10 Universitas di Bogor Negeri dan Swasta Ternama Di 2024

Berikut Adalah Rekomendasi 10 Universitas di Bogor dari Universitas Negeri Hingga Swasta Ternama Di Tahun 2024!

Bogor, baik kota maupun kabupatennya merupakan daerah penyangga ibu kota DKI Jakarta. Sebagai daerah yang hanya berjarak sekitar 53 kilometer dari Jakarta, namun memiliki suasana yang berbeda dengan ibu kota negara, Bogor sering menjadi tujuan wisata bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta.

Fasilitas di Bogor sudah cukup lengkap, termasuk fasilitas pendidikan seperti perguruan tinggi. Tak heran bila selain jadi tujuan wisata, Bogor juga masuk ke dalam daftar tujuan tempat pendidikan bagi para calon mahasiswa. Terlebih yang tidak ingin jauh dari Jakarta.

Tak hanya itu, hawa yang sejuk dengan lingkungan yang cukup tenang, membuat Bogor ideal sebagai tempat menimba ilmu. Ditambah dengan banyaknya perguruan tinggi ternama yang bertebaran di kota maupun kabupaten Bogor. Ada sekitar 63 perguruan tinggi yang siap menampung para mahasiswa yang ingin belajar di Bogor.

Dari 60 lebih universitas di Bogor, ada beberapa universitas yang namanya sudah termashur karena kualitas pendidikannya. Artikel ini akan mengulas 10 universitas di Bogor, dari universitas negeri hingga swasta ternama. Lengkap dengan info keunggulan dari masing-masing universitas tersebut.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

1. Universitas di Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas negeri ternama dan terbesar di Bogor.

Inilah universitas negeri ternama dan terbesar di Bogor. Berdiri tahun 1963, perguruan tinggi yang awalnya merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia, kini memiliki 11 fakultas, termasuk sekolah bisnis, dan satu pascasarjana.

IPB telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2017. IPB juga menjadi perguruan tinggi yang paling banyak melakukan inovasi, berdasarkan penilaian dari Business Innovation Center, Kemristek RI.

Tahun 2020 Kemendikbud menempatkan IPB sebagai peringkat 1 kampus terbaik se-Indonesia. IPB memiliki lima kampus, yaitu Kampus Dramaga tempat rektorat dan pusat kegiatan belajar, Kampus Baranangsiang pusat penelitian, Kampus Gunung Gede pusat pendidikan bisnis, Kampus Cilibende dan Kampus Taman Kencana.

Alamat: Jl. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kota Bogor.

2. Universitas Pakuan Bogor

2. Universitas di Bogor: Universitas Pakuan

Universitas Pakuan merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Bogor.

Inilah salah satu universitas swasta terbaik di Bogor dan sudah berdiri cukup lama, yaitu tahun 1980. Universitas ini merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor yang sebelumnya telah berdiri selama dua dekade. Ikut melebur perguruan tinggi swasta lain, seperti Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, dan lain-lain.

Universitas Pakuan (Unpak) mengantongi akreditasi B, namun beberapa program studinya, seperti ilmu hukum, akuntansi, administrasi pendidikan, manajemen, dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

BACA JUGA :  Ciplukan, Tanaman Beribu Manfaat Namun Sering Terabaikan

Universitas yang memiliki enam fakultas, sekolah pascasarjana, dan vokasi ini meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan jumlah guru besar terbanyak se-Jawa Barat-Banten. Lokasi kampusnya pun sangat strategis dan mudah diakses, hanya 10 menit dari jalan tol dan berada di jalan yang merupakan akses ke ibu kota.

Alamat: Jl Pakuan, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara

3. Universitas di Bogor: Politeknik Siber dan Sandi Negara

Satu-satunya perguruan tinggi kedinasan yang fokus pada siber dan sandi.

Perguruan tinggi negeri ini merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan hanya ada satu-satunya di Bogor. Lulusannya akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di BSSN atau instansi pemerintah lain, baik pusat maupun daerah.

Tersedia tiga program studi setara diploma IV (D4), yaitu rekayasan keamanan siber, rekayasa perangkat keras kriptografi, dan rekayasa kriptografi. Persaingan untuk masuk ke politeknik ini sangat ketat. Perguruan tinggi ini hanya menerima 100 mahasiswa per tahunnya. Padahal yang mendaftar lebih dari 4.000 orang.

Mahasiswa yang sudah masuk pun harus belajar giat, karena perguruan tinggi ini menerapkan sistem drop-out (DO). Mahasiswa akan dikeluarkan bila dalam evaluasi hasil pembelajaran tidak memenuhi batas nilai yang ditetapkan. Fasilitas di sini sangat lengkap, mulai dari empat laboratorium yang canggih, hingga kolam renang.

Alamat: Jl. Raya H. Usa, Putut Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

4. Sekolah Tinggi Intelejen Negara

4. Universitas di Bogor: Sekolah Tinggi Intelejen Negara

Satu-satunya perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang khusus mendidik calon-calon intelejen.

Inilah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang khusus mempelajari ilmu intelejen. Perguruan tinggi kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Intelejen Negara (BIN), dan berdiri tahun 2004. Mahasiswanya tak sedikit pun dipungut biaya alias 100 persen gratis. Lulusannya pun akan langsung direkrut oleh BIN.

Sebelum mulai kuliah para calon mahasiswa dilatih fisik di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus), Batujajar, Jawa Barat, selama sebulan. Selain wajib sudah menguasai bahasa Inggris, mahasiswa juga harus menguasai bahasa asing lain, pilihannya antara lain bahasa Arab, Mandarin, Jepang, atau Prancis.

Lokasi kampus terpencil, di pegunungan dengan akses ke pusat kota cukup sulit. Selama empat tahun para mahasiswa tinggal di asrama dan dididik berbagai pengetahuan umum dan ilmu keintelejenan. Mereka juga berlatih menggunakan senjata api dan bela diri. Gelar setelah lulus adalah Sarjana Intelejen (S.In).

Alamat: Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

5. Universitas Djuanda Bogor

5. Universitas di Bogor: Universitas Djuanda

Universitas yang menekankan pada nilai-nilai Islami.

Universitas di Bogor ini merupakan universitas swasta yang berdiri pada tahun 1987. Universitas Djuanda atau kerap disebut Unida, menempati peringkat 70 dari 2.141 perguruan tinggi non-vokasi se-Indonesia pada tahun 2020. Saat ini ada 7 fakultas dan 16 program studi di Unida serta program pascasarjana.

BACA JUGA :  Pacific Rim Sama Transformers Bagusan Mana?

Berada di bawah Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia, Unida mengedepankan nilai-nilai Islami. Itulah sebabnya Unida memiliki slogan Kampus Bertauhid. Beberapa fakultas juga mengusung nilai-nilai Islami, seperti Fakultas Ilmu Pangan Halal dan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru.

Hampir semua program studi di Unida mengantongi akreditasi B. Hanya program studi peternakan yang telah mengantongi akreditasi A. Sedangkan yang baru mendapat akreditasi C hanya Magister Teknologi Pangan. Unida berada di dataran tinggi, dekat jalan tol dan jalan ke Puncak, sehingga suasananya sejuk dan tenang.

Alamat: Jl. Tol Jagorawi no 1, Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

6. Universitas Ibn Khaldun Bogor

6. Universitas di Bogor: Universitas Ibn Khaldun

Univesitas Islam tertua di Bogor dan didirikan oleh tokoh ulama Bogor.

Universitas yang didirikan oleh para tokoh ulama Bogor ini merupakan kampus Islam tertua di Bogor. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1961 di bawah naungan Yayasan Ibn Khaldun Bogor. Awalnya hanya memiliki empat fakultas, namun kini berkembang menjadi 6 fakultas dengan 23 program studi, dan sekolah pascasarjana.

Untuk institusi, Universitas Ibn Khaldun atau kerap disingkat UIKA, mendapat akreditasi B. Namun beberapa program studi, seperti komunikasi penyiaran Islam, manajemen, teknologi pendidikan, dan pendidikan agama Islam, telah meraih akreditasi A dari BAN-PT. Sedangkan program studi lainnya mendapat akreditasi B.

Fakultas Agama Islam di UIKA juga menjadi fakultas terbaik se-Jawa Barat dan Banten selamat tiga tahun bertahun-tahun versi Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Kopertais). Lokasi UIKA juga strategis, hanya berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Bogor dan dikelilingi pusat perniagaan, mal, perkantoran.

Alamat: Jl. Sholeh Iskandar, Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

7. Universitas Pertahanan Indonesia

Universitas yang khusus mengajarkan ilmu pertahanan negara.

Universitas negeri ini unik, karena khusus mengajarkan studi pertahanan, baik pada jenjang diploma III (D3), sarjana (S1), magister (S2), maupun doktoral (S3). Memang, universitas yang berdiri tahun 2009 ini secara fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan. Universitas kelas dunia ini telah mengantongi akreditasi A.

Perguruan tinggi ini terbuka untuk seluruh kalangan. Perwira TNI, Polri, dan masyarakat umum dapat memperdalam ilmu pertahanan di sini. Ada 9 fakultas dengan 1 program doktoral, 17 program magister, 10 program studi sarjana, dan 7 program diploma di universitas ini.

Universitas Pertahanan Indonesia juga bekerja sama dengan berbagai universitas internasional, seperti Cranfield University, National Defense University Amerika Serikat, serta beberapa universitas di Australia dan Jerman. Kerja sama tersebut dalam bentuk tenaga pengajar, studi banding, beasiswa, dan kurikulum.

Alamat: Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

8. Universitas Nusa Bangsa

Kampus dengan lingkungan yang teduh dan banyak pepohonan.

Universitas swasta di Bogor ini usianya cukup matang, berdiri pada tahun 1987 dengan hanya memiliki 3 fakultas dan 5 jurusan, pada waktu itu. Yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA).

BACA JUGA :  Motion Capture, Rahasia Sukses Para 3D Animator Hollywood

Kini, di atas lahan seluas sekitar 1,5 hektare Universitas Nusa Bangsa (UNB) telah mengelola 4 fakultas dengan 8 program studi, dan satu program pascasarjana untuk program studi ekonomi pembangungan. Penambahan fakultas yaitu Fakultas Kehutanan, awalnya adalah program studi manajemen hutan di Fakultas Pertanian.

Tersedia pula jenjang D3 khusus untuk program studi penyuluhan kehutanan. Seluruh program studi di UNB telah mendapat akreditasi B. Dengan begitu, secara institusi, universitas ini juga mendapat akreditasi B dari BAN-PT. Kampusnya pun teduh karena memiliki banyak pepohonan, bahkan dilengkapi dengan green house.

Alamat: Jl. KH Sholeh Iskandar KM4, Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

9. Universitas Terbuka Bogor

Universitas dengan sistem pembelajaran jarak jauh dan tak terbatas usia maupun masa belajar.

Sesuai dengan namanya, Universitas Terbuka (UT), perguruan tinggi negeri ini terbuka bagi siapa saja yang mau menempuh pendidikan tinggi atau meraih gelar sarjana. Tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi ujian. Syaratnya hanya satu, harus lulus SMA atau yang sederajat.

Meski terbuka, universitas ini termasuk salah satu yang terbaik di Bogor. UT Bogor telah mendapat akreditasi B, namun beberapa program studi ada yang telah mengantongi akreditasi A, seperti pendidikan matematika, manajemen, sosiologi, ilmu administrasi negara, akuntasi, pendidikan guru sekolah dasar, dan banyak lagi.

UT menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau tidak secara tatap muka, melainkan menggunakan media baik cetak maupun non-cetak. UT Bogor membawahi beberapa kota/kabupaten, yaitu Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bogor.

Alamat: Jl Sholeh Iskandar no. 234, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

10. Institut Tazkia

Perguruan tinggi Islam di Bogor yang ternama dengan ilmu ekonomi syariah.

Perguruan tinggi Islam di Bogor yang ternama dengan ilmu ekonomi syariah.

Perguruan tinggi Islam swasta ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena kualitasnya yang sudah diakui di dunia pendidikan, terutama untuk bidang ekonomi syariah. Institut Tazkia bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai Centre of Excellent Kampus Ekonomi Syariah dari Kementerian Agama.

Institut Tazkia lahir karena krisis ekonomi 1997-1998, di mana industri perbankan nasional banyak yang runtuh. Namun sistem ekonomi syariah mampu bertahan melewati krisis. Maka terbentuklah perguruan tinggi ini pada tahun 2000 untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang ekonomi syariah.

Tak heran bila Institut Tazkia mendapat julukan Kampus Ekonomi Syariah. Perguruan tinggi yang mendapat akreditasi B ini memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Hukum/Syariah, dan Fakultas Pendidikan/Tarbiyah, serta pascasarjana dengan program studi ekonomi syariah.

Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda no. 78, Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Itulah 10 universitas negeri dan swasta di Bogor yang ternama dan menjadi incaran para calon mahasiswa. Bukan hanya Bogor atau wilayah sekitar Bogor, tapi juga dari seluruh Indonesia.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com