Apa Itu Ngabuburit, Manfaat, Dan Ide Yang Bisa Dicoba!

Ngabuburit adalah tradisi yang lekat dengan bulan Ramadan di Indonesia. Istilah ini merujuk pada waktu menunggu berbuka puasa.

Biasanya, hal ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari mengunjungi tempat wisata, membaca Alquran, mendengarkan ceramah, berburu takjil, hingga bersantai dengan keluarga atau teman. Lalu darimana asal-usul ngabuburit?

Ngabuburit adalah asal kata dari bahasa Sunda. Ketua Lembaga Budaya Sunda (LBS) Universitas Pasundan (Unpas) Hawe Setiawan mengatakan, ngabuburit berasal dari kata dasar burit yang berarti sore atau petang.

Dalam Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit adalah berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit atau bersantai sambil menunggu waktu sore.

Inilah mengapa waktu dari ibadah salat asar ke magrib di bulan Ramadan disebut dengan ngabuburit, karena waktu ini biasa digunakan umat muslim untuk berkegiatan sambil menunggu waktu berbuka.

Berikut penjelasan lengkap mengenai istilah ngabuburit dan beberapa ide yang bisa Anda lakukan bareng keluarga tercinta.

Asal Muasal Ngabuburit

Asal Muasal Ngabuburit
Ngabuburit adalah lakuran dalam bahasa Sunda dari ngalantung ngadagoan burit yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Ngabuburit adalah lakuran dalam bahasa Sunda dari ngalantung ngadagoan burit yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Kata dasarnya, burit, berarti sore hari. Waktu ini biasanya antara usai salat asar hingga sebelum matahari terbenam.

Akan tetapi, menurut sumber lainnya, ngabuburit berasal dari kata burit saja (bukan merupakan lakuran) yang mendapatkan imbuhan dan pengulangan suku kata pertama.

BACA JUGA :  Samsung Akhirnya Mau Buat Pabrik Ponsel di Indonesia

Beberapa contoh kata bahasa Sunda lainnya yang memiliki unsur morfologis serupa, yakni ngabeubeurang (menunggu siang hari), ngabebetah (nyaman) dan ngadeudeket (dekat).

Mengabuburit atau ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman.

Dalam bahasa Minang, Istilah ini dikenal dengan malengah puaso, yang berarti melakukan kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar karena berpuasa.

Dalam bahasa Banjar, istilah ini dikenal juga dengan basambang, yang berarti jalan-jalan saat waktu senja.

Dalam bahasa Madura ngabuburit dikenal dengan istilah nyaré malem (mencari malam) atau nyaré bhuka’an (mencari takjil;bukaan) di mana orang yang berpuasa melakukan berbagai cara dalam menanti azan magrib.

Semakin berkembangnya zaman, tradisi ngabuburit juga ikut berkembang.

Zaman sekarang, muda-mudi biasanya akan melaksanakan ngabuburit dengan nongkrong di kafe, berkendara motor bersama, jalan-jalan di alun-alun kota, bermain sepak bola, mencari jajanan takjil, hingga memasak makanan guna berbuka nanti.

Tips Lapakfjbku.com

Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk ngabuburit agar mempererat silaturahmi selama bulan puasa.

Manfaat Ngabuburit

Manfaat Ngabuburit
Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari ngabuburit.

Ngabuburit memiliki banyak manfaat tersembunyi untuk Anda yang melakukannya.

Nah, berikut manfaat dari ngabuburit yang perlu Anda ketahui:

1. Menghilangkan Stres

Ketika Anda merasa jenuh dengan pikiran Anda karena rutinitas, Anda mungkin seringkali merasa tertekan atau stres karena target yang harus Anda capai dalam waktu tertentu.

Cobalah sesekali Anda mencoba untuk bepergian ke luar rumah dan rasakan udara segar serta pemandangan di sekitar tempat Anda berjalan-jalan yang membuat pikiran menjadi jauh lebih segar.

BACA JUGA :  4 Hal Yang NYEBELIN dari Pendukung Capres di Media Sosial

Dengan demikian, Anda akan kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas pada keesokan harinya atau pada waktu malam di hari itu juga jika Anda memang merencanakan untuk lembur.

2. Memperkuat atau Menambah Jaringan Pertemanan

Jika Anda mau mencoba untuk berjalan-jalan di luar rumah ketika menjelang berbuka puasa sembari mencari menu takjil, mungkin Anda tidak sengaja bertemu dengan teman lama atau bahkan hingga asyik mengobrol dengan orang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya.

3. Memperkaya Wawasan Baru

Berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika Anda bertemu dengan orang-orang yang bahkan belum pernah Anda kenal sebelumnya, Anda akan memperoleh berbagai perspektif baru yang mungkin saja bermanfaat untuk hidup Anda.

Misalnya ketika Anda bertemu dengan sales dari sebuah perusahaan asuransi, Anda tidak hanya akan ditawari sebuah produk asuransi saja melainkan Anda juga akan memperoleh pengetahuan tentang pentingnya mengelola keuangan dengan bijak.

Ide Kegiatan Ngabuburit

Ide Kegiatan Ngabuburit
Ada berbagai macam kegiatan ngabuburit yang bisa Anda lakukan.

Ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa, baik kegiatan indoor maupun outdoor.

Kegiatan tersebut juga tetap dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Berikut kegiatan ngabuburit yang bisa Anda lakukan:

1. Olahraga

Menjaga tubuh agar tetap aktif juga perlu dilakukan pada waktu puasa.

Mencoba kelas olahraga baru yang beda dengan kegiatan olahraga yang pernah dilakukan sebelumnya dapat dijadikan alternatif pilihan berolahraga.

Gunakan waktu yang tepat yaitu sebelum berbuka puasa untuk melakukan olahraga ringan, baik di rumah maupun di tempat gim atau fitnes.

2. Membaca Buku

Membaca buku yang sempat diabaikan dapat menjadi kegiatan yang asik untuk dilakukan saat menunggu berbuka puasa.

BACA JUGA :  Rumah Rombe - Cerita Horror Misteri Indonesia

Pergi ke toko buku favorit untuk membeli buku bacaan baru juga dapat dilakukan untuk mengisi waktu sambil menunggu berbuka puasa.

3. Maraton Film

Menghabiskan waktu untuk menonton film atau serial juga dapat dilakukan untuk ngabuburit selama masa puasa ini.

Menonton film juga dapat membantu untuk melepas penat setelah seharian sibuk bekerja.

Pastinya, waktu tidak akan terasa ketika digunakan untuk menonton film, serial, atau sinema aksi saat sedang berpuasa.

4. Berburu Takjil di Pasar

Ngabuburit tidak lengkap rasanya jika tidak berburu menu buka puasa. Banyak ditermui pasar di berbagai wilayah Indonesia yang menyediakan berbagai jajanan takjil dengan beragam harga.

5. Mencoba Kreasi Resep Minuman Segar untuk Berbuka

Rasanya kurang afdal kalau belum berbuka puasa dengan minuman segar yang menggugah selera.

Berbagai minuman segar seperti es buah, es kolak, es kopyor, hingga es dawet inilah yang biasanya wajib hadir di meja makan ketika waktu berbuka tiba.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com