Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

By | May 5, 2019
Rate this post

Bulan adalah ciptaaan Tuhan yang Indah. Ketika menatap nya kau merasa terpesona dan terpukau akan keindahan dan aroma mistik nya, tak ada yang bisa menyangkal itu bukan?

Bahkan bulan sudah menjadi pusat perhatian diseluruh dunia dari dulu. Karena banyak nya manusia yang terpikat akan bulan, akhirnya melahirkan bermacam-macam legenda tentang bulan. Dibawah ini adalah beberapa legenda dan mitos rakyat dari belahan dunia tentang bulan.

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

1. Chang’e

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Ada sebuah kisah atau legenda terkenal Tiongkok tentang seorang gadis yang dikisahkan tinggal di bulan. Terdapat banyak macam alur cerita dikisah ini, tapi inti dari kisah ini adalah bercerita tentang sepasang suami istri yang dulunya Abadi dibuat menjadi tak abadi karena kelakuan buruk mereka.

Karena nya, mereka mencoba menjadi Abadi lagi dengan menggunakan sebuah Pil, tapi sayangnya Chang’e menjadi serakah dan menggunakan terlalu banyak Pil untuk menjadi abadi. Sehingga pada akhirnya Chang’e terangkat ke bulan, dan tak dapat turun lagi ke bumi.

2. Moon Rabbit

 

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Mitos ini cukup menarik untuk dibahas, karena mitos ini menjadi kisah dari beberapa Negara. Kelinci bulan dikisahkan sebagai salah satu teman Chang’e ketika berada di bulan. Dan juga Kelinci bulan merupakan simbol yang sering muncul di mitos Jepang dan Korea.

3. Selene / Luna

 

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Ini adalah nama dari Dewi Bulan dari legenda Yunani dan Roman. Di legenda ini bercerita bahwa Selena adalah adik dari Dewa Matahari Helios. Helios bertugas untuk menjelajah dunia pada siang hari, sedangkan Selena bertugas untuk Berjalan pada malam hari. Dia diceritakan sebagai Dewi yang memiliki banyak kisah cinta dan pasangan. Sebelum akhirnya berakhir dengan Endymion.

4. Tecciztecatl

 

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Setelah Dewa Matahari ke-empat hilang. Suku Aztecs percaya para dewa-dewi berkumpul untuk memilih siapa dewa selanjutnya yang akan menjadi Matahari selanjutnya. Mereka membuat api unggun untuk ritual pengorbanan pemilihan Matahari selanjutnya. Dua dewa, Nanauatl dan Tecciztecatl mendapat kehormatan.

Nanauatl dewa yang miskin dipilih untuk menjadi matahari selanjutnya. Tecciztecatl yang sombong memaksa untuk mendapat kehormatan itu, namun ketika dimomen terakhir menjadi ragu. Nanauatl menunjukkan keberanian lebih dan melompat kedalam api. Tecciztecatl mendapat kan kembali keberaniannya dan langsung melompat kedalam api unggun mengikuti Nanauatl, terbentuk lah dua matahari di langit.

Para dewa yang terdiri dari orang kaya, menjadi marah karena Tecciztecatl yang mana seorang kaya juga malah memilih mengikuti Nanauatl yang miskin. Maka mereka melempar kelinci kepada Tecciztecatl, sehingga meniggalkan bekas lebam berbentuk kelinci pada nya, itu juga menyebabkan cahaya Tecciztecatl memudar, sehingga dia hanya bisa dilihat pada malam hari. Sumber Wikipedia

5. Anningan

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Suku Inuit dari alaska dan Greenland memiliki cerita yang cukup mengerikan tentang Bulan. Mereka percaya bahwa Anningan, dewa bulan, memperkosa saudara perempuannya, Dewi Matahari.

Mereka percaya sampai sekarang Anningan masih mengejar saudaranya itu untuk dapat memilikinya. Itulah sebabnya dia terus mengikuti matahari tiap harinya.

Perubahan bentuk bulan dikisahkan karena Anningan terus menerus mengejar matahari, sampai dia kelaparan dan menghilang sementara untuk mencari makanan, agar punya tenaga untuk mengejar matahari lagi.

6. Mawu

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Kisah ini lebih bahagia dari pada cerita Anningan. Legenda ini berasal dari Africa yang bercerita tentang Mawu dewa bulan yang selamanya terikat dengan dewi matahari Liza. Dipercaya bahwa gerhana bulan dan matahari dikarena kan mereka sedang bercinta di langit. Mitos ini jelas bercerita tentang kekuatan Bulan, Matahari, Langit, Cinta dan Keinginan.

7. Rona

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Legenda ini berasal dari suku Maori di New Zealand. Legenda ini bercerita tentang wanita muda bernama Rona yang membuat kesal bulan. Karena marah, bulan meraih Rona dan membawanya kebulan. Di legenda tersebut, Rona mencoba menggengam pohon, namun tetap tidak berpengaruh. Sehingga dia membawa pohon itu bersamanya ke Bulan.

8. Nini Anteh

Legenda Rakyat Dunia Tentang Bulan Kita

Jangan lupakan juga yang dari Indonesia, Legenda Nini Anteh, Penunggu Bulan. Jadi, sebenarnya Nini Anteh merupakan tokoh imajiner yang dibuat masyarakat Sunda zaman dulu di kala mereka melihat bulan purnama.

Nah, kalau kamu perhatikan bulan pada saat bulan purnama, kamu akan melihat bercak hitam yang mirip dengan pulau yang ada di bumi pada bulan tersebut.

Terkadang, bercak hitam itu pun menyerupai seorang nenek-nenek yang sedang menenun sambil seekor kucing.. Dan sebagian masyarakat Sunda zaman dulu meyakini bercak hitam itu sebagai sosok Nini Anteh.

Comments

comments