21 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat Di 2024!

Saat menghadiri sebuah pesta pernikahan, perhatian sering kali tertuju pada souvenir pernikahan selain makanan dan dekorasi. Oleh karena itu, penting untuk memilih souvenir acara perkawinan yang berkesan bagi pasangan pengantin dan juga bermanfaat bagi para tamu.

Agar Anda dapat dengan mudah memilih souvenir pernikahan yang terjangkau namun tetap memberikan kesan manis kepada tamu-tamu yang hadir, artikel ini akan membahas beberapa pilihan yang tersedia.

Asal-Usul Sejarah Kebiasaan Memberikan Souvenir Pernikahan

7 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat!

Souvenir pernikahan adalah ekspresi terima kasih dari pasangan pengantin kepada para tamu yang menghadiri pesta pernikahan mereka. Menurut Wedding LoveToKnow Praktik pemberian souvenir ini telah berlangsung sejak lama, bahkan hingga abad ke-16 di Inggris. Pada masa itu, pasangan pengantin seringkali memberikan simpul berbentuk hati yang terbuat dari renda dan pita kepada para tamu.

Di kalangan bangsawan Eropa pada periode yang sama, souvenir pernikahan yang umum diberikan adalah bonbonniere. Ini adalah kotak yang terbuat dari porselen, kristal, batu mulia, atau logam yang diisi dengan permen atau gula-gula. Pemberian bonbonniere bertujuan untuk menyampaikan kebahagiaan pasangan pengantin kepada para tamu.

Seiring berjalannya waktu, bonbonniere berkembang, dan permen atau gula-gula digantikan dengan manisan almond yang dibuat dengan mencelupkan almond ke dalam lapisan gula dan dikemas dalam kantong tulle.

Hingga saat ini, tradisi pemberian souvenir dalam resepsi perkawinan tetap menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan di berbagai negara. Namun, setiap negara memiliki ciri khas souvenir pernikahan yang berbeda. Sebagai contoh, di Spanyol, para tamu, khususnya pria, sering diberikan cerutu.

Di Rusia, souvenir ini pada umumnya berupa lilin kecil atau pernak-pernik. Di Irlandia, para tamu sering diberikan lonceng pernikahan. Sementara di India, souvenir pernikahan biasanya berupa kerajinan tangan berbentuk gajah.

BACA JUGA :  4 Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar untuk Berbagai Keperluan

Tips Merancang Budget Souvenir Untuk Resepsi

7 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat!

Banyak calon pengantin mengalami dilema dalam memilih souvenir pernikahan yang sesuai. Mereka berharap untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat namun tetap terjangkau harganya.

Mengapa begitu memperhatikan faktor harga? Karena sebuah pesta pernikahan melibatkan banyak biaya, termasuk biaya akad nikah, resepsi, sewa gedung, dekorasi, pakaian, dan makanan. Oleh karena itu, di luar elemen-elemen kunci ini, penghematan pada souvenir ini dapat menjadi pilihan bijak.

Sebaiknya, alokasi dana untuk souvenir pernikahan tidak melebihi 2% dari total biaya pesta secara keseluruhan. Sebagai contoh, jika anggaran Anda untuk pesta pernikahan mencapai Rp 100 juta, maka biaya souvenir acara perkawinan ini sebaiknya tidak melebihi Rp 2 juta.

Tips Lapakfjbku.com

Untuk menghindari pembelian souvenir pernikahan dalam jumlah berlebihan yang mungkin tidak akan digunakan, disarankan untuk menyesuaikan jumlah souvenir dengan jumlah tamu yang diundang.

Tips Memilih Souvenir yang Tepat Untuk Acara Pernikahan Anda Beserta 5 Rekomendasi Terbaik!

7 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat!

Setelah menentukan alokasi anggaran untuk souvenir pernikahan, langkah selanjutnya adalah memilih souvenir yang tepat. Meskipun Anda ingin menghemat biaya, penting untuk memilih sesuatu yang bermanfaat bagi para tamu.

Selain bermanfaat, pastikan souvenir pernikahan juga mencerminkan kepribadian Anda dan pasangan. Salah satu contoh inspiratif adalah pemberian peralatan pertolongan pertama (P3K) oleh pasangan dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia. Inspirasi yang sangat positif!

Untuk membantu Anda memilih souvenir acara perkawinan yang akan meninggalkan kesan mendalam pada tamu, berikut adalah 5 rekomendasi souvenir pernikahan terbaik, yang unik, berguna, dan terjangkau.

1. Sumpit kayu

Meskipun terlihat sederhana, Anda dapat mengubah sumpit kayu menjadi souvenir pernikahan yang istimewa dengan menambahkan ukiran nama atau kutipan. Di banyak toko yang menjual souvenir, harga sumpit kayu juga sangat terjangkau, mulai dari Rp1.500.

2. Bibit tanaman

Hadiah souvenir acara perkawinan ini tentu akan menjadi favorit bagi mereka yang suka berkebun. Bibit tanaman yang dikemas dalam kantong goni atau kertas cokelat dapat ditemukan dengan harga mulai dari Rp2.000 di toko souvenir pernikahan modern. Anda dapat memilih jenis bibit yang sesuai dengan tanaman favorit Anda dan pasangan.

BACA JUGA :  Mengenal HPL, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Terbaru!

3. Sabun handmade

Sabun handmade dapat dipesan dengan ukuran, aroma, dan warna yang sesuai dengan preferensi Anda dan pasangan. Sabun ini seringkali dihadirkan dalam kemasan kertas cokelat dengan label nama pengantin. Harga sabun ini dimulai dari Rp3.000 dan dapat bervariasi tergantung pada ukurannya.

4. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi yang elegan, terkemas dalam gelas atau wadah yang menawan, akan menjadi pilihan souvenir pernikahan yang disukai oleh para tamu. Anda dapat menambahkan label dengan informasi bahwa lilin ini adalah lilin aromaterapi, dilengkapi dengan jenis aroma dan manfaatnya. Harganya dimulai dari Rp4.000 dan bervariasi tergantung pada ukuran lilin serta jenis wadahnya.

5. Tas ramah lingkungan

Tas atau tote bag ramah lingkungan semakin diminati sebagai pilihan untuk membawa barang belanjaan dan juga untuk mengurangi penggunaan plastik. Tas-tas yang terbuat dari kanvas dan dihiasi dengan inisial nama Anda dan pasangan akan menjadi souvenir pernikahan yang bermanfaat. Apabila dipesan dalam jumlah yang besar dan jauh-jauh hari sebelumnya, harga per tas dapat berkisar antara Rp4.000 hingga Rp10.000, tergantung pada bahan dan desain yang Anda pilih.

16 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat Lainnya Patut Dilirik Di 2024

Saat memilih souvenir untuk acara perkawinan, penting untuk mempertimbangkan anggaran, tema pernikahan, dan selera Anda sebagai pasangan

Berikut adalah beberapa rekomendasi souvenir pernikahan yang populer dan dapat dipertimbangkan:

  1. Cangkir Kustom atau Gelas Berlogo: Cangkir atau gelas yang diukir dengan inisial Anda dan tanggal pernikahan adalah pilihan yang elegan dan berkesan.
  2. Kipas Lipat atau Payung: Kipas lipat atau payung adalah pilihan yang bagus jika Anda mengadakan pernikahan di lokasi terbuka atau saat musim panas.
  3. Sabun atau Bath Bombs Kustom: Sabun atau bath bombs yang dibuat khusus dengan wangi yang lembut dan kemasan yang cantik adalah pilihan yang menyegarkan.
  4. Botol Minuman Kaca atau Stainless Steel: Botol minuman yang dapat diisi ulang dengan inisial atau pesan khusus Anda adalah souvenir yang berguna dan ramah lingkungan.
  5. Perhiasan Mini: Gelang, kalung, atau anting-anting mini dengan tanda pengenal pernikahan seperti inisial pasangan atau tanggal pernikahan.
  6. Frame Foto atau Album Foto Kustom: Frame foto dengan foto Anda bersama tamu atau album foto dengan koleksi momen pernikahan adalah cara yang manis untuk menyimpan kenangan.
  7. Pohon Bonsai Mini atau Tanaman Mini: Tanaman mini seperti pohon bonsai atau tanaman sukulen adalah souvenir yang unik dan akan tumbuh bersama dengan pernikahan Anda.
  8. Kotak Kenangan Khusus: Kotak kenangan yang dapat dipersonalisasi dengan inisial atau tanggal pernikahan dan berisi pesan ucapan terima kasih.
  9. Flash Drive Kustom: Flash drive yang diisi dengan foto-foto pernikahan dan video merupakan pilihan modern yang praktis.
  10. Keramik atau Potongan Keramik Khusus: Keramik dengan desain khusus atau potongan keramik yang dapat digantung sebagai dekorasi.
  11. Buku Tamu Khusus: Buku tamu pernikahan yang indah dengan halaman kosong untuk tamu mengisi ucapan selamat mereka.
  12. Handuk Bordir: Handuk berkualitas tinggi dengan inisial atau monogram Anda adalah pilihan yang berguna.
  13. Kaos atau Tas Kustom: Kaos atau tas kain dengan desain pernikahan Anda sendiri.
  14. Permainan Papan Kustom: Permainan papan seperti catur atau teka-teki dengan desain pribadi.
  15. Kerajinan Tangan Lokal: Dukung pengrajin lokal dengan memilih kerajinan tangan unik seperti lilin wangi, sabun organik, atau barang kerajinan khas daerah.
  16. Kaos Kaki atau Selimut Kustom: Kaos kaki atau selimut dengan pesan yang lucu atau gambar yang menggemaskan.
BACA JUGA :  9 Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik yang Dapat Dibuat dengan Mudah

Pastikan untuk mempertimbangkan jumlah tamu Anda dan anggaran pernikahan Anda saat memilih souvenir. Yang terpenting, pilihlah sesuatu yang akan mengingatkan tamu Anda tentang hari yang istimewa ini dan memberikan kesan yang personal.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com