Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Yang merasa anak tahun 90-an, yuks merapat angkat tangan kalian! Gimana nih, masih pada inget nggak, apa yang dulu bikin kita sebagai anak tahun 90-an, rela bangun pagi-pagi banget di hari Minggu?

Yaps, betul pake banget. Nggak lain dan nggak bukan adalah deretan film kartun yang diputar di layar kaca dari pagi sampai sore hari. Bahkan ane rela kaga keluar kamar seharian cuma buat mantengin televisi hahaha.

Ane dulu bahkan udah hafal banget, jam berapa di stasiun TV mana, lagi ada acara film kartun apa. Ada yang kaya ane nggak? Wkwkwk.

Ini Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Berikut ini deretan film kartun di hari Minggu, yang bikin anak tahun 90-an rela bangun pagi-pagi.

1. Ninja Hattori

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Beberapa tokoh utama dari film kartun ini, antara lain Kenichi Mitsuba, seorang anak usia 10 tahun yang mempunyai teman seorang Ninja, bernama Hattori Kanzo. Hattori juga mempunyai saudara ninja bernama Shinzou dan seekor anjing ninja bernama Shishi Maru. Akhirnya, ketiga ninja itu menjadi bagian dari keluarga Mitsuba. Kenichi menyukai seorang gadis, yaitu teman sekelasnya sendiri bernama Yumeko-chan.

Cerita dari film Ninja Hattori ini, hampir sama seperti kisah dalam cerita film Doraemon. Soalnya Kenichi pasti selalu meminta bantuan kepada Hattori untuk membalas kelakuan jahat dari Kimimaki terhadapnya. Kimimaki juga seorang ninja dari Koga bersama kucing ninjanya yang bernama Khagecio.

2. Hachi Si Lebah Madu

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Kisah dari film kartun ini lumayan ngenes, diceritakan Hachi telah terpisah dengan ibunya, karena sarang mereka diserang oleh sekerumunan tawon. Untuk itu Hachi berpetualang mencari ibunya, dan berjumpa dengan banyak serangga lainnya yang ada di dalam hutan. Hachi juga menyaksikan bagaimana teman-teman barunya tewas dimangsa oleh serangga atau hewan lainnya di dalam hutan. Bikin netes dah air mata kalo nonton ini film kartun. Berasa seperti kehidupan nyata yang diadaptasi ke dalam sebuah film kartun.

3. Winnie the Pooh

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun yang satu ini menceritakan kehidupan seekor beruang madu bersama teman-temannya di dalam hutan. Kalau diamati ceritanya, menurut ane hampir sama seperti kisah dalam kartun Marsha and the Bear di jaman sekarang. Ane juga paling suka nonton ini kartun, soalnya ceritanya yang ringan dan mudah dimengerti. Juga mengajari untuk menghargai arti dari sebuah persahabatan.

4. Let\\\’s and Go

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Karena film ini, ane jadi suka ngumpulin sisa uang jajan, buat beli suku cadang mobil mini 4 WD atau Tamiya. Mulai dari beli dinamo setan, ban bearing, batre cas, pelicin, ban untuk balap tamiya, bemper, roller yang bagus buat di tikungan, dll. Serba-serbi mobil mini 4 WD-lah pokoknya. Dan mobil mini 4 WD yang pertama kali ane beli, yaitu yang Broken G. Tamiya ini uniknya memakai penggerak roda depan. Setelah ane ganti dengan penyangga dari bearing pada as rodanya, tarikannya jadi kenceng banget. Tanpa suara dan melesat cepat bak halilintar wkwkwkw.

5. Doraemon

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Siapa sih yang nggak kenal sama Nobita, Shizuka, Doraemon dan kawan-kawannya. Ane paling suka sama film kartun ini. Bahkan ane jadi menghayal pengen punya kantong ajaibnya Doraemon, yang bisa ngeluarin berbagai alat ajaib dari masa depan.

Seperti pintu kemana saja, jubah tembus pandang, senter pembesar dan pengecil. Kaca pembesar yang bisa buat lihat objek yang ada di balik tembok, sama mesin waktu yang ada di loker meja belajarnya Nobita itu hehehe.

Pasti asik banget dah punya semua alat-alat itu. Yang paling melegenda dari film kartun ini sih bagi ane, yaitu baling-baling bambu, yang cara makenya tinggal di tempelin di kepala trus bisa membawa kita terbang kemana saja sesuka hati.

BACA JUGA :  Payung Unik Tidak Biasa Yang Jarang Ditemui!

Seandainya ane punya baling-baling bambu seperti punya Doraemon. Ane ingin terbang sampe nembus ke tujuh lapisan langit. Kali aja ane bisa ketemu sama bidadari di sana. Hahaha. Halu ane kumat.

Yang suka film kartun ini udah pada tau kan, makanan kesukaan dari Doraemaon, dan apa yang paling tidak disukai atau ditakuti sama si Diraemon?

Yap, vetul banget. Doraemon paling suka sama kue dorayaki, dan paling takut sama tikus. Padahal dia sendiri kan robot berbentuk kucing yang datang dari masa depan, wkwkwk.

6. Detektive Conan

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Kartun ini mengisahkan seorang detektive yang badannya menyusut menjadi kecil seperti seorang anak yang masih duduk di sekolah dasar. Padahal aslinya dia adalah seorang detektive profesional yang udah dewasa.

Seperti film-film detektive pada umumnya, Conan juga memiliki beberapa alat-alat canggih, misalnya jam tangan yang bisa menembakkan obat bius, dan dasi kupu-kupu yang bisa mengubah suara si pemakai, menjadi seperti suara orang yang diinginkan olehnya. Keren dan seru dah pokoknya film ini.

7. Inuyasha

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun ini menceritakan seorang gadis Jepang bernama Kagome Higurashi yang kembali ke masa Sengoku setelah terjatuh kedalam sebuah sumur tua keramat yang terletak dekat dengan kuil milik keluarganya.

Di masa itu Kagome bertemu dengan seorang manusia setengah siluman yang bernama Inuyasha. Singkat cerita, pertemuan mereka pun membuahkan berbagai petualangan melawan para siluman jahat, dalam usaha mengumpulkan bola empat arwah, yang terpencar ke seluruh penjuru Jepang.

8. Rugrats

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun ini menceritakan keseharian dari sekelompok balita, antara lain Tommy, Chuckie, si kembar Phil dan Lil, serta Angelica.

Nonton film kartun ini membuat ane jadi mengerti, bahwa sebenarnya seorang bayi juga memiliki bahasa dan imajinasi mereka sendiri. Walaupun tidak jelas apa yang mereka ucapkan anatara sesama bayi, tapi mereka bisa saling memahami wkwkwk.

9. Dragon Ball dan Dragon Ball Z

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Tokoh utama dalam film kartun ini bernama Goku. Dikisahkan Goku, Bulma dan kawan-kawannya yang lain, berpetualang dalam mengumpulkan tujuh bola naga yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Bila berhasil mengumpulkan ke tujuh bola naga tersebut, maka akan muncul sang dewa naga. Dewa naga tersebut dipercaya mampu mengabulkan berbagai permintaan.

Yang paling ane ingat dari film kartun ini yaitu, Goku yang bisa berubah menjadi super saiya, guru jin kura-kura yang suka sama gadis-gadis cantik, dan jurus kame hameha, yang sering ane tiru pas lagi mainan sama teman-teman masa kecil ane di sekolah wkwkwkw. Ada yang sama kaya ane nggak?

10. Ranma

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Kartun ini menceritakan seorang ahli bela diri bernama Genma dan anak laki-lakinya bernama Ranma yang terkena kutukan setelah jatuh kedalam mata air Jusenkyo. Genma terjatuh ke dalam mata air panda dan Ranma terjatuh ke dalam mata air gadis. Apabila mereka berdua terkena air dingin, maka Genma akan berubah wujud menjadi panda sedangkan Ranma berubah wujud menjadi seorang gadis. Untuk mengembalikan mereka ke wujud semula, maka mereka harus terkena air panas.

11. The Adventure of Jimmy Neutron

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film ini menceritakan petualangan seorang bocah laki-laki jenius, yang bisa menciptakan alat-alat canggih sesuai dengan keinginannya.

12. Avatar The Legend of Aang

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Tanah, udara, api, dan air. Adalah empat unsur atau elemen alam yang ada di dunia ini. Film kartun ini menceritakan tentang petualangan dari Aang, sebagai seorang avatar dan pengendali udara yang terakhir dalam misinya untuk menyelamatkan dunia dari serangan negara api yang terkenal jahat.

BACA JUGA :  5 Film Tentang Perang Terbaik Sepanjang Masa!

Aang juga dibantu oleh beberapa teman-temannya, sebagai sesama pengendali elemen alam, dalam melawan invasi dari negara api.

13. Fairly Odd Parents

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Seperti judul filmnya, kartun ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Timmy Turner yang memiliki orang tua peri bernama Cosmo dan Wanda. Tugas dari kedua orang tua peri ini, adalah untuk selalu memenuhi keinghinan dari Timmy agar selalu bahagia. Tetapi kedua orang tua peri itu sering kali melakukan kesalahan-kesalahan dalam mewujudkan keinginan dari Timmy.

14. Chalk Zone

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun yang satu ini, mengisahkan seorang murid SD bernama Rudy Tabootie, yang memiliki sebuah kapur ajaib, dengan kapur ajaib itu, Rudy dapat pergi ke dunia kapur. Apa pun yang digambar oleh Rudy di dunia kapur akan menjadi hidup. Dalam berpetualang ke dunia kapur, Rudy dibantu oleh teman dunia kapurnya si Snap dan seorang teman perempuannya sekelasnya bernama Penny Sanchez, untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul.

15. Bleach

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Tokoh utama dari film kartun ini bernama Ichigo Kurosaki. Yang mewarisi takdir dari orang tuanya sebagai dewa kematian. Tugas Ichigo yaitu melindungi umat manusia dari para roh jahat dan juga menuntun jiwa-jiwa yang mati menuju ke alam baka. Saat Ichigo berubah menjadi dewa kematian dia pun berhadapan dengan berbagai makhluk dunia spiritual, dan berpetualang di alam itu untuk menjalankan tugasnya.

16. Samurai X

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Judul asli dari film ini yaitu Rurouni Kenshin. Tokoh utama dari film kartun ini yaitu Kenshin, seorang samurai yang selalu membawa pedang dengan mata pisau terbalik. Pada pipi Kenshin juga terdapat bekas tebasan samurai yang menyerupai tanda X. Dalam bertarung melawan para musuhnya, Kenshin menggunakan gaya berpedang Hiten Mitsurugi Ryu dari Seijuro Hiko.

17. Beyblade

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun ini menceritakan pertarungan gasing-gasing canggih antara sekelompok anak-anak, dimana gasing-gasing mereka memiliki kekuatan tersendiri. Tokoh utama dari film kartun ini bernama Kinomia Takao.

Pada jaman lagi hitz-hitz nya film kartun ini, ane juga sempat punya gasingnya Gan-Sis, warung-warung kecil juga pada jual ini mainan wkwkw. Masih inget banget ane waktu itu, ane main adu gasing sama temen-temen ane, sambil teriak “Go Shiutt!!!”, pas narik pemutar gasing yang kece badai pada masanya wakakaka.

18. Crus Gear Turbo

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun ini juga keren habis pada masanya, hampir sama seperti pada film Beyblade, kartun ini menceritakan pertarungan sekelompok anak-anak, namun dengan media berupa mobil tempur yang disebut dengan nama Crus Gear.

Seperti halnya, mobil Tamia dan Gasing Beyblade, ane juga sempat punya mainan Crus Gear ini pas lagi boming-bomingnya film kartun Beyblade. Punya ane dulu Crus Gear Sukaku, yang ane gonta ganti senjata depannya pake Crus Gear yang lain. Dinamonya juga sempat ane ganti pake dinamo setan punya Tamiya ane. Alhasil putaran Crus Gear ane jadi yang paling kenceng, juga paling boros sama batre wkwkwk.

19. Scooby-Doo

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Scooby Doo Bi Doo, Where are You? Wkwkw kurang lebih seperti itulah penggalan lirik lagu sountrack dari film kartun ini.

Film kartun ini mengisahkan seekor anjing yang mampu berbicara seperti manusia bernama Scooby. Scooby bersama temannya yaitu Shaggy, Fred, Velma dan Daphne, sering berpetualang untuk memecahkan berbagai kasus mistery yang berhubungan dengan hantu dan hal gaib lainnya ke seluruh pelosok dunia. Mereka bepergian dengan mengendarai mobil van yang diberi nama Mistery Macine.

Di setiap akhir kasus mistery kejahatan yang mereka pecahkan, Scooby Doo dan kawan-kawannya selalu berhasil memecahkan semua kasus dengan penjelasan yang masuk akal.

BACA JUGA :  Ini Dia Anime Wajib Ditonton Para "Maniak"!

Ane jadi kangen sama film kartun yang satu ini. Pas masih jamannya Playstation One, ane juga sering mainin game Scooby Doo.

20. Medabots

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Kartun ini bercerita tentang pertarungan robot, dengan tokoh utama seorang anak bernama Ikki Tenryo dan robotnya yang bernama Metabee. Mereka berdua mengikuti berbagai pertarungan robot untuk menjadi juara dalam ajang battlebot.

21. Kekkaishi

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Ane paling suka denger soundtrack ending dari film kartun ini. Berasa seperti gimana gitu walaupun ane kaga paham sama arti liriknya wkwkwk.

Kartun ini menceritakan tentang para Kekkaishi, yang bertugas menjaga tanah majikannya dari serangan para iblis jahat. Kekkaishi adalah orang-orang yang mampu membuat pelindung berbentuk persegi dan juga mampu mengurung iblis jahat di dalam sebuah kubus untuk diperangkap dan dihancurkan.

22. Yu Gi Oh

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Yugi Mutou adalah nama anak dari tokoh utama dalam film kartun ini. Pertarungan kartu dengan berbagai karkter monster dan kemampuan unik masing-masing dari karakter di dalam kartu teraebut, membuat ane selalu merasa penasaran apa yang akan terjadi di episode selanjutnya pada film kartun ini.
Yu Gi Oh juga cukup populer dimainkan oleh anak-anak tahun 90-an. Ane bahkan sempat mengkoleksi beberapa buah kartu Yu Gi Oh yang ane beli dari toko mainan.

23. Marsupilami

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Apakah dari kalian ada yang masih ingat, dengan bahasa dari hewan kuning berekor panjang, dan motif bulat-bulat hitam pada badannya ini?

Kalo ane masih inget banget, soalnya dulu waktu masih kecil suka main marsupilami-marsupilamian sama teman-teman ane. Diawali dengan suit, trus yang kalah jadi pemburu, yang menang jadi marsupilami yang dikejar-kejar sama pemburu, wkwkwkwk.

Kurang lebih bahasa dari tokoh hewan marsupilami dalam film kartun ini yaitu, Huba Bibi Hon-Hon! Wakakaka. Ane jadi berasa kayak kembali ke masa anak-anak yang penuh canda dan tawa.

Dikisahkan dalam film ini, marsupilami jantan punya pasangan marsupilami betina, dan hasil dari perkimpoian mereka memiliki tiga ekor anak marsupilami yang lucu-lucu.

Nah, di dalam hutan tempat mereka tinggal itu, ada seorang pemburu yang berusaha untuk menangkap keluarga marsupilami ini.

Ane masih ingat, makanan kegemaran dari para marsupilami, yaitu ikan piranha.

24. Naruto

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Siapa sih yang nggak kenal sama tokoh dalam film layar kaca untuk anak-anak yang satu ini? Naruto Uzumaki, adalah seorang ninja yang bertekad ingin menjadi seorang Hokage. Ane yakin, teman teman lebih paham lah daripada ane kalo soal Naruto wkwkwk. Jurus andalannya yaitu jurus seribu bayangan dan rasengan yang diajarkan oleh petapa genit atau guru Jiraiya.

25. One Piece

Film Kartun Anak Tahun 90-an Paling Ditunggu Tiap Hari Minggu! Favorit Kamu Yang Mana?

Film kartun ini mengisahkan tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Monkey D. Luffy, yang memiliki kekuatan tubuh elastis seperti karet, karena telah memakan buah iblis secara tidak di sengaja. Luffy mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang raja bajak laut, dia bersama teman-temannya pun membentuk kelompok bajak laut yang diberi nama Bajak Laut Topi Jerami. Dan untuk mencapai keinginannya itu, dia menjelajahi lautan menuju ke Grand Line, demi untuk mendapatkan One Piece yaitu harta karun terbesar yang ada di dunia.

Gimana teman teman? Jadi ingat masa kecil kalian nggak? Semoga aja thread ane kali ini, bisa membawa kembali kenangan-kenangan indah dan manis di masa kecil yang bahagia kalian semua ya. Kalian juga boleh menyebutkan film kartun favorite kalian diwaktu hari minggu atau hari libur pada kolom komentar.

Comments

comments