9 Tempat Piknik di Jakarta Paling Epik Terbaik Di Tahun 2024

Mencari tempat piknik di Jakarta untuk mengisi waktu luang di akhir pekan bukanlah perkara sulit. Sebagai ibu kota dengan segala fasilitas dan sarana yang mendukung, Jakarta memiliki berbagai macam tempat-tempat yang lagi hits untuk memenuhi kebutuhan piknik Anda.

Piknik memang menjadi salah satu kegiatan yang efektif untuk mengobati kejenuhan akibat rutinitas harian. Jika dilakukan dengan tepat, mulai pemilihan tempat dan pertimbangan waktu, piknik akan membuat kondisi fisik dan psikis menjadi lebih segar. Efeknya, Anda akan jauh lebih produktif lagi.

Nah, sudah siap untuk berburu tempat piknik di Jakarta? Kami rangkumkan untuk Anda beragam tempat piknik di Jakarta yang epik dan pas untuk mengisi waktu liburan.

1. Tebet Eco Park

1. Tempat Piknik di Jakarta: Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, tempat piknik di Jakarta yang menghadirkan kebahagiaan mulai dari anak-anak hingga lansia.

Tebet Eco Park, yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat piknik di Jakarta membuat penasaran masyarakat. Sebelum mulai dilakukan revitalisasi pada tahun lalu, ruang terbuka hijau ini bernama Taman Honda. Progres selama revitalisasi yang diperlihatkan pihak pengelola membuat masyarakat antusias menantikan kehadiran Tebet Eco Park.

Ya, Tebet Eco Park baru dibuka bulan April tahun ini. Tebet Eco Park mengadopsi visi connecting people with nature, yakni dibangun untuk mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat.

Berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, tempat piknik di Jakarta ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan.

Di samping terdapat taman-taman tematik dan playground lengkap dengan gardu pandangnya, Tebet Eco Park memiliki infinitity link bridge. Jembatan ikonik berwarna orange mencolok ini menghubungkan sisi selatan dan utara taman yang “terbelah” oleh Jalan Tebet Timur Raya.

Alamat:

Jl. Tebet Timur Raya No.10, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, pukul 06:00-21:00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

2. Taman Piknik Satriamandala

2. Tempat Piknik di Jakarta: Taman Piknik Satriamandala

Taman Piknik Satriamandala, tempat piknik di Jakarta dengan nuansa militer yang humanis.

Baru setahun dibuka, tempat piknik di Jakarta yang satu ini memang lagi hits banget. Taman Piknik Satriamandala sebenarnya merupakan halaman Museum Satria Mandala yang “disulap” menjadi tempat wisata kuliner berkonsep piknik. Di sini, tersaji ragam sajian kuliner yang dijajakan oleh gerai-gerai UMKM.

Bersanding dengan alat-alat tempur yang menjadi koleksi museum, Anda bisa duduk lesehan di halaman berumput hijau nan asri sambil menikmati suasana kota. Selain mencicipi sajian kuliner yang dipesan, Anda juga bisa mencari produk lokal, seperti tas, batik, serta lainnya.

Serunya lagi, Anda tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan piknik jika datang ke Taman Piknik Satriamandala. Di sini tersedia piknik set yang cukup lengkap dengan hanya membayar 25 ribu rupiah, antara lain tikar, selimut, dan sebuah meja. Tempat piknik di Jakarta ini juga memiliki fasilitas co-working space, akses wi-fi, toilet, kafe, dan musala.

BACA JUGA :  Umbul Pongok, Kolam Renang Alami Klaten Paling Terkenal!

Alamat:

Jl. Gatot Subroto No.14, Kuningat Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 09.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Museum Satria Mandala:
  • Dewasa 10000
  • Anak-anak 5000
  • Sewa Piknik Set: Rp25.000

3. Pantai Pasir Putih-PIK 2

3. Tempat Piknik di Jakarta: Pantai Pasir Putih-PIK 2

Wisata pantai paling seru dan cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Tempat piknik di Jakarta yang berupa destinasi wisata alam juga ada, lho! Bermain di pantai, apalagi dengan pasirnya yang putih menawan, pasti seru dan asyik. Nah Anda bisa ajak keluarga atau teman ke Pantai Pasir Putih (White Sand Beach), di Pantai Indah Kapuk 2.

Garis pantai di kawasan ini sekitar empat kilometer, cukup panjang sehingga terkesan bak hamparan permadani putih. Jika Anda ingin piknik ke Pantai Pasir Putih, Anda bisa membawa bekal sendiri atau membelinya di sentra wisata kuliner yang ada di pinggir pantai.

Cukup gelar tikar di atas pasirnya yang lembut, Anda sekeluarga langsung bisa menikmati sensasi debur ombak sambil mencicipi bekal. Anda bisa puas menatap debur ombak dan berpose cantik. Kalau sudah sampai sini, jangan lewatkan pesona sunset-nya, ya!

Pantai Pasir Putih menyediakan jogging track bagi Anda yang gemar berolahraga. Di sisi pantai lainnya, Anda pun bisa bersepeda ria sambil menikmati pemandangan alam laut. Tak hanya itu, tempat piknik di Jakarta yang satu ini juga dilengkapi fasilitas lain, seperti area parkir, musala, toilet umum, live music, dan food court. Menarik, bukan?

Alamat:

Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 15.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol

4. Tempat Piknik di Jakarta: Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol

Dunia Fantasi, menghadirkan sensasi piknik yang santai hingga ekstrem yang sangat berkesan.

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan wahana rekreasi Dunia Fantasi atau yang biasa disebut Dufan? Ya, salah satu tempat piknik di Jakarta ini cukup legendaris. Dibangun pada tahun 1985, Dufan selalu menjadi pilihan masyarakat untuk piknik hingga kini.

Berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Dufan memiliki luas area 21 ha yang menampung lebih dari 30 wahana dan atraksi wisata. Di Dufan, kita bisa merasakan sensasi berjalan-jalan berkeliling dunia dan beberapa kawasan bertema fantasi.

Menariknya, setiap kawasan di Dunia Fantasi mencakup beragam wahana wisata. Tempat piknik di Jakarta yang satu ini menyajikan wahana yang bisa disesuaikan dengan selera dan juga uji nyali.

Ada yang memicu pengunjung untuk berfantasi serta ada pula yang sangat ekstrem. Selain itu, terdapat atraksi yang bisa dinikmati sambil bersantai, seperti pertunjukan parade karakter-karakter Dufan.

Alamat:

Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Mulai Rp175.000 sampai Rp325.000

5. Taman Fatahillah-Kawasan Kota Tua

5. Tempat Piknik di Jakarta: Taman Fatahillah-Kawasan Kota Tua

Duduk lesehan di Taman Fatahillah sambil menikmati nuansa klasik kawasan Kota Tua.

Salah satu tempat piknik di Jakarta yang sudah sangat populer adalah Taman Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta atau Old Batavia. Di kawasan Kota Tua terdapat banyak gedung-gedung bersejarah peninggalan zaman kolonial. Nuansa lingkungannya pun terasa sangat klasik. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk dikunjungi.

BACA JUGA :  15 Kuliner Malam Semarang Paling Enak, Favorit Banyak Orang

Kawasan Kota Tua menjadi tempat piknik di Jakarta yang cukup epik dan sering diburu berbagai kalangan. Di Taman Fatahillah kita bisa mendapati Café Batavia serta kafe dan resto lainnya yang rata-rata mengusung konsep tempo doeloe.

Bergeser sedikit dari Taman Fatahillah, Anda akan mendapati tempat-tempat wisata bersejarah. Sebut saja Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Stasiun Kota, Toko Merah, Rumah Akar, Jembatan Kota Intan, Petak 9 Pecinan, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa.

Alamat:

Jl. Taman Fatahillah No. 1, Kec. Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 05.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Taman Fatahillah tidak dipungut biaya (gratis)
  • Museum Fatahillah:
  • Dewasa 000
  • Mahasiswa 000
  • Anak-anak 000

6. Taman Hutan GBK (Gelora Bung Karno)

6. Tempat Piknik di Jakarta: Taman Hutan GBK (Gelora Bung Karno)

Berada di tengah hiruk pikuk kehidupan kota, tempat piknik di Jakarta ini cukup nyaman dan asyik buat bersantai.

Hutan Kota GBK, salah satu tempat piknik di Jakarta yang merupakan hasil kerja sama pengelola GBK dengan pengembang Hotel Plataran menjadi oase di tengah “hutan beton”. Kawasan ini terbuka untuk umum sebagai tujuan rekreasi dan wisata outdoor. Hutan Kota GBK menjadi keunikan tersendiri di antara gedung-gedung puluhan lantai.

Hutan Kota GBK mengundang masyarakat untuk berpiknik melepas penat dari kesibukan. Lapangan luas berumput hijau dan pepohonan di sekitar yang mulai bertumbuh menawarkan kenyamanan bagi para pengunjung. Piknik di taman ini menghadirkan suasana healing ala kaum urban.

Silakan membawa tikar atau alas duduk sendiri untuk bisa leyeh-leyeh di lapangan Hutan Kota GBK. Anda juga bisa membawa bekal dari rumah atau membeli makanan dari kios atau foodcourt di dekat stadion. Tempat piknik di Jakarta ini memiliki kolam ikan lengkap dengan air terjun buatan yang menenangkan.

Alamat:

Kompleks Gelora Bung Karno

Jl. Jend. Sudirman, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 06.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Monumen Nasional (Monas)

7. Tempat Piknik di Jakarta: Monumen Nasional (Monas)

Kawasan Monas, tempat piknik di Jakarta yang luas dan seru untuk kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Ketika mencari tempat piknik di Jakarta untuk sekadar melepas penat, tidak berlebihan jika Monumen Nasional atau biasa disebut Monas masuk dalam daftar yang tidak boleh dilewatkan. Kebanyakan dari kita tentu sudah sangat familiar dengan ikon kota Jakarta ini, bukan?

Kawasan Monas adalah semacam alun-alun dan menjadi ruang terbuka hijau paling luas di Jakarta. Di tengah-tengahnya berdiri megah bangunan tugu setinggi 132 meter. Kawasan yang dirintis oleh Presiden Sukarno ini memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh para pelancong.

Di dalam tugu Monas misalnya, ada ruangan besar yang berisi diorama tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dari situ, kita bisa menuju puncak tugu Monas untuk menikmati keindahan kota Jakarta dari ketinggian.

Di halaman Monas yang sangat lapang, kita bisa melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, main sepatu roda, dan banyak lagi.

BACA JUGA :  10 Coffee Shop di Jakarta Selatan Paling Nyaman dan Kekinian

Sebagai salah satu tempat piknik di Jakarta, kawasan Monas dikelilingi lapangan rumput dan pepohanan rindang yang asyik buat duduk-duduk sambil berbincang. Selain itu, ada beberapa taman tematik yang Instagramable serta atraksi air mancur menari yang mempesona. Pokoknya bikin piknik jadi puas, deh!

Alamat :

Jl. Medan Merdeka, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Buka :

Selasa-Minggu, Pukul 06.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis Masuk Kawasan Taman Monas
  • Museum di Cawan Monas:
  • Anak-anak : Rp2.000
  • Pelajar : Rp2.000
  • Mahasiswa : Rp3.000
  • Dewasa : Rp5.000
  • Puncak Monas:
  • Anak-anak : Rp4.000
  • Pelajar : Rp4.000
  • Mahasiswa : Rp8.000
  • Dewasa : Rp15.000

8. Taman Mini Indonesia Indah

8. Tempat Piknik di Jakarta: Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, tempat piknik di Jakarta yang selalu menjadi pilihan keluarga.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat piknik di Jakarta yang legendaris serta memiliki banyak pilihan tempat wisata menarik. Mulai dari atraksi anak-anak hingga dewasa, semua tersedia di sini. Tak hanya itu, wisata budaya sampai wisata kekinian pun tak luput disajikan di sini.

Di TMII, Anda akan menemukan berbagai tempat menarik, seperti bangunan rumah adat yang terdapat di 33 anjungan, taman terbuka, bahkan berbagai objek wisata kekinian.

Pada dasarnya, bangunan ataupun arsitektur tradisional yang ada dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di samping rumah adat tradisional, juga terdapat aneka busana, tarian, serta tradisi daerah.

Ada apa saja di TMII? Tentu saja banyak pilihannya. Ada Istana Anak, Snowbay Waterpark, Theater Imax Keong Emas, Taman Legenda Keong Emas, Kereta Layang, Kereta Gantung, Kereta Api Mini, Teater 4 Dimensi, Skyworld TMII, 14 Museum, 3 Tematik Flora & Fauna, serta berbagai fasilitas pendukung.

Tak heran bila TMII menjadi salah satu tempat piknik di Jakarta yang cukup terkemuka.

Alamat:

Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp25.000

9. Cerita Cafe

9. Tempat Piknik di Jakarta: Cerita Cafe

Piknik yang penuh cerita di Cerita Cafe.

Cerita punya cerita, ada kafe yang menjadi salah satu tempat piknik di Jakarta yang bisa menjadi referensi wisata kuliner. Ya, mengusung slogan “Ada Cerita Disetiap Rasa”, Cerita Café sukses mencuri perhatian warga ibu kota, khususnya yang tinggal di bilangan Jakarta Timur.

Melihat penampakan dari luar, Cerita Café sudah cukup mengesankan dengan gaya industrialnya. Saat melangkah masuk, Anda akan disambut spot-spot Instagenic. Terdapat ruang makan lesehan dengan alas duduk berupa bantal besar berwarna-warni. Terasa sangat homey!

Selain duduk lesehan, tersedia meja kursi biasa yang ditata sedemikian rupa plus lampu-lampu yang bergelantung secara estetik. Ketika lampu dinyalakan, panorama interior tempat piknik di Jakarta yang satu ini sangat elegan. Cocok buat Anda yang senang bergaya di depan kamera.

Alamat:

Jl. Otto Iskandardinata No.125-127, Kp. Melayu, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.00-20.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Gratis

Harga Menu:

  • Makanan mulai dari Rp25.000
  • Minuman mulai dari Rp20.000

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com