Tempat Wisata Instagramable Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir Bintan kini bukan hanya menjadi destinasi wisata selfie tapi juga menjadi salah satu tempat wisata idola baru anak muda di Tanjung Pinang.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan hamparan gurun pasir yang menakjubkan. Kepulaua Riau kini memiliki Gurun Pasir Bintan yang langsung viral di sosial media. Pasalnya tempat bekas galian ini bak sebuah padang pasir di Afrika.

Tempat Wisata Instagramable Gurun Pasir Bintan Punya Warna Pasir yang Langka

Uniknya, warna pasir di Gurun Pasir Bintan ini memiliki warna warni yang langka dan eksotis. Warna pasir pada umumnya berwarna cokelat muda hingga cokelat tua. Namun berbeda dengan beberapa tempat di Gurun Pasir Bintan yang memiliki warna putih, merah muda hingga sedikit mengeluarkan warna ungu yang mempesona.

Gurun Pasir Bintan awalnya merupakan sebuah tambang pasir. Kini, lokasi bekas tambang pasir ini sudah tidak aktif lagi dan ditinggalkan. Undakan-undakan gurun pasir ini terbentuk karena air hujan sehingga terbentuk layaknya bak sebuah Padang Sahara Afrika.

Instagram @sarahazf

Beberapa bagian Gurun Pasir Bintan masih ada yang dipenuhi dengan rumput dan tumbuhan. Sisanya sudah diliputi dengan pasir yang berwarna warni akibat perbedaan lapisan tanah dan kandungan mineral yang berbeda.

Lokasi Gurun Pasir Bintan ini berada di Desa Busung, Kepulauan Riau. Jaraknya sekitar 62.6 kilometer yang dapat ditempuh dengan kendaraan kurang lebih selama 1 jam saja dari Tanjung Pinang.

Wisata Baru yang Tengah Trending

Melihat animo warga yang cukup tinggi berkunjung ke Gurun Pasir Bintan ini, akhirnya pengelola membuatkan sebuah patung unta dari kayu yang berdiri dengan tegap sebagai salah satu properti untuk berswafoto di Gurun Pasir.

BACA JUGA :  Foto Pantai Gunung Payung Bali, Cara Pergi Ke Pantai Gunung Payung

Warga sekitar di Desa Busung akhirnya mendapatkan keuntungan ekonomi baik dari parkir hingga warung-warung yang menjajakan makanan di sekitar Gurun Pasir Bintan.

Awalnya warga tidak melihat potensi wisata dari Bukit Pasir Desa Busung. Namun, lama-kelamaan akhirnya tempat wisata langka dan satu-satunya di Indonesia ini kian terkenal seiring dengan viralnya di sosial media Instagram.

Cara menuju Gurun Pasir Bintan dapat melalui jalan lintas Tanjungpinang – Bintan. Keberadaan Gurun Pasir ini tepatnya berada di kilometer 50. Warga kini bersyukur karena Bukit Pasir Desa Busung makin dikenal oleh warga Kepulauan Riau sebagai salah satu tempat wisata unik yang baru.

Comments

comments