12 Tanda-Tanda Kehamilan yang Benar, Mulai dari Minggu Pertama

Bagi mereka yang sudah menikah, kehamilan merupakan hal yang dinanti-nanti. Tentu kabar bahagia ini akan memberi dampak positif bagi Anda dan pasangan karena akan kedatangan anggota keluarga baru. Namun bagi yang baru menikah tentu akan cukup kebingungan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan yang tepat.

Mengetahui bagaimana ciri suatu kehamilan merupakan hal yang penting untuk diketahui. Dengan begitu, Anda bersama pasangan bisa mempersiapkan proses persiapan kehamilan dengan baik. Untuk itu artikel ini akan membahas:

1. Tanda-Tanda Kehamilan Nyeri Dada

Gejala sakit perut yang dialami saat haid dan hamil ternyata cukup berbeda. Saat hamil, sakit pada perut akan terasa lebih parah. (Foto: Freepik)

Sering kali beberapa orang cukup kesulitan untuk membedakan antara tanda kehamilan dan haid. Hal ini bisa terjadi karena munculnya kedua tanda tersebut terjadi karena proses yang sama, yakni ovulasi. Periode muncul tanda ini dikarenakan indung telur mengeluarkan sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

Pada saat kehamilan nyeri yang terjadi pada haid dan tanda-tanda kehamilan cukup berbeda. Pada sebelum dan saat haid nyeri yang ditimbulkan akan terasa sakit dari ringan hingga menyakitkan. Namun pada tanda kehamilan rasa sakit yang ditimbulkan terasa berat ditambah dada akan terasa lebih sensitif dan lebih berisi.

2. Mudah Merasa Lelah

Pada saat haid rasa lelah bisa muncul karena hormon progesterone dan estrogen kurang stabil. Namun setelah haid selesai biasanya rasa lelah tersebut berangsur menghilang. Lain halnya dengan tanda kehamilan, rasa lelah yang dialami jauh lebih berat. Bahkan perasaan lelah ini akan tetap terasa hingga proses melahirkan.

BACA JUGA :  Alutista TNI Angkatan Laut Indonesia Yang Keren!

3. Perubahan pada Payudara

Tanda kehamilan yang bisa terlihat secara fisik salah satunya adalah perubahan pada payudara Anda. Pada masa awal kehamilan, Anda akan merasa bahwa payudara menjadi lebih berat dan berisi. Kemudian Anda juga akan merasa sedikit nyeri dan sensitif, pada sebagian orang mereka akan merasa sesak karena kondisi tersebut.

4. Hidung Menjadi Lebih Peka

Pada masa kehamilan, hidung seorang wanita akan lebih peka dan sensitif terhadap berbagai macam bau. Hal ini berpengaruh kepada mood Anda saat hamil. Misalnya akan terasa pusing dan mual saat mencium bau yang menyengat, bahkan bisa berpengaruh pada keputusan Anda dalam memilih makanan.

5. Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan sebuah tanda-tanda kehamilan yang terjadi akibat organ rahim yang mulai membesar. Kondisi ini disebabkan karena proses perkembangan janin yang akan semakin membesar, sehingga rahim pun ikut membesar. Tanda ini pun diiringi dengan berat badan yang ikut bertambah.

6. Telat Haid Bukan Berarti Hamil

Banyak orang yang merasa hamil jika mereka mengalami telat haid. Paling umum orang akan merasa tanda-tanda kehamilan jika sudah telat haid selama satu minggu. Padahal telat haid tidak bisa dijadikan acuan sebagai terjadinya kehamilan. Telat haid sendiri bisa dipicu oleh berbagai faktor lain seperti:

  • Stres yang menyebabkan siklus haid terganggu akibat gangguan pada hormon
  • Kelebihan dan kekurangan berat badan
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Gangguan atau penyakit tertentu
  • Kebiasaan merokok yang berkepanjangan.

Anda harus memerhatikan beberapa tanda kehamilan yang sudah dijelaskan sebelumnya, serta memeriksakan diri ke dokter atau menggunakan test pack. Jadi telat haid bukan berarti Anda mengalami kehamilan, namun ada beberapa faktor lain yang berpengaruh.

BACA JUGA :  Adegan Juga Fakta Ngawur "Dokter Gadungan" Di Sinetron Indonesia

7. Kram pada Perut

Tanda-tanda kehamilan yang pertama adalah kram perut. Hal ini terjadi karena pada fase awal hamil muda, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Rasa sakit pada perut ini mungkin akan Anda rasakan pada satu minggu awal setelah aktivitas seksual bersama suami.

8. Munculnya Bercak Darah

Ciri hamil muda berikutnya adalah munculnya bercak darah dalam jumlah sedikit. Biasanya kemunculan bercak darah ini akan Anda alami setelah mengalami kram perut atau 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

9. Haid yang Terlambat

Hampir semua ibu hamil mengalami tanda hamil muda ini. Jika Anda mengalami telat haid dan hasil testpack positif, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Untuk itu ciri ini memerlukan tindakan lebih lanjut untuk hasil yang lebih akurat.

10. Mengalami Morning Sickness

Mual-mual bahkan hingga muntah adalah gejala kehamilan yang paling umum terjadi. Hampir semua wanita mengalami gejala ini saat hamil muda. Tanda-tanda kehamilan ini biasanya berangsur hilang pada saat usia kehamilan mencapai 14 minggu.

11. Ngidam

Ciri hamil muda juga cukup identik dengan yang namanya ngidam. Beberapa wanita biasanya menginginkan jenis makanan tertentu pada saat kapan saja. Kondisi ngidam ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh. Akibatnya mereka yang mengalami hamil muda akan menginginkan makanan yang terlintas dalam pikirannya.

12. Perubahan Mood yang Cepat

Namun bagi wanita hamil, perubahan mood yang cepat ini bisa benar-benar berakhir pada saat proses melahirkan selesai. Ketika hamil seorang wanita akan kesulitan untuk memutuskan secara hal yang menjadi keinginannya. Bahkan keputusan tersebut masih bisa berubah lagi tergantung berbagai faktor yang memengaruhi Anda.

Memastikan Tanda-Tanda Kehamilan dengan Benar

Beberapa orang percaya bahwa hamil anak perempuan atau laki-laki memiliki tanda yang berbeda. (Foto: Freepik)

Ciri kehamilan memang perlu diperhatikan dengan baik. Karena ada beberapa ciri yang kurang lebih mirip saat Anda memasuki siklus haid. Tanda-tanda kehamilan terkadang bisa saja tidak muncul pada masa hamil muda, bahkan kemunculannya bisa beberapa bulan tanpa Anda sadari.

BACA JUGA :  Apa Sih St Patrick's Day Itu?

Oleh karena itu untuk memastikan tanda kehamilan dengan baik, Anda bisa menggunakan test pack sebagai alat uji sebelum memutuskan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Kemudian Anda harus berkonsultasi bersama dengan dokter untuk memastikan tanda kehamilan tersebut apakah akurat atau tidak.

Jika memang sedang hamil, maka Anda perlu mengubah sedikit gaya hidup Anda. Misalnya mengurangi aktivitas yang terlalu berat, menjaga pola makan, rutin berolahraga ringan, dan menghindari kegiatan yang menyebabkan stres. Hal-hal tersebut bisa menjaga kesehatan Anda dan buah hati dengan baik, sehingga Anda siap untuk menjalani proses persalinan nantinya.

Namun ada perbedaan tanda kehamilan berdasarkan jenis kelamin yang masih dipercaya oleh masyarakat. Berikut adalah perbedaan tanda kehamilan anak perempuan dan anak laki-laki.

Tanda-Tanda Kehamilan Anak Perempuan

Tanda kehamilan anak perempuan memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan laki-laki. Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan anak perempuan:

  1. Bentuk perut cenderung menonjol ke atas
  2. Kulit Anda cenderung lebih berminyak dan terlihat kusam
  3. Anda lebih suka makan makanan yang manis
  4. Gejala psikologis seperti stres dan perubahan suasana hati lebih parah
  5. Mual dan muntah yang lebih sering

Tanda-Tanda Kehamilan Anak Laki-Laki

Kehamilan anak laki-laki diyakini memiliki ciri yang berbeda dibandingkan dengan anak perempuan. Ada beberapa ciri fisik dan non fisik yang bisa Anda perhatikan, antara lain:

  1. Ibu lebih cenderung ngidam makanan yang terasa asin dan gurih
  2. Posisi janin pada saat kehamilan bayi laki-laki berada di bawah
  3. Urin berwarna lebih pekat
  4. Ukuran payudara di sebelah kanan lebih besar

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com