10 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Legendaris 2024

Kata ‘pasar’ memang identik dengan tempat jual beli beragam komoditi. Tak terkecuali dengan Pasar Lama di Kota Tangerang. Namun Pasar Lama bukan sembarang pasar. Tidak seperti pasar pada umumnya, Pasar Lama Tangerang justru lebih terkenal dengan ragam kuliner terbaik 2024 yang super-lengkap, super-yummy hingga banyak diburu orang.

Di siang hari, pasar yang terletak di Jalan Kisamaun ini memang tampak seperti pasar pada umumnya, di mana lapak-lapak pedagang berjejer untuk menjual aneka bahan kebutuhan pokok. Banyak pula pedagang makanan baik di pinggir jalan menuju pasar, maupun di sepanjang jalan besar.

Namun bila pasar pada umumnya sepi menjelang sore, Pasar Lama justru makin meriah saat matahari mulai beranjak ke peraduan. Dan pada malam hari, saat lampu-lampu mulai dinyalakan, daerah Pasar Lama justru tambah semarak. Karena inilah saatnya para pedagang kuliner kaki lima menjajakan barang dagangannya.

Pada awal Februari 2022, pusat kuliner Pasar Lama Tangerang mengalami revitalisasi atau penataan ulang. Sebelumnya, kuliner Pasar Lama Tangerang sempat ditutup karena menimbulkan kerumunan saat pandemi COVID-19. Penataan ulang tersebut mendatangkan pro dan kontra dari warga setempat.

Ketiadaan akses jalan untuk kendaraan bermotor jadi penyebabnya. Untungnya hal tersebut sudah dapat teratasi, dan Pasar Lama Tangerang kembali diserbu pengunjung. Bila Anda ingin berburu kuliner di Pasar Lama Tangerang, berikut rekomendasi makanan untuk Anda pertimbangkan.

1. Laksa Benteng

1. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Laksa Benteng

Laksa benteng di Pasar Lama Tangerang memiliki ciri khas yang membedakan laksa ini dengan laksa pada umumnya.

Jika Anda ingin mencicipi laksa tangerang yang otentik, inilah tempatnya. Sang penjual, Pak Masitar, sudah 30 tahun berjualan laksa tangerang. Perbedaan dengan laksa pada umumnya terletak pada mie putihnya, bukan soun tapi terbuat dari tepung beras. Kuahnya juga bukan kaldu, melainkan dari santan dan kacang hijau.

Masitar hanya mengandalkan gerobak sederhana sebagai tempatnya berjualan. Ia selalu mangkal di depan Klenteng Boen Tek Bio yang ada di Pasar Lama. Karena itulah disebut laksa benteng. Laksa dengan kuah kuning dengan bumbu medok ini bisa disantap polos, ditambah tahu, telur, atau ayam bakar.

Alamat : Depan Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama Tangerang

Jam buka : 07.00 – sampai habis (biasanya jam 12 sudah habis)

Menu unggulan: Laksa dengan ayam bakar

Harga : Rp 10.000 – Rp 18.000

2. Asinan Lan Jin

2. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Asinan Lan Jin

Asinan legendaris yang sudah ada sejak akhir tahun 70-an.

Liu Lan Jin, itulah nama penjual asinan keliling di Tangerang sekitar tahun 70-an. Ketika pelanggannya semakin banyak, Lan Jin membuka kios di depan rumahnya yang letaknya tak jauh dari Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama. Selain menjual asinan sayur dan buah, Lan Jin juga menjual berbagai makanan lain yang non-halal.

BACA JUGA :  Kafe Jamban? Euuh, Kamu Mau Makan Disini?

Untuk asinan, Lan Jin menawarkan dua bumbu yang bisa dipilih, bumbu kacang atau cuka. Yang menjadi favorit adalah bumbu cuka, yang segar, manis, pedas dengan aroma terasi. Makanan lain yang disediakan adalah otak-otak ikan tenggiri, sate babi, dan bakso tahu dengan ukuran yang besar.

Alamat : Jalan Bakti Saham RT002/RW004, Pasar Lama Tangerang

Jam buka : 08.00 – 15.00

Menu unggulan: Asinan cuka buah/sayur

Harga : Rp 20.000 – Rp 50.000

3. Kedai Es Bun Tin

3. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Kedai Es Bun Tin

Cuaca Tangerang yang panas langsung sirna begitu es campur ini mengalir di kerongkongan.

Setelah berkeliling di Pasar Lama Tangerang, hilangkan dahaga di kedai es legendaris ini. Lim Bun Tin, pemilik kedai, sudah berjualan es sejak tahun 1980. Awalnya ia membuka kedai dekat Museum Benteng Heritage, masih di daerah Pasar Lama, lalu pindah ke lokasi yang sekarang, lima meter dari Klenteng Boen Tek Bio.

Es serut khas Bun Tin adalah es serut yang dibuat kerucut tinggi lalu disiram dengan berbagai sirup dan diisi bermacam topping. Untuk es campur isinya ada alpukat, kelapa, cincau, pacar cina, cendol, dan jelly. Sedangkan es buah berisi leci, buah naga, alpukat, nangka, dan stroberi.

Alamat : Jalan Bakti Saham RT001/RW004, Pasar Lama Tangerang

Jam buka : 08.00 – 16.00

Menu unggulan: Es Bumi Hangus Hitam (berisi plum, kurma, cincau, dan jelly hitam)

Harga : Rp 12.000 – Rp 30.000

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, KPR, pajak, hingga legalitas properti pada Panduan Lapakfjbku.com

4. Bubur dan Mie Kepiting Hokie

4. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Bubur dan Mie Kepiting Hokie

Bubur dan mie kepiting yang rasanya juara, menu wajib coba saat kulineran di Pasar Lama Tangerang. Dijamin Anda ketagihan.

Penggemar seafood jangan sampai melewatkan kedai ini ketika ke Pasar Lama Tangerang saat malam hari. Di sini Anda bisa merasakan mi dengan kuah kaldu kepiting yang rasanya juara banget, karena terbuat dari kepiting segar. Kekenyalan mi pun pas, sebab dibuat sendiri tanpa menggunakan abu sehingga lebih sehat.

Capit kepiting yang besar dengan topping daging kepiting makin menambah lezat semangkuk mi tersebut. Anda juga bisa mencoba bubur kepiting yang baru diolah ketika Anda memesan. Bubur ini dimasak menggunakan kaldu kepiting sehingga rasanya berbeda dengan bubur biasa yang umumnya sudah ada dalam dandang.

Alamat : JL Kisamaun no 72, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

Jam buka : 17.00 – 00.00

Menu unggulan: Bubur dan mie kepiting komplit

Harga : Rp 28.000 – Rp 65.000

5. Sate Ayam H. Ishak

5. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Sate Ayam H. Ishak

Sate ayam legendaris lebih dari enam dekade, mengandalkan resep warisan turun temurun. Salah satu andalan saat kulineran ke Pasar Lama Tangerang.

BACA JUGA :  Resep Bakso Lohoa Kuah Udang Yang Enak

Makanan kekinian hadir silih berganti di Pasar Lama Tangerang, tapi kedai sate ayam berumur 68 tahun ini selalu di hati. Banyak pengunjung dari jauh yang rela datang dan antre untuk menikmati sate gaya Madura ini. Meski sang pendiri, yaitu Haji Ishak, sudah meninggal, anak-anaknya mampu menjaga kualitas satenya.

Kedai sate ini memang hanya menyajikan sate ayam, namun semua bagian dijadikan sate, mulai dari kulit, daging, ati, ampela, hingga telur muda atau uritan. Salah satu ciri khas yang dipertahankan adalah penggunaan arang batok untuk pembakaran dan kacang madura yang beda dengan kacang biasa untuk bumbunya.

Alamat : Jl Kisamaun (dekat gapura Pasar Lama), Kota Tangerang

Jam buka : 14.00 – 20.00

Menu unggulan: Sate kulit dan sate telur muda

Harga : Rp 20.000/10 tusuk

6. Bubur Koh Iyo

6. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Bubur Koh Iyo

Bubur berlimpah topping ini juga salah satu kuliner legendaris Pasar Lama Tangerang.

Kedai bubur ayam kaki lima ini sudah berdiri sejak tahun 1966. Awalnya berjualan di Masjid Agung Kota Tangerang. Dan saat ini dikelola oleh anak Koh Iyo. Kedai ini mengadaptasi bubur ala China yang bertekstur lembut dan gurih. Meski khas China tapi semua bahan baku kedai ini halal.

Yang menjadi ciri khas dari bubur ini adalah tambahan sayur berupa daun caisim, yang direbus lalu dimasukkan ke dalam bubur. Ada pula topping ayam kampung, di mana merah telur mentah dicampur ke bubur yang panas. Dan tentu saja bintang utamanya adalah ayam, cakwe, dan ati ampela yang melimpah.

Alamat : JL Kisamaun no 159, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

Jam buka : 15.00 – 00.00

Menu unggulan: Bubur ayam telur kampung

Harga : Rp 20.000

7. Pan & Cake

7. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Pan & Cake

Kedai yang menjual kue khas Jepang ini ada di kulineran Pasar Lama Tangerang, dan sempat viral di media sosial.

Japanese cheese cake digandrungi di negara asalnya, begitu pula di Indonesia. Tekstur kue yang lembut dengan topping yang langsung lumer begitu masuk ke mulut memang bikin ketagihan. Tak heran banyak yang rela antre lama demi mendapatkan kue yang fluffy ini.

Kue ini langsung dibuat di tempat sehingga pembeli dapat melihat proses pembuatannya. Walaupun pembuatannya memakan waktu cukup lama, bisa sampai 30 menit. Setelah itu Anda bisa memilih berbagai topping, mulai dari matcha, durian, cream cheese, choco, hingga boba brown sugar. Worth it, pastinya!

Alamat : JL Kisamaun (seberang Bank BCA Pasar Lama), Kota Tangerang

Jam buka : 15.00 – 20.00

Menu unggulan: Souffle pancake cream cheese

Harga : Rp 25.000

8. Kepak Madu Mael

8. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Kepak Madu Mael

Bisnis kuliner ini lahir saat pandemi, ketika pekerjaan tetap tak lagi bisa diandalkan.Salah satu daya tarik saat kulineran di Pasar Lama Tangerang.

BACA JUGA :  Cafe Di Bali Paling Asik Buat Nyantai!

Ketar-ketir dengan ketidakpastian ekonomi saat pandemi yang berdampak pada tumbangnya beberapa bisnis, tak terkecuali bisnis penerbangan, seorang pilot berinisiatif membuka bisnis kuliner sayap ayam bakar dengan bumbu khas negeri Jiran. Tak dinyana, bisnis sayap ayam bakar ini laris manis.

David Wibawa Sapulete, sang pendiri, bahkan telah membuka beberapa cabang, seperti di Bintaro, BSD, dan Meruya. Sayap ayam yang dimarinasi selama 12 jam dengan bumbu rempah berupa angkak merah dan madu ini rasanya pedas manis, dan disajikan dengan nasi hainan. Cocok dengan lidah orang Indonesia.

Alamat : JL Kisamaun, ruko no 38, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

Jam buka : 16.00 – 20.30

Menu unggulan: Ayam kepak madu

Harga : Rp 12.000 – Rp 33.000

9. Crepes Jumbo

9. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Crepes Jumbo

Kulineran di Pasar Lama Tangerang, jangan lupa untuk menikmati sensasi makan crepes yang lebih besar dari wajah Anda.

Bila Anda penyuka crepes, wajib mencicipi Crepes Jumbo yang ada di Pasar Lama Tangerang ini. Ukuran crepes ini lebih besar dibanding crepes pada umumnya. Bahkan lebih besar dari wajah Anda. Dijamin Anda puas menikmati crepes ini. Kalau perlu, Anda berbagi dengan teman Anda.

Tekstur crepes ini crispy dan lumer ketika Anda mencapai bagian isinya. Ada beberapa isian atau topping yang dapat Anda pilih, seperti cokelat, susu, dan keju melimpah. Anda bisa memilih satu atau dua topping sesuai selera.

Alamat : JL Kisamaun, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

Jam buka : 16.00 – 22.00

Menu unggulan: Crepes rasa keju susu

Harga : Rp 10.000 (satu isi), Rp 15.000 (dua isi)

10. Korean Fish Cake

10. Kuliner Pasar Lama Tangerang: Korean Fish Cake

Street food ala Korea ini banyak diburu oleh kaum muda yang datang kulineran ke Pasar Lama Tangerang.

Makanan Korea memang sedang tren, termasuk jajanan ala Korea yang kerap disebut odeng ini. Jajanan ini terbuat dari ikan, cumi, udang, dan potongan sayur yang dicampur dengan adonan tepung bumbu. Di dalamnya juga ada bermacam isi, seperti keju mozarella, sosis, crab stick, jamur, smoke beef, dan lain-lain.

Adonan digoreng setengah matang dan baru digoreng lagi ketika dibeli. Korean fish cake lalu dipotong-potong, diletakkan di wadah, dan disiram saus sambal. Rasa yang gurih pedas apalagi dimakan saat hangat sungguh menggoda lidah. Cocok disantap sambil menikmati suasana malam Pasar Lama Tangerang yang meriah.

Alamat : JL Kisamaun, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

Jam buka : 16.00 – 22.00

Menu unggulan: Fish cake keju mozarella

Harga : Rp 20.000

Jadi, jangan ragu untuk kulineran ke Pasar Lama Tangerang, karena masih banyak lagi jajanan menarik yang bisa Anda temukan di sana!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com