Orang Indonesia Itu Tajir Ya, Lelang Sepatu Lokal Aja Tembus Puluhan Juta Cuy!

By | April 14, 2020

Akhir-akhir ini banyak orang bergerak untuk sebuah kebaikan. Seperti membantu meringankan beban pemerintah dengan berdonasi untuk keperluan penanganan Covid-19. Kalian tau sendiri lah saat ini Indonesia sedang terkena wabah Covid-19. Situasi ini membuat masyarakat bersatu untuk saling membantu. Emang sejatinya masyarakat Indonesia itu solid banget cuy. Ada banyak juga cara yang dilakukan untuk berdonasi. Salah satu cara yang paling populer yaitu dengan mengadakan lelang.

Banyak banget komunitas dan brand lokal yang turut melakukan lelang. Biasanya barang yang dilelang merupakan produk lokal yang eksklusif. Hal ini dimaksudkan biar banyak orang yang tertarik untuk memasang harga tinggi. Kegiatan lelang dalam komunitas dan brand lokal udah sering dilakuin. Bedanya kali ini hasil yang didapet 100% didonasikan untuk penanganan Covid-19.

Beberapa hari lalu ada 2 kegiatan lelang sepatu lokal yang berhasil terlaksanakan. Kedua hasil lelang sepatu lokal ini didonasikan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Tau kah kalian berapa hasil yang diperoleh? Masing-masing sepatu berhasil terlelang sampe bernilai puluhan juta rupiah.

Orang Indonesia Itu Tajir Ya, Lelang Sepatu Lokal Aja Tembus Puluhan Juta Cuy!

Pelelangan pertama dilakukan oleh akun @urbansneakersociety, sebuah tempat berkumpulnya penggila sepatu di Indonesia. Sepatu lokal yang dilelang merupakan produk dari brand lokal Compass. Kemudian kegiatan lelang kedua dilakukan oleh brand dari sepatu lokal itu sendiri, yaitu @sepatucompass. Kedua sepatu yang dilelang merupakan seri eksklusif, bukan barang pasaran. Berikut penjelasan detailnya sepatu yang telah berhasil dilelang.

Sepatu Compass x Urban Sneaker Society

Orang Indonesia Itu Tajir Ya, Lelang Sepatu Lokal Aja Tembus Puluhan Juta Cuy!

Pertama ada @urbansneakersociety yang melakukan lelang sepatu Compass seri FnF. Lelangnya dilakukan pada tanggal 22 Maret s.d 24 Maret. Seri FnF sendiri merupakan Friends and Family, artinya gak diperjual belikan dan hanya khusus dibagikan ke teman dan kerabat. Ada 24 pasang sepatu yang termasuk seri tersebut.

Model desain dari sepatu ini mirip seri Compass sebelumnya, yaitu Proto. Pada akhir sesi lelang, sepatu FnF ini berhasil dibeli oleh akun bernama @sandi_susilo_92 seharga 35.000.000 rupiah. Hasil dari lelang ini langsung didonasikan 100% untuk penanganan Covid-19 lewat gerakan Arif Muhammad di Kitabisa.com.

Sepatu Compass Bravo 002 Servare Vitas

Orang Indonesia Itu Tajir Ya, Lelang Sepatu Lokal Aja Tembus Puluhan Juta Cuy!

Kegiatan lelang kedua langsung dilakuin secara niat dan penuh persiapan oleh @sepatucompass pada tanggal 5 April 2020. Sepatu yang dilelang merupakan seri Bravo 002, yaitu seri kolaborasi dari Compass x Bryant Brian. Sebelomnya kolaborasi mereka udah ngehasilin seri Bravo 001. Artinya seri sepatu Bravo 002 merupakan lanjutan dari sebelumnya.

Masih menerapkan konsep militer, kali ini desainnya diadaptasi dari bot pasukan Amerika saat era perang Vietnam. Ada fitur resleting tambahan buat variasi dan mempermudah pemakaian sepatu. Nama dari Servare Vitas terinspirasi dari pasukan elit FBI. Sekaligus jargon dari Hostage Rescue Team. Sebenernya seri ini rencananya ingin dirilis saat acara JSD, cuma karena situasi gak memungkinkan jadi diundur.

Akhirnya dibuat Bravo 002 Servare Vitas ukuran 41 untuk dilelang. Pada akhir sesi lelang, sepatunya berhasil tembus senilai 55.555.000 rupiah oleh akun @_zafira_yaa. Kerennya lagi lelang kali ini cuma berlangsung selama 24 jam aja. Hasil lelangnya juga 100% didonasikan melalui gerakan dr. Tirta di Kitabisa.com.

Sepatu Merek Lokal Juga Bisa Mahal Harganya

Orang Indonesia Itu Tajir Ya, Lelang Sepatu Lokal Aja Tembus Puluhan Juta Cuy!

Dengan berhasilnya kedua kegiatan lelang sepatu lokal tadi, gua nemuin beberapa pembuktian. Pertama karena barang yang dilelang hanya sepasang sepatu yang bisa tembus sampe puluhan juta, berarti orang Indonesia itu tajir. Kedua sepatu lokal punya gengsi yang cukup besar sekarang, nyatanya nilai lelang gak diduga bisa tembus puluhan juta rupiah.

Ketiga cukup banyak orang Indonesia yang mulai cinta produk lokal, karena rela merogoh kocek dengan nilai sebesar itu untuk sepasang sepatu eksklusif. Keempat pembuktian yang cukup mengharukan, karena orang Indonesia punya rasa kepedulian yang besar kepada sesama manusia.

Sebenernya pengaruh paling gedenya bakal dirasain sama brand Compass. Dengan adanya lelang tadi, Compass bisa makin pede dalam memproduksi sepatunya.

Gua yakin nilai lelang yang sebesar puluhan juta merupakan wujud motivasi dan dorongan untuk saling membantu. Tapi kan tetep aja sepatu lokal yang dilelang ini, sekarang bernilai puluhan juta rupiah.

Harapan gua sih, semoga kegiatan lelang sepatu lokal bisa naikin pamor industri persepatuan lokal. Selain itu bisa memberikan modal gengsi yang cukup untuk mengalahkan sepatu dari brand luar negeri.

Comments

comments