Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

By | May 12, 2019

Mau Liburan ke Bali ketika Nyepi? Perayaan Nyepi di Bali merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan / kalender Caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi dengan tidak ada kegiatan seperti biasanya. Semua kegiatan tak terkecuali pelayanan umum, termasuk pula Bandar Udara Internasional harus ditutup, namun tidak berlaku untuk rumah sakit.

Liburan saat nyepi di Bali juga merupakan sebuah pengalaman yang unik, tak bisa didapatkan selain di Bali. Nyepi di Bali akan terasa sangat sepi, cocok untuk kamu yang ingin kabur dari keramaian barang sejenak. Biasanya ketika nyepi di Bali akan banyak hotel yang menjual paket menginap saat Nyepi.

Jadi kamu bisa memanfaatkan suasana nyepi Bali dengan berdiam diri di hotel. Perayaan Nyepi ini ada setiap tahun. Dan biasanya sebelum Perayaan Nyepi dimulai, ada beberapa kegiatan untuk menyambut Nyepi begitu pula setelahnya. Kira-kira kegiatan apa saja yang yang akan dilakukan masyarakat Bali sebelum nyepi?

Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

Jika kamu tertarik untuk mengikuti perayaan Nyepi di Bali, cek dulu informasi di bawah ini:

1. Upacara Melasti

Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

Upacara ini diadakan sekitar tiga atau dua hari sebelum Nyepi, dimana mana umat Hindu melakukan penyucian dengan membawa segala sarana persembahyangan di pura atau tempat suci kemudian diarak dan dilakukan di pinggir pantai atau danau. Keduanya dipercaya sebagai air kehidupan yang memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup.

Selain itu, tujuan dari Melasti adalah penyucian diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut, sehingga nantinya umat Hindu dapat menahan godaan serta menjadi lebih bersih, tenang serta diberi kekuatan saat menjalani Nyepi. Uniknya saat upacara melasti berlangsung, seluruh umat Hindu mengenakan baju putih. Pemangku (sebutan untuk pemuka agama dalam agama Hindu) akan berkeliling dan memercikan air suci kepada seluruh umat yang datang dan menebarkan asap dupa sebagai wujud penyucian.

2. Pawai Ogoh-ogoh

Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

Sehari sebelum perayaan Nyepi di Bali, pawai ogoh-ogoh tidak akan pernah terlewatkan. Patung raksasa dan menakutkan ini merupakan sebuah karya seni dalam kebudayan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala atau kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala). Dalam perwujudannya, ogoh-ogoh digambarkan sebagai sosok raksasa yang besar dan menakutkan dan merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia.

Ogoh-ogoh terbuat dari bambu dan gabus ini biasanya dibuat dari jauh hari yang nantinya diarak beramai-ramai keliling desa oleh satu banjar pada senja/malam hari sebelum Nyepi dimulai atau hari Pengrupukan. Tujuannya agar kekuatan negatif yang ada di sekitar desa ikut bersama ogoh-ogoh. Setelah itu ogoh-ogoh akan dibakar dengan tujuan untuk mengusir Bhuta Kala dari lingkungan sekitar.

3. Hari H, Hari Raya Nyepi Di Bali

Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

Tibalah di hari raya Nyepi di Bali, yaitu pada pinanggal pisan, sasih Kedasa (tanggal 1, bulan ke-10). Perayaan Nyepi di Bali sangatlah unik dan satu-satunya di dunia. Selama satu hari penuh tidak ada aktivitas seperti biasanya termasuk semua pelayanan umum, seperti bandara dan pelabuhan, pengecualian untuk rumah sakit.

Kata nyepi berasal dari kata sepi, sunyi atau senyap. Nyepi identik dengan suasana sepi dan gelap gulita. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia dan Bhuana Agung / macrocosmos (alam semesta). Selain itu, dengan adanya Nyepi setahun sekali memberi kesempatan kepada alam semesta untuk bebas menghirup udara segar, tanpa asap dan polusi kendaraan dan mesin selama satu hari penuh.

4. Upacara Ngembak Geni Setelah Nyepi

Pengalaman Nyepi di Bali

Sehari setelah Nyepi, umat Hindu Bali mengadakan Upacara Ngembak Geni tujuannya untuk memanjatkan doa kepada Sang Hyang Widhi Wasa agar diberikan kemudahan dan kebaikan, sehingga bisa kembali menjadi manusia yang baru. Ngembak artinya “bebas” dan Geni “api” memiliki makna bebas dalam menyalakan api. Arti luasnya, manusia terbebas dan dipersilahkan kembali untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti sedia kala setelah Nyepi.

Rekomendasi Dan Tips Aktifitas Selama Liburan Nyepi Di Bali

Syahdunya saat Nyepi di Bali harus kamu rasakan deh! Nikmati syahdunya Nyepi kali ini di tanggal 9 Maret 2016. Nyepi berlangsung selama 24 jam dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 pagi keesokan harinya dengan menjalankan tapa brata penyepian atau empat pantangan yaitu tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api dan tidak bersenang-senang. Semua fasilitas umum juga ditutup selama 24 jam seperti bandara, terkecuali rumah sakit.

Pengalaman Nyepi di Bali, Liburan Ke Bali Ketika Nyepi Asik Nggak Sih?

Namun kamu tidak perlu khawatir jika kamu sudah berencana berlibur di Bali pada perayaan Nyepi. Bukan berarti libur selama nyepi di Bali menjadi tidak menyenangkan. Kamu dapat menikmati syahdunya Pulau Bali yang sepi tanpa aktivitas satu hari penuh. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda dan unik!

Fakta Unik Yang Terjadi Ketika Nyepi Di Bali Sedang Berlangsung

  • Hari Nyepi di Bali akan mereduksi banyak emisi dari Gas Karbon Dioksida (H2O) sebanyak sekitar 20.000 ton dalam sehari. Sebuah angka yang fantastis bukan?
  • Karena nyepi ada yang namanya “World Silent Day” yang di rayakan setiap tgl 21 maret. Sudah pasti hari sunyi itu terinspirasi oleh Hari Raya Nyepi.
  • Dalam sehari Nyepi di Bali akan menghemat Listrik sebanyak 60%. Atau jika nilai itu dirupiahkan akan menjadi sekitar IDR 4 miliar, atau sekitar 290 megawatt (MW) listrik. Angka yang besar sekali untuk dihemat bukan?
  • Pada hari ini bahan bakar solar sebanyak 500.000 liter atau sekitar IDR 3 miliar akan dihemat. Ini karena 2 Pembangkit listrik di Bali diberhentikan sementara operasinya. Dua pembangkit tersebut adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Pemaron yang menghasilkan listrik sebesar 80 MW juga Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk, yang menghasilkan listrik sebesar 130 MW.
  • Nyepi adalah waktunya merefleksikan diri, beristirahat dalam ketenangan, melepas penat dan stress karena sibuk pekerjaan.

Mau Liburan ke Bali saat Nyepi? Berikut adalah tips buat kamu yang ingin merayakan Nyepi di Bali

Kira-kira ngapain aja ya kalau liburan ke Bali pas nyepi?

1. Hindari penerbangan H-1 Nyepi

Pengalaman Nyepi di Bali
2. Lihat Pawai Ogoh – Ogoh

Bagi kamu yang ingin ke Bali hindari memilih penerbangan H-1 atau lebih baik pilih penerbangan pagi karena sore hari akan diadakan pawai ogoh-ogoh yang tentu akan memadati jalanan.

3. Booking hotel dengan fasilitas lengkap

Jangan lupa memesan hotel dari jauh-jauh hari sebelumnya. Pilihlah hotel dengan fasilitas yang lengkap seperti memiliki fasilitas tv kabel sampai kolam renang agar suasana nyepi di hotel tetap asik. Pilihlah hotel yang menyediakan paket Nyepi lengkap dengan sarapan, makan siang dan makan malam. Biasanya banyak yang menawarkan paket menginap di hotel saat nyepi di Bali.

4. Siapkan uang saku dan cemilan

Pengalaman Nyepi di Bali

Biasanya seluruh ATM akan dinon-aktifkan pada sore hari dan aktif kembali setelah Nyepi berakhir. Sudah jelas toko akan tutup semua. Makanya siapkan uang saku lebih secukupnya jika dibutuhkan. Jangan lupa juga beli cemilan dan minuman untuk mengisi waktu selama Nyepi. Kamu nggak akan bisa beli snack atau makanan ringan di luar ketika sedang berlangsung nyepi.

5. Siapkan obat-obatan

Pengalaman Nyepi di Bali

Jangan lupa membeli obat-obatan yang penting untuk dibawa. Jika saat Nyepi di Bali kamu ada gangguan dengan kesehatan dan memerlukan dokter kamu tinggal lapor ke petugas hotel. Tidak perlu khawatir karena nanti ambulans akan datang ke hotel untuk menjemput kamu.

6. Jangan keluar dari hotel

Selama sehari penuh kamu tidak diperbolehkan keluar dari hotel dan hanya diperbolehkan jalan-jalan di sekitaran hotel saja. Jangan nekat berpergian ke pantai atau tempat lainnya karena ada polisi adat atau pecalang yang akan selalu mengawasi, dan bahkan mungkin akan melarang untuk keluar dari hotel ketika nyepi berlangsung.

7. Bawalah buku atau laptop

Karena selama sehari penuh kamu tidak bisa keluar, ada baiknya jika kamu membawa buku atau laptop untuk mengisi waktu. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir kolam renang juga sambil membaca buku.

8. Melihat bintang saat nyepi di Bali

Pengalaman Nyepi di Bali

Jangan pernah melewatkan malam hari kamu tanpa melihat bintang-bintang di langit. Ini momen yang selalu dinantikan seluruh masyarakat di Bali saat Nyepi di Bali. Karena ketika nyepi, polusi cahaya akan menghilang, dan langit bali ketika malam hari akan bertabur bintang di malam hari. Enjoy suasana nyepi di Bali deh!

Comments

comments