Lho! Kok Ada Sungai Di Bawah Sungai?

Seorang penyelam sekaligus fotografer profesional, Anatoly Beloshchin menemukan sebuah keajaiban alam dan mengabadikannya dengan sangat menawan. Saat ia melakukan traveling ke sebuah sungai Maya dalam gua bawah tanah di Yucatan, Meksiko, ia menemukan sebuah sungai lagi dibawah air. Sungai dibawah air ini berada di kedalaman 32 meter dibawah permukaan air.

Sungai dibawah air ini memiliki lapisan pembatas hidrogen sulfida yang terlihat seperti kabut atau asap di dalam air dikedalaman 30 meter dibawah permukaan air. Sungai dibawah air ini memiliki air asin sehingga tidak bercampur dengan air tawar diatasnya. Itulah sebabnya mengapa jika dilihat dari atas terlihat seperti membentuk sungai dibawah air.

Sungai dalam gua ini dikenal dengan nama Cenote Angelita yang berlokasi di Yucatan, Meksiko. Diperkirakan kedalaman dasar sungai ini sektiar 57,7 meter dibawah permukaan air. Yang menjadikan sangat menarik karena terdapat ranting, dahan dan tumpukan pohon yang berada di bawah air. Kesan inilah yang sangat kuat seolah-olah sungai dibawah air ini benar sangat nyata.

Lho! Kok Ada Sungai Di Bawah Sungai? Gimana Ya?

Perubahan alam dan iklim dipercaya membentuk fenomena ajaib ini. Diperkirakan gua dalam air ini terbentuk secara natural lebih dari 6.500 tahun yang lalu. Kini, Cenote Angelita menjadi salah satu spot diving paling menawan bagi para penyelam. Kalian butuh sertifikat advanced untuk bisa menyelam di sungai ini. Karena kedalamannya lebih dari 20 meter.

Pesona airnya yang sangat jernih merupakan magnet bagi para penyelam. Apalagi terdapat sajian pemandangan khas di sebuah gua, stalagmit dan stalaktit dibawah air. Sungguh merupakan pengalaman yang berbeda yang tak terlupakan jika bisa memiliki kesempatan menyelam di Semenanjung Yukatan Meksiko.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Telaga Nila Majalengka

Dive site ini mulai buka dari pukul 08.00 pagi hingga 05.oo sore. Sayangnya karena berada di tengah hutan, tidak ada tempat bilas di sungai ini. Bahkan karena tempatnya terpencil dan tersembunyi, kalian harus membawa bekal makanan sendiri. Meskipun memiliki air yang jernih dan bening, tidak disarankan untuk snorkeling disini karena memang tidak akan mendapatkan pemandangan yang baik. Satu-satunya hanya dengan melakukan diving. Ray of lights akan terlihat saat siang hari dengan menawan. Tertarik untuk diving disini?

Lihat ketika para diver ini menyelam.

Comments

comments