Mereka Yang Pertama dari Berbagai Binatang Di Dunia

By | March 17, 2019

Lapakfjbku.com – Walau kita tidak bisa menyatakan bahwa hewan berikut ini adalah yang “pertama”, karena pasti urutan tersebut akan selalu berubah ketika para Paleontologists menemukan fossil baru yang dapat mengalahkan fosil sebelumnya. Tapi dibawah ini adalah beberapa pilihan kami dari hewan yang teridentifikasi sebagai mereka yang “pertama” dari berbagai hewan di Kerajaan Binatang.

1. The First Dinosaur – Eoraptor
Sekitar 230 Jutaan tahun lalu, lahir lah dinosaurus pertama dari keturunan Archosaur. Eoraptor , sang “dawn raptor,” walaupun dia sebenarnya bukan lah seorang raptor, tapi dia memang adalah dinosaurus pertama yang hidup. Eoraptor berukuran 1 m-an dari kepala ke ekor dan berbobot sekitaran 10 kilogram. Namun dia didukung oleh ukurannya yang kecil dengan giginya yang tajam dan lima jari tangan.
2. The First Dog – Hesperocyon
Hesperocyon berukuran seperti Rubah, memiliki telinga seperti anjing modern, dan berkeliaran secara berkelompok.

 

3. The First Tetrapod – Tiktaalik
Tetrapoda adalah hewan vertebrata yang berkaki empat, kaki atau seperti kaki. Amfibia, reptil, dinosaurus, unggas, dan mamalia merupakan bagian dari tetrapoda, dan bahkan ular yang tidak memiliki kaki juga merupakan tetrapoda menurut keturunan. Tiktaalik hidup pada periode akhir Devonian (375 Jutaan tahun lalu); Struktur tulangnya lebih baik dari Ikan besirip lobus (Ikan yang selama ini diyakini sebagai Tetrapod Pertama). Dia merupakan kandidat terbaik untuk Tetrapod pertama dari semua ikan yang mempunyai kaki empat lainnya.
4. he First Horse – Hyracotherium
Hyracotherium (populer dikenal dengan nama Eohippus) pertama muncul 55 juta tahun lalu di amerika utara. Genus ini adalah hewan kecil yang hidup di hutan dan dipandang merupakan anggota pertama famili Equidae (Kuda), dan leluhur semua anggota famili ini. Hyracotherium teradaptasi dengan habitatnya di hutan Eosen di belahan utara: ia memiliki empat kuku di kaki depan dan tiga di kaki belakang. Ini membantunya berpindah dengan mudah di lantai hutan yang lembut. Ukurannya kecil, memungkinkannya bergerak mudah di antara vegetasi yang padat dan menyembunyikannya dari predator.

5. The First Turtle – Odontochelys

Odontochelys semitestacea adalah penyu tertua yang pernah ditemukan. Penyu ini merupakan satu-satunya spesies dalam genus Odontochelys dan famili Odontochelyidae. Odontochelys dideskripsikan berdasarkan tiga spesimen berusia 220 juta tahun yang ditemukan di Guizhou, Cina. Penyu kuno ini memunyai banyak perbedaan dengan penyu saat ini. Contohnya, penyu modern tidak punya gigi, namun Odontochelys memunyainya. Selain itu, spesies ini hanya punya cangkang di bagian bawah, sementara cangkang penyu modern lengkap atas dan bawah.

6. The First Bird – Archaeopteryx

Archaeopteryx adalah jenis burung paling awal dan primitif yang diketahui. Binatang ini hidup pada Periode Jura sekitar 155–150 juta tahun lalu yang saat ini dikenal sebagai wilayah Jerman bagian selatan. Dalam Bahasa Jerman, Archaeopteryx dikenal sebagai Urvogel, sebuah kata yang berarti “burung yang asli” atau “burung pertama”.

7. The First Crocodile – Erpotesuchus


 

Memang agak membingungkan, archosaurs (“ruling lizards”) pada awal periode Triassic, berevolusi menjadi 3 macam reptil : Dinosaurus, pterosaurus, dan Buaya. Hal inilah yang menyebabkan Erpetosuchus, the “crawling crocodile,” tidak begitu berbeda dengan Eoraptor, sang dinosaurus pertama. Erpetosuchus berjalan menggunakan dua kaki dan selain mulut nya yang panjang, dia terlihat seperti reptil pada umum nya, sehingga kita tidak menduga bahwa dia akan berevolusi menjadi Predator yang ganas.

8. The First Fish – Pikaia


530 jutatahun lalu, dunia masih berupa lautan luas. Mahluk bertulang punggung pertama muncul. Bentuknya seperti ikan dan jumlahnya sangat banyak. Namanya Pikaia dan merupakan evolusi dari cacing. Ikan pertama ini memiliki ekor yang belum sempurna karena lebih mirip larva. Ia melumpuhkan mangsanya dengan menyemprotkan air berkecepatan tinggi hingga mangsa tidak berdaya.
Pikaia juga merupakan nenek moyang dari Mamallia, Dinosaurus, Burung dan berbagai hewan lainnya dikemudian hari.

9. The First Mammal – Megazostrodon

Megazostrodon adalah hewan yang diakui sebagai mamalia pertama yang diperkirakan hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu. Memang karakteristik nya sedikit berbeda dengan mamalia sekarang, namun itu adalah hal kecil dibandingkan dengan analisa bahwa hewan ini berada di tahap akhir dari evolusi Cynodont atau Reptil yang mirip dengan mamalia dan hewan Mamalia sesungguhnya.

10. The First Whale – Pakicetus


Dia Hidup sekitar 50 juta Tahun yang lalu. Fosil pertamanya ditemukan di Pakistan, sesuai namanya. Tempat dimana fosil pertamanya ditemukan di pesisir Laut Tethys. Fosil pertamanya, tengkorak yang kesepian, sempat dikira sebagai mesonychid, tapi Gingerich dan Russell mengenalinya sebagai paus awal dari bentuk karakteristik telinganya, yang hanya ditemukan pada paus.

Kerangka utuhnya ditemukan tahun 2001, membuktikan bahwa Pakicetus adalah hewan darat, berukuran sebesar serigala, dan mirip dengan para mesonychid.

11. The First Reptile – Hylonomus
Jika sudah sampai sejauh ini, pasti kalian tidak terlalu terkejut jika mengetahui bahwa, nenek moyang dari Dinosaurus, Buaya dan Kadal adalah, Reptil kecil tidak berbahaya Hylonomus (“forest dweller”), yang hidup di Amerika Utara sekitar periode akhir Carboniferous. Makanannya merupakan serangga, seperti umumnya Kadal modern. Namun para ahli banyak yang meragukan hal ini, dan menganggap Westlothiana sebagai Reptile pertama yang sebenarnya. Sehingga bisa dianggap juga bahwa hewan ini adalah hewan amfibi.
12. The First Primate – Purgatorius
Ilmuwan menemukan fosil-fosil tulang hewan purba mirip tupai yang memberi petunjuk baru tentang kehidupan primata tertua dan paling primitif di dunia. Hewan ini–bernama Purgatorious–kemungkinan menghabiskan sebagian besar waktunya tinggal di pohon dan makan buah.
Para ilmuwan yang menganalisis fosil tersebut memperkirakan Purgatorious hidup sekitar 66 juta tahun lalu. Dengan bobot sekitar 1,3 ons, hewan ini seukuran lemur tikus Madagaskar, mamalia terkecil yang masih hidup saat ini. Tubuhnya diselimuti rambut cokelat dan memiliki ekor berambut lebat. Purgatorius memiliki banyak gigi, termasuk geraham untuk mengunyah buah.

13. The First Cat – Proailurus

Proailurus (meaning “first cat”) adalah Carnivora Prasejarah yang hidup di Eropa dan Asia sekitar 25 juta tahun yang lalu di akhir periode Oligocene dan Miocene. Proailurus adalah hewan dengan tubuh kekar namun berukuran kecil, walaupun sedikit lebih besar dari kucing rumahan. Berbobot sekitar 9 kg. Mempunyai ekor panjang, mata besar dan kuku dan gigi yang tajam.

14. The First Snake – PachyrhachisPachyrhachis adalah marga dari ular yang telah punah. Dia mempunyai kaki pada bagian belakang tubuh nya. Fosilnya ditemukan di Ein Yabrud, dekat Ramallah, Timur Tengah. Ular ini berukuran kecil, sekitar 1 m, Pachyrhachis dipercaya merupakan ular laut.

15 The First Shark – Cladoselache
Cladoselache (namanya berarti “branch-toothed shark”) hidup pada periode akhir Devonian, sekitar 370 juta tahun lalu, membuatnya menjadi hiu pertama dari Perhitungan fossil. Hiu ini berukuran sekitar 1.8 meter dan berkeliaran di laut Amerika Utara.

Comments

comments