10 Rumah Sakit di Malang Terbaik Di 2024

Kota Malang sendiri memiliki 26 rumah sakit, baik swasta maupun pemerintah. Sedangkan di Kabupaten Malang terdapat 24 rumah sakit. Dari 26 rumah sakit di Kota Malang, 17 di antaranya merupakan tipe C, lima lainnya tipe B, tiga rumah sakit tipe D, dan hanya satu rumah sakit tipe A.

Beberapa rumah sakit tersebut memiliki kualitas yang bagus, bahkan ada yang menuju akreditasi internasional. Berikut ulasan rumah sakit di Malang yang terbaik dan memiliki pelayanan prima, serta fasilitas yang lengkap, baik rumah sakit miilk pemerintah maupun swasta.

1. RSUD Dr. Saiful Anwar

1. Rumah Sakit di Malang: RSUD Dr. Saiful Anwar

Satu-satunya rumah sakit di Malang yang merupakan kelas A.

Rumah sakit milik pemerintah Provinsi Jawa Timur ini merupakan satu-satunya rumah sakit kelas A di Kota Malang. Rumah sakit ini pada masa perang dunia kedua merupakan rumah sakit militer KNIL (tentara kerajaan Hindia Belanda). Kini ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Akreditasi A oleh Kemenkes.

RSUD Dr Saiful Anwar memiliki layanan hemodialisa atau cuci darah menggunakan mesin. Di Jawa Timur, keberadaan rumah sakit yang memiliki alat ini masih sangat sedikit. Tak tanggung-tanggung, ada 102 mesin cuci darah yang dimiliki rumah sakit ini. Dengan mesin cuci darah pasien lebih santai dan tidak merasa nyeri atau sakit.

Selain itu rumah sakit ini juga memiliki layanan Kidney Center yang dilengkapi ESWL, yaitu tindakan pemecah batu saluran kencing tanpa pembedahan. Tersedia pula Pelayanan Onkologi terpadu dilengkapi Brachyterapi, yaitu pengobatan kanker stadium lanjut dengan terapi radiasi lokal, tepat, dan berteknologi tinggi.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

2. Rumah Lavalette General Hospital Malang

2. Rumah Sakit di Malang: Lavalette General Hospital

Rumah sakit tertua di Malang namun dengan peralatan kesehatan terbaru.

Rumah sakit milik Pusat Perkebunan Negara (PPN) merupakan rumah sakit tertua di Malang. Berdiri pada tahun 1918 di atas tanah sawah seluas 19.535 meter persegi plus tanah pekarangan seluas 7.870 meter persegi. Rumah sakit ini sempat menjadi sanatorium untuk merawat masyarakat yang terkena penyakit paru-paru.

Saat ini Lavalette General Hospital berada di bawah naungan Indonesia Healthcare Corporation, jaringan pengelolaan rumah sakit terbesar di Indonesia yang mengelola lebih dari 78 rumah sakit dan klinik milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Karena itulah Lavalette General Hospital dilengkapi dengan alat kesehatan terkini.

Salah satu layanan unggulan adalah operasi katarak dengan teknik Phaco Emulsifikasi, di mana sayatan sangat kecil, cepat, tanpa jahitan dan injeksi. Selain itu terdapat Pain Clinic menggunakan alat radiofrekuensi, USG, dan rontgen (C-Arm), sehingga terapi bisa tepat pada sumber nyeri.

BACA JUGA :  5 Hikmah Dari Bertengkar Dengan Pasangan

Alamat: Jl. WR Supratman no. 10, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

3. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

3. Rumah Sakit di Malang: RS Universitas Muhammadiyah

Memiliki gedung yang megah dan mewah serta dilengkapi perlengkapan laboratorium canggih.

Rumah sakit yang mulai beroperasi tepat pada ulang tahun ke-68 Republik Indonesia ini dibangun sebagai sarana penunjang pendidikan. Karena itu lokasi rumah sakit tak jauh dari kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang. Tempat yang sangat strategis karena dekat dari terminal Landungsari.

Meski baru berumur 9 tahun, namun RS Universitas Muhammadiyah telah berhasil mengantongi akreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI). Bangunannya pun megah dengan arsitektur khas Tiongkok. Berada di lahan seluas 9 hektare yang terdiri dari gedung utama, penunjang, dan rawat inap.

Salah satu layanan unggulan di rumah sakit ini adalah Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskular (IDIK). Di instalasi ini tersedia sarana laboratorium kateterisasi jantung, holter monitor, treadmill test, dan lain-lain. Laboratoriumnya pun beroperasi 24 jam, dan dilengkapi hematology analyzer yang canggih.

Alamat: Jl. Tlogomas no. 45, Landungsari, Kecamatan Dau, Kota Malang.

4. RSIA Mardi Waloeja Rampal

4. Rumah Sakit di Malang: RSIA Mardi Waloeja Rampal

Salah satu rumah sakit ibu dan anak yang tertua di Malang.

Rumah sakit ibu dan anak yang kerap disingkat RSIA Mawar ini merupakan salah satu rumah sakit tertua di Malang. Tahun 2022, RS Mawar genap berusia 73 tahun. Dahulu tenaga medis rumah sakit ini menolong ibu-ibu bersalin, anak-anak kecil yang ada di kampung-kampung yang tidak mampu.

Sampai saat ini pun tenaga medis di RSIA masih kerap terjun langsung ke perkampungan untuk langsung memeriksa para ibu hamil. Selain memeriksa kandungan, para tenaga medis juga memberikan edukasi mengenai gizi ibu hamil dan balita agar anak terhindar dari stunting.

Rumah sakit yang berada di bawah yayasan kesehatan Gereja Kristen Jawi Wetan ini memiliki dokter spesialis kandungan dan kebidanan (obsgyn) yang ahli di bidangnya. Juga ada dokter spesialis anak, dokter bedah, dokter spesialis penyakit dalam, dan patologi klinik. Para tenaga medis lain, seperti perawat pun ramah-ramah.

Alamat: Jl. WR Supratman no. 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

5. Rumah Sakit di Malang: RS Persada

5. Rumah Sakit di Malang: RS Persada

Rumah sakit dengan fasilitas modern dan lokasi strategis di Malang Utara.

Rumah sakit swasta di bawah naungan PT Persada Medika Raya ini bagai angin segar bagi masyarakat Malang Utara. Hingga delapan tahun lalu, di Malang Utara, seperti daerah Arjosari belum tersedia fasilitas kesehatan yang memadai. Baru pada tahun 2014 hadirlah Persada Hospital yang memiliki fasilitas kesehatan modern.

Letaknya yang strategis, yaitu berada di area bisnis Kompleks Araya dan di jalan utama, mudah dijangkau oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat Malang Utara, tapi juga Kabupaten Malang bagian Utara dan Timur, seperti Singosari dan Pakis. Apalagi Persada Hospital sudah mendapat akreditasi Paripurna.

BACA JUGA :  Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen Itu Menguntungkan!

Beberapa layanan unggulan rumah sakit ini yaitu Fertility Center yang bekerja sama dengan Morula IVF Indonesia. Ada pula Aesthetic Surgery untuk memperindah bentuk tubuh dan wajah melalui bedah plastik. Tersedia juga layangan Digital Substraction Angiography (DSA) untuk melihat struktur pembuluh darah di otak.

Alamat: Kompleks Araya Business Center, Jl. Panji Suroso Kav II-IV, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

6. RSIA Melati Husada

6. Rumah Sakit di Malang: RSIA Melati Husada

Boutique hospital yang homey dengan interior yang kental budaya Jawa.

Boutique hospital, itulah konsep dari rumah sakit ibu dan anak ini. Suasana yang homey dengan pelayanan yang ramah membuat rumah sakit swasta ini sangat terkenal di Malang. Ditambah tenaga medis dan paramedisnya pun sangat kompeten. Tak heran rumah sakit ini berhasil meraih akreditas Paripurna dari KARS.

Desain interior rumah sakit ini unik. Alih-alih ruangan putih berbau karbol, interior RSIA Melati Husada justru kental dengan budaya Jawa. Furnitur-furnitur dari bahan kayu dengan ukiran, pernak-pernik seperti patung pengantin Jawa, dan meja beralas batik terlihat di seluruh rumah sakit yang memiliki bangunan arsitektur Belanda ini.

Bukan itu saja, musik gamelan juga kerap diperdengarkan di rumah sakit ini. Begitu masuk, pasien juga diberi sekeranjang buah-buahan selamat datang. Konon makanan di rumah sakit yang berdiri tahun 1998 ini juga lezat-lezat. Ada lima poli di sini, yaitu poli anak, poli bedah, penyakit dalam, anestesiologi, serta obsgyn.

Alamat: Jl. Kawi no. 32-34, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang

7. RSI Unisma

7. Rumah Sakit di Malang: RSI Unisma

Tersedia President Suite dengan layanan premium.

Sejak berdiri pada tahun 1994, rumah sakit Islam swasta ini terus meningkatkan pelayanannya demi menuju rumah sakit bertaraf internasional. Dan sepertinya keinginan tersebut akan segera terwujud karena saat ini RSI Unisma telah mengantongi akreditasi Paripurna dari KARS.

Salah satu upaya untuk meraih akreditasi internasional adalah dengan diresmikannya President Suite, pusat layanan premium, pada Agustus 2022 lalu. Ruangan yang berada di lantai 9 gedung baru ini merupakan ruangan VVIP bagi pasien. Seluruh layanan instalasi gizi di sini juga sudah tersertifikasi halal oleh MUI.

Ada beberapa layanan unggulan di rumah sakit ini. Salah satunya adalah Poli Andrologi yang khusus menangani masalah kesehatan reproduksi pria. Tersedia pula layanan pengantaran ke rumah untuk pengambilan obat dan hasil penunjang medis. Semua pasien muslim pun mendapat layanan bimbingan rohani.

Alamat: Jl. MT Haryono no. 139, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

8. RSIA Hermina Tangkuban Perahu

8. Rumah Sakit di Malang: RSIA Hermina Tangkuban Perahu

Fasilitas NICU di sini kerap kedatangan pasien dari kota-kota lain di Jawa Timur.

Rumah sakit tipe C ini merupakan anggota ke-9 dari rumah sakit Hermina Group. Seperti rumah sakit Hermina lainnya, RSIA Hermina Tangkuban Perahu ini juga memiliki tenaga medis dan paramedis yang kompeten. Di sini juga tersedia Poliklinik Minggu, sehingga pasien bisa berobat ke poliklinik pada hari Minggu.

BACA JUGA :  Perbandingan Harga Makanan Di Mall Dan Warteg Yang Berbeda Jauh!

Salah satu layanan unggulan dari rumah sakit ini adalah fasilitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU), yaitu perawatan intensif untuk bayi, terutama bayi baru lahir. Tak banyak rumah sakit di Jawa Timur yang memiliki fasilitas NICU, sehingga rumah sakit ini kerap kedatangan pasien dari Blitar, Kediri, Lumajang, dan Pasuruan.

Di sini juga tersedia Klinik Tumbuh Kembang. Klinik ini untuk membantu para orang tua dalam mengasuh atau memanajemen tumbuh kembang anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain terdapat fisioterapi pediatrik, di klinik ini juga tersedia klinik gangguan makan.

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu no. 33-34, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

9. Rumah Sakit Umum BRImedika Malang

9. Rumah Sakit di Malang: RSU BRImedika

Rumah sakit termuda di Malang dengan pelayanan maksimal.

Usia rumah sakit ini memang masih sangat muda, baru resmi beroperasi pada Juli 2022. Meski begitu, rumah sakit yang berada di bawah pengelolaan PT Bhakti Mandala Husada ini memberikan pelayanan yang maksimal, sesuai tagline yang mereka terapkan, yaitu hospital to hospitality.

Poli Obstetri dan Ginekologi menjadi unggulan sekaligus fokus rumah sakit ini. Melanjutkan rumah sakit sebelumnya, yaitu RSIA Bhakti Bunda yang diakuisisi dan direvitalisasi oleh PT Bhakti Mandala Husada sejak tahun 2018.

Selain memiliki Poli Obstetri dan Ginekologi, rumah sakit ini juga menyediakan tujuh poli dan layanan lain. Poli tersebut adalah Poli Gigi, Poli Spesialis Penyakit Dalam, Poli Spesialis Bedah, Poli Spesialis Anak, Poli Spesialis Mata, Poli Spesialis THT. Sedangkan layanan lain adalah pain management, bedah jantung, dan ortopaedi.

Alamat: Jl. Mayjend Panjaitan no. 176, Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

10. RSIA Puri Bunda

10. Rumah Sakit di Malang: RSIA Puri Bunda

Rumah sakit yang mudah dijangkau masyakarat yang tinggal di kota dan kabupaten Malang.

Berlokasi di jalur alternatif arah Malang Utara membuat RSIA Puri Bunda mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal di wilayah kota dan kabupaten Malang. Rumah sakit ini juga berada dekat dengan lokasi perumahan dan perkampungan sehingga mampu menjangkau berbagai kalangan.

Ada 23 dokter spesialis dari berbagai disiplin ilmu yang siap menangani pasien. Delapan orang dari dokter spesialis tersebut merupakan spesialis obstetri dan ginekologi. Di sini juga tersedia pelayanan USG 4 dimensi. Ada pula konsultasi laktasi agar ibu dapat menyusui dengan bahagia dan anak mendapat ASI eksklusif.

Rumah sakit ini memiliki 8 poliklinik. Selain Poli Umum dan Poli Obsgyn, ada pula Poli Anak, Poli Bedah, Poli Konservasi Gigi, Poli Penyakit Dalam, Poli Andrologi, dan Poli Kulit dan Kelamin. Tak ketinggalan layanan radiologi dan laboratorium klinik.

Alamat: Jl. Simpang Sulfat Utara no. 60A, Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com