Rincian Biaya Pembuatan Kanopi Lengkap dengan Jasa Pasang

Biaya pembuatan kanopi bisa jadi mahal atau juga murah, semua tergantung jenis material yang digunakan dan juga biaya jasa pasangnya.

Untuk Anda yang berencana membuat kanopi untuk rumah Anda, ada baiknya mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan. Karenanya Anda harus menentukan jenis kanopi, dan biaya jasa pasangnya. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lengkapnya yang akan membahas tentang:

Biaya Pembuatan Kanopi Berdasarkan Jenis Materialnya

Biaya Pembuatan Kanopi Berdasarkan Jenis Materialnya
Jenis material menentukan besaran biaya pembuatan kanopi.

Penggunaan kanopi rumah saat ini makin populer karena selain harganya cukup terjangkau, cara pasangnya pun dapat disesuaikan. Material kanopi yang sangat bervariasi pun dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Mahal murahnya biaya pembuatan kanopi dan jasa pasang kanopi akan kembali lagi kepada model, material yang digunakan, dan pilihan jasa pasangnya.

Kanopi Baja Ringan

Biaya Pembuatan Kanopi Baja Ringan
Kanopi berbahan baja ringan paling banyak dipilih.

Harga kanopi baja ringan tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk pembelian dan pemasangannya. Jika dibandingkan dengan kanopi lainnya, kanopi baja ringan ini juga termasuk jauh lebih murah dan tidak mahal.

Berikut adalah rangkuman informasi harga kanopi baja ringan dengan spesifikasi profil c7d, reng 33 double, dan atap Spandek / Zincalume:

Harga per meter persegi: Berkisar antara Rp 330.000 hingga Rp 335.000. Harga ini dapat berubah berdasarkan:

  • Lokasi: Biaya dapat berbeda tergantung pada wilayah dan ketersediaan material di lokasi tersebut.
  • Biaya instalasi: Terkadang biaya pemasangan tidak termasuk dalam harga per meter persegi dan dapat menambah biaya total.
  • Penyesuaian khusus: Modifikasi atau kebutuhan khusus dalam desain dapat mempengaruhi harga.

Untuk mendapatkan estimasi yang lebih akurat:

  • Disarankan untuk menghubungi penyedia jasa langsung.
  • Mintalah penawaran harga berdasarkan detail spesifik proyek Anda.

Perlu diperhatikan bahwa harga ini bisa berubah, dan akan sangat berguna untuk melakukan pengecekan langsung dengan beberapa penyedia layanan untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Harga kanopi baja ringan variasi dan berbeda berdasarkan jenis, ukuran, dan kualitasnya lainnya di 2024 yang ditemukan di situs toko online:

  • Kanopi baja ringan spandek polos: Rp185.000
  • Kanopi baja ringan solar flat: Rp500.000
  • Kanopi baja ringan alderon rs: Rp270.000
  • Kanopi baja ringan atap spandek pasir: Rp220.000
  • Kanopi baja ringan atap alderon RS/singel layer: Rp250.000
  • Kanopi baja ringan spandek transparent: Rp365.000
  • Kanopi baja ringan platinum: Rp220.000
BACA JUGA :  15 Harga Spring Bed Terbaik dan Terbaru, Mulai dari Rp 800 Ribuan!

Sebagai referensi, harga kanopi baja ringan spandek per meter di Jabodetabek adalah sekitar Rp250.000. Harga ini hanya merupakan estimasi rata-rata dan berbeda berdasarkan lokasi dan kualitas.

Untuk informasi lebih lengkap, termasuk biaya pembuatan kanopi disarankan untuk menghubungi toko atau supplier yang menjual kanopi baja ringan.

Kanopi Galvalum

Biaya Pembuatan Kanopi Galvanum
Kanopi Galvalum tahan karat.

Galvalum adalah sebuah bahan baru yang memiliki ketahanan terhadap karat. Bahan ini memiliki campuran dari 3 bahan logam berbeda, yaitu zinc, aluminium dan magnesium. Kanopi yang terbuat dari galvalum juga mempunyai ketahanan yang sangat baik dan bisa digunakan dalam cuaca yang berbeda sekalipun. Berikut daftar harga terbarunya:

Harga Per Meter

Mulai dari Rp290.000

Jenis Bahan

Galvalum tebal 0,75 cm

Harga Per Meter

Mulai dari Rp265.000

Jenis Bahan

Galvalum tebal 0,75 cm

Harga Per Meter

Mulai dari Rp240.000

Kanopi Besi Hollow

Cara membuat kanopi dari besi hollow terbilang mudah dan hasilnya bisa jadi sangat memuaskan. Dari segi biaya pembuatan kanopi, otomatis Anda juga bakal lebih hemat. Berikut daftar harga besi hollow terbaru:

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp335.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp360.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Jenis Atap

Spandek/ zincalume

Harga Per Meter

Mulai Rp375.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp385.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp585.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp695.000

Jenis Kanopi

Kanopi besi hollow

Harga Per Meter

Mulai Rp1.450.000

Kanopi Hollow Stainless

Hampir sama dengan kanopi besi hollow. Cara membuat kanopi hollow stainless juga terbilang mudah, dan harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau. Berikut daftar terbarunya:

Jenis Kanopi

Hollow stainless 4×4 (1,2mm) 304 &210

Harga Per Meter

Rp750 ribu – 1,4 juta

Jenis Kanopi

Hollow stainless 4×6 (1,2mm) 304 &210

Harga Per Meter

Rp850 ribu – 1,5 juta

Rangka Kanopi Pipa Stainless

Keberadaan kanopi pipa stainless steel sekarang ini mulai menarik minat banyak masyarakat. Daya tarik utamanya adalah sifat yang tahan korosi dan desain terlihat lebih modern.

Jika diperhatikan secara seksama, eksistensi stainless sudah mampu bersaing dengan logam lainnya untuk diaplikasikan di berbagai macam furnitur. Berikut daftar harga terbarunya.

Jenis Kanopi

Hollow stainless 1 ¼ (1,2 mm) 304 & 210

Harga/Meter

Rp660 ribu – 1,4 juta

Jenis Kanopi

Hollow stainless 1 1/6 (1,2 mm) 304 & 210

BACA JUGA :  Harga Atap Spandek per Meter dan per Lembar

Harga/Meter

Rp850 ribu -1,5juta

Biaya Jasa Pembuatan dan Pasang Kanopi


Pembuatan kanopi dapat menggunakan jasa profesional.

Sebelum memasang kanopi baja ringan oleh tenaga profesional, ada baiknya Anda mengetahui rincian biaya per meternya. Anda bisa memilih menggunakan jasa tenaga profesional, atau borongan dimana Anda diharuskan membeli bahan baku pembuatan kanopi sendiri. Berikut estimasi biaya keduanya.

Tenaga Profesional

Umumnya, biaya pasang kanopi baja ringan oleh tenaga profesional mulai dari Rp200.000 per meter. Namun, hal tersebut tergantung dari kesepakatan dan penawaran yang Anda lakukan.

Adapun simulasi biaya pasang kanopi baja ringan:

  • Ukuran 4×6 meter atau 24 meter persegi
  • Biaya per meter Rp250.000
  • Contoh perhitungan: Rp250.000 x 24 = Rp6.000.000

Jadi, biaya pasang kanopi baja ringan ukuran 4×6 meter dengan jenis spandek mencapai Rp6.000.000.

Biaya pemasangan tersebut lengkap dengan segala material yang dibutuhkan dan alat-alat yang disediakan tenaga profesional.

Borongan

Saat ini, ada banyak jasa penawaran pemasangan kanopi baja ringan rumah dengan sistem borongan sehingga kamu membeli bahannya sendiri. Nah, jika ingin berbiaya lebih ekonomis maka langkah yang satu ini bisa kamu coba.

Rata-rata jasa pemasangan kanopi baja ringan berkisar Rp125.000 sampai dengan Rp150.000 per meter.

Simulasi biaya jasa pasang kanopi baja ringan:

  • Ukuran 4 x 6 meter (24 meter persegi)
  • Biaya jasa per meter Rp130.000
  • Contoh perhitungan: Rp130.000 x 24 = Rp3.120.000

Jadi, biaya jasa pasang kanopi baja ringan ukuran 4×6 meter mencapai Rp3.120.000, tidak termasuk biaya material yang dibutuhkan.

Namun, kamu bisa menyusun RAB pasang kanopi baja ringan dengan memilih bahan material sendiri sesuai standar, namun berkualitas baik.

Berikut simulasi material yang digunakan dengan spesifikasi terbaik.

Bahan-bahan:

  • Baja ringan c profil Rp75.000 x 8 buah = Rp600.000
  • Reng Rp35.000 x 10 buah = Rp350.000
  • Genteng metal Rp33.000 x 40 buah = 1.320.000
  • Asumsi baut Rp200.000
  • Gunting baja ringan Rp100.000

Total = Rp2.570.000

Jadi, total biaya pasang kanopi baja ringan ukuran 4×6 meter mencapai Rp5.690.000 sudah termasuk material dan jasa pemasangan.

Referensi Model Kanopi


Pembuatan kanopi dapat disesuaikan dengan model yang Anda inginkan.

Kanopi sering menjadi bagian yang ditambahkan dari bangunan rumah dan bisa dipasang sedemikian rupa. Bahan dan materi dari kanopi juga beraneka ragam, misalnya aluminium, besi ringan, kayu,dan kaca. Sedangkan modelnya juga penting karena dapat memperindah tampilan hunian.

Untuk mendapat kanopi sesuai yang Anda inginkan, Anda dapat membuatnya berdasarkan kanopi dengan model yang Anda inginkan. Berikut beberapa inspirasi model kanopi yang dapat mempercantik tampilan rumah Anda.

Model Kanopi Kayu


Kanopi kayu memberi kesan alami dan estetik.

Kanopi dari kayu adalah salah satu investasi bangunan yang layak dicoba. Selain tampak indah dan megah, kanopi kayu juga tahan lama karena sifatnya yang memang resisten terhadap cuaca ekstrim.

BACA JUGA :  Mengenal Baja Ringan, Daftar Harga, Cara Hitung dan Biaya Pasangnya

Pemasangan kanopi berbahan kayu di inspirasi ini juga semakin dilengkapi dengan unsur dinding kayu yang terlihat di bangunan rumah. Dengan sekat-sekat antara kanopi, suasana halaman teras depan semakin cerah dan nongkrong sambil duduk di kursi teras pun tidak pengap.

Tips Lapakfjbku.com

Jika ingin menempatkan kanopi di dalam rumah, pastikan langit-langit rumah cukup tinggi agar atap kanopi kayu tidak terbentur dengan atap rumah.

Model Kanopi Teralis Tipis


Kanopi teralis tipis dengan atap yang transparan.

Dengan gaya arsitektur modern dan minimalis, kanopi ini juga menggunakan atap transparan berwarna putih untuk proteksi maksimal terhadap curah hujan. Kanopi jenis besi ini tergolong tahan pakai dan kokoh dengan disangga pada 4 sisi di bagian masing- masing ujung kanopi.

Model Kanopi Kaca


Kanopi berbahan kaca memberi kesan modern dan glamor.

Kanopi kaca sering dipilih untuk apartemen atau rumah modern yang punya kesan glamor. Seperti inspirasi pada instalasi kanopi ini, bahan kaca digunakan sebagai atap kanopi, sedangkan penyangga utamanya adalah dengan panel besi yang terpasang erat pada struktur bangunan rumah itu sendiri.

Bagian sisi luar dari penyangga besi juga terlihat memanjang keluar dengan teralis besi untuk aksen modern yang cukup menawan. Pembersihan kanopi kaca juga telah dipertimbangkan, dimana akses dari atas bisa digunakan untuk membersihkan kaca kanopi dengan cara di lap sesuai kebutuhan.

Model Kanopi Kontemporer


Kanopi kontemporer berwarna putih memberi kesan elegan.

Butuh ruangan ekstra untuk tempat santai bersama keluarga? Dengan menambahkan kanopi bergaya kontemporer yang berwarna putih, ruangan depan rumah pun langsung menjelma menjadi area yang nyaman.

Baik untuk kegiatan sarapan pagi atau makan malam bersama, kanopi minimalis spontan terasa sejuk karena kombinasi material kanopi yang awet dan tahan lama. Dengan panel kaca untuk atapnya dan tiang besi sebagai penyangga, kanopi berwarna putih boleh dijadikan pilihan karena merupakan warna klasik yang tidak mudah lekang oleh waktu.

Itulah tadi informasi mengenai rincian biaya pembuatan kanopi lengkap dengan biaya jasa pasangnya, sekaligus inspirasi model kanopi yang sedang tren saat ini. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan biaya, jenis, dan model yang Anda inginkan.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com