10 Universitas di Makassar Negeri dan Swasta Terbaik di 2024

Universitas-universitas di Makassar memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencari kampus favorit. Ya, sebagai kota terbesar di wilayah Indonesia Timur, Kota Makassar bak magnet besar yang mampu menarik banyak orang. Sarana dan infrasrtuktur di Kota Anging Mammiri ini terbilang paling lengkap, termasuk institusi pendidikannya.

Untuk pendidikan tinggi misalnya, bukan hanya satu atau dua perguruan tinggi yang ada di Makassar, melainkan ratusan banyaknya. Mulai dari universitas, sekolah tinggi, hingga setingkat akademi, baik negeri maupun swasta, semua ada dan bisa diakses oleh calon mahasiswa dari segala penjuru negeri.

Kiprah berbagai universitas di Makassar tentunya tidak perlu diragukan lagi. Menyadari bahwa kota terbesar di kawasan timur Indonesia ini diincar banyak orang, maka fasilitas dan layanan yang terbaik menjadi perhatian bagi universitas-universitas di Makassar.

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Makassar? Anda bisa menyimak referensi dari kami tentang 10 universitas di Makassar yang patut dipertimbangkan berikut ini:

1. Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS)

1. Universitas di Makassar: Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin, universitas di Makassar yang paling bergengsi ini menjadi salah satu favorit bagi para calon mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air.

Universitas Hasanuddin atau yang disingkat Unhas merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang berdiri pada 10 September 1956. Kampus ini cukup bersejarah dan turut mewarnai dunia pendidikan di kawasa Indonesia Timur.

Awal terbentuknya Unhas merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi wakil presiden RI. Unhas secara resmi terbentuk pada tahun 1956 dengan fakultas hukum sebagai “panglimanya” lalu disusul dengan fakultas kedokteran.

Sempat berpindah kampus, dari Baraya ke wilayah Tamalanrea, universitas di Makassar yang satu ini menempati area seluas 220 hektare. Unhas memiliki 16 fakultas dengan puluhan program studi yang bisa dipilih sesuai minat dan kemampuan. Fakultas hukum termasuk yang paling diunggulkan di Unhas dan banyak melahirkan ahli hukum yang piawai.

Karena berstatus sebagai perguruan tinggi negeri, Unhas memiliki beberapa mekanisme pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Mulai dari jalur SBMPTN hingga jalur mandiri yang terdiri dari beberapa cara, yakni non-subsidi, kelas internasional, dan melalui prestasi.

Alamat kampus:

Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Universitas Negeri Makassar

2. Universitas di Makassar: Universitas Negeri Makassar

Ciri khas dari Univesitas Negeri Makassar yang nampak dari luar adalah kemegahan gedung yang berkonsep kapal pinisi.

Nampak dari kejauhan, gedung universitas di Makassar yang satu ini sangat megah dan ikonik. Gedung dengan desain kapal pinisi tersebut milik Universitas Negeri Makassar (UNM), salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak menjadi referensi bagi para calon mahasiswa, terutama yang berasal dari wilayah timur.

UNM termasuk salah satu universitas di Makassar dengan sejarah yang cukup panjang. Awal mulanya, UNM merupakan perubahan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang. IKIP Ujung Pandang adalah “metamorfosis” dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hasanuddin.

Sempat berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, tapi beberapa tahun kemudian berubah menjadi IKIP Makassar. Berselang waktu kemudian, berubah lagi menjadi IKIP Ujung Pandang, dan sejak tahun 1999 hingga sekarang telah menjadi Universitas Negeri Makassar.

Saat ini, UNM menghadirkan 9 fakultas dengan 62 jurusan pada jenjang diploma dan sarjana. Sementara untuk program pascasarjana memiliki 26 jurusan pada jenjang magister dan doktor. Untuk mendaftar di UNM bisa melalui jalur SBMPTN maupun jalur lain yang tersedia.

Pada tahun ini, rektor Universitas Negeri Makassar menginisiasi pembentukan UNM SDGs Centre. Hal ini sebagai bagian dari bentuk komitmen dan tanggung jawab UNM untuk ikut berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga merupakan program strategis nasional Pemerintah RI.

BACA JUGA :  5 Kegiatan Yang Dilakukan Anak Saat Bermain Di Sungai

Fasilitas yang dimiliki universitas di Makassar yang satu ini pun terbilang sangat lengkap. Selain gedung yang megah, UNM juga menyediakan asrama mahasiswa, masjid, poliklinik, auditorium, sarana olahraha, sarana kesenian, dan fasilitas lain yang menunjang kegiatan kemahasiswaan.

Alamat kampus:

Jl. A. P. Pettarani, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Universitas Islam Negeri Alauddin

3. Universitas di Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin

Universitas di Makassar ini tidak hanya menyajikan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan agama Islam, tapi juga jurusan umum, seperti teknik dan kedokteran.

Siapa bilang universitas di Makassar tidak ada yang menawarkan pendidikan khusus di bidang agama? Kalau ingin menekuni ilmu-ilmu agama Islam, maka pilihan perguruan tinggi yang tepat di antaranya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Sebagai salah satu universitas negeri, UIN Alauddin tentu saja menjadi rebutan para calon mahasiswa. Sebagai informasi, cikal bakal UIN Alauddin sudah ada sejak tahun 1962 dengan status sebagai Fakultas Cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seiring waktu, terbentuklah perguruan tinggi Islam bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Al-Jami’ah al-Islamiyah al-Hukumiyah pada tahun 1965 lalu berubah menjadi IAIN Alauddin.

Mulai 10 Oktober 2005, status kelembagaan IAIN Alauddin berubah menjadi UIN Alauddin. Mengiringi perubahan status, jumlah fakultas pun ikut bertambah. Kini, salah satu universitas di Makassar ini memiliki 8 fakultas dengan puluhan program studi, termasuk fakultas kedokteran yang juga menjadi favorit. Jenjang pendidikan yang diselenggarakan mulai dari D3, S1, profesi, hingga pascasarjana.

Soal fasilitas kampus dan kegiatan mahasiswa, UIN Alauddin tidak tanggung-tanggung. Kampus ini dikenal sebagai kampus hijau karena nyaris seluruh kawasannya dipadati oleh pepohonan hijau nan asri. Selain fasilitas yang mendukung belajar mengajar, seperti laboratorium, perpustakaan, dan lain sebagainya, UIN Alauddin juga berupaya memenuhi apa yang menjadi kegiatan mahasiswa.

Jika diperingkat berdasarkan perguruan tinggi Islam negeri, UIN Alauddin menjadi yang terbaik di Indonesia Timur. Beberapa tahun belakangan, universitas di Makassar yang satu ini semakin banyak minatnya. Tercatat, pada 2016, UIN Alauddin menjadi urutan teratas yang diminati peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Alamat kampus:

Jl. Sultan Alauddin No.63, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4. Politeknik Negeri Ujung Pandang

4. Universitas di Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang

Perguruan tinggi vokasi di Makassar yang satu ini terus berkembang mengikuti tren kemajuan teknologi dunia.

Songkolo Bagadang merupakan satu di antara sekian banyak kuliner Makassar yang cukup legendaris. Uniknya lagi, kudapan ini dikenal sebagai kudapan malam karena memang sering dijajakan pada malam hari.

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau yang disingkat PNUP adalah sebuah perguruan tinggi negeri vokasi. Sebelumnya PNUP merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (Unhas) sehingga bernama Poiteknik Universitas Hasanuddin yang didirikan pada tahun 1987.

Pada tahun akademik 1996/1997, Politeknik Universitas Hasanuddin memisahkan diri dari Universitas Hasanuddin dan berdiri sendiri serta berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang. Saat ini, PNUP telah memiliki kampus kedua dengan fasilitas yang modern dan memadai.

PNUP menawarkan 11 program studi D-3 dan 10 program studi S-1 terapan yang terfokus pada bidang teknik dan bisnis. Dengan semakin bertambahnya jumlah program studi yang diselenggarakan oleh PNUP diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia yang siap berkarya dengan motivasi yang tinggi.

Alamat kampus:

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Universitas Muslim Indonesia

5. Universitas di Makassar: Universitas Muslim Indonesia

Sebagai perguruan tinggi Islam swasta tertua dan terkemuka, Universitas Islam Indonesia sudah banyak melahirkan cendekiawan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Universitas Muslim Indonesia (UMI) adalah sebuah universitas swasta di Makassar, Sulawesi Selatan. Universitas ini didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 dan ditinjau dari segi usia, UMI merupakan perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di kawasan timur Indonesia.

BACA JUGA :  3 Tool Terbaik Untuk Analisis Twitter Hestek/Hashtag

UMI menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang terakreditasi institusi A di Indonesia timur. Reputasi universitas di Makassar yang satu ini tampak pada aspek keilmuan dan profesionalisme. Bukti lainnya, UMI adalah satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan doktor (S-3).

UMI menyelenggarakan berbagai program pendidikan, mulai dari D-3, sarjana (S-1), magister (S-2), dan doktor (S-3). Terdapat 13 fakultas dengan puluhan program studi yang bisa menjadi alternatif bagi calon mahasiswa.

Dari segi fasilitas, UMI memiliki satu gedung rektorat, tiga kampus regular, dan satu kampus pascasarjana. Selain itu, UMI dilengkapi dengan rumah susun mahasiswa (rusunawa) untuk mereka yang berasal dari luar Makassar serta fasilitas kesehatan dan sarana yang menunjang kehidupan mahasiswa di kampus.

Alamat kampus:

Jl. Urip Sumoharjo No.km.5, Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

6. Universitas Muhammadiyah Makassar

6. Universitas di Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Muhammadiyah memiliki kampus di Makassar untuk memberikan kontribusi di bidang pendidikan bagi kawasan Indonesia Timur.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah salah satu universitas di Makassar yang patut dipertimbangkan untuk menimba ilmu. Unismuh juga salah satu universitas tertua di Kota Daeng ini, yakni berdiri pada tanggal 19 Juni 1963 dengan status sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Awal berdirinya, Unismuh Makassar hanya memiliki dua fakultas, yaitu fakultas ilmu pendidikan dan keguruan dengan mengadopsi kurikulum dari IKIP Makassar dan fakultas tarbiyah yang menggunakan kurikulum dari IAIN Alauddin Makassar.

Saat ini, Unismuh Makassar memiliki 7 Fakultas dan 42 program studi dengan mayoritas akreditasi A. Program pendidikan yang diselenggarakan pun terbilang lengkap, mulai dari program sarjana, pascasarjana, dan profesi.

Reputasi Unismuh Makassar tentu saja bukan “kaleng-kaleng”. Dengan fasilitas kampus yang lengkap dan fungsional, universitas di Makassar yang satu ini menjadi pembina bagi seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Sulawesi Selatan, yang terdiri dari 2 universitas, 7 akademik, dan 10 sekolah tinggi.

Alamat kampus:

Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

7. Universitas Fajar

7. Universitas di Makassar: Universitas Fajar

Sebagai Entrepreneurial University, Unifa mendorong para mahasiswanya agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Universitas Fajar memang belum lama masuk dalam daftar universitas di Makassar. Unifa, begitu singkatan universitas ini, baru didirikan pada 14 Juli 2008 lalu. Meski masih berusia cukup muda, Unifa sudah menjadi salah satu kampus favorit yang banyak diincar oleh calon mahasiswa.

Unifa merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi milik Yayasan Pendidikan Fajar Ujung Pandang yang sudah berdiri lebih dulu, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Fajar, Akademi Pariwisata Fajar (APF), dan Akademi Akuntansi Fajar (AAF).

Universitas di Makassar yang satu ini concern dengan dua fakultas yang dimiliki, yaitu fakultas ekonomi dan ilmu-ilmu sosial (FEIS) serta fakultas teknik. FEIS memiliki 5 program studi tingkat strata satu, yaitu program studi Ilmu Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hubungan Internasional, dan Sastra Inggris, sedangkan 3 program studi D3 terdiri dari Akuntansi, Ilmu Komunikasi (Kehumasan), dan Bina Wisata.

Sementara Fakultas Teknik Unifa fokus dengan 5 program studi yang cukup menarik minat para insan muda Makassar. Kelima program studi tekni tersebut adalah Arsitektur, Sipil, Mesin, Kimia, dan Elektro.

Selain itu, Unifa memperkenalkan diri sebagai Entrepreneurial University yang membekali mahasiswanya dengan berbagai keterampilan agar mampu menjadi pengusaha sekaligus membuka lapangan kerja baru. Untuk mendukung program tersebut, Unifa ditunjang dengan berbagai fasilitas kampus yang lengkap dan mumpuni.

Alamat kampus:

Jl. Prof. Abdurahman Basalamah, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

8. Universitas Indonesia Timur (UIT Makassar)

8. Universitas di Makassar: Universitas Indonesia Timur

Kampus yang megah, fasilitas yang lengkap, serta program studi yang terakreditasi menjadi modal UIT dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul.

BACA JUGA :  Respon KRL Commuterline Juga Transjakarta Menghadapi Virus Corona

Tidak hanya yang sudah berusia puluhan tahun, universitas-unversitas di Makassar juga cukup banyak yang masih “muda usia”, satu di antaranya adalah Universitas Indonesia Timur. Universitas Indonesia Timur atau biasa disingkat UIT didirikan pada tanggal 5 Juli 2001.

UIT menjadi salah satu universitas favorit di Makassar. Setiap tahunnya, ruang pendaftaran UIT selalu ramai dengan calon mahasiswa baru. Hal ini tentu terkait dengan kualitas UIT yang memang cukup bisa dibanggakan.

Walau muncul di awal periode 2000-an, UIT telah mampu mengelola 10 fakultas dengan semua program studi yang cukup diminati oleh calon mahasiswa. Program pendidikan yang diselenggarakan universitas di Makassar yang satu ini mulai dari diploma tiga, sarjana, hingga pascasarjana.

Selain program studi yang cukup banyak, fasilitas kampus UIT tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari ketersediaan gedung yang memadai, laboratorium, perpustakaan, hingga spot berkegiatan bagi mahasiswa semuanya tersedia di kampus ini.

Alamat kampus:

Jl. Monumen Emmy Saelan, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

9. Universitas Atma Jaya Makassar

9. Universitas di Makassar: Universitas Atma Jaya Makassar

Dengan kawasan kampus yang cukup luas dan tenang, universitas di Makassar yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa.

Awal berdirinya Universitas Atma Jaya Makassar berdasarkan akte notaris tertanggal 9 Juni 1980. Namun akte notaris tersebut diperbaharui tanggal 14 Februari 1985. Berkat dukungan berbagai pihak, Universitas Atma Jaya Makassar mulai beroperasi pada tahun akademik 1981/1982.

Dengan visi “menjadi perguruan tinggi yang unggul di tingkat nasional yang dijiwai oleh nilai-nilai: integritas, bela rasa dan unggul”, Universitas Atma Jaya Makassar selalu mengembangkan kualitas sistem pendidikannya agar kompatibel dengan zaman yang terus bergulir.

Sampai saat ini, universitas di Makassar yang satu ini memiliki 5 fakultas dengan 10 program studi yang terakreditasi. Selain program sarjana, Universitas Atma Jaya Makassar juga menyelenggarakan program pascasarjana.

Universitas Atma Jaya Makassar memiliki kampus yang berdiri di atas tanah seluas 5 hektare. Kampus tersebut terdiri dari beberapa gedung bertingkat yang mampu menampung banyak civitas akademik. Suasana yang tenang, jauh dari keramaian, serta mudah dijangkau menjadikan Universitas Atma Jaya Makassar sebagai kampus yang cukup ideal untuk menimba ilmu.

Alamat kampus:

Jl. Tanjung Alang No.23, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

10. Universitas Bosowa

10. Universitas di Makassar: Universitas Bosowa

Gedung kembar sebagai kampus Unibos, nampak ikonik dan mampu menarik perhatian masyarakat.

Satu lagi universitas di Makassar yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah Universitas Bosowa. Universitas Bosowa adalah transformasi dari Universitas “45” Makassar. Tahun 2013, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI, Founder dari Bosowa Corporation, H. M. Aksa Mahmud resmi mengambil alih pengelolaan Universitas “45”.

Setelah mengusung nama Universitas Bosowa atau Unibos, berbagai pencapaian positif berhasil ditorehkan. Yang paling pertama adalah peningkatan status akreditasi institusi menjadi B.

Prestasi yang terbaru berhasil diraih Unibos pada tahun 2020 lalu. Kali ini, universitas di Makassar yang satu berhasil merangsek ke peringkat 82 dari 100 perguruan tinggi terbaik nasional.

Yang unik dari Unibos adalah memiliki dua gedung kembar yang dioperasikan sebagai kampus. Gedung yang saling berdampingan ini masing-masing terdiri dari sembilan lantai.

Gedung I difungsikan sebagai gedung perkuliahan dan admisnistrasi untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, dan Fakultas llmu Sosial & lImu Politik. Sementara di Gedung Il dilangsungkan kegiatan perkuliahan untuk Fakultas Teknik serta Fakultas lImu Pendidikan dan Sastra.

Unibos menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana, pascasarjana, dan program doktoral. Didukung fasilitas yang lengkap dan memadai, penyelanggaraan kuliah dan kegiatan mahasiswa berlangsung optimal di kampus ini.

Alamat kampus:

Jl. Urip Sumoharjo No.Km.4, Sinrijala, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com