10 Universitas di Solo dari Negeri Hingga Swasta Idaman Di 2024

Ada banyak universitas di Solo, baik universitas negeri maupun universitas swasta. Kualitas universitas di Solo terbilang cukup diperhitungkan di daerah Jawa, bahkan juga di Indonesia.

Majunya kualitas universitas di Solo tidak lepas dari sejarah kota ini. Solo memiliki tradisi dan perkembangan setara dengan Jogja. Sebab, dua daerah ini dulunya jadi satu kesatuan di bawah Kerajaan Mataram Islam.

Solo memiliki julukan kota budaya, karena tradisi di daerah ini memang sudah mengakar dan berkembang dari zaman dulu, termasuk tradisi di dunia pendidikan. Cukup banyak universitas di Solo yang memiliki reputasi baik dan dijadikan pilihan untuk kuliah oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Ingin tahu Universitas negeri dan swasta di Solo yang jadi idaman? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Universitas Sebelas Maret Solo

1. Universitas di Solo: Universitas Sebelas Maret

Gerbang utama kampus UNS di daerah Jebres, Surakarta.

Universitas Sebelas Maret atau biasa disebut UNS adalah perguruan tinggi negeri paling terkenal di Solo. Keinginan untuk mendirikan kampus negeri di Solo sebenarnya sudah ada sejak 1950-an. Tapi karena adanya beberapa konflik nasional, akhirnya universitas negeri di Solo baru terwujud pada 11 Maret 1976.

Tanggal pendirian tersebut akhirnya yang dijadikan nama universitas negeri pertama di Solo ini. UNS saat ini berstatus akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. UNS memiliki 11 fakultas dan 1 Sekolah Vokasi serta 1 lembaga pendidikan pascasarjana.

Ada banyak jurusan favorit di UNS yang jadi rebutan calon mahasiswa. Lima jurusan paling diminati di UNS adalah Farmasi, Kedokteran Umum, Informatika, Kebidanan, dan Psikologi. Lima jurusan tersebut yang persaingannya paling ketat dan diperebutkan oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Alamat:

Jl. Ir. Sutami No.36, Kentingan, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

2. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said

2. Universitas di Solo: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said

Universitas Islam Negeri Raden Mas Said sempat beberapa kali berganti nama.

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said adalah universitas yang mengalami beberapa kali transformasi dan perubahan nama. Universitas ini awalanya Bernama IAIN Walisongo yang berdiri pada 1992.

BACA JUGA :  10 Karakter Cowok Super Cool dan Keren di Video Game!

Pada 1997 namanya diubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Pada 11 Mei 2021, nama dan statusnya berubah menjadi UIN Raden Mas Said.

Ada tiga jurusan favorit di UIN Raden Mas Said yaitu Tadris Matematika, Manajemen Pendidikan, dan Informasi Islam. Tiga jurusan ini selalu jadi favorit calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Raden Mas Said.

Bagi Anda yang bingung dengan istilah Tadris Matematika, jurusan ini sebenarnya mirip dengan Pendidikan matematika di universitas lain. Hanya saja di UIN ditambahkan muatan pelajaran Islam. Setelah lulus, mahasiswa Tadris Matematika diharapkan akan mengajar di MI, MTs, dan MA.

Alamat:

Jl. Pandawa, Dusun IV, Pucangan, Kec. Kartasura, Jawa Tengah

3. Institut Seni Indonesia Surakarta

3. Universitas di Solo: Institut Seni Indonesia Surakarta

Institut Seni Indonesia Surakarta termasuk perguruan tinggi ternama di bidang seni dan budaya.

Institut Seni Indonesia Surakarta termasuk salah satu kampus tertua di daerah Solo. Kampus ini awalnya bernama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta. Lembaga ini berdiri pada 15 Juli 1964 berdasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 068/1964.

Pada tahun 2006 perguruan tinggi ini berubah status menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2006. Pergantian status ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo pada tanggal 11 September 2006 di pendopo ISI Surakarta.

Ada lima jurusan favorit di ISI Surakarta yang diminati calon mahasiswa. Jurusan tersebut adalah Seni Murni, Desain Interior, Film dan Televisi, Fotografi, dan Desain Komunikasi Visual.

Alamat:

Jl. Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta Solo

4. Universitas di Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta yang jadi ikon dari kampus ini.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah perguruan tinggi swasta paling terkenal di daerah Solo. UMS terbilang sebagai perguruan tinggi yang sudah berdiri cukup lama, tepatnya pada 24 Oktober 1981.

UMS awalnya bernama IKIP Muhammadiyah Surakarta. Pada perkembangan selanjutnya jadi UMS. Beberapa jurusan favorit di UMS adalah Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi, Sosiologi, Hukum, dan Kebidanan.

BACA JUGA :  Cerita Horror Misteri Indonesia - Sang ABDI (Sesajen)

UMS menyediakan jenjang pendidikan secara lengkap yaitu S1, S1, dan S3. Tertarik untuk kuliah di UMS? Silakan pilih jurusan sesuai dengan minat.

Alamat:

Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta, Jawa Tengah

5. Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

5. Universitas di Solo: Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta termasuk perguruan tinggi tertua di Solo.

Selain Muhammadiyah, Ormas Nahdlatul Ulama juga mendirikan perguruan tinggi di Solo. Namanya adalah Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta. Perguruan tinggi ini berada di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama Surakarta.

Legalitas UNU Surakarta tercatat dalam Akte Notaris R. Soegondo Notodisoerjo dengan Nomor: 02 Tanggal 2 Agustus 1960. Meski akte notaris keluar pada 1960, perguruan tinggi ini sudah mulai beroperasi pada 1958.

UNU memiliki empat fakultas untuk jenjang sarjana yaitu Fakultas Agama Islam, Teknik, Hukum, dan Ekonomi. Selain itu UNU juga memiliki Program Pascasarjana, yaitu S2 dan S3 untuk program Pendidikan Agama Islam.

Alamat:

Jl. Dr. Wahidin 5/VI Kel. Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

6. Universitas Aisyiyah Surakarta Solo

6. Universitas di Solo: Universitas Aisyiyah Surakarta

Organisasi masyarakat lain yang memiliki perguruan tinggi adalah Aisyiyah.

Pilihan universitas di Solo yang bisa jadi pilihan adalah Universitas Aisyiyah Surakarta. Universitas swasta di Solo ini adalah milik Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta. Cikal bakal universitas ini sudah berdiri sejak 1966.

Perguruan tinggi ini awalnya adalah sebuah sekolah bidan, kemudian bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Status universitas didapat pada 2020. Belum terlalu lama.

Universitas Aisyiyah memiliki beberapa jurusan seperti Keperawatan, Kebidanan, Administrasi Rumah Sakit, Kewirausahaan, Manajemen Retail, dan Sistem & Teknologi Informasi. Universitas Aisyiyah terakreditasi Baik Sekali oleh BAN PT.

Alamat:

Jl. Ki Hajar Dewantara No.10, Jawa, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

7. Universitas Sahid Surakarta Solo

7. Universitas di Solo: Universitas Sahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta merupakan perguruan tinggi dengan akreditasi baik.

Universitas Sahid Surakarta (Usahid) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Sahid Jaya. Usahid berdiri pada tanggal 22 Agustus 2002. Akreditasi universitas ini terbilang baik, karena 90% program studinya terakreditasi B.

Usahid memiliki 10 program studi yaitu Administrasi Bisnis, Desain Interior, Desain Komunikasi dan Visual, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Farmasi, Informatika, Teknik Industri, Keperawatan, dan Pendidikan Profesi Ners.

BACA JUGA :  Tujuh Langkah Mudah Menata Isi Kulkas

Alamat:

Jl. Adi Sutjipto No 154, Jajar, Surakarta

8. Universitas Kristen Surakarta Solo

Universitas Kristen Surakarta berlokasi di daerah Banjarsari, Solo.

Universitas Kristen Surakarta (UKS) adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di tengah kota solo. Dari Monumen 45 Banjarsari hanya berjarak 500 meter. Sementara itu dari Keraton Kasunanan maupun Keraton Mangkunegaran, jaraknya hanya sekitar dua kilometer.

Universitas yang terletak di Jalan Monginsidi ini berada di bawah Yaysan Perguruan Tinggi Wolter Monginsidi (YPTK). UKS merupakan kampus yang sudah berdiri lama, yaitu mulai 1983.

Ada beberapa program studi di universitas ini yaitu EKonomi Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Pendidikan Agama Kristen, dan Konseling Pastoral.

Alamat:

Jl. Monginsidi No.36-38, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah

9. Universitas Slamet Riyadi

Suasana laboratorium komputer di Universitas Slamet Riyadi.

Universitas Slamet Riyadi atau biasa disebut Unisri didirikan pada 21 Juni 1980. Unisri termasuk salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Solo. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi.

Pilihan program studi di Unisri cukup banyak yaitu Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.

Lima program studi favorit di kampus ini adalah Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Alamat:

Jl. Sumpah Pemuda No.18, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta

10. Universitas Surakarta

Universitas Surakarta biasa disebut sebagai UNSA dan berlokasi di Jalan Raya Palur.

Satu lagi universitas di Solo yang bisa jadi pilihan untuk kuliah di Kota Budaya ini, yaitu Universitas Surakarta. Universitas yang biasa disebut UNSA ini berada di bawah pengeloaan Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta.

UNSA berlokasi di Jalan Raya Palur, di seberang Sungai Bengawan Solo. Perguruan tinggi yang berdiri pada 1995 ini awalnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Solo. Pada 1998, bertransformasi menjadi Universitas Surakarta.

UNSA memiliki tujuh fakultas dan program pascasarjana. Fakultas jenjang sarjana di UNSA adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Teknik Elektro dan Informatika.

Alamat:

Jl. Raya Palur Km. 5 Surakarta Ngringo Jaten, Surakarta

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com