5 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Berlaku di Indonesia

Dalam proses kegiatan perjanjian sewa rumah, asas kepercayaan tidak hanya dapat dilakukan secara verbal atau dalam bentuk ucapan saja. Walaupun proses perjanjian dilakukan oleh kerabat terdekat atau orang-orang yang sudah Anda percaya, setidaknya dibutuhkan bukti perjanjian resmi dalam bentuk fisik. Dalam hal ini, bukti perjanjian resmi salah satunya adalah surat pernyataan kesanggupan seperti pada contoh di artikel ini.

Surat pernyataan kesanggupan merupakan salah satu surat yang dibuat secara resmi seperti surat perjanjian sewa rumah dan memiliki kekuatan. Surat ini dibuat dengan beragam tujuan, namun secara umum sebagai bukti kesanggupan untuk bermacam-macam kebutuhan. Contoh kebutuhan akan surat ini meliputi menjalani ikatan dinas, membayar utang, menaati peraturan, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap beserta contoh surat pernyataan kesanggupan. Namun, sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini merupakan poin-poin penting yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Surat Pernyataan Kesanggupan

Pengertian Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan adalah surat pernyataan yang menunjukkan kesediaan seseorang atau kelompok dalam menjalankan atau memenuhi hal-hal tertentu yang telah disepakati. Surat ini sudah sangat umum digunakan sebagai surat yang sah untuk menyatakan kesanggupan. Secara luas, contoh surat pernyataan kesanggupan ini digunakan untuk menyatakan kesanggupan membayar hutang, ikatan dinas, tidak menggunakan narkotika dan lain sebagainya.

Format penulisan surat pernyataan kesanggupan dibuat secara formal. Yakni menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai kebutuhan dengan baik dan benar. Selain itu, dalam surat pernyataan kesanggupan, harus diisi data pribadi seseorang yang menyatakan kesanggupan. Untuk memberikan jaminan legalitas, biasanya surat pernyataan kesanggupan dibubuhi materai Rp6000 dan tanda tangan.

BACA JUGA :  8 Cara Paling Efektif Menghilangkan Rasa Pedas!

Tujuan Surat Pernyataan Kesanggupan

Tujuan Surat Pernyataan Kesanggupan

Tujuan dibuatnya surat pernyataan kesanggupan adalah untuk mengikat atau memberi kepastian bahwa seseorang atau kelompok mampu menjalankan perjanjian tertentu. Secara umum, tujuan surat pernyataan kesanggupan dapat dibagi menjadi tiga. Pertama tujuan kebutuhan sehari-hari, tujuan dinas, dan tujuan keperluan lembaga.

Untuk Kebutuhan Sehari-hari
melamar pekerjaan, pembayaran hutang, penjaminan benda tertentu
Untuk Kebutuhan Dinas
surat penempatan kerja, ikatan dinas.
Untuk Keperluan Lembaga
surat pernyataan belum menikah, surat pernyataan keluarga miskin

Manfaat Surat Pernyataan Kesanggupan

Manfaat Surat Pernyataan Kesanggupan

Manfaat dari surat pernyataan kesanggupan dapat didapatkan oleh dua belah pihak-pihak yang berkepentingan.

Yaitu manfaat yang didapat dari pembuat surat dan penerima surat.

Secara detail, manfaat bagi penerima surat pernyataan kesanggupan adalah sebagai bukti tanggung jawab kesanggupan yang mengikat dan apabila di tengah jalan pihak yang dimaksud melanggar perjanjian, akan ada sanksi yang telah disepakati sebelumnya.

Salah satu manfaat membuat surat pernyataan kesanggupan bisa mengembalikan atau membangun kepercayaan pihak lain.

Cara Membuat dan Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan

Cara Membuat dan Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan

Simak selengkapnya di sini!

Kemudian manfaat bagi pembuat adalah memberikan kredibilitas bahwa seseorang tersebut mampu menjalankan tugas seperti apa yang telah disepakati. Melalui surat inilah, seseorang dapat mendapatkan kepercayaan diri dan diakui oleh pihak-pihak yang melakukan perjanjian.

Selain itu, surat ini sebenarnya bisa dibuat untuk menyatakan kesanggupan orang lain yang mana pembuat surat merupakan penjaminnya. Contoh pengaplikasiannya adalah surat yang dibuat oleh orang tua untuk mewakili anaknya atau pengacara yang mewakili kliennya. Manfaat untuk pihak yang diwakili atau dinyatakan hampir sama yaitu kepercayaan dan pengakuan kesanggupan.

Tips Lapakfjbku.com

Sebelum membuat surat pernyataan kesanggupan, pahami dahulu resiko yang mungkin bisa saja terjadi.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Jika Anda sudah memahami pengertian, tujuan, hingga manfaat dari surat pernyataan kesanggupan, berikutnya Anda harus mengerti bagaimana cara membuatnya. Berikut ini merupakan beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa menjadi referensi.

BACA JUGA :  Bentuk Juga Contoh Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Adalah Sebagai Berikut

Surat ini harus diisi dengan sebenar-benarnya berdasarkan data riwayat yang resmi tercatat. Selain itu, penting untuk membubuhi tanda tangan dan jika diperlukan sertakan materai untuk memberikan kekuatan hukum.

1. Surat Pernyataan Kesanggupan CPNS

1. Surat Pernyataan Kesanggupan CPNS

2. Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

NIK :

Alamat :

Menyatakan kepada.

Nama :

NIK :

Alamat :

Bahwa saya bersedia melunasi kekurangan utang kepada Bapak/Ibu (……..) yang identitasnya disebutkan di atas. Adapun utang yang harus saya lunasi sebesar (Nominal hutan) (Pembacaan Nominal) dan saya bersedia untuk melunasi utang tersebut selambat-lambatnya pada tanggal (Tanggal, Bulan, Tahun). Apabila sampai di tanggal tersebut saya tidak bisa melunasi hutang, maka saya bersedia dilaporkan kepada pihak berwajib dan dituntut di muka pengadilan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa paksaan pihak manapun.

(Nama Tempat),

Saya yang menyatakan,

(Tanda tangan dan materai)

Nama terang

3. Surat Pernyataan Tidak Menikah

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

NIK :

NIP :

Tempat/Tgl Lahir :

Alamat :

Dengan ini menyatakan bahwa selama proses (jenis pekerjaan) selama (durasi perjanjian kerja), saya menyatakan sanggup untuk memenuhi syarat–syarat tersebut, termasuk kesanggupan untuk tidak menikah selama menjalani masa orientasi.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dan ditandatangani dengan kesadaran penuh dan tanpa paksaan pihak manapun. Apabila di kemudian hari, saya tidak menunaikan kewajiban tersebut, maka saya bersedia untuk diberhentikan dari proses orientasi tersebut.

(Nama Tempat),

Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)

Nama terang

4. Surat Pernyataan Mentaati Peraturan

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

BACA JUGA :  PTKP Terbaru Resmi Berlaku, Simak Aturanya di Sini!

Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Agama :

Nama orang tua :

Perguruan tinggi :

Fakultas :

Jurusan :

Nomor induk mahasiswa :

Alamat :

Dengan ini saya menyatakan bersedia untuk dicatat sebagai penerima biaya bantuan beasiswa dari (Nama Instansi) dengan ketentuan sanggup memenuhi persyaratan dan menaati aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh (Nama Instansi).

Demikian surat pernyataan ini saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

(Nama Tempat),

Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)

Nama terang

5. Surat Pernyataan Ikatan Dinas

SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MENGIKUTI IKATAN DINAS

Yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama :

NIK :

Tempat/Tgl Lahir :

Agama :

Alamat :

Menyatakan sebenar-benarnya bahwa saya bersedia mengikuti kerja ikatan dinas selama waktu yang sudah ditentukan, yaitu (Periode Dinas).

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguh-sungguhnya tanpa paksaan atau intervensi dari siapa pun. Apabila suatu hari pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dituntut sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

(Nama Tempat),

Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)

Nama terang

Jika sudah memahami definisi, manfaat, dan tujuan dari surat pernyataan kesanggupan, kini saatnya menggunakannya dengan bijak.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com