10 Rekomendasi Pesantren di Bogor Terbaik, Bagus, Murah 2024

Bogor adalah daerah yang terkenal sebagai salah satu pusat pesantren di Jawa Barat. Peminat pesantren di Bogor terbaik yang bagus dan murah di 2024 tidak hanya warga setempat, tapi juga warga dari luar kota, termasuk DKI Jakarta.

Jarak Ibukota Jakarta dengan Bogor yang tidak terlalu jauh jadi alasan banyak santri dari Ibukota Jakarta yang mondok di Bogor. Beberapa pesantren di Bogor memiliki nama yang sudah cukup terkenal. Bukan hanya luar kota, di beberapa pesantren yang punya jaringan ke luar negeri bahkan pernah ada santri-santri dari luar negeri.

Ada banyak pesantren di Bogor terbaik yang memiliki kualitas bagus. Kabar baiknya, ada beberapa pesantren berkualitas tersebut biayanya cukup murah.

Ingin tahu Pesantren di Bogor yang bagus, murah, bahkan gratis di 2024? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Ummul Quro

Pesantren di Bogor: Ummul Quro

Pesantren Ummul Quro yang berlokasi di daerah Leuwiliang, Bogor adalah salah satu pesantren paling terkenal di kota ini.

Pesantren pertama yang masuk dalam rekomendasi pesantren di Bogor terbaik adalah Umul Quro. Pesantren modern ini berlokasi di daerah Bogor Barat, tepatnya di daerah Leuwiliang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Leuwiliang.

Pesantren ini menerapkan sistem pesantren modern, dengan pembelajaran ilmu agama dan umum yang berimbang. Jenjang pendidikan yang tersedia di pesantren ini adalah jenjang Tsanawiyah (Setara SMP) dan Aliyah (Setara SMA).

Salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah jaringan hingga ke luar negeri. Beberapa santri di Ummul Quro bisa melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah hingga ke beberapa negara luar negeri seperti Mesir, Yaman, dan lainnya. Wajar bila pesantren ini cukup terkenal dan dijadikan tujuan orangtua untuk mendidik anaknya.

Setelah lulus dari pesantren ini, siswa pun bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa alumni bahkan ada yang meneruskan untuk berkuliah di Mesir, Yaman, dan lainnya. Biaya masuk di pesantren ini berkisar Rp20 juta.

Alamat:

Jl. Moh Noh Noer Rt.004/004 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat

2. PDarussalam

Pesantren di Bogor: Darussalam

Suasana Pondok Pesantren Darussalam Bogor saat senja.

Nama Darusslam pasti tak asing lagi di telinga, karena identik dengan Pondok Pesantren Modern Gontor di Ponorogo. Di Bogor, juga ada pesantren dengan nama Darussalam. Pesantren ini juga menerapkan kurikulum Pesantren Modern Gontor.

Pesantren Darussalam Bogor berdiri sudah cukup lama, yaitu tahun 1993. Pesantren ini mengadopsi sistem pendidikan nasional dan kurikulum berbasis agama. Para santri diajari dan dibekali dengan kemampuan pengkajian kitab-kitab, penulisan karya ilmiah, hingga praktek mengajar. Praktik ini memberikan kemampuan santri secara menyeluruh.

BACA JUGA :  5 Modus Kejahatan Yang Sering Dialami Pengendara Sepeda Motor

Pondok Pesantren Darussalam Bogor memiliki area pesantren yang cukup luas, yaitu 6.400 M2. Sebagai pondok pesantren yang menerapkan kurikulum modern, berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersedia di pesantren ini mulai dari pramuka, olahraga, sains dan lainnya.

Biaya pendaftaran untuk jadi calon santri adalah Rp200 ribu. Bila anak lolos seleksi dan diterima, biaya pendaftaran awal di pesantren ini sekitar Rp10 juta.

Alamat:

Jl. Raya Taman Pagelaran, RT.001/RW.02, Bubulak, Kec. Ciomas, Bogor, Jawa Barat

3. Darrul Muttaqien

Pesantren di Bogor: Darrul Muttaqien

Kegiatan apel pagi di Pesantren Darul Muttaqien Bogor.

Di daerah Parung, Bogor terdapat satu pesantren yang bisa dijadikan rekomendasi yaitu Darul Muttaqien. Pesantren ini sudah berdiri cukup lama, yaitu pada tahun 1988. Uniknya, pesantren ini menyediakan pilihan santri mukim maupun santri kalong (pulang ke rumah).

Kurikulum pesantren ini mengadopsi gaya modern yaitu menggabungkan pendidikan agama yang diiringi pendidikan formal. Pesantren ini sudah meluluskan banyak alumni berkualitas di berbagai bidang. Tak heran jika pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di kota Bogor.

Jika tertarik memasukkan anak di pesantren ini, Anda bisa mengunjungi website pesantren ini atau datang langsung ke lokasi. Untuk pendaftaran awal masuk di Darul Muttaqien biayanya sekitar Rp27 juta.

Alamat:

Jl. Jkt – Bogor No.KM. 41, Jabon Mekar, Kec. Parung, Bogor

4. Madinatul Quran

Pesantren di Bogor: Madinatul Quran

Suasana belajar dalam kelas para santri di Pesantren Madinatul Quran Bogor.

Pesantren berikutnya yang layak masuk sebagai pesantren di Bogor terbaik adalah Madinatul Quran. Pesantren ini memiliki beberapa pondok yang berlokasi di daerah Jonggol. Ada pondok pesantren khusus perempuan, ada juga pesantren khusus laki-laki.

Pesantren Madinatul Quran fokus pada pembelajaran tahfiz bagi para santri. Selama tinggal di pesantren, para santri diharapkan memiliki kemampuan menghapal Alquran. Pesantren ini memiliki jenjang SD Tahfidz, SMP Tahfidz, SMA Tahfidz, serta Ma’had Aly (sarjana).

Menariknya, di pesantren ini juga menyediakan program beasiswa di beberapa jenjang untuk siswa yang memiliki keterbatasan biaya pendidikan. Kesempatan emas bagi yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren, namun memiliki keterbatasan biaya.

Menurut website Madinatul Quran, biaya masuk ke pesantren ini adalah RP16,5 juta. Sementara biaya bulanan santri adalah Rp1,65 juta.

Alamat:

Jalan baru TMMD Desa Cibodas, Singasari, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat

5. Ar-Ridho Sentul

Pesantren di Bogor: Ar-Ridho Sentul

Gedung Pesantren Ar Ridho di daerah Sukaraja, Bogor yang luas dan megah.

Pesantren di Bogor terbaik berikutnya adalah Ar Ridho. Pesantren modern ini berada di daerah Sukaraja. Lokasinya terbilang strategis dan mudah dijangkau. Untuk menuju ke pesantren ini Anda tinggal menuju Sentul. Dari AEON Mall Sentul City, waktu tempuh hanya sekitar 10 menit.

BACA JUGA :  10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game

Ponpes Ar-Ridho adalah salah satu binaan Pondok Darussalam Gontor Ponorogo. Secara kurikulum, tentu saja menerapkan kurikulum modern seperti induknya. Memadukan ilmu pengatahuan modern dan pengetahuan Islam.

Sebagai pesantren yang menerapkan kurikulum modern, berbagai keterampilan non-akademik pun didukung dengan baik. Kegiatan ekstra kurikuler tersedia cukup beragam di pesantren ini. Sehingga potensi para santri bisa digali dengan optimal.

Alamat:

Jl. Parung Aleng, RT.003/RW.003, Cikeas, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat

6. At-Taqwa

At-Taqwa

Saung belajar santri At Taqwa yang asri dan sejuk. Jadi tempat belajar yang nyaman bagi para santri.

Rekomendasi pesantren di Bogor terbaik berikutnya adalah At Taqwa yang berlokasi di daerah Cibubur. Akses menuju pesantren ini terbilang mudah. Anda tinggal keluar pintu tol Cibubur, lalu mengarah ke Kota Wisata. Setelah itu berbelok ke Jalan Gunung Putri. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Transyogi.

Pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan SMP dan SMA. Sebagai info tambahan, pesantren ini sudah bernaung di bawah kemendikbud. Jadi banyak materi pendidikan umum diajarkan di pesantren ini.

Selain itu, para santri juga mengkaji berbagai kitab agama. Tujuannya agar ilmu agamanya mendalam. Para lulusan diharapkan memiliki kemampuan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama yang berimbang.

Selain itu, para santri juga dilatih kemandirian dan tanggung jawabnya dalam asrama santri. Gedung asrama dan untuk pendidikan akademis pun sudah sangat baik. Salah satu fasilitasnya adalah CCTV 24 jam. Jadi kegiatan para santri terawasi dengan baik. Untuk masuk ke pesantren ini, SPP bulanan untuk sekolah dan asrama sekitar Rp1,8 juta.

 Alamat:

Jl. Desa Nagrak No.71, RW.4, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat

7. Modern Sahid

Pesantren di Bogor: Modern Sahid

Para santri sedang belajar membuat profil diri di laboratorium komputer Pesantren Sahid.

Pesantren modern sekarang ini tumbuh semakin banyak. Salah satu pesantren modern di Bogor yang bagus adalah Pesantren Modern Sahid. Pesantren ini berlokasi di daerah Pamijahan, Bogor.

Pesantren Modern Sahid menyediakan jenjang setara SMP, SMA, dan juga jurusan SMK. Khusus untuk jenjang SMK di Pesantren Sahid cukup banyak peminatnya. Sebab, tidak banyak pesantren yang mengombinasikan pendidikan agama dan hard skill seperti Pesantren Sahid.

Tak hanya mendapatkan pendidikan agama dengan hafalan Al-Quran, para santri juga mendapatkan pembekalan hard skill dan soft skill. Para santri diajarkan untuk membuat portofolio hingga curriculum vitae, sehingga mereka benar-benar memahai personal branding untuk memasuki dunia kerja profesional.

BACA JUGA :  10 Rumah Sakit di Bandung Terbaik dan Biaya Rawat Inapnya

Biaya bulanan di pesantren ini sekitar Rp1,5 juta. Bagaimana, terbilang murah bukan?

Alamat:

Gn. Menyan, Kec. Pamijahan, Bogor, Bogor, Jawa Barat

8. Pesantren Al Kahfi

Al Kahfi

Suasana Pesantren Al Kahfi di daerah Cigombong, Bogor yang asri.

Pesantren di Bogor terbaik berikutnya adalah Pesantren Terpadu Al Kahfi. Pesantren ini sudah berdiri pada 2002 di bawah Yayasan pedesaan Nusantara. Pesantren ini memang didirikan untuk memberikan kesadaran kepada para santri pentingnya peran pedesaan bagi kemajuan bangsa.

Program pendidikan di Al Kahfi menyelenggarakan program pendidikan formal SMP, SMA, dan juga Madrasah Aliyah. Selain itu, ada juga program Super Takhasus Tahfidzul Qur’an (STTQ). Program ini semacam akselerasi untuk menjadi tahfiz Alquran.

Fasilitas di pesantren ini terbilang sudah sangat baik seperti gedung tempat belajar yang bagus dan nyaman. Bila ingin memasukkan anak ke pesantren ini, biaya masuknya sekitar Rp20 jutaan. Sedangkan SPP-nya sebesar Rp1,65 juta per bulan.

 Alamat:

Jalan Desa, Srogol, Cigombong, Bogor, Jawa Barat

9. Al Andalus

Al Andalus

Suasana Pondok Pesantren Andalus di darah Sukamakmur, Bogor.

Bila Anda ingin anak masuk pesantren yang memberikan ijazah formal negara dan ijazah pesantren sekaligus. Cobalah untuk memasukkannya ke Pesantren Al Andalus, Bogor.

Al Andalus adalah pesantren yang mencoba memadukan kurikulum modern dan agama secara terstruktur dan komprehensif. Para santri baru akan mengikuti program bahasa Arab dan dasar agama selama satu tahun sebagai dasar

Untuk materi umum, para santri akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Jurnalistik, dan masih banyak lagi. Pilihan ekstra kurikuler juga beragam di pesantren ini.

Untuk biaya masuk masuk di pesantren ini terbilang cukup tinggi yaitu sekitar Rp50 jutaan. Namun, pesantren ini juga memiliki program beasiswa untuk anak yatim yang tidak mampu untuk tetap mendapatkan akses pendidikan yang baik.

Alamat:

Sukadamai, Kec. Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

10. Daarul Uluum Lido

Daarul Uluum Lido

Para santri di Daarul Ulum sedang melakukan apel pagi di halaman pesantren.

Daruul Uluum Lido masuk daftar terakhir pesantren terbaik di Bogor. Pesantren ini berlokasi di daerah Cigombong, Bogor. Usianya sudah cukup panjang, karena berdiri pada tahun 1996.

Pesantren modern ini didirikan oleh H oleh Drs. KH. Ahmad Dimyati, di bawah naungan Yayasan Salsabila Lido. Pesantren ini mengelola lembaga pendidikan mulai tingkat anak usia dini SMP, MTs, MA, dan juga Tahfizh Al-Qur’an.

Kurikulum di pesantren ini cukup menarik dengan dengan mengintegrasikan kurikulum Kementerian Pendidikan, Kementerian Agaram, dan Pesantren Modern.

Alamat:

Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma Jl. Gg. Muara No.KM 22, Ciburuy, Kec. Cigombong, Bogor, Jawa Barat

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com