10 Universitas di Cikarang Dari Terbaik Hingga Favorit Di 2024

Universitas-universitas di Cikarang ini sangat beragam, baik dari segi program studi hingga akreditasi. Umumnya, karena berada di lingkungan kota industri, universitas-universitas tersebut menyediakan program studi yang berhubungan dengan industri, seperti teknik mesin, teknik informatika, dan lain-lain.

Artikel ini akan mengulas 10 universitas di Cikarang, dari yang terbaik dan jadi favorit. Simak info lengkap mengenai keunggulan, keistimewaan, lokasi, dan fasilitas dari universitas-universitas tersebut.

1. President University Cikarang

1. Universitas di Cikarang: President University

Universitas di Cikarang yang berkelas internasional dengan pengajar-pengajar asing.

Meskipun hanya memiliki empat fakultas, yaitu ilmu komputer, bisnis, teknik, dan ilmu budaya, universitas di Cikarang ini bertaraf internasional. Universitas yang terletak di kawasan industri Jababeka Industrial Estate, Cikarang, ini juga dinobatkan sebagai kampus termahal di Indonesia, yaitu sekitar Rp25 juta per semester.

Walaupun mahal, kualitas universitas ini sangat baik. Dengan berkiblat pada pendidikan di Australia, President University telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Semua aktivitas perkuliahan menggunakan bahasa Inggris. Dosen-dosennya pun sebagian adalah dosen asing.

Sekitar 10 persen mahasiswanya merupakan mahasiswa asing dari berbagai negara. Universitas ini didirikan tahun 2001 oleh pengusaha Dr. SD Darmono yang merupakan pendiri Grup Jababeka. Tak heran dosen dan mahasiswa dapat melakukan riset dan magang di perusahaan-perusahaan yang ada di Jababeka.

Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi

2. Universitas Pelita Bangsa Cikarang

2. Universitas di Cikarang: Pelita Bangsa

Terletak di lokasi yang strategis, yaitu di tengah segitiga emas kawasan industri Cikarang.

Universitas di Cikarang ini adalah penggabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT). Di sini tersedia empat fakultas, yaitu ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan dan humaniora, agama Islam, dan teknik. Di fakultas agama islam terdapat program studi yang sedang populer, yaitu ekonomi syariah.

Ada pula program studi entrepreneurship yang menjadi unggulan universitas yang telah mendapat akreditasi B ini. Hal tersebut sejalan dengan visi dari Universitas Pelita Bangsa (UPB), yaitu menjadi entrepreneur university berkelas internasional pada tahun 2045.

Berdiri di lahan seluas 11.603 meter persegi, lokasi UPB sangat strategis karena berada di tengah pusat segitiga emas Lippo Cikarang/Meikarta, Jababeka, dan Delta Mas. Dengan berada di tengah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, para mahasiswa bisa mengamati langsung dinamika dan perkembangan dunia industri.

BACA JUGA :  7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Alamat: Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat, Bekasi

3. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer MIC Cikarang

3. Universitas di Cikarang: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer MIC Cikarang

Tersedia kelas untuk karyawan di mana perkuliahan dilakukan malam hari.

Sebelumnya,pendidikan tinggi di Cikarang yang berdiri tahun 2000 merupakan sebuah akademi, yaitu Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK). Lalu berkembang menjadi seperti sekarang dengan menyelenggarakan program diploma (D3), strata satu (S1), dan pascasarjana (S2).

Ada dua program studi untuk masing-masing jenjang. Untuk program D3 tersedia program studi manajemen informatika dan komputerisasi akuntansi. Sedangkan untuk program S1 tersedia program studi sistem informasi dan teknik informatika. Sedangkan untuk S2 hanya ada program studi sistem informasi (ilmu komputer).

Di sini tersedia pula kelas untuk karyawan, di mana perkuliahan berlangsung malam hari. Fasilitasnya pun cukup lengkap, mulai ruang kelas ber-AC, CCTV, kantin, mushola, free hotspot, perpustakaan, hingga tempat parkir yang luas. STMIK MIC juga merupakan kampus berbasis digital.

Alamat: Jl. Bugelsalam, Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

4. Institut STIAMI Cikarang

4. Universitas di Cikarang: Institut STIAMI Cikarang

Perguruan tinggi di Cikarang yang fokus pada ilmu administrasi.

Inilah perguruan tinggi di Cikarang yang paling tepat bila Anda ingin memperdalam ilmu administrasi. Institut STIAMI telah mengantongi akreditasi A untuk program studi S1 administrasi publik dan ilmu administrasi bisnis. Sedangkan untuk institusi, perguruan tinggi ini telah mendapat akreditasi B.

Perguruan tinggi ini berdiri tahun 1983 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI). Baru pada tahun 2015 resmi berubah nama menjadi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI dengan menyediakan program vokasi, sarjana, dan pascasarjana.

Ada sembilan program studi yang bisa diambil, antara lain perpajakan (D3), administrasi bisnis (D3), akuntansi bisnis (D4). Sedangkan untuk jenjang S1 ada ilmu administrasi publik, administrasi bisnis, manajemen komunikasi, manajemen logistik, hospitality dan pariwisata. Dan untuk program S2 tersedia magister ilmu administrasi.

Alamat: Jl. Raya Industri 69, Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

5. Institut Teknologi Sains Bandung

5. Universitas di Cikarang: Institut Teknologi Sains Bandung

Merupakan perguruan tinggi di Cikarang hasil kerja sama Pemda Kabupaten Bekasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) merupakan kerja sama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Perguruan tinggi di Cikarang yang berdiri tahun 2001 ini merupakan milik Sinarmas Group, dan menempati lahan seluas 5 hektare di Central Business District Kota Deltamas.

Mahasiswa yang berprestasi dapat ditransfer menjadi mahasiswa ITB dan lulus sebagai sarjana ITB. Di sini terdapat dua fakultas, yaitu fakultas teknik dan desain serta fakultas vokasi. Ada program studi di fakultas vokasi yang jarang ditemui di universitas lain, yaitu jurusan teknologi pengolahan sawit, teknologi pulp dan kertas.

BACA JUGA :  #Viral : Lagi, Jagain Jodoh Orang! Makanya Jangan Kelamaan Pacaran Gaes!

Kampus dirancang ramah lingkungan dengan konsep green building. Gedung kampus telah memenuhi persyaratan dan rating yang dirumuskan oleh ITSB dan Green Building Council Indonesia (GBCI). Banyaknya ruang terbuka hijau juga membuat kampus ITSB sangat nyaman.

Alamat: Kota Deltamas Lot-A1 CBD, Jl. Ganesha Boulevard, Pasirranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

6. Bina Sarana Informatika (UBSI)

6. Universitas di Cikarang: Bina Sarana Informatika (UBSI)

Universitas di Cikarang yang memiliki keunggulan pada bidang IT.

Universitas di Cikarang dengan banyak cabang di berbagai kota ini memiliki keunggulan di bidang informasi dan teknologi (IT). Beberapa program studi yang cukup spesifik tersedia di sini, seperti ahli digital forensik, cloud architect, event planner, dan banyak lagi. Terdiri dari jenjang D3 dan S1.

Universitas yang telah mengantongi akreditasi B ini masuk ke dalam 50 universitas terbaik versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III. Para pengajarnya pun telah dilengkapi dengan sertifikat kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Cisco & Oracle.

Para mahasiswa juga mendapat kesempatan magang dan mengikuti berbagai workshop seputar dunia kerja, karena UBSI membentuk BSI Entrepreneur Center. UBSI Cikarang yang berdiri tahun 2012 ini juga berada di lokasi yang strategis karena sangat dekat dengan gerbang tol Cikarang Barat.

Alamat: Jl. Raya Cikarang – Cibarusah no. 168, Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

7. Universitas Paramadina Kampus Cikarang

7. Universitas di Cikarang: Paramadina Kampus Cikarang

Universitas Paramadina Cikarang memiliki kualitas sama dengan Universitas Paramadina Jakarta.

Universitas Paramadina Cikarang yang merupakan pengembangan sayap dari Universitas Paramadina Jakarta sengaja dibangun di Cikarang, karena Cikarang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi, kawasan industri dan IT. Meski baru dibuka tahun 2022, namun Universitas Paramadina Cikarang sudah banyak diminati.

Dengan mengantongi akreditasi B, universitas ini menyediakan jenjang pendidikan S1, S2, dan kelas untuk karyawan. Ada tiga fakultas di universitas ini, yaitu fakultas falsafah dan peradaban, fakultas ekonomi dan bisnis, serta fakultas ilmu rekayasa. Lokasi Universitas Paramadina Cikarang juga strategis, yaitu di wilayah Meikarta.

Proses belajar mengajar di sini didukung dengan fasiiltas terbaik. Mulai dari ruang belajar yang dilengkapi penyejuk ruangan, berbagai laboratorium, ruang serba guna, perpustakaan, dan lain-lain. Di kompleks universitas ini juga akan dibangun masjid yang cukup besar dan megah.

Alamat: District 2, Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

8. Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI)

8. Universitas di Cikarang: Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI)

Perguruan tinggi yang mengkhususkan pada lingkungan mesin industri.

Berawal dari pemikiran belum mencukupinya tenaga-tenaga profesional industri untuk memacu proses industrialisasi di Indonesia, maka J.B Casutt SJ dengan dorongan dari para kalangan industri dan alumni ATMI Surakarta mendirikan ATMI di kawasan industri Jababeka Cikarang, Bekasi.

BACA JUGA :  Sial! Jakarta Termasuk 1 Dari 10 Kota Paling Dibenci Di Dunia

Politeknik ini berkonsentrasi pada pendidikan khusus lingkungan mesin industri. Lokasinya yang berada tepat di jantung kawasan industri membuat politeknik di Cikarang ini mampu berhubungan erat dengan dunia industri, sekaligus mampu menanggapi kebutuhan industri dengan tepat.

Kurikulum dilakukan proporsional antara teori dan praktek, serta diterapkan metode Production Based Education Training (PBET). Saat ini Politeknik ATMI memiliki tiga program studi, yaitu mesin industri (D3), teknologi rekayasa mekatronika (sarjana terapan), manajemen industri (D3).

Alamat: Jl. Kampus Hijau no. 3, Kawasan Jababeka Education Park, Jl. Raya Lemahabang, Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

9. Medika Suherman

9. Universitas di Cikarang: Medika Suherman

Salah satu universitas di Cikarang yang mendulang banyak bibit tenaga kesehatan andal. (Foto: Facebook Institut Medika drg. Suherman)

Universitas ini awalnya bernama STIKES Medika Cikarang, berdiri pada tahun 2005. Setelah makin berkembang, pada tahun 2018 berubah menjadi Institut Medika drg. Suherman (IMDS). Institut ini merupakan satu-satunya institut kesehatan di Kabupaten Bekasi.

Lalu untuk makin melebarkan sayap sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat, pada tahun 2021 IMDS berganti nama lagi menjadi Universitas Medika Suherman (UMS). Selain memiliki program studi yang berhubungan dengan kesehatan, juga ditambah program studi manajemen retail dan bisnis digital untuk jenjang S1.

Ada tiga fakultas yang dimiliki UMS, yaitu fakultas ilmu vokasi, fakultas ilmu kesehatan, fakultas ilmu sosial dan teknologi. Universitas yang telah mengantongi akreditasi B ini berada di bawah Sentra Medika Group, sehingga terbuka kesempatan bagi lulusannya untuk bekerja di rumah sakit di bawah group tersebut.

Alamat: Jl. Industri Pasir Gombong no. 10, Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

10. Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa (STTDB)

10. Universitas di Cikarang: Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa (STTDB)

Universitas di Cikarang yang banyak bermitra dengan industri-industri di sekitarnya.

Perguruan tinggi di Cikarang yang berdiri bulan Maret tahun 2007 ini telah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT. Memiliki tiga program studi jenjang S1, yaitu teknik mesin, teknik elektro, dan teknik informatika. Memang STTDB hanya menitikberatkan pendidikan pada bidang sains dan teknologi.

STTDB juga kerap menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi internasional dan lembaga penelitian untuk melakukan penelitian dasar maupun pengembangan teknologi. Selain itu juga bermitra dengan industri-industri di kawasan Cikarang sebagai tempat penerapan ilmu bagi para mahasiswanya.

Tersedia pula kelas bagi para karyawan untuk program studi teknik informatika. Para calon mahasiswa juga diberi keringanan dan kemudahan dalam membayar uang studi berupa cicilan tanpa agunan dan tanpa bunga. Selain itu disediakan pula beasiswa bagi para mahasiswa yang kurang mampu secara finansial.

Alamat: Jl. Niaga Raya no 10-12, Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com