Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?

Tahun depan Indonesia direncakan akan menggelar balapan MotoGP di sirkuit Mandalika yang saat ini masih terus dibangun. Jika jadi digelar maka akan menjadi sejarah di mana Indonesia akhirnya menggelar lagi salah satu ajang balapan paling bergengsi di dunia.

Sementara itu tahun 2020 ini Jakarta juga diproyeksikan akan menggelar seri balapan Formula E yang telah diributkan oleh berbagai kalangan dengan segala kontroversinya.

Sebenarnya ini bukanlah pertama kalinya Indonesia menggelar ajang balapan tingkat dunia karena sebenarnya juga pernah menjadi tuan rumah setidaknya empat ajang balap tingkat dunia baik itu roda dua maupun roda empat.

Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?

Nah, berikut ini adalah empat ajang balap tingkat dunia yang pernah digelar di Indonesia, gan.

1. MotoGP 1996 dan 1997 (Sirkuit Sentul)

Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?
Untuk pertama kalinya MotoGP digelar di Indonesia, tepatnya 7 April 1996 di sirkuit Sentul. Saat itu merupakan seri kedua dari 15 seri MotoGP di musim 1996. Untuk kelas 500cc saat itu dimenangkan oleh rider legendaris, Mick Doohan dari Honda, di posisi kedua ditempati oleh Alex Baros dan posisi ketiga oleh Loris Capirossi.

Sementara itu Valentino Rossi yang masih balapan di kelas 125cc finish di kesebelas. Musim 1997 MotoGP kembali digelar di Sentul, Mick Doohan kembali juara dan Valentino Rossi finish di posisi pertama di kepas 125cc. Pada 1998 terjadi krisis ekonomi sehingga Indonesia tidak menjadi tuan rumah lagi.

2. World Superbike 1996 & 1997 (Sirkuit Sentul)Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?
Sirkuit Sentul pernah mengalami masa keemasan dalam dua tahun pada 1996 dan 1997. Selain menjadi tuan rumah MotoGP, Sentul juga menggelar World Superbike (WSBK). Meskipun WSBK secara popularitas masih kalah jika dibandingkan dengan MotoGP.

BACA JUGA :  Derita Pasien Virus Corona, Kecemasan Kita

Di dua musim yang berbeda yang digelar di sentul, balapan WSBK di sentul dimenangkan oleh rider asal Amerika Serikat Kocinski. Pada musim 1997 terasa spesial karena Sentul menjadi penutup seri atau seri kedua belas.

3. World Rally Championship 1996 dan 1997 (Sumatera Utara)
Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?
Yang membanggakan adalah Indonesia pernah menjadi tuan rumah ajang balapan Rally paling prestisius di muka bumi, World Rally Championship (WRC) di Sumatera Utara pada musim 1996 dan 1997. Seperti yang diketahui jika WRC bukanlah kompetisi balapan yang sembarangan dan disandingkan dengan Formula 1. Pada WRC 1996 Indonesia ditempatkan sebagai seri ketiga dari sembilan seri yang ada. Sedangkan pada 1997 menjadi seri kesebalas dari empat belas seri yang ada. WRC Indonesia 1996 dan 1997 dimenangkan oleh Carlos Saintz asal Spanyol.

4. A1 GP 2006 (Sirkuit Sentul)

Dulu Sirkuit Indonesia Rutin buat Balap Internasional, Sekarang?
A1 GP adalah ajang balapan yang mirip dengan Formula 1 namun di sini para pembalap mewakili negaranya, bukan mewakili tim pabrikan atau konstruktor. Pertama kali diadakan pada musim 2005/06 dan Indonesia turut ambil bagian di musim pertamanya dengan menjadi tuan rumah di Sirkuit Sentul pada 2006.

Kala itu Indonesia diwakili oleh Ananda Mikola dan finish di posisi ke 11 untuk sprint race dan 18 untuk main race. Sementara yang yang menjadi pemenang adalah Nicolas Lapierre dari Perancis untuk sprint race sedangkan main race dimenangkan oleh Sean Mclntosh dari Kanada. A1 GP sendiri dihentikan pada 2010 karena sepi peminat.

Nah, gan. Menurut agan apakah Jakarta layak menggelar balapan Formula E yang merupakan balapan mobil listrik tingkat dunia? Lalu bagaimana dengan MotoGP Mandalika? :ngakak

Referensi:
en.m.wikipedia.org/wiki/2005%E2%80%9306_A1_Grand_Prix_of_Nations,_Indonesia
https://en.m.wikipedia.org/wiki/1997_Grand_Prix_motorcycle_racing_season

BACA JUGA :  29 Potret Makanan di Anime Master Cooking Boy (Shin Chuka Ichiban)

Comments

comments