10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

By | August 8, 2018

Tiap orang mesti memiliki jiwa yang jumawa, sombong, pengen pamer atau semacamnya. Yang  jelas Hasrat untuk pamer dan eksis itu selalu ada, apalagi setelah teknologi yang namanya kamera di smartphone itu ada. Selfie pun makin menjadi dan meraja lela.

Padahal kita tau bahwa jumawa itu dosa, tapi ketika ber-selfie ya sudahlah…. Mungkin ini adalah dosa yang kita lakukan berjamaah. Jadi akhirnya bisa dimaklumi… Err…

Yang nggak bisa dimaklumi itu adalah ketika kamu sering ber-selfie, sering ngaku senang selfie, tapi nggak tau seluk-beluk selfie. Pas ditanya apakah itu selfie pun kamu menjawabnya “Iih, masa nggak tau selfie dweeh”. “Nama gue kan Selvieeee Kusnandar gituu. semua orang harus tau. Monyet di uang gopean yang udah nggak ada itu aja tau.” Najong… cih~

Nah, buat yang belum tahu mending baca 10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui ini!


1. Selfie Masuk Kamus Oxford Sejak Agustus 2013.

Saking seringnya orang-orang ngomongin selfie, kamus Oxford pun memasukkan kata Selfie di dalamnya. Bahkan, selfie menjadi word of the year di tahun itu. Menurut Oxford, selfie itu berarti:

“a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website,”

Dari SD udah les New Concept, lanjut LIA, terus EF kan? jadi nggak usah diterjemahin lagi ya artinya.

2. Selfie Pertama di Dunia Dilakukan Di Tahun 1839

10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

Selfie pertama dilakukan oleh seorang bernama Robert Cornelius pada 1839. hmm, sekitar setengah jam abis maghrib lah, 18:39. haha. Bukan, bukan, selfie pertama itu di tahun 1839, tahun-tahun pertama kamera ditemukan gitu deh. Karena kameranya belum canggih, si Robert ini mesti diam nggak gerak-gerak selama 3-15 menit. #niatabis #niatdaniatit

3. Kata Selfie Pertama Dikeluarkan oleh Pemuda Mabuk
10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

Alkisah pada tahun 2002 seorang pemuda di Australia yang bibirnya jontor gegara dia mabok dan jatoh, memamerkan foto bibirnya itu ke sebuah forum. Nah, di postingan di forum itu dia menyebut kata selfie:

“Um, drunk at a mates 21st, I tripped ofer [sic] and landed lip first (with front teeth coming a very close second) on a set of steps. I had a hole about 1cm long right through my bottom lip. And sorry about the focus, it was a selfie.”

Kata ‘selfie’ memang sesuai sih dengan gaya bahasa slang di Australia yang sering menambahkan akhiran ‘-ie’ di tiap kata.

4. Selfie = Kepala miring

Sebuah studi mengatakan kalau tiap kali seorang cewek selfie maka ia akan memiringkan kepalanya 7,9-16,9 derajat. Hmm. biar apa sih dimiring-miringin gitu? Emangnya hidup ini masih nggak cukup miring yah?

5. Kebanyakan Selfie Membuat Kita Dibenci

Penelitian psikologi yang menyatakan ini. Katanya, semakin kita sering men-share foto selfie di sosial media, semakin kita berpotensi untuk nggak disukai. Ngepost foto selfie kebanyakan bisa bikin kita diasingkan sama temen-temen dan mengurangi keintiman hubungan.

Bener banget sih. Tapi kok nggak terbukti ya untuk Pevita Pearce. Akun Instagramnya isinya selfie semua tuh, tapi kita doyan-doyan aja ngeliatnya.

10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

Kalian sanggup membenci mbak Pevita yang cakep ini? :3

6. 3 dari 10 foto yang kita ambil adalah selfie.

Menurut data yang dirilis Samsung, dari sekian banyak jumlah foto yang kita ambil, 30%nya tuh berupa selfie. Coba aja cek galeri foto kamu, 3 dari 10 foto pasti isinya selfie. 7 foto lainnya foto ranting pohon, awan-awan galau ala Tumblr, sama cangkir kopi. tsiiih.

7. Selfie pertama di luar angkasa dilakukan Pada 1966

10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

Selfie di toilet? Biasa! Selfie di bajaj? Super biasa! Selfie di air becekan? Iuuh! Selfie di luar angkasa? Itu baru luar biasa. Dan itu udah pernah dilakukan sejak 1966, loh. Pelakunya adalah Buzz Aldrin.

Foto selfie Buzz Aldrin yang berlatar belakang bumi itu diambil ketika dirinya sedang menjalani misi Gemini 12 pada November 1966 silam. Buzz ditugasi memotret sinar ultraviolet yang dipancarkan bintang. Saat matahari mulai muncul, Aldrin memotret dirinya sendiri. Iseng bener deh jadi astronot!.

8. Kebanyakan Selfie di hape orang membuat kita akan dibenci

Ini berdasarkan penelitian P! sih. . Kebanyakan Selfie di hape orang membuat kita akan dibenci. Awalnya cuma foto-foto selfie kamu di hape temen kamu yang bakal di hapus, setelahnya, nama kamu bakal dicoret dari memori dia. Selamat, kamu nggak punya temen.

9. Popularitas Elvi Sukaesih Meningkat Sejak Selfie jadi Tenar

10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!

karena eh karena banyak banget masyarakat Instagram yang pengen upload foto #selfie tapi pengin ngerasa beda dan nyeleneh jadinya masang hastag plesetan #selfiesukaesih.

10. Tongsis adalah alat bantu selfie hanya untuk cewek.
10 Fakta Unik Selfie Yang Perlu Kalian Ketahui!
Percaya atau enggak ini fakta! Karena, kalau tongsis untuk cowok maka namanya Tongbro. Bukan tongsis. Masuk akal enggak?

Comments

comments