para santrinya. Pesantren ini terbilang masih baru, karena baru berdiri pada 2016.

Para santri akan mendapatkan bekal kemampuan bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan Inggris. Kemampuan bahasa yang dikuat ini diharapkan mampun menyeimbangkan kultur ilmu pengetahuan modern dan Islam.

Kelebihan yang ditawarkan pesantren ini adalah adanya kuota untuk dhuafa dan yatim. Bagi santri yang kurang mampu bisa mendapatkan beasiswa gratis di pesantren ini. Hal ini tentu menjadi solusi bagi anak-anak yang kurang beruntung, namun ingin melanjutkan pendidikan di pesantren.

Alamat:

Komplek Timah Blok CC 3, Jl. Santri No.19, RT.1/RW.11, Tugu, Kec. Cimanggis, Depok, Jawa Barat

10. Pesantren Al Hayya

10. Pesantren di Depok: Al Hayya

Suasana belajar di Al Hayya Depok yang para santrinya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Al Hayya adalah salah satu panti asuhan dan yatim di Depok. Namun, panti ini menerapkan kurikulum pesantren. Para santrinya setia hari diajarkan menghapal Alquran, mengakaji kitab kuning, dan menghapal hadis.

Selain pendidikan berbasis pesantren, panti ini juga membekali anak didiknya pengetahuan formal dan soft skill. Anak-anak diajarkan untuk menguasai bahasa asing, berpidato, dan retorika diskusi.

Semua ini dilakukan untuk memberikan pendidikan serta pengasuhan terbaik bagi mereka yang sudah tidak punya orangtua, dan bagi mereka yang tidak mampu untuk bersekolah. Panti ini memberikan akses pendidikan kepada anak-anak yang kurang beruntung.

Anak-anak yang bernaung di Al Hayya tidak hanya warga Depok. Ada beberapa santrinya yang berasal dari luar kota, bahkan luar pulau seperti Jambi.

Alamat:

Jl. Desa Cipayung Raya, Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Depok, Jawa Barat

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com