5 MRT Keren Di Asia Tenggara Ini Perlu Kamu Coba

By | April 26, 2019
MRT (Mass Rapid Transit) merupakan transportasi perkotaan berbasis rel yang memiliki dan kapasitas yang besar. Umumnya sebuah sistem MRT memiliki jalur yang terpisah dengan lalu lintas lainnya. Jadi jalurnya biasanya dibuat melayang (elevated) atau dibawah tanah (underground). Namun ada juga MRT yang jalurnya kombinasi antara jalur layang dan jalur bawah tanah.
Karena MRT merupakan moda transportasi yang memiliki frekuensi tinggi dan kapasitas besar, jadi MRT hanya ada di kota-kota metropolitan saja. Di Asia Tenggara sendiri hanya ada 5 kota yang memiliki MRT. Berikut adalah 5 kota tersebut.

5 MRT Keren Di Asia Tenggara Ini Perlu Kamu Coba

Sudah cobain MRT keren di Asia yang mana?

1. MRT Singapura

5 MRT Keren Di Asia Tenggara

Sumber : Theonlinecitizen.com

Singapore memiliki 199,6 km jalur MRT yang sudah beroperasi. Dengan demikian Singapore merupakan negara dengan jalur MRT terpanjang di Asia Tenggara. Terdapat 8 jalur MRT Singapura yang beroperasi dan terdiri dari 119 stasiun. Untuk urusan layanan, MRT Singapura salah satu yang terbaik di Asia. Ketika liburan ke Singapura, kamu bisa mencoba MRT Singapura yang ini.

2. Bangkok

5 MRT Keren Di Asia Tenggara
Sumber : Livingnomads.com
Ada dua jalur MRT yang telah beroperasi di Kota Bangkok. Kedua jalur MRT tersebut memiliki panjang total 45 km. Sementara stasiun yang melayani kedua jalur MRT tersebut berjumlah 35 stasiun. Bangkok terus membenahi sistem transportasinya karena kota pernah dinobatkan sebagai kota termacet kedua di dunia.

3. MRT Kuala Lumpur

5 MRT Keren Di Asia Tenggara
Sumber : Nst.com.my
Sistem MRT yang ada di Kuala Lumpur ini masih tergolong baru. Itulah sebabnya kereta yang digunakan juga cenderung kelihatan lebih modern. Saat ini ada satu jalur MRT yang beroperasi di Kuala Lumpur dengan panjang 51 km. Jalur tersebut terdiri dari 31 stasiun.

4. Manila

5 MRT Keren Di Asia Tenggara
Manila memiliki satu jalur MRT yang terdiri dari 13 stasiun. Jalur tersebut memiliki panjang 16,9 km. Berbeda dengan 3 MRT yang kita bahas sebelumnya, MRT Manila menggunakan listrik aliran atas sebagai sumber energinya. Jadi sepanjang jalur MRT Manila kita akan menjumpai tiang-tiang penyangga untuk kabel yang membentang. Sama seperti KRL Jabodetabek.

5. MRT Jakarta

5 MRT Keren Di Asia Tenggara
MRT Jakarta juga menggunakan listrik aliran atas seperti MRT Manila. Meski belum resmi beroperasi, namun perkembangan pembangunan MRT Jakarta ini telah mencapai 95%. Itulah 5 Sistem MRT yang ada di Asia Tenggara. Menurut agan sistem MRT di negara mana yang paling keren? Atau mungkin sudah ada yang pernah mencoba salah satu sistem MRT diatas? 

Comments

comments