Tempat Wisata Sumber Sirah Malang, Kolam Renang Alami Wajib Kamu Kunjungi!

Situ Cilembang, Sumedang memang membuat berbagai danau biru di seluruh Nusantara ikut populer. Bahkan beberapa danau biru yang belum diketahui awalnya, kini mulai bermunculan. Situ Cilembang awalnya dikenal melalui postingan di sosial media.

Kemudian menjadi viral hingga diliput oleh media televisi. Kekuatan media sosial sangat hebat karena dapat memopulerkan sebuah tempat dalam beberapa hari saja.

Bagi kalian yang tinggal di Malang rasanya kalian patut bersyukur karena salah satu tempat wisata di Malang yang sering disebut Danau Biru Sumber Sirah Malang oleh masyarakat ini kerap dibandingkan keindahannya dengan Danau Kakaban, Kalimantan Timur.

Tempat Wisata Sumber Sirah Malang, Kolam Renang Alami Wajib Kamu Kunjungi!

Danau Kakaban sendiri merupakan tempat yang sangat unik karena hanya ada dua danau air payau di Dunia. Salah satunya adalah Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di Tenggara Laut Pasifik.

sumber sirah malang IG @tajulmafa

Alamat Sumber Sirah Malang ini berada di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gendanglegi Kabupaten Malang. Tak berbeda jauh dengan Danau Kakaban Kalimantan, Sumber Sirah Malang ini memiliki tumbuhan kecil semacang ganggang hijau dengan pasir hitam yang halus. Ganggang hijau itu jika dilihat dari atas permukaan seperti hamparan karpet hijau yang terbentang dibawah permukaan air sungai.

Kalian bisa bernang di Sumber Sirah Malang ini. Berbeda dengan Situ Cilembang Hariang, Sumedang yang masih digunakan sebagai sumber air minum Desa Hariang sehingga traveler yang datang tidak diperbolehkan untuk berenang.

sumber sirah malang IG @satria_gunawan17

Kalian bisa melakukan aktifitas seperti snorkeling atau hanya bermain air saja di tepi sungai. Dengan kedalaman antara 80 cm hingga 1,5 meter membuat kalian bisa menikmati keindahan ikan-ikan kecil yang berenang berlarian ditengah-tengah tanaman ganggang.

BACA JUGA :  Yuk Kunjungi Wisata Puncak Secokro Wonogiri!

Sumber Sirah Malang ini berada diantara lembah. Lokasinya diantara perbatasan Kepanjen Utara, Bululawang dan Gondanglegi. Selain Sumber Sirah, Gondanglegi juga memiliki tempat wisata lain seperti Sumber Taman dan Sumber Maron.

sumber sirah malang IG @nadyaamrzka95

Karena lokasinya masih berada di Desa. Sumber Sirah Malang ini areanya memiliki udara yang sejuk. Belum lagi dengan pemandangan sekitar Sumber Sirah Malang yang alami sehingga sangat mendukung sekali untuk menyegarkan tubuh dan mata. Semua serba hijau.

Sumber Sirah ini dibuka sebagai tempat wisata. Sehingga kalian bisa berenang dengan bebas. Bahkan ada penyewaan pelampung. Tarifnya cukup murah kok, hanya Rp 3.000 saja. Namun, kalian harus tetep hati-hati karena lokasi menuju Sumber Sirah ini terkadang sangat licin jika setelah diguyur hujan.

Memang sih jika dibandingkan dengan Danau Kakaban sangat jauh sekali. Namun nuansa dan pesona Sumber Sirah Malang ini sangat kental sekali dengan Danau Kakaban, apalagi jika dilihat dari foto Instagram. Teman kalian yang melihatnya pasti akan penasaran dimana lokasinya.

Sumber Sirah Malang ini juga populer melalui sebuah foto di Instagram. Setelah booming, kini banyak orang yang datang ke Sumber Sirah Malang bukan hanya sekedar berfoto saja namun juga berenang dan membuat pose-pose menarik didalam air. Hasilnya lumayan juga kok untuk memenuhi timeline Instagram kalian.

sumber sirah malang IG @fikrighifarir

Tips Dan Cara Pergi Ke Sumber Sirah Malang

  1. Dari Kota Malang, Sumber Sirah Malang ini dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 30-45 menit.
  2. Supaya kondisi airnya terlihat bening saat difoto, datanglah pada saat weekdays dan bukan pada saat weekend.
  3. Datanglah pada siang hari agar berkas cahaya matahari bisa tembus masuk dan memberikan nuansa yang terang di sekitar Sumber Sirah Malang.
  4. Lokasi tidak bisa ditempuh dengan mobil. Sebaiknya kalian mengendarai motor untuk menuju Sumber Sirah Malang ini.
  5. Jika menggunakan mobil, kalian harus memarkirkan kendaraan di rumah penduduk dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter saja.
  6. Rute dari Malang – Bululawang – Pabrik Gula Karet – Pabrik Pioneer – Sebelah kanan jalan di gang sempit hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua.
  7. Jika ingin berenang, gunakan pakaian renang dari rumah karena tidak ada tempat berganti pakaian atau pun toilet umum.
  8. Tetap menjaga keseltasian Sumber Sirah Malang dengan tidak membuang sampah sembarangan.
BACA JUGA :  Tips AC nyala 24 Jam Tapi Tetap Irit!

Comments

comments