10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik dan Harganya Tahun 2024 Ini!

Cat kayu merupakan salah satu bagian dalam hal interior dan eksterior rumah, karena itu memilih yang terbaik adalah hal yang penting. Ada beberapa jenis cat kayu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kegunaan dan jenis kayu tertentu. Cat kayu biasanya digunakan pada furniture agar terlihat lebih mengkilap dan menarik.

Selain untuk mempercantik tampilan, cat kayu juga dapat berfungsi untuk memperkuat furniture berbahan kayu, menjaganya dari perubahan cuaca dan rayap. Jenis kayu yang digunakan tentu juga dapat mempengaruhi jenis cat kayu yang harus Anda aplikasikan.

Keberadaan cat kayu saat ini sangatlah penting. Selain berfungsi untuk meningkatkan nilai estetika, cat ini juga berfungsi untuk melindungi kayu. Karena tingkat kebutuhannya sangat tinggi, banyak distributor cat kayu yang ada di masing-masing wilayah Indonesia. Berikut 10 rekomendasinya untuk Anda, lengkap dengan harga terbarunya.

1. Rekomendasi Cat Kayu: Avian Cat Kayu dan Besi

1. Rekomendasi Cat Kayu: Avian Cat Kayu dan Besi
Avian cat kayu dan besi dengan hasil akhir yang glossy.

Apakah Anda menginginkan hasil akhir yang glossy tanpa menggunakan pernis? Nah, Anda dapat memilih merk cat kayu terbaik dari Avian Cat Kayu dan Besi ini yang terbuat dari bahan alkyd dan mampu menutup setiap bagian furnitur dengan maksimal.

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama karena cat ini akan cepat kering sehingga dapat menghindari banyaknya debu yang akan menempel. Selain itu, cat yang sudah dilapiskan pada furnitur akan tahan lama, tidak mudah mengelupas, dan dapat tahan terhadap air laut. Jadi, Anda juga dapat mencuci furnitur tersebut apabila diperlukan. Harga untuk satu kaleng Avian cat kayu dan besi relatif terjangkau yaitu sekitar Rp60 ribu.

Penting untuk mengetahui pilihan cat kayu yang direkomendasikan agar fungsinya bisa maksimal seperti sebagai pelindung permukaan, membuat kayu tahan lama, tahan terhadap perubahan cuaca, dan anti rayap. Lagi cari rumah dengan material yang baik dan tahan cuaca? Cek pilihan rumahnya di Depok harga di bawah Rp600 jutaan di sini!

2. Rekomendasi Cat Kayu: Mowilex Water-based Woodstain

2. Rekomendasi Cat Kayu: Mowilex Water-based Woodstain
Rekomendasi cat kayu berikutnya,Mowilex Water-based Woodstain berbahan dasar air.

Mowilex Woodstain diformulasikan sebagai pelapis cat kayu premium berbahan dasar air yang dapat digunakan baik di luar ruangan (exterior) maupun di dalam ruangan dengan formula yang tahan cuaca, Woodstain memberikan perlindungan maksimal terhadap bahan kayu.

Mowilex Woodstain juga tersedia dalam lapisan transparan atau berwarna untuk menambah keanggunan pada permukaan kayu. Dengan menggunakan Mowilex, hasil akhir yang akan diperoleh adalah mengkilap sehingga Anda tidak membutuhkan pernis untuk mempercantiknya. Harga Mowilex Woodstain di pasaran saat ini sekitar Rp90 ribuan untuk ukuran 1 liter.

3. Rekomendasi Cat Kayu: Dulux V-Gloss

3. Rekomendasi Cat Kayu: Dulux V-Gloss
Rekomendasi cat kayu Dulux V-Gloss dengan finishing kayu doff.

Merk cat kayu terbaik selanjutnya adalah Dulux V-Gloss yang merupakan cat kayu dan besi untuk furnitur dalam ruangan dengan finishing kayu doff. Cat kaleng ini dapat mengering dalam waktu 2-3 jam saja sehingga dapat menghindari banyaknya debu yang akan menempel saat cat dalam keadaan basah.

Alat apakah yang akan Anda gunakan untuk mengecat? Nah, Anda dapat menggunakan alat apapun, seperti roll, kuas, maupun spray saat menggunakan cat kayu Dulux V-Gloss ini. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, ya!

Lalu, Anda dapat membersihkan bekas-bekas cat yang berceceran menggunakan Dulux Thinner 850-41 sehingga semuanya akan terlihat lebih rapi. Untuk kisaran harganya, sekitar Rp60.000 untuk ukuran 1 kg.

4. Rekomendasi Cat Kayu: Nippon Paint Woodstain Water-Based

4. Rekomendasi Cat Kayu: Nippon Paint Woodstain Water-Based
Rekomendasi cat kayuNippon Paint Woodstain Water-Based dapat meratakan dan menyamarkan warna kayu yang tidak merata.

Anda tentu tidak asing dengan merk cat Nippon Paint, bukan? Nah salah satu produknya adalah cat kayu terbaik bernama Nippon Paint Woodstain Water-Based yang merupakan pewarna kayu dengan bahan dasar yang water based.

BACA JUGA :  Harga Rolling Door per Meter Lengkap dengan Berbagai Tipe dan Ukuran

Fungsi dari cat kaleng ini adalah untuk meratakan dan menyamarkan warna kayu yang tidak merata serta melindungi kayu dari jamur maupun pelapukan kayu sehingga kayu yang dilapisi cat ini menjadi lebih awet.

Jadi, cocok dipakai untuk kayu yang ada di dalam atau luar ruangan, seperti furnitur kayu, kusen, pagar rumah, dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir karena cat kayu terbaik ini dapat membuat kayu terhindar dari jamur, tahan terhadap alkali, sinar UV, dan gangguan berbagai cuaca.

Selain itu, cat ini juga dapat meresap ke dalam pori-pori dan merupakan cat yang elastis sehingga kayu akan sulit terkelupas. Harga Nippon Paint Woodstain Water-Based di pasaran saat ini sekitar Rp 100.000.

5. Rekomendasi Cat Kayu: Propan Woodstain PWS-631

5. Rekomendasi Cat Kayu: Propan Woodstain PWS-631
Propan Woodstain PWS-631 adalah salah satu cat yang ramah lingkungan.

Merk cat kayu terbaik Propan Woodstain PWS-631 adalah salah satu cat yang ramah lingkungan, cepat kering, tahan dari gangguan berbagai cuaca, maupun jamur. Nah, Anda dapat mengaplikasikan cat ini menggunakan spray atau kuas sesuai dengan kebutuhan.

Jika biasanya hasil pengecatan meninggalkan guratan kuas, maka lain halnya dengan cat kayu terbaik yang satu ini karena hasil akhirnya yang halus. Selain itu, Propan Woodstain cocok digunakan untuk finishing kayu, misalnya kayu, kusen, pergola kayu, lisplang, dan sebagainya.

Tips Lapakfjbku.com

Pagar coklat menggunakan kayu sangat cocok diterapkan pada hunian bergaya skandinavia atau model hunian bergaya Jepang.

Tak hanya itu, ada berbagai pilihan warna cantik yang tersedia, yaitu palisander, cherry, teak, light, walnut, dark brown, akasia, dan akasia bali. Jadi, Anda tertarik untuk memilih warna yang mana? Harga untuk Propan Woodstain PWS-631 di pasaran saat ini adalah sekitar Rp100 ribu dengan ukuran 1 liter.

6. Rekomendasi Cat Kayu: Biovarnish Wood Stain


Rekomendasi cat kayu Biovarnish wood stain aman dari bahan kimia berbahaya.

Apabila Anda pernah melihat cat kayu yang sudah kering namun dapat tergores? Hal tersebut tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda, bukan? Nah, hal itu berbeda dengan Biovarnish Wood Stain yang merupakan bahan pewarna kayu water based karena merk cat kayu terbaik ini tahan goresan.

Selain itu, cat ini juga aman dari bahan kimia berbahaya, ramah lingkungan, tahan terhadap berbagai gangguan cuaca, memiliki daya rekat yang kuat, cepat kering, dan memiliki transparansi yang bagus.

Anda dapat mengaplikasikan cat ini menggunakan kuas maupun alat spray yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Harga terbaru dari Cat kayu Biovarnish wood stain saat ini adalah sekitar Rp 90.000.

7. Rekomendasi Cat Kayu: Jotun Gardex Premium Gloss


Cat kayu Jotun Gardex Premium Gloss dapat mencegah tumbuhnya jamur berbahaya.

Apakah Anda ingin melindungi pintu, jendela, dan langit-langit berbahan kayu yang ada di rumah? Nah, Anda dapat menggunakan Jotun Gardex Premium Gloss yang dapat mencegah tumbuhnya jamur berbahaya. Selain itu, cat premium ini dijamin bebas dari logam berat yang berbahaya sehingga aman untuk diaplikasikan.

Tak hanya itu, Jotun memiliki true color technology yang membuat cat ini memiliki ketahanan warna yang baik sehingga warna tidak mudah pudar. Tidak heran jika Jotun Gardex Premium Gloss menjadi salah satu rekomendasi merk cat kayu terbaik, bukan? Untuk harga yang beredar saat ini, Jotun Gardex Premium Gloss dibandrol dengan harga sekitar Rp80.000.

8. Rekomendasi Cat Kayu: Emco Lux


Cat kayu Emco Lux mempercantik tampilan bagian kayu. (Foto: MerkBagus.id)

Merk cat kayu terbaik dari Emco Lux memiliki berbagai warna mengkilap dengan ketahanan yang baik di segala cuaca dan telah teruji selama puluhan tahun. Selain itu, daya sebar dan daya tutupnya yang baik membuat Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak cat untuk mempercantik tampilan suatu bagian kayu yang dicat.

Namun, pastikan Anda telah membersihkan kayu telah bersih dari debu, bekas minyak, atau kotoran lainnya sebelum menggunakan cat ini. Gunakan cat dasar atau primer terlebih dahulu agar pori-pori kayu dapat tertutupi dengan baik sehingga Anda akan mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Harga cat kayu Emco Lux yang beredar saat ini sekitar Rp.70.000

9. Rekomendasi Cat Kayu: Glotex Super Synthetic Paint


Rekomendasi cat kayu Glotex Super Synthetic Paint dengan bahan dasar solvent.

Selanjutnya ada merk cat kayu terbaik dari Glotex, yaitu Glotex Super Synthetic Paint yang merupakan cat dengan dasar solvent based dan memiliki fungsi untuk melapisi permukaan kayu yang ada di dalam maupun luar ruangan. Apakah Anda mengetahui maksud dari solvent based?

Nah, cat jenis ini biasanya dilarutkan menggunakan thinner, spiritus, methanol, atau minyak yang memiliki daya tahan sedikit lebih lama daripada cat dengan water based. Selain itu, cat kayu ini juga memiliki warna yang mengkilap secara alami, ya!

BACA JUGA :  Pondasi Tapak: Jenis, Fungsi, dan Keunggulan

Jadi jika Anda menginginkan hasil akhir yang doff sebaiknya tidak memilih cat yang satu ini. Sebaiknya Anda melapisi kayu yang dicat sebanyak dua kali untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Harga cat Glotex Super Synthetic Paint saat ini adalah sekitar Rp70.000.

10. Rekomendasi Cat Kayu: Puffin Woodstain Water Based Clear


Rekomendasi cat kayu Puffin Woodstain Waterbased ramah lingkungan dan cepat kering.

Rekomendasi merk cat kayu terbaik yang terakhir adalah Puffin Woodstain Waterbased Clear yang berwarna transparan yang dapat digunakan untuk cat pintu kayu. Anda dapat memilih warnanya yang clear gloss atau clear doff. Hasil akhir manakah yang Anda inginkan? Bahan dasarnya yang berupa air membuat cat ini termasuk dalam kategori cat kayu yang ramah lingkungan dan cepat mengering.

Selain itu, merk cat yang satu ini dapat Anda gunakan untuk melapisi apapun yang berbahan dasar kayu di luar ruangan sekalipun, seperti gazebo karena tahan terhadap berbagai cuaca dan juga waterproof. Harga dari cat Puffin Woodstain Waterbased terbaru di pasaran saat ini adalah sekitar Rp70.000.

Tips Memilih Cat Kayu yang Baik


Pilihlah cat kayu yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan cat kayu mungkin terdengar sepele, beberapa orang lebih mementingkan warnanya. Padahal jika dilakukan sembarangan, hasilnya akan menjadi kurang sempurna dan kayu tidak terlihat indah. Lalu, apa saja yang perlu kamu perhatikan saat memilih cat kayu?

Simak 5 tips berikut.

1. Perhatikan Jenis Kayu

Anda harus mengetahui jenis kayu yang akan dicat terlebih dahulu. Pasalnya masing-masing kayu memiliki serat dan kandungan kimia yang berbeda. Misalnya saja untuk kayu jati yang memiliki serat dan tekstur cantik, akan lebih baik jika dilapisi menggunakan cat kayu berbahan dasar air. Dengan demikian, kecantikannya tetap menonjol dan lebih mengkilap.

Sedangkan kayu dari pohon pinus atau yang disebut juga kayu jati belanda biasanya memiliki serat dan warna yang tidak merata. Untuk menyiasatinya, kamu perlu menggunakan cat kayu yang sifatnya primer coat.

2. Perhatikan Posisi Penempatan Furnitur

Selanjutnya adalah melihat posisi di mana furnitur akan ditempatkan. Misalnya untuk pagar kayu yang sering terkena sinar matahari dan hujan, pilihlah cat waterproof. Dengan demikian pagar kayu tidak akan mudah lapuk, ditumbuhi lumut, dan berjamur.

Untuk lantai kayu, gunakan cat kayu yang sifatnya melindungi kayu dari gesekan sepatu dan benda-benda berat. Sedangkan furnitur kayu biasa seperti meja, kursi, dan lemari, cukup menggunakan cat kayu plitur atau cat warna solid karena tidak sering terkena gesekan.

3. Pilih Cat Kayu Berdasarkan Tingkat Transparansi

Berdasarkan tingkat transparansi, cat kayu terdiri atas cat warna solid dan cat pelitur transparan. Karena itu rekomendasi untuk Anda adalah memilih Cat kayu warna solid memiliki kepekatan tinggi sehingga serat kayu bisa tertutupi dengan sempurna dan cocok untuk melapisi furnitur kayu minimalis serta modern.

Sementara, cat kayu plitur transparan bisa menambah kilau pada permukaan kayu dan melindunginya dari goresan, namun serat kayu tetap terlihat seperti aslinya. Cat yang satu ini cocok untuk furnitur bergaya klasik, etnik, dan tradisional.

4. Pilih Cat Kayu Berdasarkan Cara Pengaplikasiannya

Sama seperti cat pada umumnya, cat kayu pun jenisnya dibedakan untuk pengaplikasian menggunakan alat semprot dan kuas. Cat kayu semprot digunakan untuk melapisi permukaan furnitur yang memiliki banyak ukiran atau bentuk rumit.

Dengan demikian, celah-celah kecil bisa dilapisi dengan sempurna. Sedangkan cat kayu yang dioleskan menggunakan kuas lebih cocok untuk melapisi permukaan kayu yang rata.

5. Pilih Warna Cat Kayu yang Tepat

Memilih warna cat kayu yang tepat butuh proses juga, tidak hanya sekedar menunjuk warna favorit. Pada saat memilih, jangan terpaku pada kartu warna yang disediakan oleh pihak produsen cat kayu. Sebaiknya kamu membawa potongan kayu sisa dari furnitur yang akan dicat untuk diolesi cat kayu.

Mengapa? Karena hasil warna akhirnya bisa jadi berbeda pada masing-masing jenis kayu. Daripada sia-sia membeli cat yang salah dan merusak tampilan furnitur, lebih baik dicoba sedikit dulu.

Penempatan furnitur juga bisa mempengaruhi pilihan warna. Jika diletakkan di tempat gelap, pilihlah warna cat kayu yang terang. Sebaliknya jika diletakkan di tempat terang, pilihlah warna yang gelap atau netral.

Rekomendasi dan Tips Menggunakan Cat Kayu yang Benar


Lakukan langkah yang benar saat mengaplikasikan cat kayu.

Anda bisa melakukan pengecatan kayu sendiri di rumah, namun bisa jadi tidak tahu caranya. Bahkan, jika Anda paham caranya, tidak ada salahnya kamu mengecat ulang furnitur agar terlihat lebih terawat.

BACA JUGA :  Pengertian Tali Air, Cara Implementasi, Manfaat dan Penjelasan Lengkapnya

Namun, cara mengecat kayu warna putih tentu tidak semudah kalau Anda memang memahami tips dan triknya seperti berikut:

1. Pastikan Kayu Telah Bersih, Rata, dan Kering

Langkah pertama dalam cara mengecat kayu yang baik tentunya memastikan material dalam kondisi bersih, rata, dan kering. Pastikan kalau kayu telah diamplas atau setidaknya sudah bersih, permukaan juga sudah rata meski bisa jadi Anda ingin permukaan memang dibiarkan alami.

2. Pakai Lapisan Primer dan Dempul

Setelah kayu diamplas atau telah dibersihkan, Anda bisa mengaplikasikan lapisan primer pada material kayu. Jika Anda memilih untuk mendapatkan tekstur kayu yang terlihat, pilihannya memang memakai lapisan ini.

Namun, jika memilih warna yang lebih gelap, maka pilihannya memang menggunakan dempul agar seluruh permukaan kayu tertutup dengan rata. Anda bisa menggunakan cat undercoat kayu, tentunya sebagai pilihan cara mengecat kayu agar tidak meresap.

3. Pahami Prosedur Pengecatan Kayu

Salah satu rekomendasi prosedur pengecatan kayu adalah mengetahui mengenai pilihan cat, apakah cat kayu water based atau cat kayu solvent based. Jika Anda memilih cat kayu solvent based maka pengencernya adalah thinner cat kayu, sedangkan pengencer cat kayu water based sudah tentu memakai air.

4. Aplikasikan Pernis

Salah satu tips dan cara mengecat kayu agar mengkilap adalah mengaplikasikan pernis kayu atau clear coat usai mengecat. Inilah cara membuat kayu mengkilap seperti kaca sehingga terlihat lebih indah dan tentunya berbeda dari kayu lain.

Lapisan ini bisa melindungi cat, tentunya agar tahan lama dari sinar ultraviolet, goresan, atau lainnya. Nah, inilah prosedur mengecat kayu yang baik dan benar, sebenarnya sih apapun caranya mulai dari cara mengecat kayu dengan cat minyak.

Atau cara mengecat kayu dengan kompresor, cara mengecat pintu kayu dengan cat minyak, atau cara mengecat pintu kayu dengan politur/plitur kayu. Urutan tata caranya memang sama, jadi kamu hanya perlu mengikuti cara mengecat kayu dengan kuas atau cara mengecat pintu kayu yang benar.

Seputar Rekomendasi Cat Kayu Ramah Lingkungan


Hasil finishing kayu dengan cat yang ramah lingkungan juga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Melakukan finishing kayu dengan cat ramah lingkungan adalah hal yang penting, cat ramah lingkungan membuat proses finishing kayu lebih nyaman dan aman. Hasil finishing kayu dengan cat yang ramah lingkungan juga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Jika Anda sering menemukan aroma yang menyengat dari cat atau bahan finishing maka Anda harus lebih waspada karena aroma tersebut berisi banyak sekali kandungan logam berat.

Pada awalnya, Anda akan merasakan mata yang perih kemudian berubah menjadi iritasi mata, Anda juga akan merasakan sakit tenggorokan bahkan akan menimbulkan batuk.

Jika gejala tersebut dirasakan berkelanjutan maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Jika tidak gejala tersebut akan berubah menjadi penyakit yang bisa mengancam nyawa Anda dan semua itu berawal dari kesalahan penggunaan produk cat.

Ketika Anda sedang mencari produk finishing bahkan jika Anda akan mencari produk furniture yang akan digunakan di dalam rumah maka Anda harus mencari produk yang tidak mengandung bahan logam berat.

Mencari jenis cat kayu ramah lingkungan saat ini tidak sesulit zaman dahulu karena cat yang saat ini banyak digunakan adalah cat water based. Lalu seperti apakah jenis cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan? Selain tidak mengandung logam berat kualitas apalagi yang dibutuhkan dalam sebuah produk cat?

Mengapa banyak rekomendasi cat kayu water based dianggap lebih aman dibandingkan dengan cat solvent? Pernahkah Anda mempertanyakan hal ini dalam kepala Anda? Penggunaan cat minyak atau solvent based sudah dimulai sejak abad pertengahan bahkan hingga saat ini.

Dulu manusia masih menggunakan cat solvent sebagai bahan finishing hingga pada suatu saat penelitian mengenai cat solvent pada kesehatan manusia memberikan hasil bahwa kandungan dalam cat solvent yaitu logam berat sangat tidak dibutuhkan dalam tubuh manusia.

Percobaan pun dilakukan pada berbagai jenis hewan dan memberikan hasil bahwa logam berat pada cat solvent menimbulkan penyakit kanker. Setelah banyak penelitian mengenai cat solvent, pada tahun 1990 The Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika salah satu logam berat yang banyak terdapat pada cat yaitu merkuri dilarang lagi untuk digunakan.

Maka setelah itu pula diciptakanlah cat water based yang tidak mengandung logam berat yang mengancam kesehatan manusia. Selain di Amerika, di Eropa juga telah dibentuk standar regulasi penggunaan bahan kimia pada cat yaitu ECHA (European Chemical Agency).

Dalam standar ECHA ini penggunaan 82 jenis bahan kimia sangat dibatasi bahkan beberapa ada yang dilarang. Baik itu US EPA dan ECHA selalu memperbaharui peraturan standar penggunaan bahan kimia setiap tahunnya sehingga semua produk cat kayu ramah lingkungan pasti selalu mengikuti kedua standar regulasi tersebut.

Itulah 10 rekomendasi cat kayu terbaik beserta harga terbarunya. Agar mendapat hasil yang maksimal, aneka tips di atas juga dapat Anda aplikasikan saat ingin mengecat kayu.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com