Lembah Tepus Bogor, Air Terjun Bertingkat yang Tersohor Di 2024

Bogor tidak pernah kekurangan destinasi wisata alam yang keren, Lembah Tepus salah satunya. Lembah ini menawarkan hamparan aliran air yang melewati bebatuan dan kolam-kolam alami yang tersusun berundak.

Kecantikan lembah ini nampak dari pancaran airnya yang nampak berwarna biru jernih. Ditambah lagi posisinya yang terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl, terpaan udara sejuk membuat tubuh terasa relaks dan fresh tatkala berendam menikmati aliran air.

Disebut lembah karena memang berada di kaki gunung atau tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Dikelilingi hutan yang masih terjaga kelestariannya, Lembah Tepus menyajikan panorama air terjun plus pepohonan tropis yang instagenic.

Nama Lembah Tepus kian hari makin populer di hati masyarakat. Apalagi lokasinya yang terbilang cukup dekat dari Jakarta, hingga bisa menjadi alternatif terbaik untuk menyegarkan diri, menghilang sejenak dari kesibukan.

Lokasi Lembah Tepus

Lembah Tepus Bogor, Air Terjun Bertingkat yang Tersohor

Lokasi Lembah Tepus masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Julukan kota hujan rasanya cukup mendeskripsikan betapa Bogor memiliki keunikan tersendiri dari sisi alamnya, tak terkecuali Lembah Tepus. Deretan foto-foto yang mengisahkan pesona air terjun bertingkat di media sosial langsung membuat viral lembah yang cantik ini.

Termasuk dalam rangkaian TNGHS, lokasi Lembah Tepus tepatnya berada di Pasir Reungit, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari pusat Kota Bogor, Lembah Tepus berjarak sekitar 27 km dengan waktu tempuh kira-kira 90 menit dalam kondisi jalan normal.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Instagramable Gurun Pasir Bintan

Sebagai tetangga dekat, jarak Bogor memang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Alhasil jika Anda berangkat dari Jakarta, hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam untuk bisa sampai di Lembah Tepus.

Cara Menuju Lembah Tepus Di Daerah Bogor

Cara Menuju Lembah Tepus

Ke Lembah Tepus, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Untuk menuju ke Lembah Tepus, rute yang akan Anda lalui relatif mudah dengan kondisi jalan yang cukup baik. Ya, dengan revitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, akses jalan menuju Lembah Tepus terus membaik seiring waktu.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk sampai di Lembah Tepus. Rute dan akses perjalanan yang dilalui adalah sebagai berikut:

Menggunakan kendaraan pribadi

Jalur termudah tentunya dengan mengakses jalan Tol Jagorawi. Nah, jika Anda memilih untuk lewat Tol Jagorawi, pilih keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan. Selepas keluar tol, arahkan kendaraan Anda ke arah Terminal Bubulak Bogor.

Perjalanan selanjutnya, arahkan kendaraan melalui depan kampus IPB Dermaga hingga ketemu pertigaan Ciampea. Dari sini, Anda terus saja ambil arah Cikampak. Ketika sampai di pertigaan Cikampak, belok kiri ke Jalan Raya Bojong Rangkas.

Dari sini Anda tinggal mengikuti jalan ke arah Gunung Bunder. Setiba di kawasan Gunung Bunder, tak lama lagi Anda sudah bisa masuk ke Lembah Tepus. Setelah memarkir kendaraan, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki yang memakan waktu sekitar 10 menit.

Anda akan melewati jalan setapak yang membelah hutan belantara. Nah, petualangan bisa dimulai dari trekking atau menelusuri hutan belukar ini. Jangan khawatir, jalurnya tidak terlalu ekstrem, kok! Di sepanjang jalan nampak bunga-bunga yang menciptakan keindahan perjalanan Anda.

BACA JUGA :  Tips dan Biaya Liburan Ala Backpacker ke Singapura

Menumpang transportasi umum

Sebenarnya tidak ada transportasi umum yang benar-benar sampai ke Lembah Tepus. Namun jika memang harus menggunakan transportasi umum, maka pilihannya adalah menumpang angkot D03 yang mengarah ke Terminal Bubulak lalu turun di jembatan merah.

Di jembatan merah, Anda bisa lanjut naik angkot jurusan Bubulak-Leuwiliang lalu turun di pertigaan Cikampak. Nah dari Cikampak ini pilihannya adalah naik angkutan umum tidak resmi atau ojek motor untuk mencapai Gunung Bunder. Dari Gunung Bunder, lanjut lagi dengan naik ojek motor untuk sampai ke Lembah Tepus.

Harga Tiket Masuk Lembah Tepus Di Daerah Bogor

Lembah Tepus terbuka untuk wisatawan umum. Para pengunjung bisa menikmati kawasan wisata alam ini sejak pagi hingga sore hari.

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Camping:

24 jam

Tiket
Harga
Tiket Masuk
Rp10.000
Parkir Motor
Rp5.000
Parkir Mobil
Rp10.000
Camping
Rp30.000

Fasilitas Lembah Tepus

Lembah Tepus Bogor, Air Terjun Bertingkat yang Tersohor

Setiap sudut Lembah Tepus Bogor memang tampak Instagramable. (Foto: akun Instagram @aridhozuwendraa)

Tidak salah kalau Anda memilih lembah ini untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau teman-teman. Sensasi bertualang di hutan dan menikmati air terjun yang masih sangat alami langsung Anda rasakan selama berada di Lembah Tepus.

Selain air terjun bertingkat dan panorama kaki Gunung Halimun Salak yang menjadi fasilitas utama liburan Anda, masih ada fasilitas lain yang tersedia di lembah yang indah ini, antara lain:

Tempat untuk parkir kendaraan tersedia cukup luas, baik mobil maupun motor.

Shelter-nya cukup Instagramable karena terbuat dari kayu dan tali yang dibentuk jaring-jaring.

Para pengunjung dapat berisitirahat dengan nyaman sekaligus foto-foto.

Jika ingin merasakan bermalam di sekitar lembah, tersedia penginapan yang cukup nyaman.

BACA JUGA :  25 Mall di Jakarta dari Yang Terbesar, Terlengkap, Termegah, Hingga Paling Mewah

Tersedia spot untuk foto selfie atau group dengan latar air terjun bertingkat.

Bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hobi camping sambil menikmati sejuknya udara kaki Gunung Halimun Salak.

Ada beberapa gazebo dan saung untuk sekadar istirahat bagi para pengunjung.

  • Persewaan ban dan pelampung

Anda bisa menyewa ban atau pelampung untuk digunakan ketika berendam atau berenang di kolam.

Ada cukup banyak warung atau kios yang menyediakan makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu repot-repot bawa bekal dari rumah.

Setelah puas berendam atau berenang, Anda bisa membilas diri di kamar mandi yang tersedia.

Tak perlu khawatir ketinggalan ibadah salat selama berwisata di obyek wisata ini. Di sini tersedia musala yang cukup nyaman untuk Anda salat.

Begitulah pesona lembah yang dekat dari Jakarta dan berbagai fasilitas yang mendukungnya.

Rencanakan perjalanan Anda ke Lembah Tepus Bogor dengan baik dan nikmati sensasinya!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com