15 Desain Cafe Minimalis yang Tengah Diminati Saat Ini Di 2024

Menjamurnya bisnis coffee shop serta resto dengan target pasar kaum urban membuat berbagai gaya arsitektur dan desain cafe minimalis ikut bertumbuh subur.

Betapa tidak? Selain menjual rasa, cafe juga menjual visual dengan memanfaatkan gaya interior tertentu, salah satunya cafe minimalis. Beberapa gaya cafe yang populer saat ini meliputi cafe minimalis, vintage, shabby chic, dan desain kontemporer.

Mengubah cafe menjadi gaya terkini menjadi salah satu strategi untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak. Jika Anda tertarik untuk mengubah cafe saat ini, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut terkait rekomendasi cafe minimalis yang tengah diminati. Namun sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini merupakan pokok-pokok pembahasannya.

Konsep Desain Cafe Minimalis

Desain cafe minimalis dapat memaksimalkan ruang-ruang agar dapat digunakan lebih efisien. (Sumber: Pexels.com)

Terbatasnya lahan dan harga yang cukup tinggi di perkotaan menjadikan tantangan tersendiri bagi pebisnis yang bergerak dalam bidang cafe. Hal ini dikarenakan bagaimana cara untuk mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung namun dengan kapasitas cafe yang terbatas. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mendesain cafe minimalis.

Dengan mengaplikasikan konsep minimalis, Anda dapat memaksimalkan ruang-ruang cafe dengan lebih maksimal. Hal ini dikarenakan desain minimalis lebih mengedepankan fungsi ruang dan mengeliminasi elemen-elemen yang dianggap tidak penting. Hasilnya ruangan akan terlihat lebih nyaman, fungsional dan modern. Beberapa aspek penting inilah yang disukai oleh para pengunjung.

Desain Cafe Minimalis yang Nyaman Seperti di Rumah

Suasana nyaman seperti di rumah menjadi inspirasi desain cafe minimalis. (Sumber: Pexels.com)

Kenyamanan dalam sebuah cafe merupakan aspek penting yang menentukan pengunjung akan kembali ke cafe Anda atau tidak. Bahkan skala kenyamanan cafe sebisa mungkin menyerupai kenyamanan saat di rumah. Hal ini tentunya merupakan pekerjaan rumah yang cukup krusial bagi pemilik cafe.

Untuk menjadikan cafe yang nyaman seperti di rumah, Anda bisa mengatur interior yang memberikan atmosfer menenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan pemilihan warna-warna yang lembut atau netral.

BACA JUGA :  4 Gambar Desain Rumah Tahan Gempa Sesuai Anjuran BNPB

Selain itu, penempatan dekorasi seperti tanaman atau hiasan seperti lukisan yang sesuai tema akan mendukung atmosfer yang menenangkan. Selain itu, faktor lingkungan juga cukup menentukan.

15 Contoh Gambar Desain Cafe Minimalis yang Tengah Menjadi Tren

Tren cafe minimalis banyak diminati pengunjung saat ini. (Sumber: Pexels.com)

Banyaknya tantangan untuk menjadikan sebuah cafe disukai banyak orang, membuat pemilik cafe harus terus berinovasi dan menemukan solusi. Inovasi tersebut bisa saja diwujudkan dalam deretan menu makanan atau gaya desain itu sendiri.

Jika Anda telah memiliki tekad untuk berbisnis cafe namun belum menemukan desain minimalis yang sesuai. Berikut ini merupakan 15 cafe minimalis yang tengah menjadi tren di banyak kalangan termasuk para kaum urban.

1. Cafe Industrial

Suasana desain cafe minimalis industrial. (Sumber: Pexels.com)

Gaya cafe industrial berkembang di abad 19. Di abad ini pula, era modernisasi (dan gaya arsitektur modern) mulai berkembang dan menggeser era industrial. Pabrik-pabrik kuno pun terlantar dan banyak yang diubah fungsinya tanpa mengubah struktur bangunan. Dari sinilah, gaya industrial mulai dikenali dan berkembang pesat di tahun 2000-an.

Desain cafe minimalis industrial kini kian diminati oleh banyak orang karena keunikan yang dimiliki cafe ini. Yaitu walau terkesan usang, namun terlihat modern dan urban pada saat bersamaan. Asalkan tepat memilih furnitur, gaya industrial akan terlihat hangat dan manis bagi cafe Anda.

Tips Lapakfjbku.com

Untuk menciptakan suasana industrial, pastikan perbanyak ruang terbuka tanpa batasan.

2. Cafe dengan Kombinasi Logam dan Kayu

Kombinasi elemen kayu dan logam merupakan konsep yang biasa diusung cafe industrial. (Foto: Modishspace.com)

Salah satu karakteristik gaya cafe minimalis industrial adalah menggabungkan hal baru dan hal usang. Penerapan konsep ini banyak ditemui di cafe minimalis industrial berupa dengan penggabungan antara elemen kayu dan logam.

Anda bisa melihat contohnya pada cafe minimalis di atas, elemen logam terasa kental karena struktur bangunan yang menyerupai hanggar atau warehouse. Karena itu, unsur modernnya ditekankan pada penggunaan furnitur kayu.

3. Implementasi Bata Ekspos

Pemakaian batu bata ekspos ini paling sering ditemui di cafe industrial. (Foto: Instagram.com/kopi_kecil)

Konsep cafe minimalis berikutnya adalah dengan implementasi bata ekspos. Bisa dibilang konsep ini adalah salah satu ciri yang masuk kedalam gaya industrial. Baik itu berwarna merah terakota atau bata yang dicat putih, batu bata ekspos memberikan kesan “pabrik” yang kental.

Desain Coffee shop lokal Kopi Kecil biasanya menggunakan batu bata ekspos dan dinding semen unfinished, café industrial ini juga menggunakan kayu usang untuk memaksimalkan nuansa industrialnya.

4. Cafe dengan Unsur Organik

Mulai dari unsur organik hingga furniture bekas-pakai, cafe industrial ini merupakan paket komplet gaya industrial. (Foto: Instagram.com/pigeonholecoffee)

Konsep cafe minimalis berikutnya adalah dengan mengusung unsur organik. Anda bisa meletakkan batu bata ekspos atau menggunakan lantai semen untuk memberikan kesan organik. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan beberapa tanaman hijau, guratan seni pada dinding, dan kayu usang, serta furniture bekas pakai.

BACA JUGA :  10 Inspirasi Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36, Beragam Ukuran dan Desain

5. Bergaya Vintage

Cafe industrial di Singapura ini punya elemen industrial paling populer; instalasi listrik dan pipa air yang dipajang begitu saja. (Foto: Habitusliving.com)

Pabrik zaman dulu lebih mementikan segi fungsional ketimbang segi estetika. Karena itulah, sistem instalasi listrik dan pipa air tak ditanam dalam dinding atau langit-langit, melainkan dipajang begitu saja untuk kemudahan perbaikan.

Karakteristik ini juga yang paling sering diadopsi cafe industrial. Tak perlu repot, Anda tinggal memadukannya dengan lantai semen dan keramik bergaya bata putih, seperti Thus Coffee yang desainnya ditampilkan di HabitusLiving.

Desain cafe minimalis bergaya vintage dapat memberikan kesan nostalgia pada pengunjung. karakteristik cafe minimalis bergaya vintage adalah penggunaan ornamen dan interior yang berasal dari era generasi sebelumnya.

Anda bisa menempatkan interior seperti elektronik jadul seperti pemutar musik, TV, atau radio. Selain itu, penggunaan furniture bergaya lama seperti kursi dan meja akan memberikan kesan vintage lebih kuat.

6. Dekorasi Semen Unfinished

Dinding dan lantai semen merupakan elemen populer pada cafe industrial. (Sumber: Mindsparklemag.com)

Agar memberikan kesan yang berbeda, Anda bisa menggunakan cafe minimalis dengan dekorasi semen unfinished. Pengaplikasian ini dapat dilakukan pada dinding atau lantai. Semen memang merupakan material bangunan yang murah namun sangat kokoh. Agar tidak terkesan kaku, padukan dengan elemen modern pada perabotnya.

7. Konsep Negative Space

Cafe industrial di Melbourne, Australia, ini memiliki konsep industrial-modern yang penuh gaya. (Sumber: Travelaway.me)

Cafe minimalis dengan konsep negative space mengangkat kepraktisan sebagai tema utama. Konsep negative space menghapus segala keribetan pada desain interior Anda. Perabot dibuat minimalis dan fungsional, denah dibuat tertata dan terstruktur, ruang lapang dengan keleluasaan gerak.

8. Hiasan Lampu Gantung

Adanya instalasi pipa air, pipa udara, hingga listrik, penggunaan lampu gantung adalah hal lumrah pada cafe industrial. (Sumber: Propertyguru.com.my)

Hiasan lampu gantung dapat menjadi pilihan pada konsep desain cafe minimalis. Selain mempercantik ruangan, lampu gantung memberikan efek pencahayaan yang dapat diatur sesuai dengan preferensi Anda.

Meski desain lampu gantungnya beragam, ada beberapa material yang umum digunakan. Anda bisa memakai lampu gantung berbahan porselen, lampu dengan rangka logam, atau lampu bohlam.

9. Cafe ala Jepang

Cafe nuansa Jepang memberikan kesan tradisional . (Sumber: Pinterest.com)

Cafe minimalis berikutnya adalah cafe yang berkonsep nuansa Jepang. Konsep ini semakin disukai seiring dengan kepopuleran budaya Jepang saat ini.

Ornamen-ornamen khas Jepang yang bisa Anda tempatkan pada cafe seperti bunga sakura, lukisan khas jepang, hingga ornamen huruf kanji jepang.

Selain itu Anda bisa menggunakan furniture meja dan kursi khas Jepang yang didominasi unsur kayu dan warna pastel.

BACA JUGA :  Memahami Definisi dan Ciri Khas Gaya Rustic

10. Penggunaan Jendela Besar

Jendela besar pada cafe memberikan pencahayaan alami yang baik (Sumber: Pexels.com)

Mungkin selama ini Anda tidak sadar, jika cafe minimalis dengan bukaan jendela besar memiliki banyak keuntungan. Keuntungan pertama tentunya memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik pada cafe.

Keuntungan berikutnya yang belum banyak orang ketahui adalah konsep ini sangat ideal untuk menarik pelanggan. Hal ini dikarenakan orang-orang yang melewati cafe dengan konsep ini dapat melihat secara langsung kondisi dan atmosfer di dalam cafe.

11. Cafe Monokrom

Cafe bergaya monokrom akan memberikan kesan klasik. (Sumber: Pexels.com)

Selama ini mungkin Anda sudah sering melihat cafe yang memiliki desain penuh warna. Namun, ternyata desain cafe minimalis dengan konsep monokrom bisa menjadi alternatif untuk menarik pelanggan.

Anda bisa memulai dengan pemilihan warna monokrom seperti hitam atau putih. Agar terlihat konsisten interior dan furniture juga harus mengikuti kesesuaian tema monokrom yang dipilih.

12. Dekorasi Interior Kayu

Nuansa kayu pada cafe memberikan kesan hangat. (Sumber: Pexels.com)

Sebagai negara tropis, desain cafe minimalis dengan interior kayu sangat cocok untuk memberikan kesan sejuk dan tenang. Anda bisa memilih berbagai jenis furniture mulai dari meja, kursi, hingga lemari dengan bahan kayu. Selain itu, agar nuansa kayu lebih terasa, Anda bisa melapisi lantai dengan parket berpola kayu alami.

13. Nuansa Rumah Modern

Cafe dengan nuansa rumah modern menjadi pilihan untuk pertemuan keluarga (Sumber: Pexels.com)

Di berbagai destinasi wisata seperti Jogja, Bandung, dan Bali, banyak rumah yang dialih fungsikan menjadi cafe. Dengan rumah sebagai bangunan awal, akan memberikan konsep homie dan nyaman. Selain konsep sederhana, Anda juga bisa mengubahnya menjadi cafe nuansa rumah modern. Tipsnya dengan pemilihan interior dan furniture bergaya modern.

14. Desain Cafe Take Away

Cafe take away menjadi solusi lahan terbatas (Sumber: Pexels.com)

Jika Anda bercita-cita memiliki cafe namun tidak memiliki lahan yang luas, desain cafe minimalis take away adalah solusinya. Anda bisa memanfaatkan lahan sempit hanya untuk operasional cafe yaitu dapur.

Walaupun ukurannya kecil, Anda tetap perlu memikirkan agar cafe terlihat menarik dan menonjol. Misalkan tempatkan beberapa kursi-kursi cantik untuk pelanggan, tanaman hias, dan papan menu.

15. Cafe Minimalis Luar Ruangan

Desain cafe minimalis juga dapat diterapkan di luar ruangan. (Sumber: Pexels.com)

Selain dekorasi yang minimalis di dalam ruangan, anda tetap bisa menerapkannya di area luar. Bila konsep cafe yang anda usung adalah untuk pecinta makanan vegetarian, suasana luar ruangan yang asri bisa semakin mendukung konsep tersebut. Selain bersantap makanan, pengunjung juga mendapatkan suasana yang lebih intim, personal, dan memanjakan mata dengan pemandangan luar.

Nah, dengan 15 referensi desain cafe minimalis di atas, desain mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Jangan lupa untuk mengaplikasikan tips-tips di atas agar cafe Anda dikunjungi banyak orang!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com