5 Jalan Di Indonesia Dengan Pemandangan Keren! Kamu Pernah Lewat Yang Mana?

By | April 30, 2019
Rate this post

Jalan merupakan sarana yang dibangun untuk menghubungkan suatu wilayah, jika sebuah jalan mampu menyuguhkan pemandangan yang indah saat melakukan perjalanan hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi sebuah jalan yang bisa menyejukkan dan memanjakan mata.

Asyiknya setelah membaca thread ini, gan/sist tak perlu keluar negeri untuk menikmati jalanan yang mempunyai keindahan yang menarik dan eksotis.

Karena di Indonesia juga memiliki banyak jalanan yang menurut ane cukup keren gan.
Bahkan saking kerennya, saat melakukan perjalanan sebagian orang berhenti sejenak menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan yang ada, sambil berfoto-foto sekaligus beristirahat melepas penat selama perjalanan.

5 Jalan Di Indonesia Dengan Pemandangan Keren! Kamu Pernah Lewat Yang Mana?

Nahh dimana saja sih jalanan yang mempunyai pemandangan keren tersebut ?
Penasaran gan ?

1. Tol Banyumanik

Nahhh, yang pertama berada di kawasan tempat TS tinggal nih gan/sis.
Bagi yang teman-teman kaskuser yang berdomisili di Semarang pasti sudah tak asing lagi kan dengan jalan bebas hambatan (jalan tol) ini ?
Jalan tol ini menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Ungaran Jawa Tengah, jalan bebas hambatan ini bagi ane masuk ke dalam kategori jalan keren karena mempunyai pemandangan yang indah berkat lokasinya yang bervariasi.
Ketika gan/sis memasuki pintu tol Banyumanik, dari kejauhan terlihat gunung Merbabu dan gunung Merapi, kedua gunung ini menjadi pasangan gunung paling fenomenal di poros Utara Selatan provinsi Jawa Tengah.
Gunung Merbabu tampak masih utuh di bagian puncaknya, sedangkan puncak gunung Merapi tampak tidak beraturan akibat letusan.
Di tol ini juga ada sekumpulan pohon Pinus di kiri kanan jembatan penggaron yang sangat memikat.
Pemandangan alam di kanan dan kiri jalan ini mempunyai kondisi alam berbukit-bukit dengan deretan pepohonan yang masih terjaga.
Sumber

2. Kelok 9

Setelah tadi di kota TS tinggal, sekarang kita beralih ke provinsi dimana TS dilahirkan, yaitu Sumatera Barat.
Bisa dibilang sekarang ini jembatan kelok 9 sebagai salah satu ikon wisata Sumatera Barat, jembatan yang dibangun dengan desain jalan yang berkelok ini berlokasi di tengah perbukitan di sekitar jalan kelok 9.
Jalan kelok 9 sendiri adalah 9 tikungan tajam dengan jurang yang terjal pada kontur alam yang menurun yang dibuat sejak zaman Belanda.
Sedangkan jembatan nya sendiri baru diresmikan pada 2013 untuk mengurangi kemacetan dan mempermudah jalur yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau.
Agan sista tidak akan bosan selama melintas di jalan ini, karena pemandangan yang tersaji di kiri kanan jalan begitu indah.
Perbukitan yang asri dengan pepohonan yang hijau akan menghiasi sepanjang jalanan.
Selain menjadi jalur penghubung antar dua provinsi, kelok 9 juga menjadi lokasi wisata karena setelah melewati jembatan ada spot menara pandang yang ramai di kunjungi turis.
Dari atas menara ini lah pengunjung bisa melihat jelas seperti apa bentuk jembatan kelok 9 dari ketinggian.
Sumber

3. Kelok 44

Masih di provinsi TS dilahirkan nih gan, hehehe
Setelah tadi kita bahas kelok 9, kini kita akan beralih ke jalan kelok 44. Wahhh, banyak sekali ya kelok nya..
Pemandangan indah tersaji di tebing namun kita akan merasa sedikit ketakutan dan gemetar saat melewati 44 belokannya yang curam.
Jalan berkelok di kabupaten Agam ini pernah menjadi ikon acara balap sepeda bertaraf internasional “Tour De Singkarak“.
Jika agan sista datang dari arah Bukittinggi, maka plang pertama yang dilihat saat memasuki kawasan kelok 44 adalah kelok 1, semakin menurun dan berliku maka semakin besar pula angka yang ada di plang.
Di setiap kelok tersedia semacam rest area berupa warung makan, disitu lah para pengguna jalan bisa beristirahat.
Banyak wisatawan yang sengaja berlama-lama di rest area karena ingin menikmati pemandangan disini, dari sini pula kita bisa melihat kendaraan yang sedang sibuk berbelok di rute ini.
Panorama hijau dari pepohonan dan air danau menghipnotis siapa saja yang melihat, danau Maninjau yang megah dan cantik memantulkan pemandangan bak cermin alam raksasa.
Wahhh TS berlebihan nih, hehe
Tapi memang sangat indah kok gan.
Sumber

4. Jalan Pantura Rembang – Tuban

 

Jika gan/sist pernah ke Surabaya melalui jalan darat, tentu akan famaliar dengan ruas jalan yang terbentang antara Kota Rembang hingga Tuban.
Jalan yang termasuk jalur Pantura Jawa ini memang menyuguhkan pemandangan pantai dan bentangan laut Jawa yang spektakuler.
Saat waktu-waktu tertentu terutama disaat sore menjelang Maghrib, kawasan pesisir ini ramai dengan kapal para nelayan yang bersandar usai menangkap ikan.
Bagi yang menyukai pemandangan pantai dengan hembusan angin laut, tentu kondisi ini akan menjadi godaan untuk berhenti sejenak saat melintas di ruas jalan ini.
Selain untuk melepas lelah, tentu saja menjadi tempat terbaik untuk berfoto-foto.
Sumber

5. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama di Bali dan juga jalan tol terapung pertama di Indonesia.
Jalur yang membentang sepanjang 12,7 KM ini tergolong unik karena mempunyai jalur sepeda motor di ruas sisi kiri dan kanan.
Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua.
Pembangunan tol yang 100% buatan Indonesia ini sangat singkat hanya sekitar setahun lebih, yakni dari bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013.
Karena dibangun diatas perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Oleh karena itulah di pasang alat pengukur kecepatan angin si setiap gerbang tol, dan jika kecepatan angin mencapai 40 KM atau lebih jalan tol akan ditutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan.
Sumber

Comments

comments