4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak Wajib Coba!

By | May 11, 2019

Kamu pengen cobain makanan khas Bali Timur? Mungkin kamu harus cobain beberapa makanan yang ada disini kalau ada kesempatan untuk liburan ke Bali. Jangan cuma main ke pantai di Bali saja! Tapi cobain kulinernya juga ya!

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak Wajib Coba!

Kira-kira paling enak yang mana ya dari beberapa kuliner khas Bali Timur ini?

1. Sate Lilit

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak

Jika kamu melakukan perjalanan ke Bali Timur, jangan lupa mencicipi sate lilit dan berbagai olahan ikan tuna khas Bali Timur. Biasanya satu porsi sate lilit disajikan dengan pepes ikan, sup ikan, dipadukan dengan plecing kangkung, kacang dan tentunya tak ketinggalan sambal matah. Kamu bisa menjumpai sate lilit yang terkenal di Warung Lesehan Mertha Sari atau di Pantai Lebih Gianyar.

Kamu tidak akan kecewa dengan rasanya dan bisa mengenyangkan perut dan siap melakukan perjalanan berikutnya. Harganya pun cukup terjangkau dan kamu bisa melihat langsung pembuatan sate lilit juga lho.

2. Ikan Mujair Nyat Nyat

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak

Ikan Mujair Nyat Nyat

Lokasinya berada di daerah Kintamani, Bangli, kamu bisa menjumpai makanan terkenal di daerah ini yaitu Ikan Mujair Nyat Nyat. Ikan Mujair Nyat Nyat adalah ikan goreng mujair yang diracik dengan bumbu Bali “base genep”. Nah kamu bisa memilih ikan Mujair Nyat Nyat yang digoreng atau pun dibakar. Satu porsi Nyat Nyat disajikan lengkap dengan sambal matah dan plecing kangkung.

Ikan Mujair Nyat Nyat mudah ditemui di daerah ini, rekomendasi kami adalah Ikan Mujair Warung Pak Bagong, Restoran maupun Warung Pojok Sari sambil menikmati pemandangan Danau Batur yang cantik.

3. Nasi Sela

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak

Nasi Sela

Pernah merasakan nasi dicampur dengan potongan ubi kecil? Sela berasal dari bahasa Bali artinya ketela atau ubi. Ini merupakan kuliner khas Karangasem meski sekarang Nasi Sela sudah tersebar di seluruh Bali.

Satu porsi nasi sela disajikan dengan berbagai macam lauk pauk misalnya ayam betutu, kulit ayam, pindang tongkol, sayur urap, kacang, sambal bongkot atau sambal matah. Tentu saja dengan campuran tersebut semakin menggugah selera makan. Kamu bisa menjumpai nasi sela di Warung Mek Luh, lokasinya berada tepat di depan RSUD Karangasem.

4. Telengis

4 Makanan Khas Bali Timur Super Enak

Telengis

Pernah mendengar kata telengis sebelumnya? Ini merupakan makanan khas Bali Timur sehingga sangat mudah menjumpai plecing telengis khususnya di daerah Sidemen dan Selat. Telengis dari bahasa Bali yang artinya minyak kelapa yang dibuat secara tradisional tanpa bantuan mesin sama sekali, yaitu yang sudah menjadi santan kelapa.

Nah santan kelapa dimasak di api yang besar dan berubah menjadi minyak kelapa. Jika minyak dan airnya diambil maka akan tersisa ampasnya yang putih. Nah ampasnya itu disebut dengan telengis. Telengis digunakan untuk berbagai makanan seperti plecing telengis, pepes tuna telengis maupun tipat telengis.

Yuk jelajah kuliner khas Bali Timur!

Comments

comments