8 SMA Terbaik di Jakarta 2024 Berdasarkan Nilai UTBK Tertinggi

Selain merilis 1.000 SMA dan sederajat terbaik se-Indonesia, LTMPT juga merilis pemeringkatan sekolah yang meraih rerata nilai UTBK tertinggi berdasarkan wilayah. Ada 8 SMA terbaik di Jakarta berdasarkan nilai UTBK tertinggi tahun 2024 yang dirilis oleh LTMPT.

Berikut 8 SMA terbaik di Jakarta berdasarkan rerata nilai UTBK 2024 tertinggi. Peringkat tertinggi ini didominasi oleh sekolah negeri. Tersebar di berbagai wilayah administratif di Jakarta.

1. SMAS Kanisius, Jakarta Pusat

1. SMA Terbaik di Jakarta: SMAS Kanisius, Jakarta Pusat

Sekolah khusus pria yang menempati urutan ke-7 nilai UTBK terbaik secara nasional.

Salah satu SMA terbaik di Jakarta ini khusus laki-laki. Berada di jantung Jakarta, akses ke SMA Kanisius sangat mudah, termasuk bila menggunakan transportasi publik. Hanya 12 menit berjalan kaki dari Stasiun Gondangdia, dan ada 5 pemberhentian bus di dekat SMA ini yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Selain belajar, para siswa juga bisa mengikuti ekstrakurikuler yang beragam. Ada sekitar 27 jenis ekstrakurikuler yang bisa diambil oleh para siswa. Salah satu yang kerap menuai prestasi adalah Canicomp, yaitu ekstrakurikuler pemrograman. Fasilitas unik yang dimiliki adalah studio band, studio recording, dan student locker.

SMA yang menduduki peringkat 7 nilai UTBK tertinggi nasional ini menerapkan biaya subsidi silang antara siswa yang kurang mampu dan yang mampu. Dengan begitu biaya untuk masing-masing siswa bisa berbeda. Untuk mendapat keringanan biaya, siswa bisa mengajukan beasiswa atau keringanan, namun dibatasi hanya 50 orang.

Lokasi: Jalan Menteng Raya no. 64, Jakarta Pusat

2. SMA Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta Utara

2. SMA Terbaik di Jakarta: SMA Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta Utara

Sekolah swasta berbasis agama Kristen yang sarat prestasi.

Menempati ranking 8 nilai UTBK 2022 tertinggi di Provinsi DKI Jakarta, sekolah swasta ini banyak mencetak siswa lulusan yang sarat prestasi. Beberapa prestasi yang pernah diraih siswa sekolah ini antara lain medali emas astronomi, Olimpiade Sains Nasional 2019.

Fasilitas di salah satu SMA terbaik di Jakarta ini sangat lengkap, salah satu yang menonjol adalah adanya pintu masuk khusus pengguna kursi roda. Selain itu ada 8 laboratorium, ruang tari, ruang tata boga, ruang band, ruang multimedia, ruang tari, bahkan ruang sikat gigi. Fasilitas olahraga pun banyak, mulai dari lapangan basket, voli hingga bulutangkis..

Bakat siswa juga bisa tersalurkan dengan 37 ekstrakurikuler yang tersedia, seperti robotik, klub bahasa Korea, coding, teater, tari tradisional, dan masih banyak lagi. Terkait biaya, sekolah ini menawarkan kisaran Rp9,5 juta-Rp12 juta untuk uang gedung, dan Rp968 ribu-Rp1,27 juta untuk uang sekolah bulanan.

BACA JUGA :  Makanan Spesial Di Pesawat Yang Perlu Kamu Tahu

Lokasi: Jalan Hibrida Raya Blok QA3, Kelapa Gading, Jakarta Utara

3. SMAN 81, Jakarta Timur

3. SMA Terbaik di Jakarta: SMAN 81, Jakarta Timur

SMA negeri yang memiliki prestasi internasional.

Selain menduduki peringkat 7 nilai UTBK 2022 tertinggi di DKI Jakarta dan ranking 16 nasional, SMA negeri ini juga sarat prestasi. Seorang siswanya menyabet medali perak bidang biologi di Future Scientist Olympiad 2022. Selain itu meraih medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia Bidang Ilmu Sosial Humaniora 2021.

Ada sekitar 18 ekstrakurikuler yang bisa diikuti para siswa. Salah satu ekskul yang menonjol adalah sinematografi yang diberi nama Lumiere. Salah satu karya film pendek mereka, The Last Answer, lolos seleksi pemutaran di Santa Monica Teen Film Festival 2014, di Santa Monica, Amerika Serikat.

Salah satu SMA terbaik di Jakarta ini dapat dicapai dengan transportasi umum bisa menggunakan Kopaja, Metromini, atau bus PPD 45. Ada sekitar lima pemberhentian bus yang hanya berjarak sekitar 2-14 menit berjalan kaki.

Lokasi: Jalan Kartika Eka Paksi, Cipinang Melayu, Jakarta Timur

4. SMAN 2, Jakarta Barat

4. SMA Terbaik di Jakarta: SMAN 2, Jakarta Barat

Sekolah negeri yang memiliki fasilitas ruang fitnes.

Sekolah ini menduduki peringkat 8 nasional dan ranking 4 di DKI Jakarta berdasarkan nilai UTBK 2022. Karena terletak dekat jalan besar, maka sekolah ini mudah dicapai dengan transportasi publik, seperti bus.

Fasilitas di salah satu SMA terbaik di Jakarta ini cukup lengkap, selain ada empat laboratorium juga ada masjid di dalam area sekolah. Yang unik, di sini juga disediakan ruang fitness lengkap dengan berbagai peralatan fitnes dalam jumlah yang cukup banyak. Dan ada taman asri yang membuat suasana di sekolah ini menjadi sejuk di tengah kota Jakarta.

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini juga sangat beragam. Mulai dari ekskul olahraga, seperti catur, futsal, taekwondo, dan banyak lagi. Ada juga ekskul kesenian, seperti modern dance, tari saman, dan break dance. Ada pula ekskul seperti marawis, bahasa Jerman, dan Nihon Club.

Lokasi: Jalan Gajah Mada no. 175, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat

5. SMAN 78, Jakarta Barat

5. SMA Terbaik di Jakarta: SMAN 78, Jakarta Barat

SMA negeri yang menerapkan sistem kredit semester (SKS) dalam kurikulumnya.

Sekolah yang menempati peringkat ke-14 di DKI Jakarta berdasarkan nilai UTBK 2022 ini memiliki kurikulum yang menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban belajar minimal 260 jam pelajaran.

Sekolah atau salah satu SMA terbaik di Jakarta ini berada di lahan seluas 10.847 meter persegi ini pernah mendapat penghargaan khusus dari Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2011. Penghargaan karena SMAN 78 Jakarta dianggap tertib hukum, yaitu tidak pernah terlibat tawuran maupun bullying di sekolah.

BACA JUGA :  Kalau Bisa Beli, Kenapa Ambil yang Gratis?!

Salah satu ektrakurikuler unggulan adalah paduan suara. Kelompok paduan suara 78 Youth Choir pernah meraih dua medali emas di ajang festival paduan suara A Voyage of Songs di Zhuhai, China, pada tahun 2011 dan mendapat medali emas dan perak di Festival Chanta al Mar Choir di Barcelona, Spanyol pada tahun 2012.

Lokasi: Komplek Pajak, Jalan Bakti IV no 1, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

6. SMAN 8, Jakarta Selatan

6. SMA Terbaik di Jakarta: SMAN 8, Jakarta Selatan

SMA yang menduduki peringkat pertama atau tertinggi di DKI Jakarta berdasarkan nilai UTBK 2022.

Inilah SMA yang menduduki ranking 1 berdasarkan nilai UTBK tertinggi di DKI Jakarta, dan urutan ke-5 secara nasional. Sekolah yang kerap disebut Smandel ini menerapkan kurikulum 2013, struktur kurikulum berdasarkan Peraturan Mendikbud nomor 36 tahun 2018.

Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki salah satu SMA terbaik di Jakarta ini. Semua kegiatan dilakukan dengan bantuan pelatih profesional. Sebut saja klub tari, klub kolintang, softball, band, tenis lapangan, rampak gendang, dan masih banyak lagi. Salah satu yang menonjol adalah ekskul sains dan teknologi.

Akses menuju sekolah ini sangat banyak. Untuk transportasi umum bisa menggunakan bus atau commuter line. Ada 6 pemberhentian bus yang bisa ditempuh kurang dari 10 menit berjalan kaki dan 3 stasiun kereta, yaitu Jatinegara, Tebet, dan Manggarai.

Lokasi: Jalan Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan

7. SMA Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan

7. SMA Terbaik di Jakarta: SMA Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan

Memiliki berbagai program yang menekankan pada pembinaan karakter.

Untuk DKI Jakarta, sekolah ini menempati urutan ke-2 SMA dengan nilai UTBK 2022 tertinggi. Sedangkan secara nasional peringkatnya juga sangat baik, yaitu ranking 6, naik 6 peringkat dibanding tahun lalu.

Hal yang menonjol dari sekolah ini pembinaan karakter lewat beberapa programnya, seperti BINTAMA (Bina Mental Kepemimpinan Siswa) yang bekerja sama dengan Kopassus. Ada pula BIMENSI (Bina Mental Siswa) yang bekerja sama dengan satuan Marinir.

Salah satu fasilitas unik yang ada di salah satu SMA terbaik di Jakarta ini adalah ruang gamelan. Berbagai alat musik gamelan lengkap dan tersimpan rapi, siap untuk digunakan para siswa. Untuk masuk ke sekolah ini dikenakan uang pangkal Rp32 juta-Rp34 juta dan uang SPP sebesar Rp1,75 ribu per bulan.

Lokasi: Jalan K.H Ahmad Dahlan no. 14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

8. SMAN 28, Jakarta Selatan

8. SMA Terbaik di Jakarta: SMAN 28, Jakarta Selatan

Salah satu SMA terbaik di Jakarta yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Untuk DKI Jakarta, SMA negeri ini menempati ranking 6 hasil tertinggi UTBK 2022. Namun secara nasional menduduki urutan ke-14. Akses ke sekolah ini juga sangat mudah, ada sekitar 4 halte bus dekat sekolah, dan stasiun kereta Pasar Minggu.

Fasilitas di salah satu SMA terbaik di Jakarta ini cukup lengkap, salah satu yang berbeda dengan sekolah lain adalah adanya ruang robotika. Prestasi yang diukir para siswa pun tak main-main. Sekolah ini pernah masuk 10 besar dari 63 tim dari 38 negara dalam World Robot Olympiad 2011 di Abudhabi.

BACA JUGA :  9 Hal Gak Penting, Tapi Bisa Bikin Sedih!

Robotik memang merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan di SMA ini. Beberapa kontes perlombaan bertaraf nasional dan internasional telah diikuti para siswa. Ekskul lain yang juga sangat aktif dan sering mengikuti berbagai acara adalah modern dance.

Lokasi: Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Metode Pemeringkatan SMA Terbaik 2024 oleh LTMPT

Dalam menentukan peringkat SMA terbaik 2022, LTMPT menggunakan enam metode, yaitu:

  1. Sekolah yang diikutsertakan dalam pemeringkatan hanyalah sekolah yang jumlah peserta UTBK 2024 atau siswa yang lulus 2024 lebih dari 40 orang. Sekolah dengan jumlah siswa peserta kurang dari 40 orang tidak akan diikutkan dalam pemeringkatan.
  2. Dari seleksi tersebut akhirnya hanya terdapat 3.381 sekolah yang memenuhi kriteria di atas. Padahal total ada 23.657 sekolah yang ikut UTBK.
  3. Sedangkan jumlah peserta yang memenuhi kriteria penilaian UTBK 2022 sebanyak 515.165 orang.
  4. Lalu nilai UTBK dihitung berdasarkan 60 persen Tes Potensi Skolastik (TPS) dan 40 persen Tes Kompetensi Akademik (TKA). Nilai TPS berdasarkan rerata TPS tiap peserta dari sekolah tersebut. Sedangkan TKA berdasarkan rerata TKA tiap peserta dari sekolah tersebut. Peserta yang mengikuti ujian campuran, nilai TKA-nya diambil yang tertinggi.
  5. Kemudian diurutkan dari sekolah yang memiliki total tertinggi hingga terendah.
  6. Dari situ barulah diambil 1.000 sekolah dengan Nilai Total Tertinggi.

Daftar Lengkap SMA Terbaik di Indonesia 2024 (versi LTMPT)

LTMPT merilis 1.000 SMA di seluruh Indonesia yang memiliki nilai total tertinggi. Berikut 20 SMA teratas:

  1. MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
  2. SMA Katolik St. Louis 1, Surabaya, Jawa Timur.
  3. SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah.
  4. MAN Insan Cendekia Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.
  5. SMAN 8 Jakarta, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  6. SMA Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  7. SMAS Kanisius Jakarta, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  8. SMAN 2 Jakarta, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  9. SMAS BPK 1 Penabur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.
  10. SMAN 68 Jakarta, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  11. SMAN 8 Yogyakarta, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
  12. SMAS Unggul Del, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.
  13. SMAN 1 Yogyakarta, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
  14. SMAN 28 Jakarta, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  15. SMAN 3 Yogyakarta, Yogyakarta, DI Yogyakarta.
  16. SMAN 81 Jakarta, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
  17. SMAS Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta Utara, DKI Jakarta.
  18. SMAN 1 Godean, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.
  19. MAN 2 Kota Malang, Kota Malang, Jawa Timur
  20. MAN Insan Cendekia Kota Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Untuk mengetahui daftar lengkap 1.000 SMA nilai UTBK 2024 teratas Anda bisa mengunjungi situs ltmpt.ac.id

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com