Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Bagaimana ilustasi cara menghitung suku bunga KPR berdasarkan jumlah pinjaman di 2024?

Dalam ranah kebijakan moneter, suku bunga merupakan faktor krusial yang digunakan oleh bank sentral untuk mengatur pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Selain itu, suku bunga juga memiliki dampak signifikan terhadap nilai tukar mata uang dan tingkat inflasi.

Terdapat beberapa jenis suku bunga yang berbeda, seperti suku bunga tetap, suku bunga mengambang, dan suku bunga riil.

 

Setiap tipe suku bunga memiliki karakteristiknya sendiri dan mampu mempengaruhi beragam aspek ekonomi.

Namun, bagaimana suku bunga KPR berperan di dalamnya?

Penghitungan suku bunga KPR memiliki perbedaan berdasarkan besaran pinjaman yang diajukan. Informasi detailnya dapat Anda temukan dalam artikel ini.

Penghitungan Suku Bunga KPR: Lebih Lanjut Perbarui Informasi Mengenai Suku Bunga KPR

  • Simulasi Angsuran KPR 300 Juta
  • Simulasi Angsuran KPR 500 Juta
  • Simulasi Angsuran KPR 600 Juta

Pelajari secara mendalam tentang cara menghitung suku bunga KPR melalui penjelasan rinci di bawah ini. Jelajahi lebih lanjut di artikel ini!

Cara Menghitung Suku Bunga KPR

Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Menghitung Suku Bunga KPR: Langkah dan Pertimbangan

Suku Bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat berfluktuasi sesuai kebijakan lembaga perbankan. Penghitungan suku bunga KPR memiliki peranan penting dalam menetapkan jumlah angsuran dan total pembayaran selama masa peminjaman. Berikut tahapan untuk menghitung suku bunga KPR secara tepat:

  1. Pastikan jumlah pinjaman yang disetujui oleh bank dan tenor pinjaman dalam tahun.
  2. Tentukan jenis suku bunga yang diterapkan, apakah tetap atau mengambang. Suku bunga tetap tidak berubah sepanjang masa peminjaman, sementara suku bunga mengambang bisa berfluktuasi mengikuti kondisi pasar.
  3. Hitung bunga per bulan dengan rumus: Bunga per bulan = (Sisa pinjaman x Suku bunga) / 12
  4. Hitung besaran angsuran per bulan dengan rumus: Angsuran per bulan = (Pinjaman Bunga per bulan) / Jangka waktu pinjaman dalam bulan.
  5. Total pembayaran selama masa pinjaman adalah jumlah angsuran per bulan dikalikan dengan jangka waktu pinjaman dalam bulan.
BACA JUGA :  Daftar Harga Besi Beton per Kg Terlengkap dan Terbaru!

Penting untuk memperhatikan biaya-biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya notaris, dan biaya provisi yang dapat timbul saat pengajuan KPR. Semua biaya ini harus dipertimbangkan dalam perencanaan anggaran KPR.

Sebelum membeli rumah, pastikan Anda telah memahami suku bunga KPR yang sesuai dengan anggaran Anda. Lihatlah daftar rumah yang tersedia di wilayah Jakarta Utara yang mungkin sesuai dengan preferensi Anda. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang hunian ini di sini!

Suku Bunga KPR Terbaru 2024

Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Trend Terkini Suku Bunga KPR 2024

Melihat perkembangan terkini suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di tahun 2024, berikut ini Rumah.com telah menghimpun informasi tentang lima bank yang menawarkan suku bunga KPR rendah pada bulan April 2024.

1. Bank BTN

Mulai tanggal 1 Januari 2024, Bank BTN telah mengatur peningkatan suku bunga KPR dalam kolaborasi dengan pengembang pilihan menjadi 5,46%. Selain itu, Bank BTN juga menyediakan program suku bunga tetap selama dua tahun dengan tingkat 7,59%, serta suku bunga tetap selama 20 tahun dengan tingkat 11,59% untuk nasabah berpendapatan tetap dan 12,59% untuk mereka yang pendapatannya tidak tetap. Opsi suku bunga tetap hingga 20 tahun tersedia, sementara suku bunga mengambang Bank BTN saat ini mencapai 12,5%.

2. Bank BNI

Walaupun tren kenaikan suku bunga sedang berlangsung, Bank BNI tetap memberikan penawaran bunga promo KPR. Suku bunga yang rendah dimulai dari 2,76% dengan jangka waktu kredit hingga 30 tahun. Seiring itu, mengacu pada Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) untuk KPR di Bank BNI, angkanya mencapai 7,25%.

3. Bank Mandiri

Mirip dengan BNI, Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) untuk KPR Bank Mandiri mencapai 7,25%. Hingga awal 2023, Bank Mandiri menawarkan beberapa promo bunga KPR, seperti suku bunga tetap 4,18% selama tiga tahun, suku bunga 3,88% untuk tiga tahun tetap, suku bunga tetap 4,88% selama lima tahun, suku bunga tetap 8,5% selama 10 tahun, dan yang tertinggi adalah suku bunga tetap 9,55% selama 10 tahun.

BACA JUGA :  15 Harga Spring Bed Terbaik dan Terbaru, Mulai dari Rp 800 Ribuan!

Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan penawaran suku bunga berjenjang selama 10 tahun, dimulai dari suku bunga tetap 3,98% untuk tahun pertama hingga tahun ketiga. Kemudian, suku bunga tetap 7,68% untuk tahun keempat hingga tahun keenam, dan suku bunga tetap 9,68% untuk tahun ketujuh hingga tahun kesepuluh. Promo suku bunga di atas berlaku untuk:

  • Pembelian properti baru dari pengembang pilihan terkemuka dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Pengajuan KPR oleh nasabah terpilih Bank Mandiri
  • Pembelian properti bekas dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan

4. Bank BCA

KPR dari Bank BCA selalu menawarkan suku bunga tetap berjenjang yang memberikan tingkat suku bunga yang menguntungkan. Saat ini, BCA memberikan kesempatan akhir untuk mendapatkan suku bunga menarik sebesar 3,85% tetap selama 3 tahun dengan tenor minimal 10 tahun. Selain itu, Bank BCA juga menyediakan berbagai pilihan suku bunga spesial untuk KPR BCA lainnya yang dapat Anda pilih.

5. Bank BRI

Bank BRI juga menawarkan suku bunga KPR yang sangat kompetitif. Suku bunga terendah yang ditawarkan oleh BRI adalah 1,27% selama setahun pertama kredit. Bahkan sampai akhir tahun ini, BRI telah menghadirkan berbagai promo suku bunga KPR, dimulai dari 1,27% tetap selama 1 tahun, 2,77% tetap selama 2 tahun, 3,1% tetap selama 3 tahun, hingga 4,57% tetap selama 5 tahun.

Tips: Untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai suku bunga KPR terbaru dari beberapa lembaga perbankan terpercaya, pastikan untuk memeriksa dan membandingkannya sebelum mengajukan KPR.

Simulasi Cicilan KPR 300 Juta

Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Simulasi angsuran KPR rumah senilai 300 juta. Untuk mengilustrasikan, jika Anda merupakan karyawan swasta yang berusia di atas 30 tahun dan berencana mengajukan KPR untuk rumah senilai 300 juta rupiah dengan uang muka sebesar 50 juta rupiah.

Anda menginginkan suku bunga KPR sekitar 6% per tahun dan tetap selama 10 tahun dengan jangka waktu KPR selama 15 tahun. Dalam situasi ini, angsuran bulanan yang perlu Anda bayar adalah sekitar 2,34 juta rupiah per bulan.

BACA JUGA :  Apa Itu AJB Tanah? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Membuatnya

Namun, jika Anda ingin angsuran yang lebih ringan, Anda dapat menambahkan uang muka yang akan diserahkan ke bank. Dengan membayar uang muka sebesar 100 juta rupiah dan parameter yang sama seperti di atas, maka angsuran per bulan akan menjadi sekitar 1,89 juta rupiah.

Simulasi Cicilan KPR 500 Juta

Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Simulasi angsuran KPR rumah senilai 500 juta. Untuk memberikan contoh, apabila Anda merupakan seorang karyawan swasta berusia di atas 30 tahun dan berencana mengajukan KPR untuk rumah senilai 500 juta rupiah dengan uang muka sebesar 150 juta rupiah.

Anda menginginkan suku bunga KPR sekitar 7% per tahun dan tetap selama 8 tahun dengan jangka waktu KPR selama 25 tahun. Dalam situasi ini, angsuran bulanan yang harus Anda bayar adalah sekitar 3,87 juta rupiah per bulan.

Namun, jika Anda ingin angsuran yang lebih ringan, Anda dapat meningkatkan jumlah uang muka yang akan disetor ke bank. Dengan membayar uang muka sebesar 200 juta rupiah dan parameter yang sama seperti di atas, maka angsuran per bulan akan menjadi sekitar 2,59 juta rupiah.

Simulasi Cicilan KPR 600 Juta

Cara Menghitung Suku Bunga KPR Berdasarkan Jumlah Pinjaman

Simulasi angsuran KPR senilai 600 juta. Untuk memberikan contoh, apabila Anda merupakan seorang karyawan swasta berusia di atas 30 tahun dan berencana mengajukan KPR untuk rumah senilai 600 juta rupiah dengan uang muka sebesar 120 juta rupiah. Anda menginginkan suku bunga KPR sekitar 7,8% per tahun dan tetap selama 4 tahun dengan jangka waktu KPR selama 15 tahun.

Dalam situasi ini, angsuran bulanan yang harus Anda bayar adalah sekitar 4,3 juta rupiah per bulan. Namun, jika Anda ingin angsuran yang lebih ringan, Anda dapat meningkatkan jumlah uang muka yang akan disetor ke bank. Dengan membayar uang muka sebesar 180 juta rupiah dan parameter yang sama seperti di atas, maka angsuran per bulan akan menjadi sekitar 3,6 juta rupiah.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com