Viral : Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek

By | May 13, 2019
Viral : Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek
5 (100%) 3 votes

Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek! Penipuan di jaman sekarang kian marak. Yang sering terjadi biasanya mengatasnamakan aplikasi ride-hailing atau ojek online Gojek. Apalagi sekarang sudah ada fitur tambahan bernama Gopay, dimana kita bisa menyimpan uang di aplikas gojek. Terus, ojek online adalah salah satu moda transportasi yang cukup bisa diandalkan selain transportasi KRL Commuterline dan Transjakarta.

Masifnya penggunaan aplikasi ojek online Gojek membuat para penipu jaman sekarang tak kehabisan akal untuk meraup keuntungan dari para korban yang sedang lengah. Di tulisan ini sendiri lapakfjbku.com akan berbagi informasi modus penipuan Gopay Gojek yang menimpa seorang netizen.

Kali ini, ada seorang netizen yang curhat di Instagram story tentang bagaimana dia bisa tertipu jutaan saldo gopay, dan berbagi bagaimana modus penipuan gopay tersebut, sehingga tidak ada lagi yang bisa tertipu seperti dia.

Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek!

Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek

Waspada Modus Penipuan Gopay Gojek

Kira-kira bagaimana ya modis penipuan Gopay gojek ini? Simak baik baik cerita netizen ini!

“Hello guys, gw mau sharing, gw semalem sekitar jam 22.00 abis kena kasus penipuan sindikat yang mengatasnamamakan @gojekindonesia. Kronologisnya, gw di soekarno hatta airport terminal 2, mau balik ke rumah.

Gw mesen gocar, pas udah dapet, sekitar 2 menit kemudian ada yang nelpon. gw pikir drivernya, ternyata bukan. Si penelpon bilangnya di customer servicenya gojek. dia blg “mbak barusan mesen gocar ya? Itu driver palsu bak, abis dipecat, tapi karena belom 1×24 jam makanya dia masih bisa akses aplikasinya. mbak udah gak bisa cancel lagi kan tuh?”.

Trus gw cek aplikasinya, ternyata udah di posisi “driver is on the way with you” yang padahal gw belim masuk di mobil itu. Trs gw blg ” oiya, mas saya udah gak bisa cancel lagi”.

Si Penelpon blg “oke, mbak saya bantu cancelin, alikin saldo gopaynya, & panggilin driver baru lagi ya”. Langsung gw iyain karena gw udah super capek & kasihan bokap nyokap juga.”

Nah, jadi sebenarnya dari percakapan ini sudah keliatan aneh banget. Seorang customer servis gojek bisa langsung tahu, hingga driver yang udah dipecat masih bisa menggunakan aplikasi. Logikanya, kalau sudah kena banned aplikasinya, pasti nggak bisa dipake narik lah.

Ini kemungkinan malah yang nipu driver di aplikasi tadi yang menyamar sebagai customer service gojek. Soalnya dia langsung tahu kalau gak bisa cancel lagi. Kemungkinan juga si penipu ada di dekat dia.

Pun, kamu memang harus selalu waspada terhadap hal diatas.  Karena itu sebelum melanjutkan cerita modus penipuan gopay gojek ini, lapakfjbku.com akan berbagi beberapa tips penting untuk mengamankan akung Gopay kamu dari serangan penipu.

Hati – Hati Modus Penipuan Gopay Gojek, Berikut Cara Ampuh Melindungi Saldo Gopay Dari Sasaran Penipu!

1. Jangan pernah membagikan kode verifikasi OTP kepada siapapun!

Biasanya aplikasi Go-Jek akan mengirimkan sebuah kode yang bernama kode OTP (One Time Password). Guna kode tersebut adalah untuk verifikasi transaksi atau password yang akan dikirim lewat SMS. Biasanya ini akan terkirim jika kamu :

  • Mencoba login ke aplikasi Gojek atau ketika kamu baru saja membuat akun.
  • Kamu akan mengatur ulang atau mengganti PIN (Personal Identification Number) di akun Gopay. Entah karena kamu lupa PIN atau yang lainnya.
  • Perlu ditekankan disini kalau Kode OTP tersebut bersifat sangat rahasia! Kode OTP juga berlaku sekali pakai untuk jangka waktu tertentu. Ketika sudah lewat masanya, kode OTP akan kadaluarsa.

Jadi jangan pernah membagikan KODE OTP kepada siapa pun. Bahkan pihak Gojek sendiri tidak akan pernah meminta kode OTP tersebut. Jadi kalau ada pihak gojek meminta kode OTP, dipastikan itu adalah penipu.

2. Pasang PIN di Akun Gopay milikmu

Mirip seperti kartu ATM, akun Gopay ini juga memerlukan PIN agar akun selalu aman dan terlindungi. Anggap saja ini adalah kartu atm tapi dalam bentuk aplikasi. Dan selayaknya kartu ATM, jangan pernah bagikan kode PIN kepada siapa pun juga!

Cara untuk memasang PIN Gopay urutannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek
  • Klik menu Gopay di sebelah kiri atas halaman depan aplikasi Gojek
  • Pada halaman Gopay, Klik simbol berbentuk “roda gigi” yang ada di sebelah kanan atas halaman tersebut.
  • Masuk ke halaman pengaturan Gopay lalu Klik menu “Set PIN” atau “Pasang PIN” di halaman tersebut.
  • Dari situ kamu akan diarahkan untuk langsung membuat PIN

3. Pasang email di akun Gojekmu

Dengan mendaftarkan emailmu di akun Gojek, akan mempermudah kamu jika suatu saat ada masalah dengan akun Gojekmu. Customer servis gojek bisa menghubungimu lewat email itu.

4. Selalu waspada dengan informasi palsu, atau penelpon palsu

Sebaiknya kamu selalu waspada jika ada orang tidak dikenal menelpon kamu. Terlebih lagi penelpon tadi mengaku sebagai Customer Service Gojek. Sebaiknya selalu croscek terlebih dahulu, jika menerima telpon, sms atau email yang mencurigakan. Perlu diingat, Gojek hanya berkomunikasi dengan penggunanya lewat:

  • Akun resmi “Gojek Indonesia” di media sosial!
  • Situs resmi www.go-jek.com
  • Nomor telepon Customer Service 021-5025 1110
  • Email resmi Gojek : [email protected]

Jika kamu menemukan selain yang disebutkan diatas, harap waspada dan bertanya dulu kepada pihak gojek lewat jalur komunikasi resminya.

5. Simpan nomor kontak resmi gojek

Layanan customer service gojek adalah 24 jam di nomor telepon Customer Service 021-5025 1110, email [email protected]. Jika ada yang meragukan, sebaiknya kamu langsung menghubungi pihak gojek saja.

Melanjutkan Cerita Modus Penipuan Gopay Gojek!

Nah, kalau mau penasaran bagaimana kelanjutan cerita modus penipuan gopay gojek ini, kamu bisa baca di tangkapan layar netizen tadi disini sampai selesai.

Comments

comments