Fasilitas Ini Tetap Harus Buka Jika Indonesia Beneran Lockdown! Bagaimana Menurut Kamu?

By | March 25, 2020

Tidak bisa kita bayangkan bagaimana repot dan sulitnya hidup jika aktifitas kita di batasi lebih dalam hitungan mingguan. Mungkin awalnya cukup menyenangkan karena jarang-jarang bisa kumpul bersama keluarga di rumah di jam sibuk, tapi ketika kebutuhan dan kewajiban yang harus di penuhi mulai terbatas, rasanya kita ingin berontak saja dan ingin menjalani kehidupan seperti biasanya.

Sebagaimana pengertian Lockdown sendiri yang secara awamnya bisa kita artikan sebagai; aturan pembatasan ruang gerak sosial hidup kita untuk tetap tinggal diam sementara di satu tempat dengan kurun waktu tertentu.

Tapi mungkin tidak berlaku bagi pelaku usaha dan layanan publik tertentu. Sebuah dilema memang, tapi demi kepentingan publik usaha dan layanan ini mau tidak mau harus tetap berjalan normal seperti biasa, siapa saja mereka?

Rumah Sakit

Tentu saja ini berada di urutan paling atas dalam hal layanan publik. Mewabahnya virus Corona menjadi salah satu penyebab mengapa aturan Lockdown di tetapkan. Tapi setiap orang atau pasien yang datang ke rumah sakit dan apotik belum tentu terkena virus Corona, mereka juga harus dilayani dan ditangani secepat mungkin.

Auto Draft

Keamanan

Demi keamanan dan kenyamanan publik tentu saja ini sudah menjadi tugas dan kewajiban para jajaran petugas seperti aparat kepolisian, keamanan lingkungan, bahkan mungkin kalau perlu tentara harus turun tangan apabila situasi dan kondisi di masyarakat mulai tidak kondusif secara masif.

Spbu

Meski misal Indonesia harus di Lockdown tapi bukan berarti mobilitas manusia berhenti total, kebutuhan masyarakat akan bahan bakar untuk kendaraan tetap harus tersedia. Masyarakat mungkin akan kesulitan bahkan timbul rasa khawatir berlebih apabila kendaraannya secara darurat harus di tinggal di tempat umum tanpa pengawalan dan keamanan tambahan, bahkan mungkin mengganggu ketertiban umum dan menjadi terhambatnya pengiriman pasokan kebutuhan pokok manusia.

Minimarket

Adanya warung-warung kelontong dan minimarket menjadi salah satu \’dewa penolong\’ di kala kebutuhan pokok kita mulai menipis bahkan habis, cukup dengan lima langkah sampai lokasi. Beruntungnya usaha mereka dekat dengan tempat tinggal kita membuat keperluan kita yang bersifat sepele hingga urgent jadi lebih cepat terpenuhi.

Auto Draft

Jalan tol

Meski pembatasan ruang gerak publik di batasi namun bukan berarti akses jalan umum harus di tutup. Tidak bisa kita bayangkan apabila jalan raya hingga jalan tol di tutup tentu akan mengganggu roda perekonomian yang dampaknya ke kebutuhan masyarakat juga. Kalaupun harus lewat jalur udara mungkin sangat tidak praktis dan tidak efesien.

Listrik dan Air

Sebagai manusia modern tentu saja kebutuhan manusia akan listrik dan air bersih sangat di butuhkan. Tidak bisa di bayangkan jika kita sudah diwajibkan tidak boleh keluar rumah karena Lockdown, tapi kita harus menderita hidup dalam kegelapan dan kesulitan mendapatkan air. Siapa yang mau?

Auto Draft

Usaha hobi

Ya, usaha hobi yang bergerak di bidang mahluk hidup seperti ikan, hewan, dan tumbuhan termasuk pakan dan obat-obatan tetap harus dalam pengawasan dan perawatan ahlinya, dalam hal ini yang paling mengenal adalah pedagangnya sendiri. Tidak bisa dibayangkan apabila usaha ini harus benar-benar tutup tentu akan membuat kerugian besar karena banyak hewan dan tumbuhan yang tidak terawat, belum lagi penyakit yang akan ditimbulkan karena banyak hewan mati menjadi bangkai tentunya akan menjadi pe-er baru untuk menormalisasinya.

Auto Draft

Damkar

Kita memang tidak selalu tahu dan jangan sampai terjadi hal yang berhubungan dengan arus listrik, kejadian kebakaran, banjir, dan lainnya yang bersifat urgensi bagi khalayak umum. Dengan tetap beroperasionalnya Damkar (Pemadam Kebakaran) dalam penanganan skala besar akan sangat membantu dengan cepat kejadian tak terduga ini di tengah masyarakat.

Online

Usaha online mungkin salah satu usaha yang tidak terganggu dengan penetapan Lockdown ini. Sebagaimana usaha ini mengandalkan jalur data lewat satelit dan kabel membuat kebutuhan masyarakat akan layanan publik, akses privasi, dan hiburan bisa terpenuhi secara lebih praktis, hemat waktu, dan tenaga.

Nah, itulah sembilan usaha atau layanan publik yang menurut saya harus tetap buka demi tetap menjaga dan menjamin situasi dan kondisi lingkungan publik tetap terpenuhi dan tetap kondusif. Apakah ada yang terlewatkan dari delapan poin di atas atau ada teman yang ingin berpendapat lain, silahkan deh berkomentar yang baik dan bijak di kolom pendapat.

Comments

comments