Wah, Pulau-Pulau Ini Terancam Tenggelam! Apa Saja Ya?

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin ada hal-hal yang bisa kamu tunda seperti mencuci pakaian, mencuci piring bekas kaman hingga berolahraga. Tapi sebaiknya kalian tidak menunda untuk mengunjungi Maldives pulau indah terancam tenggelam karena pemanasan global.

Pulau indah dengan satwa langka di dalamnya ini memang terancam hilang selamanya. Penyebabnya bisa terjadi banyak hal seperti pemanasan global yang membuat permukaan air laut terus menerus meningkat, erosi, polusi dan kerusakan alam yang tak bisa dihindari membuat beberapa pulau ini terancam hilang.

Wah, Pulau-Pulau Ini Terancam Tenggelam! Apa Saja Ya?

1 . Maldives

Pulau indah yang selalu disebut-sebut sebagai destinasi wisata surga ini dikelilingi 1,190 pulau lainnya di Samudera Hindia. Gugusan pantai yang indah dan jernih bak mutiara membuat pulau ini dikelilingi dengan resort mewah nan mahal. Salah satu karakter bangunan mewah di sini justru malah menggunakan atap jerami yang membuat menjadi sangat natural dengan perpaduan air laut yang sangat bening.

Tak banyak yang bisa mengunjungi Maldives setiap tahunnya, tercatat hanya sekitar satu juta orang yang bisa datang ke Maldives dalam satu tahun. Maldives menjadi destinasi impian yang harus dikunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup kalian.

Namun sayangnya pulau indah ini diperkirakan akan tenggelam dalam waktu 100 tahun mendatang menurut para ilmuwan. Akibatnya karena pemanasan global, permukaan air laut semakin lama semakin meningkat.

2 . Seychelles

Terdapat sebuah pantai yang indah di lepas pantai timur Afrika. Memiliki 115 pulau yang menawarkan keindahan pantai, batu karang yang indah, air laut sebening kristal dan resort bintang lima yang nyaman.

BACA JUGA :  Wisata Kota Bandung Taman Veteran Bandung

Dalam beberapa tahun banyak terumbu karang yang hancur akibat perubahan iklim yang memicu naiknya permukaan air dan gelombang tinggi.  Begitu juga dengan ancaman erosi pantai yang membuat tempat indah ini hanya diprediksi akan bertahan hingga 50 tahun lagi.

3 . Pulau Marshall

Dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang memiliki gradasi warna yang indah, pulau ini terletak diantara Hawaii dan Australia. Pulau ini kerap diterjang oleh ombak tinggai yang mengancurkan rumah-rumah yang dibangun di pesisir pantai.

4 . Kepulauan Magdalen

Keindahan pulau ini dikenal karena pasir putihnya dan tebing yang berwarna merah. Kepulauan ini berada di teluk St. Lawrence yang juga merupakan sebuah pelabuhan. Hal yang memprihatinkan, faktanya bahwa hampir setiap tahun pantai di pulau ini mengalami erosi.

Tak jauh dari kepulauan ini terdapat sebuah tebing es yang diperkirakan akan mencair dalam waktu 75 tahun. Menyedihkan bukan.

5 . Kiribati

Sedikit menjorok dari Samudera Pasifik, inilah pulau dengan destinasi wisata yang paling unggul untuk memancing, melihat burung dan berselancar. Namun bisa saja pulau ini hilang pada tahun 2050 disebabkan karena erosi pantai dan juga beberapa laporan terjadinya pencemaran air

6 . Galapagos

Di pulau ini kalian bisa melihat lebih dekat kehidupan alami beberapa satwa kutub seperti singa laut, penguin langka yang berada di utara khatulistiwa, iguana laut dan kura-kura raksasa. Letaknya berada di lepas pantai Ekuador. Kehidupan satwa-satwa langka tersebut terancam karena beberapa faktor seperti polusi, perubahan iklim hingga predator.

7 . Kepulauan Solomon

Hampir lima pulau tak berpenghuni di Kepulauan Solomon telah tenggelam ditelan lautan. Ada sekitar enam pulau lagi yang terancam tenggelam karena erosi pantai dan naiknya permukaan air laut.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Di Maluku Yang Bisa Kamu Kunjungi

Kepulauan Solomon memiliki sekitar 900 pulau yang terletak di sebelah Timur Papua Nugini. Pesona alamnya tak berbeda jauh dengan pesona alam di Papua. Beberapa aktivitas unggulan dikawasan ini seperti menyelam, snorkelingsurfing, dan juga bisa santai hanya menikmati keindahan alamnya.

Comments

comments