10 Universitas di Bekasi dari Universitas Negeri dan Swasta Murah

Bukan hal yang sulit mencari universitas di Bekasi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai salah satu wilayah penyangga DKI Jakarta, Bekasi memiliki infrastruktur yang lengkap, termasuk ketersediaan perguruan tinggi.

Sayangnya, sejauh ini Bekasi memang belum punya perguruan tinggi negeri. Namun begitu universitas-universitas swasta di Bekasi pun tidak kalah reputasinya. Bahkan boleh dibilang beberapa universitas di Bekasi termasuk dalam daftar perguruan tinggi terbaik secara nasional.

Tak hanya diisi berbagai jurusan yang diminati, universitas di Bekasi juga memiliki fasilitas kampus yang lengkap dan memadai. Sangat pantas menjadi pilihan untuk menimba ilmu. Nah, berikut ini daftar universitas di Bekasi yang patut Anda pertimbangkan:

1. Universitas Islam 45

1. Universitas di Bekasi: Universitas Islam 45

Sebagai universitas pertama di Bekasi, Unisma kerap menjadi rujukan bagi para pencari perguruan tinggi favorit di Kota Bekasi.

Universitas Islam 45 Bekasi atau akrab dengan sebutan UNISMA Bekasi sudah berdiri sejak tahun 1982. Dengan luas area kampus yang mencapai 10 hektare, UNISMA Bekasi bukan hanya menjadi yang pertama, tapi juga salah satu kampus terbesar di Bekasi.

Sebagai lembaga yang menjamin standar mutu pendidikan, UNISMA Bekasi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini, UNISMA Bekasi memiliki 7 Fakultas dengan 21 Program Studi dan 3 Program Magister. Untuk memberikan kemudahan kepada mahaiswa, UNISMA Bekasi menawarkan 3 pilihan program kuliah, yaitu reguler A, reguler B, dan reguler C.

Tak hanya concern pada bidang pendidikan, UNISMA Bekasi pun menjalankan misi dalam pengembangan bakat, kreativitas, minat, dan keahlian mahasiswa. Untuk memfasilitasi hal tersebut, UNISMA Bekasi menyediakan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat ikuti oleh mahasiswa.

Kampus ini mampu bersanding dengan kampus-kampus favorit lain, termasuk yang ada di luar Bekasi. Ya, UNISMA Bekasi sejauh ini merupakan kampus lokal terbaik di Bekasi. Berdasarkan laman webometrics, UNISMA Bekasi berada pada posisi 380 tingkat nasional dan 15.665 tingkat dunia.

Dengan sistem pendidikan yang memadukan antara nilai-nilai agama dengan ilmu pengetahuan, UNISMA Bekasi berharap para lulusannya tidak hanya berilmu tinggi tapi juga memiliki perangai yang mulia dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Alamat kampus:

Jl. Cut Mutia Raya No. 83, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

2. Universitas Krisnadwipayana

2. Universitas di Bekasi: Universitas Krisnadwipayana

Unkris, salah satu universitas di Bekasi yang cukup bonafide dengan uang kuliah yang terjangkau.

Universitas di Bekasi ini dikenal sebagai kampus pencetak ahli hukum yang andal. Meski berstatus sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Krisnadipayana atau biasa disingkat Unkris, memiliki pamor yang cukup mentereng dan acap menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Resmi didirikan pada tahun 1952, Unkris yang kala itu berpusat di Bandung, Jawa Barat, menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan jurusan hukum sebagai ujung tombaknya. Seiring waktu, Unkris terus berkembang dan memiliki kampus yang terbilang luas di Jatiwaringin, Bekasi, yakni 16 hektare.

Perkembangan Unkris dari tahun ke tahun cukup mencengangkan. Banyak alumni dari kampus ini yang kemudian mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara dengan peran yang cukup signifikan, mulai dari Ketua MPR, hakim agung, menteri, dan banyak lagi.

Ada beberapa keunggulan Unkris yang membuat kampus ini recommended, antara lain berpengalaman dan terakreditasi, tenaga pengajar yang kompeten dan kredibel, mengadopsi konsep blended learning, kampus yang luas dan nyaman, bekerja sama dengan lembaga internasional, serta biaya kuliah yang terjangkau.

Universitas di Bekasi yang satu ini menghadirkan empat fakultas dan puluhan program studi. Mulai dari tingkat sarjana hingga doktoral, baik program regular maupun kelas karyawan, semuanya tersedia. Unkris didukung dengan fasilitas kampus yang sangat lengkap yang mendukung kegiatan belajar para mahasiswanya.

BACA JUGA :  Inilah Wajah Kota Sidoarjo Tempo Dulu

Alamat:

Jl. Raya Jatiwaringin, Jaticempaka, Kec. Pondok. Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

3. Universitas Islam As-Syafi’iyah

Unpad Kampus Dipatiukur merupakan salah satu universitas di Bandung yang sejak dulu menjadi incaran calon mahasiswa dari dalam dan luar Bandung. (Foto: infobekasi.co)

Universitas Islam As-Syafi’iyah yang biasa disingkat UIA merupakan universitas di Bekasi yang cukup tua dan dikenal masyarakat luas. Sejak berdirinya, UIA memang fokus dengan pendidikan agama dengan tujuan melahirkan ulama-ulama yang kompeten dalam hukum-hukum Islam.

Dirintis pada 14 November 1965, oleh ulama kharismatik asal Betawi, K.H. Abdullah Syafi’I, UIA di masa awalnya masih berstatus akademi. Empat tahun kemudian, barulah meningkat menjadi universitas. Seiring waktu, UIA terus berkembang menjadi universitas yang cukup populer.

Sejumlah nama besar yang telah memberi sumbangsih bagi negeri tercatat pernah turut membesarkan UIA. Tak heran bila kemudian universitas di Bekasi ini menjadi pilihan mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak kurang dari 6 fakultas dan belasan jurusan yang ditawarkan oleh kampus ini.

Untuk menunjang kegiatan akademik, UIA didukung dengan kampus milik sendiri yang representative. Tergolong cukup megah dan nampak mencolok. Selain itu, mulai laboratorium, perpustakaan, hingga fasilitas untuk kegiatan mahasiswa juga tersedia lengkap di sini.

Soal biaya kuliah, universitas di Bekasi yang satu ini menjadi salah satu yang menawarkan biaya kuliah cukup terjangkau. Belum lagi tersedia beasiswa yang menarik. Meski terbilang cukup murah, UIA memiliki kualitas yang bersaing dengan kampus ternama lainnya.

Alamat kampus:

Jl. Raya Jatiwaringin No.12, Jaticempaka, Kec. Pondok. Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

4. Universitas Gunadarma

4. Universitas di Bekasi: Universitas Gunadarma

Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia.

Dunia teknologi informasi dan komputer menjadi program studi unggulan bagi universitas di Bekasi yang satu ini. Ya, nama besar Gunadarma sejak awal berdirinya, yakni tahun 1981, memang sudah fokus pada bidang komputer. Pertama kali beroperasi di Jakarta, cikal bakal Universitas Gunadarma ini bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer.

Dalam perjalanannya, Gunadarma melebarkan sayap ke berbagai wilayah, termasuk ke Bekasi. Setiap kampus Gunadarma diberi nama berdasarkan abjad. Di Bekasi, Gunadarma beroperasi pada tahun 2004 dengan sebutan Kampus J. Hingga saat ini, ada tiga kampus Gunadarma di Bekasi, yakni Kampus J1, J2, dan J3.

Universitas Gunadarma membuka empat jenjang Pendidikan, yakni Diploma III (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3). Selain fakultas teknologi informasi dan komputer, masih ada lima fakultas lagi dengan beragam jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Tak hanya kampus yang sudah terakreditasi, hampir semua program studi di salah satu universitas di Bekasi juga telah terakreditasi A dan B. Ditambah lagi fasilitas kampus yang lengkap untuk menunjang perkuliahan dan kegiatan mahasiswa, Gunadarma mengisi daftar deretan universitas swasta terbaik di tanah air.

Alamat Kampus:

Jl. KH. Noer Ali, Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

5. Universitas Mercu Buana Bekasi

5. Universitas di Bekasi: Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana, salah satu universitas swasta di Bekasi yang masuk kategori unggulan dan terakreditasi internasional.

Universitas Mercu Buansa termasuk kategori universitas di Bekasi yang cukup banyak diminati. Universitas Mercu Buana memang tergolong cukup dikenal di kawasan Jabodetabek. Sistem pendidikan dan fasilitas kampus yang dipersembahkan kepada para mahasiswa di kampus ini pun sudah teruji.

Diresmikan pada tahun 1985 dan berpusat di Jakarta, Universitas Mercu Buana masuk ke dalam deretan perguruan tinggi swasta yang cukup populer di masa kini. Awal berdiri, universitas yang kemudian membuka kampus di Bekasi ini terdiri dari tiga fakultas, yaitu fakultas teknik, fakultas pertanian, dan fakultas ekonomi.

BACA JUGA :  10 Universitas di Surabaya Favorit Calon Mahasiswa

Selaras dengan berjalannya waktu, beberapa fakultas baru menyusul kemudian, seperti fakultas psikologi, fakultas ilmu komunikasi, fakultas ilmu komputer, dan fakultas desain & seni kreatif. Dalam perkembangannya, fakultas pertanian tidak dilanjutkan, dan hingga saat ini terdapat enam fakultas untuk program sarjana serta ada tujuh program studi untuk program pascasarjana di Universitas Mercu Buana.

Di mana pun kampus Universita Mercu Buana berada, fasilitas kampus menjadi yang paling diperhatikan demi kemajuan mahasiswa. Laboratorium yang memadai, perpustakaan yang lengkap dan nyaman, serta yang sifatnya menunjang kegiatan kemahasiswaan.

Universitas Mercu Buana telah mengantongi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak 2016 lalu. Universitas di Bekasi yang satu ini kemudian sudah dalam proses mengikuti akreditasi internasional.

Alamat kampus:

Jl. Raya Kranggan No.6, Jatiranggon, Kec. Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

6. Universitas Esa Unggul Bekasi

Kampusnya cukup luas dan artistik, Universitas Esa Unggul Bekasi bisa menjadi referensi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Satu lagi universitas di Bekasi yang mulai menjadi incaran para calon mahasiswa adalah Universitas Esa Unggul (UEU). Didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa di Jakarta, UEU menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Tanah Air.

Seiring waktu, UEU mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mengembangkan kampus hingga ke Bekasi. Sejarah mencatat bahwa UEU adalah Perguruan Tinggi yang merintis dan mempelopori pendirian Akademi Rekam Medik (ARM) dan Program Sarjana Terapan Fisioterapi yang pertama di Indonesia. .

UEU tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perguruan tinggi yang visioner dan modern dengan menerapkan tiga pilar keunggulan, yakni Kewirausahaan, Teknologi Informasi, dan Kemampuan Berkomunikasi. Ketiga pilar ini sangat relevan, bahkan semakin aktual dan antisipatif terhadap tantangan dan perkembangan zaman.

Terdapat 10 fakultas di UEU dengan 36 program studi yang bisa menjadi pilihan sesuai minat. Universitas di Bekasi ini menyediakan banyak fasilitas unggulan yang mendukung pembelajaran mahasiswa dalam segi akademik maupun non-akademik. Ada juga fasilitas umum, seperti Klinik Esa Medhika dan Klinik Fisioterapi yang ditujukan untuk seluruh warga kampus dan masyarakat umum.

Alamat kampus:

Jl. Harapan Indah Boulevard No.2, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

7. Universitas Bina Nusantara Bekasi

7. Universitas di Bekasi: Universitas Bina Nusantara

Kampus yang modern dan megah, universitas di Bekasi yang satu ini berkembang menjadi kampus dambaan masyarakat.

Universitas Bina Nusantara atau BINUS bisa dibilang merupakan universitas swasta terbaik yang sudah punya nama di Bekasi. BINUS baru membuka kampusnya di Bekasi pada tahun 2016 dan saat itu langsung mendapat akreditasi A.

Universitas di Bekasi ini termasuk yang menjadi incaran karena sejumlah prestasi dan prestise yang pernah dicetaknya, sangat cocok bagi mereka yang tertarik di bidang IT. Lokasi BINUS Bekasi berada dekat dengan The Springlake Summarecon. Bahkan masih berada satu kawasan dengan Summarecon Bekasi.

Perkuliahan di BINUS telah didukung oleh infrastruktur berbasis ICT (information communication technology) dan smart digital campus yang saling terintegrasi. Banyak yang bilang kalau kampus ini disebut-sebut sebagai yang terbaik di Bekasi.

Ingin memilih jurusan apa di kampus ini? BINUS memiliki 8 fakultas dengan program studi yang terakreditasi baik. Ditambah lagi dengan fasilitas kampus yang cukup lengkap dan terbilang mewah, BINUS sangat memanjakan para mahasiswa dan civitas akademi lainnya, mulai dari laboratorium, perpustakaan, mini teater, hingga kantin.

Alamat kampus:

Jl. Lingkar Boulevar Blok WA No. 1, Summarecon Bekasi, Kec. Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat.

8. President University

Presidenty University menghadirkan sistem pendidikan yang terjalin kerja sama dengan banyak dunia industri.

BACA JUGA :  Stadion Sepakbola Paling Keren Di Dunia Untuk Kamu Kunjungi Di Liburanmu Selanjutnya!

President University adalah salah satu universitas di Bekasi dengan reputasi baik dan berstandar internasional. Berdiri pada 16 April 2004, President University terletak di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, yang merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara dengan 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara.

Presiden University telah berstatus sebagai kampur dengan akreditasi A sejak 19 Desember 2018 lalu. Dengan lebih dari 2.000 calon lulusan tiap tahunnya, President University turut masuk dalam daftar PTS Terbaik di Jawa Barat.

President University menjalin hubungan pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan pendukung lainnya dengan 59 perguruan tinggi dari 27 negara. Tidak hanya itu, ada lebih dari 50 perusahaan baik nasional maupun multinasional yang bekerja sama dengan universitas di Bekasi yang satu ini.

Terdapat 4 fakultas yang menjadi unggulan kampus ini, yakni bisnis, humaniora, teknik, dan ilmu komputer. Program studi yang bisa dipilih pun sangat beragam dan dibutuhkan oleh dunia industri. Untuk uang kuliahnya, President University menawarkan rentang uang kuliah yang variatif, mulai dari 8 jutaan rupiah hingga 30 jutaan rupiah per semester.

Alamat kampus:

Jababeka Education Park

Jl. Ki Hajar Dewantara, Mekarmukti, Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

9. STBA JIA

9. Universitas di Bekasi: STBA JIA

STBA JIA, universitas di Bekasi yang fokus dalam penguasaan bahasa asing dunia.

Ingin melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Bekasi yang fokus pada penguasaan bahasa asing? Tidak salah lagi kalau Anda memilih Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA (STBA JIA) yang terletak di Margahayi, Bekasi Timur.

Perguruan tinggi swasta ini sudah berdiri sejak Juni 2000 berdasarkan SK Mendiknas. Semua Program Studi telah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan peringkat Sangat Baik.

STBA JIA menyajikan empat program studi, yakni S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, D3 Bahasa Inggris, dan D3 Bahasa Jepang. Banyak lulusan dari kampus ini yang berkiprah di dunia industri, pendidikan, maupun kewirausahaan.

STBA JIA didukung dengan fasilitas penunjang belajar yang cukup memada, mulai dari laboratorium Bahasa, laboratorium komputer, perpustakaan, dan peralatan audio visual. Selain itu, masih ada fasilitas Self Acces Learning Center Atmosphere (SALCA) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatih keterampilan berbahasa secara mandiri.

Alamat kampus:

Jl. Cut Mutia No.16A, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

10. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Ubhara Jaya Kampus II Bekasi, salah satu universitas di Bekasi yang memberikan alternatif pendidikan tinggi berkualitas.

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) sebagai salah satu universitas di Bekasi yang berada di bawah pembinaan Yayasan Brata Bhakti. Ubhara Jaya berpusat di DKI Jakarta dan telah berdiri sejak 1995. Meski terbilang masih muda, Ubhara Jaya terus tumbuh dan berkembang menjadi perguruan tinggi swasta yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Guna memenuhi kebutuhan akan perguruan tinggi swasta yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia, Ubhara Jaya kemudian membangun kampus di Bekasi. Perguruan tinggi swasta ini mengusung visi terwujudnya universitas unggulan di tingkat nasional dan internasional yang berwawasan kebangsaan dan berbasis sekuriti guna menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan berperilaku baik.

Sampai saat ini, Ubhara Jaya telah memiliki 7 fakultas, 12 program studi S1, serta 2 program studi pascasarjana (S2). Dengan fasilitas kampus yang luas dan lengkap, universitas di Bekasi yang satu ini telah menunjukkan komitmennya untuk menjadi perguruan tinggi yang turut memajukan bangsa.

Alamat kampus:

Jl. Perjuangan No.81, Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com