Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Salah satu harta yang paling berharga di dalam hidup ini adalah kesehatan. Siapa yang setuju dengan pendapat saya tersebut?

Maka dari itu, ada baiknya kita menjaga kesehatan, agar selalu dapat beraktifitas dengan normal.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan tidak merokok serta jangan lupa rajin berdoa kepada Tuhan.

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Nah Gan-Sist, kali ini saya ingin mengajak Agan dan Sista untuk mengenal beberapa tumbuhan liar yang terlupakan dan memiliki kasiat obat, serta mampu menjaga kesehatan tubuh kita, apabila dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Anak-anak yang lahir di tahun 80-an dan 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan berikut ini.

1. Tanaman Buah Kersen

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Sekarang, walaupun termasuk ke dalam tanaman liar, tanaman kersen sudah sangat jarang dijumpai, terutama di daerah perkotaan karena alih fungsi lahan kosong menjadi bangunan.

Masih sangat saya ingat waktu kecil di hari libur, biasanya saya dan teman-teman menghabiskan waktu bermain di atas pohon ini yang mampu tumbuh hingga ketinggian 10 meter.

Tanaman kersen memiliki buah berbentuk bulat menyerupai buah cery yang apabila matang memiliki warna merah dan rasa yang manis. Permukaan daunya memiliki bulu-bulu halus yang terasa lengket di kulit.

Siapa sangka, buah yang dulunya saya jadikan camilan dan peluru ketapel ini, memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia apabila dikonsumsi secara rutin.

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Diantaranya dapat menormalkan kadar asam urat, menjaga kesehatan mata, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah dan menghilangkan jerawat, membantu menurunkan berat badan, dipercaya mampu mengobati diabetes, menjaga kesehatan jantung, membuat awet muda dan memiliki kandungan zat anti tumor serta menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA :  Manfaat Nasi Sisa Bisa Buat Tanaman Subur Gaes!

Wah ternyata banyak banget manfaat dari tanaman buah kersen ini ya Gan-Sist, saya jadi kangen pingin manjatin pohonnya sambil metik buahnya.

Dengan banyaknya manfaat yang dipat dari mengkonsumsi buah kersen, tidak heran jika sekarang buah ini dicari-cari oleh banyak orang, bahkan ada yang mengabarkan buah ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, per kilogram-nya mencapai harga 500 ribu rupiah.

2. Sirih Cina

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Tanaman yang satu ini juga merupakan salah satu tanaman liar yang kerap kali tumbuh dengan subur di halaman rumah kita ketika musim penghujan tiba. Di musim kemarau tanaman sirih cina ini dapat dijumpai dsngan mudah di pinggiran sungai atau daerah persawahan.

Dari daun batang hingga akarnya memiliki tekstur yang lunak dan berair, biasanya tanaman ini dianggap sebagai tanaman gulma. Namun karena khasiatnya yang sangat bagus untuk meredakan nyeri dan menormalkan kadar asam urat dalam tubuh manusia, tanaman ini mulai dicari-cari oleh banyak orang. Bahkan banyak yang menjualnya secara online dengan berbagai kisaran harga tertentu.

Saya sendiri biasanya memanfaatkan daun ini untuk dimakan sebagai lalapan, juga dapat direbus dengan air bersih hingga mendidih untuk diminum airnya secara rutin apabila dikonsumsi dengan tujuan mengobati sakit asam urat.

3. Tanaman Buah Ciplukan

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Tanaman ini memiliki buah berbentuk bulat yang terbungkus oleh kulit tipis menyerupai lampion. Ciplukan juga merupakan salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh di pedesaan, sama halnya dengan buah kersen, buah ciplukan juga sewaktu saya kecil sering saya pergunakan sebagai amunisi saat bermain ketapel bersama teman-teman.

Kini, banyak orang yang mulai mencari tanaman ini untuk dibudidayakan, karena memiliki harga jual yang cukup tinggi, bahkan sudah dijual di supermarket.

BACA JUGA :  5 Efek Buruk Smartphone Bagi Kesehatan

Adapun manfaat kesehatan bagi tubuh manusia yang di dapat dengan cara mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin, antara lain : mampu menangkal radikal bebas, mengurangi kadar kolesterol, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan ginjal, memelihara sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan membantu menurunkan berat badan.

4. Tanaman Pegagan

Tanaman Liar Ini Dicari Karena Berkhasiat Obat dan Memiliki Harga Jual Tinggi

Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau dan berbentuk bundar, daun pegagan juga mampu tumbuh liar di daerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti di pinggiran aliran sungai, pematang sawah atau di bawah pohon yang rindang.

Tahukah kalian, ternyata tanaman liar yang satu ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, mengobati alzheimer, memperlancar peredaran darah, mempercepat penyembuhan luka, meredakan setres dan mencegah terjadinya pikun.

Comments

comments