10 Rekomendasi Pesantren di Tangerang Bagus Di Tahun 2024

Tradisi pesantren adalah bagian tak terpisahkan di daerah Tangerang. Hal tersebut tak lepas dari tradisi Islam yang tumbuh dan berkembang di daerah Banten dan sekitarnya. Di masa lalu, Banten adalah salah satu kesultanan Islam terbesar dan disegani di Nusantara.

Anda yang menginginkan putra-putri mendalami pendidikan karakter melalui pesantren, bisa menjadikan pesantren di Tangerang sebagai alternatif. Ada banyak pesantren yang bisa dipilih di Tangerang. Berdasar data Kementerian Agama, setidaknya ada 128 pesantren di Tangerang yang terdaftar resmi di sistem informasi data pesantren.

Ingin tahu Pesantren di Tangerang yang bagus, murah, bahkan gratis? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Pesantren Darul Hasan Tangerang

1. Pesantren di Tangerang: Darul Hasan

Fasilitas perpustakaan di Pesantren Darul Hasan Tangerang yang cukup mewah.

Mencari pesantren di Tangerang yang memiliki fasilitas literasi yang baik? Pesantren Darul Hasan bisa jadi pilihannya. Pesantren ini memiliki fasilitas perpustakaan yang cukup bagus dan memadai.

Pesantren ini didirikan oleh K.H. Tadjuddin Hasan, Drs. H. Sufyan Hariri, M.Pd dan H. Muhammad Nur pada 1998. Darul Hasan sudah cukup terkenal di kalangan para santri di daerah Tangerang.

Lokasi pesantren ini ada di daerah Cipondoh, Kota Tangerang. Jenjang pendidikannya cukup lengkap mulai dari SD hingga SMA. Jadi Anda bisa memilih pada jenjang apa anak akan dimasukkan ke pesantren. Setiap jenjang di pesantren ini sudah terakreditasi A. Jadi secara kualitas sudah teruji.

Kurikulum di pesantren ini menggabungkan kurikulum sekolah formal dengan kurikulum pesantren. Biaya pendaftaran untuk mengikuti tes di pesantren ini terbilang murah, yaitu Rp120 ribu. Untuk biaya santri bisa menghubungi langsung pihak manajemen pesantren.

Alamat:

Jl. Irigasi Sipon, Cipondoh Makmur, Cipondoh, RT.001/RW.002, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Tangerang, Banten

2. Pesantren Tahfiz Daarul Quran

2. Pesantren di Tangerang: Tahfiz Daarul Quran

Pesantren tahfiz Daarul Quran memiiliki gedung pesantren yang cukup besar.

Pondok pesantren Daarul Quran merupakan pesantren tahfiz yang berlokasi di daerah Cipondoh, Tangerang. Visi pesantren ini adalah melahirkan generasi pemimpin bangsa dan dunia yang soleh dan soleha dan berkarakter Qurani. Selain itu para santri juga diajarkan memiliki jiwa entrepreneurship.

Kurikulum pesantren ini menggabungkan kurikulum pendidikan formal, kurikulum berbasis agama, dan kurikulum kewirausahaan. Gabungan kurikulum ini diharapkan menjadikan para santri memiliki wawasan pengetahuan luas, wawasan ilmu agama yang mendalam, serta kemampuan untuk memecahkan masalah melalui jiwa entrepreneurship.

BACA JUGA :  10 Aplikasi Populer Untuk Baca Komik Di Android Dan iOS

Jika tertarik memasukkan anak ke pesantren ini, gambaran biaya uang pangkal dan seragam sekitar Rp13 juta. Sementara SPP bulanannya sebesar Rp1,5 juta.

 Alamat:

di Jl. Ketapang Poncol No.35, RT.07/05, RT.001/RW.005, Ketapang, Kec. Cipondoh, Tangerang

3. Pesantren An-Nuqthah Tangerang

3. Pesantren di Tangerang: An-Nuqthah

Suasana Pondok Pesantren An-Nuqthah di daerah Pinang, Tangerang.

Nama pesantren An-Nuqthah sudah cukup terkenal di Tangerang, meskipun pesantren ini masih terbilang muda untuk ukuran sebuah pesantren. An-Nuqthah didirikan pada 2009, berlokasi di daerah Pinang, Tangerang.

Pesantren ini menggabungkan kurikulum modern-formal dan tradisional-Islam. Output yang diharapkan saat santri lulus adalah munculnya generasi yang memiliki kemampuan IQ, EQ, dan SQ yang berimbang.

Pribadi-pribadi yang memiliki tiga kemampuan tersebut secara berimbang, diharapkan akan menjadi pemimpin masa depan berkarakter dan berkualitas. Bagi Anda yang ingin memasukkan anak ke pesantren ini, biaya pendaftaran bersih sekitar Rp2 juta.

Pesantren ini juga mengajarkan dan mendidik santri berdasar 5 panca pondok yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan. Ponpes ini juga memiliki beberapa jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMK.

Alamat:

di Jl. Rasuna Said Jl. H. Ismail, RT.001/RW.005, Cipete, Kec. Pinang, Tangerang

4. Pesantren Darul Ulum

4. Pesantren di Tangerang: Darul Ulum

Salah satu bangunan kelas di Pondok Pesantren Darul Ulum Tangerang.

Nama Pesantren Darul Ulum tidak asing di telinga. Sebab, pesantren ini memang memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya di Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Neglasari, Tangerang.

Meski sudah cukup terkenal di berbagai kota, tarif pendaftaran bersih yang dikeluarkan untuk setiap santri baru terbilang murah dan tidak terlalu mahal. Biaya masuk pesantren ini sekitar Rp5 juta.

Darul Ulum menggabungkan kurikulum modern dan agama seperti umumnya pesantren modern. Para santri akan mendapatkan bekal pengetahuan umum melalui kurikulum nasional dan juga hafalan Alquran melalui pendidikan tahfiz.

Tak hanya pendidikan berbasis agama dan formal, anak juga akan mendapatkan pendidikan yang dapat membentuk karakter diri. Para santri diharapkan punya karakter kuat, pengetahuan luas, dan ilmu agama yang mendalam.

 Alamat:

Jl. Marsekal Surya Darma Kel, RT.07/RW.001, Selapajang Jaya, Kec. Neglasari, Tangerang, Banten

5. Pesantren Mumtaz Ibadurrahman Tangerang

5. Pesantren di Tangerang: Mumtaz Ibadurrahman

Santriwati Mumtaz Ibadurrahman di depan bangunan pesantren.

Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman tidak bisa dilepaskan dari sosok KH. Ahmad Ihsan atau lazim dipanggil Ustaz Cepot. Pesantern ini didirikan pada 2001 dengan visi mewujudkan angkatan mukmin dengan intelektualitas yang holistik.

Para santri diharapkan bisa menggabungkan ilmu dan keterampilan dengan karakter agama yang baik. Kurikulum di pesantren ini menggabungkan kurikulum formal modern dengan pengetahuan agama yang mendalam.

BACA JUGA :  Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat di Indonesia

Biaya masuk ke pesantren yang terletak di daerah Cipondoh, Tangerang ini terbilang terjangkau. Saat masuk, calon santri membayar biaya sekitar Rp6 juta.

Alamat:

Gg. Masjid, RT.006/RW.06, Kenanga, Kec. Cipondoh, Tangerang, Banten

6. Pesantren Daar El-Qolam

6. Pesantren di Tangerang: Daar El-Qolam

Para santri Daar El-Qolam berfoto bersama di depan pondok pesantren modern ini.

Ingin memasukkan anak ke pesantren dengan kurikulum modern? Daar El-Qolam bisa jadi salah satu pilihan pesantren di Tangerang yang bagus. Pesantren ini berlokasi di Desa Pasir Gintung dan Pangkat, Jayanti, Tangerang. Pesantren ini didirkan oleh KH Ahmah Rifai Arief pada 1986. Sudah sudah cukup lama.

Karakteristik pesantren ini adalah tidak terikat dengan satu aliran tertentu, baik organisasi masyarakat, partai, atau aliran politik tertentu. Jadi, bila ingin memasukkan anak ke pesantren yang netral, Daar El-Qolam bisa jadi pilihannya.

Pesantren ini juga mengembangkan sistem pendidikan pondok modern. Kurikulumnya menggabungkan pendidikan pengetahuan umum dan agama. Selain itu, para santri juga diajarkan untuk disiplin dan mandiri, baik untuk kehidupan pribadi maupun dalam beribadah.

Biaya masuk utama di pesantren ini adalah uang pangkal dan biaya perlengkapan. Untuk dua biaya utama tersebut, jumlahnya sekitar Rp20 juta. Sementara biaya SPP bulanan mulai Rp1 jutaan.

Alamat:

Jl. Raya Serang, Pasir Gintung, Kec. Jayanti, Tangerang, Banten

7. Pesantren Wadil Qurro Tangerang (Gratis)

7. Pesantren di Tangerang: Wadil Qurro (Gratis)

Pesantren Wadil Qurro adalah salah satu pesantren gratis di Tangerang.

Selain pesantren yang berbayar, terdapat juga pesantren di Tangerang yang bagus dan gratis. Salah satunya adalah Wadil Qurro atau biasa disebut juga Wadil Quran. Pesantren ini berfokus pada pendidikan tahriz Alquran.

Secara umum pesantren ini tidak memiliki jenjang pendidikan seperti SD, SMP, atau SMA. Artinya pesantren ini tersedia bagi semua kalangan yang ingin dan punya kemauan untuk menghafal Al Qur’an.

Terdapat 3 program utama di pesantren ini. Pertama Program Ziyadah, yakni program menghafal Qur’an selama minimal sebulan. Kedua Program Murajaah, yaitu program mengulang hafalan bagi yang sudah hafal 30 juz namun belum lancar. Ketiga Program Mutqin, yaitu program menambah dan muroja’ah hafalan 30 juz yang berlangsung minimal 1 tahun.

Alamat:

Jalan Lingkar Selatan, Muncul, Kec. Setu, Tangerang

8. Pesantren Al Ikhlas Tangerang (Gratis)

8. Pesantren di Tangerang: Al Ikhlas (Gratis)

Ilustrasi santri mengaji di pesantren Al Iklhas Tangerang.

Selain Wadil Qurro, ada lagi pesantren gratis di Tangerang yaitu Pesantren Al Iklhas. Pesanten ini berlokasi di kecamatan Jambe, Tangerang. Pesantren ini berada di bawah Yayasan Majelis Dzikir Al Ikhlas.

BACA JUGA :  Kucing Anggora yang Menggemaskan, Ini Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Yayasan ini didirikan oleh Ustadz Endang Haryana Tajuddin Syarif. Berdiri sejak 13 November 2013, Santri Yayasan Majelis Zikir Pesantren al-Ikhlas dibebaskan dari biaya apapun alias gratis. Santri Pesantren al-Ikhlas terdiri dari usia TK sampai Kuliah.

Sejak 2019 ada sekitar 70 santri yang bermukim disini. Pesantren ini memiliki latar belakang tarekat. Para santri diajarkan ilmu tasawuf dan hikmah secara mendalam di pesantren ini.

Alamat:

Kampung Manukung RT 07/04 Desa Rancabuaya, Kecamatan Jambe, Tigaraksa, Tangerang

9. Pesantren Syahida

9. Pesantren di Tangerang: Syahida

Suasana Pondok Pesantren Syahida di daerah Cikupa, Tangerang.

Pondok pesantren berikutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk keluarga Anda adalah Pesantren Modern Syahida. Pesantren di Tangerang ini memiliki dua pola pendidikan, yaitu pola ajar yang ditentukan jam dan waktunya melalui KBM dan juga pola asuh selama 24 jam.

Para pengurus dan ustaz di sini melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap santri mulai bangun tidur sampai santri tidur lagi. Tujuan dari pembibingan ini untuk menanamkan sikap disiplin dan membentuk karakter para santri.

Pesantren ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP-SMA. Selain itu, terdapat 16 ekstra kulikuler yang bisa dipilih oleh santri. Salah satu kelebihan pesantren ini adalah seluruh tenaga pengajarnya adalah para sarjana yang berpengalaman. Jadi kemampuan pengajarnya sudah terstandarisasi.

Untuk biaya masuk awal pesantren ini mulai dari pendaftaran, seragam, bahan ajar, hingga perlengkapan santri sekitar Rp10 juta.

Alamat:

Jl. Verdi Timur Bundaran II Citra Raya, RT.05/RW.02, Dukuh, Kec. Cikupa, Tangerang, Banten

10. Pesantren Insan Pratama

10. Pesantren di Tangerang: Insan Pratama

Upacara bendera di Pondok Pesantren Insan Pratama Tangerang.

Pesantren di Tangerang yang bagus dan bisa dijadikan alternatif adalah Insan Pratama. Pesantren ini dikelola oleh para pengelola dan pengajar profesional dan berpengalaman dengan kualifikasi sarjana dan pascasarjana.

Kurikulum yang diterapkan berimbang antara kurikulum nasional dan kurikulum keagamaan yang dimiliki oleh pesantren. Dengan tenaga pengajar yang berkualitas, diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas juga.

Terdapat fasilitas belajar dan asrama yang representatif dan nyaman. Sebagai contoh, kelas untuk belajar dilengkapi dengan AC. Kursi dan meja belajar untuk para santri berstandar internasional. Para santri juga dibiasakan belajar dengan cara modern seperti presentasi dengan proyektor.

Berbagai fasilitas penunjang yang baik dan tenaga pengajar berkualitas membuat pesantren ini mematok biaya masuk cukup tinggi, yaitu sekitar Rp20-an juta.

Alamat:

Jl. Raya Parahu No.7, Parahu, Kec. Sukamulya, Tangerang, Banten

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com