10 Mall di Semarang Terbesar, Favorit Banyak Orang Di 2024

Semarang terkenal dengan wisata kota tua, museum dan bangunan peninggalan kolonial. Namun bukan itu saja, objek wisata di Semarang bukan hanya bangunan bersejarah, mall di Semarang juga tak kalah keren. Desain mall yang modern dengan aneka outlet yang lengkap sangat layak untuk jadi tempat jalan-jalan.

Mall muncul cukup banyak di Semarang. Terang saja, karena Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Apalagi denyut perekonomian juga berdetak kencang di ibu kota Jawa Tengah ini. Kehadiran mall-mall tersebut menjadi salah satu penggerak roda perekonomian Semarang.

Mall-mall di Semarang juga banyak yang besar dan luas. Dari sekitar 20 mall yang ada di Semarang, inilah 10 mall yang besar dan hits di Semarang. Mall-mall ini juga jadi favorit masyarakat Semarang dan juga para wisatawan yang sedang berlibur di kota lumpia ini.

1. Tentrem Mall

10 Mall di Semarang Terbesar, Favorit Banyak Orang - Tentrem Mall

Mall yang baru ini langsung ramai dikunjungi masyarakat karena layar LED di langit-langit yang menyerupai akuarium.

Ikon yang membedakan mall di Semarang ini dari mall pada umumnya adalah dipasangnya celling videotron berupa LED panel berukuran sekitar 30 meter. Sehingga pengunjung bisa menikmati berbagai tema yang seru, seperti taman bawah laut, angkasa luar, aneka bunga, dan lain-lain. Salah satu yang sempat viral adalah hiu yang berenang.

Mal yang dibangun tahun 2016 ini berdiri di lahan seluas sekitar 9.000 meter persegi, dengan luas bangunan 85.000 meter persegi. Mal ini tampak megah dengan 18 lantai dan 4 basement. Dengan luas tersebut mal ini mampu memfasilitasi semua kebutuhan, mulai dari supermarket, bioskop, restoran, gym, hingga ruang meeting.

Alamat: Jl Gajahmada no 123, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

2. Paragon City Mall

10 Mall di Semarang Terbesar, Favorit Banyak Orang - Paragon City Mall

Merupakan mall terbesar di Semarang dengan fasilitas lengkap.

Mall Paragon City adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Semarang. Kalau ke kota ini rasanya belum lengkap jika tidak menyambangi mall dengan desain arsitektur yang unik ini. Bagaimana tidak, dengan luas bangunan hingga 120.000 meter persegi, Paragon City Mall memang tampak anggun dan mewah.

BACA JUGA :  Info Tarif Tol Trans Jawa Terbaru!

Banyak yang bisa dilakukan di mall ini, sehingga pengunjung bisa melakukan segala urusan. Mulai dari berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga melakukan urusan perbankan. One stop destination. Konsep eco green, seperti skylight atap kaca di puncak gedung, yang diterapkan mall ini juga membuat pengunjung makin betah.

Alamat: Jl Pemuda no 118, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

3. DP Mall

10 Mall di Semarang Terbesar, Favorit Banyak Orang - DP Mall

Salah satu mall terbesar yang menjadi pelopor konsep travelator.

Mall di Semarang yang berada di bawah naungan PT Sinarmas Group ini berdiri di atas lahan seluas 2,6 hektare. Luas bangunannya juga tidak tidak main-main, yaitu sekitar 50.000 meter persegi. Tak heran bila mall yang berdiri tahun 2007 ini mampu memenuhi segala kebutuhan pengunjung.

Dan yang membuat mall dengan nama panjang Duta Pertiwi ini selalu ramai pengunjung adalah sarana travelator yang disediakannya. Sehingga ramah bagi pengunjung disabilitas, maupun mereka yang membawa trolley. Lokasinya juga strategis, dekat dengan tempat wisata ikonik, Lawang Sewu.

Alamat: Jl Pemuda no 150, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

4. Java Supermall

Mall lama yang kemudian dikembangkan dan diperbesar.

Dengan berganti nama dari Java Mall menjadi Java Supermall pada tahun 2019, mall ini seolah mengukuhkan eksistensinya sebagai salah satu mall besar di Semarang. Mall yang menempati lahan seluas 7.500 meter persegi ini mengusung konsep mixed use, yaitu terdiri dari mall, hotel, dan apartemen.

Fasilitas di Java Supermall komplet, mulai dari berbagai kuliner, bioskop, gerai-gerai produk fashion, gerai perlengkapan rumah tangga, tempat hiburan anak, dan lain-lain. Di mall ini juga kerap digelar pameran komputer atau gadget yang menyedot banyak pengunjung.

Alamat: Jl MT Haryono no 992-994, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang.

5. Mall Ciputra

Mall lama namun tetap memesona dan selalu dibanjiri pengunjung.

Meski sudah lama berdiri, yaitu tahun 1994, mall di Semarang ini masih jadi favorit masyarakat setempat dan wisatawan. Salah satu alasannya karena mall ini berada di kawasan bisnis yang strategis. Dengan luas lebih dari 40.000 meter persegi, Mall Ciputra memang layak sebagai pilihan untuk tempat berjalan-jalan.

BACA JUGA :  6 Wahana Wisata Air di Bali Bikin Liburan Kamu Makin Kece

Ada lebih dari 200 tenant yang mengisi mall ini, baik branded internasional maupun lokal. Pengunjung bisa berbelanja di mall ini sambil menikmati desain interiornya yang modern namun tetap klasik. Setiap bulan juga diselenggarakan event musik Jazz in The mall bersama komunitas musik jazz kota Semarang.

Alamat: Jl Simpang Lima no. 1, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

6. Semarang Town Square

Mall ini memiliki konsep taman di area dalam.

Mall di Semarang seluas 25.000 meter persegi ini mengusung konsep entertainment and lifestyle plaza. Dengan tinggi 10 lantai Setos, sebutan untuk Semarang Town Square, memadukan hiburan, gaya hidup, tempat hangout, cinema, tempat makan, karaoke, juga tempat berolahraga alias gym.

Salah satu keunikan dari bangunan berbentuk huruf ā€œUā€ ini adalah adanya indoor theme park yang luasnya mencapai 6.500 meter persegi. Di mana anak-anak bisa bermain berbagai wahana yang disediakan. Itulah sebabnya mall yang berlokasi di segitiga emas kota Semarang ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Alamat: Jl Petempen 294, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

7. Central City Mall

Satu-satunya mall yang berada di perbatasan Semarang dan Demak.

Berbeda dengan mall lainnya, Central City Mall hanya memiliki satu lantai. Meski begitu, mall di Semarang yang beroperasional sejak tahun 2009 ini cukup besar, berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektare dengan luas bangunan 1,3 hektare. Mall ini juga merupakan satu-satunya mall yang berada di perbatasan Semarang dan Demak.

Walau hanya memiliki satu lantai, tapi fasilitas di mall yang mengusung konsep one stop entertainment ini cukup lengkap. Pengunjung bisa berbelanja produk fashion, menyantap aneka makanan, mengajak anak bermain, hingga menonton bioskop.

Alamat: Jl Brigjen Sudiarto km 11, Kecamatan Pedurungan, Semarang.

8. Transmart Setiabudi

Selain sebagai tempat belanja, mall ini memiliki wahana permainan untuk keluarga.

Mall di Semarang ini menempati lahan bekas gedung Carrefour Srondol seluas 10.200 meter persegi. Terdiri dari tiga lantai, fasilitas mall ini cukup lengkap, dari tempat belanja, kulineran, tempat bermain keluarga, hingga menonton film. Mall ini memang mengusung konsep belanja dan hiburan dalam satu kawasan.

BACA JUGA :  Wisata Tebing Cadas Gantung Majalengka

Sejak dibuka tahun 2017 Transmart Setiabudi jadi favorit warga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena seperti beberapa cabang Transmart, di sini juga dibangun wahana permainan, yaitu Trans Studio Mini yang berada di lantai tiga. Banyak wahana seru, seperti roller coaster. Tak heran mall ini jadi favorit keluarga.

Alamat: Jl Setiabudi no 208, Kecamatan Banyumanik, Semarang.

9. Queen City Mall

Mall di semarang yang berisi kebutuhan rumah tangga dan furnitur.

Berbeda dengan mall pada umumnya, mall di Semarang yang menempati gedung eks Sri Ratu ini fokus pada menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga dan furnitur. Terdiri dari enam lantai, produk di sini sebagian besar merupakan brand yang berada di bawah naungan Kawan Lama Group, seperti Ace Hardware, Informa, dan sebagainya.

Namun sepertinya sebentar lagi akan berubah, karena saat ini di lahan seluas 26.000 meter persegi tersebut tengah dibangun apartemen, hotel, juga mall sejak April 2020. Proyek ini memang merupakan pengembangan dari Sri Ratu Group. Dijadwalkan selesai akhir 2022, mall ini akan dilengkapi area outdoor yang nyaman.

Alamat: Jl Pemuda no 29-33, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

10. Plasa Simpanglima

Salah satu mall tertua di Semarang namun tetap jadi favorit masyarakat.

Pusat perbelanjaan yang mulai beroperasi pada tahun 1990 ini dibangun dalam dua tahap, yaitu Plasa Simpanglima I dengan luas 30.139 meter persegi dan Plasa Simpanglima II dengan luas sekitar 8.796 meter persegi. Di sini juga ada jembatan yang menghubungkan mall ini dengan Mall Ciputra.

Walaupun sudah lama dan arsitekturnya kalah modern dengan mall-mall yang baru berdiri, mall di Semarang ini tak pernah sepi pengunjung. Salah satu daya tariknya adalah adanya Semarang Computer Center dan Semarang Cellular Trade Center. Di mana pengunjung bisa mencari berbagai jenis komputer dan gadget.

Alamat: Jl Ahmad Yani, Jl Simpang Lima no 1, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com