9 Mall di Solo Terbesar, Buat Wisata Belanja Di 2024

Warisan budaya di Kota Solo memang tidak perlu diragukan lagi keabsahannya. Begitu pula mall-mall di Solo yang mampu memantik selera masyarakat dan wisatawan untuk menikmati sajiannya, mulai dari belanja kebutuhan harian, life style, hingga event-event yang menghibur.

Walau berstatus sebagai kota kecil, Solo tidak luput dari bidikan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur. Kota yang banyak menyimpan perjalanan sejarah kerajaan di tanah Jawa ini menawarkan berbagai destinasi wisata favorit, termasuk tempat-tempat berbelanja.

Sejumlah mall di Solo berlomba-lomba menarik perhatian para pelancong yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Nah jika Anda salah satu wisatawan yang hendak menikmati mall di Solo, berikut ini 9 mall di Solo terbesar yang pas buat wisata belanja dan kongkow bareng keluarga.

1. Solo Paragon Mall

Termasuk mall paling favorit di Solo, Solo Paragon Mall menjadi destinasi wisata belanja dan hiburan yang asyik. (Foto: indomegah.com)

Termasuk mall paling favorit di Solo, Solo Paragon Mall menjadi destinasi wisata belanja dan hiburan yang asyik.

Jika sedang berada di Solo, jangan sampai tidak mampir ke salah satu mall di Solo yang cukup terkenal ini. Ya, Solo Paragon Mall merupakan satu di antara deretal mall di Solo yang terbesar, populer, dan cukup digandrungi oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Dengan area yang terbilang luas, Paragon Mall menawarkan banyak pilihan tenant yang sesuai kebutuhan Anda. Sebut saja Centro Department Store, Ace Hardware, hingga deretan gerai yang menjual skincare dan perawatan kecantikan lainnya.

Selain pusat perbelanjaan yang lengkap, mall di Solo yang satu ini juga menyediakan banyak restoran dan gerai kuliner khas. Mulai dari kedai kekinian, seperti El’s Books & Cafe dan Mr. Pancake hingga tempat makan keluarga seperti Emperor Palace dan Kedai Penang bisa Anda nikmati di Solo Paragon Mall.

Alamat :

Jl. Yosodipuro No. 133, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-22.00 WIB

2. Solo Square Mall

Solo Square, mall di Solo yang sangat ramai dikunjungi masyarakat. (Foto: thenyaman.com)

Solo Square, mall di Solo yang sangat ramai dikunjungi masyarakat.

Solo Square menjadi salah satu mall di Solo yang sangat ramai, terutama pada saat akhir pekan. Pusat perbelanjaan yang dekat dengan Stasiun Purwosari ini mendapat julukan mall sejuta umat saking banyaknya pengunjung. Fasilitas dan toko-toko yang lengkap menjadi alasan kenapa Solo Square selalu menjadi tujuan belanja.

Mall di Solo yang satu ini terbilang sangat nyaman, apalagi jika Anda membawa anak-anak. Sarana hiburan yang bisa Anda nikmati di sini, antara lain bioskop XXI, Timezone, dan wahana untuk anak-anak lain yang seru.

BACA JUGA :  Perayaan Galungan dan Kuningan di Bali

Toko-toko yang menyediakan fashion di Solo Square cukup banyak dengan berbagai brand yang sudah terkenal. Asyiknya lagi, food court di sini menawarkan sajian dengan harga terjangkau.

Alamat :

Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 451-455, Pajang, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-22.00 WIB

3. The Park Mall Solo

The Park Mall sering menggelar event-event menarik sehingga mampu mengundang pengunjung. (Foto: kanimals.id)

The Park Mall sering menggelar event-event menarik sehingga mampu mengundang pengunjung.

Kalau ditanya mall di Solo yang recommended untuk hang out bersama keluarga ataupun teman-teman, maka jawabanya adalah The Park Mall. Mengusung konsep taman, banyak sekali tumbuhan yang ditata di berbagai area pusat perbelanjaan ini sehingga menampilkan kesan sejuk dan asri.

Dilihat dari luar, The Park Mall nampak megah dengan arsitektur bangunan modern yang terdiri dari tiga lantai. Bagaimana dengan isinya? Sangat lengkap, mulai dari supermarket yang menyediakan kebutuhan harian hingga tenant-tenant kekinian. Selain itu, banyak event menarik yang sering diselenggarakan di sini.

Yang menariknya lagi, lokasi mall di Solo yang satu ini cukup strategis, yaitu berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo. Jadi, Anda bisa langsung melepas lelah di The Park Mall setelah terbang.

Alamat :

Jl. Ir. Soekarno Dusun 2, Madegondo, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-22.00 WIB

4. Hartono Mall Solo

Mall di Solo yang satu ini terbilang sangat lengkap hingga arena go kart pun tersedia.  (Foto: pakuwonjati.com)

Mall yang satu ini terbilang sangat lengkap hingga arena go kart pun tersedia.

Tidak begitu jauh dari The Park Mall, Anda akan menemukan salah satu mall di Solo yang juga terbilang megah dan sangat lengkap, yaitu Hartono Mall. Pusat Perbelanjaan ini menyediakan gerai-gerai yang siap memenuhi kebutuhan harian Anda. Di samping outlet pakaian, seperti Cardinal dan Poshboy, masih ada perlengkapan olahraga, semisal Sports Station.

Buat Anda yang senang dengan permainan pemicu adrenalin, Hartono Mall menyediakan arena bermain go kart bernama Lamtoro Go Kart. Wah pas banget kan kalau ke sini bawa anak-anak? Siapa tahu si kecil berbakat menjadi pembalap, lho!

Puas belanja dan cuci mata, giliran mengisi perut di bermacam resto yang ada di Hartono Mall. Mall di Solo yang satu ini menghadirkan restoran Jepang, Indonesia, hingga Western. Asyik, kan?

Alamat :

Jl. Ir. Soekarno, Dusun II, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 11.00-20.00 WIB

5. Solo Grand Mall

Zaman terus berganti namun Solo Grand Mall tetap ramai dan nyaman untuk dikunjungi. (Foto:solograndmall.com)

Zaman terus berganti namun Solo Grand Mall tetap ramai dan nyaman untuk dikunjungi.

BACA JUGA :  Foto Pantai Kuta Bali, Cara Pergi Ke Pantai Kuta Bali

Solo Grand Mall atau yang juga dikenal dengan nama SGM merupakan salah satu mall di Solo yang berdiri sudah cukup lama, yakni 2004. Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Laweyan ini sangat cocok menjadi destinasi wisata belanja, baik warga lokal maupun wisatawan yang tengah berlibur di Kota Solo.

Memiliki bangunan tujuh lantai, SGM terbilang megah dan sangat nyaman berjalan-jalan di dalam areanya. Kenyamanan pengunjung makin bertambah berkat lahan parkir kendaraan yang cukup luas.

Di sini, Anda akan dimanjakan dengan tenant-tenant yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Arena hiburan yang bisa Anda temui di Solo Grand Mall di antaranya adalah bioskop yang selalu menyakan filmfilm terbaru. Dan masih banyak lagi fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di mall yang satu ini.

Alamat :

Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 273, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-21.00 WIB

6. Beteng Trade Center

Beteng Trade Center, mall di Solo yang menawarkan ragam batik khas. (Foto: tripadvisor.co.id)

Beteng Trade Center, mall yang menawarkan ragam batik khas.

Kalau mau mampir ke salah satu mall di Solo yang menjual ragam batik khas Solo, Anda bisa menuju ke Beteng Trade Center. Sepanjang mata memandang, di pusat perbelanjaan ini didominasi toko batik. Mulai dari kain, baju, blus, celana, rok, hingga variasi batik lainnya bisa Anda peroleh di sini.

Tentu tak hanya batik yang bisa Anda bawa pulang dari Beteng Trade Center. Di mall yang hanya buka dari pukul 09.00-17.00 WIB ini, ditawarkan pula aneka busana, jilbab, tas, dan aksesoris menarik lainnya.

Mengingat jam operasionalnya yang terbilang singkat, ditambah lagi serbuan pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia, Anda mesti pandai-pandai mengatur waktu ketika bertandang ke Beteng Trade Center.

Alamat :

Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-17.00 WIB

7. Transmart Solo

 

Bukan hanya belanja kebutuhan harian, Transmart Solo juga menghadirkan wahana bermain yang seru, cocok untung mengajak keluarga.

Transmart Solo, yang beroperasi sejak 2017 menambah daftar mall-mall di Solo yang patut dikunjungi. Seperti Transmart di kota-kota lainnya, di sini pun mengusung konsep berbelanja, bermain, bersantap, dan menonton. Berbagai tenant yang menjajakan ragam produk sesuai kebutuhan dan hiburan masyarakat.

Di lantai satu Transmart Anda akan menemukan barang kebutuhan harian karena merupakan area fresh market, bread shop, dan kosmetik. Di lantai dua terdapat supermarket yang menawarkan produk rumah tangga.

Selain itu, lantai tiga mall di Solo yang satu ini berisi Trans Studio Mini yang menampilkan wahana permainan seru, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tak ketinggalan, ada juga CGV Cinemas yang menayangkan film-film terkini di lantai empat.

BACA JUGA :  10 Tempat Buka Puasa di Surabaya yang Wajib Dicoba

Alamat :

Jl. A. Yani No.234, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 10.00-21.00 WIB

8. Pasar Klewer

Tak lekang oleh waktu, Pasar Klewer tetap memiliki tempat tersendiri di hati para wisatawan hingga saat ini. (Foto: jatengdaily.com)

Tak lekang oleh waktu, Pasar Klewer tetap memiliki tempat tersendiri di hati para wisatawan hingga saat ini.

Belum afdal rasanya kalau ke Solo tidak mampir ke Pasar Klewer. Sudah berdiri sejak 1942, Pasar Klewer dikenal sebagai salah satu pasar tertua dan pasar tekstil terbesar di Solo. Kini, Pasar Klewer tetap eksis dan bersanding dengan mall-mall di Solo yang berkonsep modern.

Mirip dengan Beteng Trade Center, Pasar Klewer juga cukup terkenal sebagai salah satu pusat batik di Solo. Jenis batik yang dijual bermacam-macam, yakni batik asal Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Banyumas, dan masih banyak lagi.

Nah serunya lagi, di sini banyak ditemukan jasa penjahit pakaian. Kalau Anda ingin membuat busana atau memperbaiki, bisa langsung ke tukang jahit yang cocok.

Walau mall di Solo terus bermunculan, dengan segala keunikannya, Pasar Klewer masih mendapat tempat di hati para wisatawan hingga saat ini. Setiap hari, suasana pasar selalu ramai oleh pengunjung. Yuk, mampir ke sini!

Alamat :

Jl. Dr. Radjiman, Gajahan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

9. Pusat Grosir Solo

Di Pusat Grosir Solo, Anda akan merasakan pengalaman berbelanja yang puas karena harga yang dibanderol sangat terjangkau.

Jika banyak mall di Solo menyajikan produk eceran, maka Pusat Grosir Solo menawarkan ragam produk dalam bentuk grosir. Karena harganya yang relatif murah, Pusat Grosir Solo selalu diserbu pengunjung.

Di hari kerja terdapat sekitar 10 ribu pengunjung memadati pusat belanja yang satu ini, sedangkan di kala akhir pekan atau hari libur jumlah pengunjung bisa meningkat hingga 20 ribu.

Pusat Grosir Solo menempati gedung lima lantai yang didukung dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Aneka produk fashion sangat mudah Anda temui di sini dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Walau dengan dana terbatas, Anda akan tetap puas berbelanja di Pusat Grosir Solo. Nah, tunggu apa lagi?

Alamat :

Jl. Mayor Sunaryo No. 1, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-17.00 WIB

Nah, jangan lupa jika Anda tengah berlibur ke Kota Solo, Anda juga bisa berkunjung ke mall-mall di Solo yang pas buat Anda dan keluarga. Nikmati suasana setiap mall di Solo yang mungkin saja berbeda dari yang biasa Anda kunjungi selama ini.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com