Wisata Situs Gunung Kasur Dengan Misteri Legendanya!

Keindahan alam Indonesia tak pernah habis-habisnya di kupas. Beberapa tempat yang tadinya biasa saja tiba-tiba riuh menjadi ramai karena dibicarakan di media sosial. Sebut saja seperti Tebing Keraton Bandung dan Situ Cilembang Sumedang yang tak habis-habisnya wisatawan yang datang untuk menikmati secuil keindahan ciptaan Tuhan.

Kini beberapa nitzen mulai kembali membicarakan kembali salah salah satu situs yang mirip dengan Gunung Padang di Cianjur. Gunung Padang yang mirip seperti undakan Piramida di Mesir ini termasuk kategori tempat bersejarah yang diperkirakan dibangun pada zaman Megalitikum.

Wisata Situs Gunung Kasur Dengan Misteri Legendanya!

Gunung Kasur Cianjur IG @AgusJayaSaputra

Tak jauh dari tempat yang sama, masih di Cianjur, kini kembali diperbincangkan nitzen tempat wisata Gunung Kasur. Alamatnya berada diantara Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet. Selain memiliki pemandangan yang indah, Gunung Kasur juga dipercaya sebagai salah satu situs prasejarah. Dari ketinggian 1.080 mdpl, kalian bisa menikmati hamparan gunung yang indah sambil menghirup udara segar yang dikeliling dengan pepohonan yang rimbun.

Dengan luas sekitar 12.5 hektar, Gunung Kasur berada dalam wilayah Desa Gadog. Beberapa traveler, komunitas motor dan backpacker kini mulai banyak yang mengetahui keberadaaan Gunung Kasur. Pesona keindahan Gunung Kasur memang menawan. Mirip seperti berada di Puncak Tebing Keraton Bandung. Dari puncak Gunung Kasur kalian bisa menikmati pemandangan kota Cipanas baik siang ataupun malam.

Situs Batu Kasur Cipanas IG @AgusJayaSaputra

Asal usul nama “Gunung Kasur” karena dulunya di puncak Gunung Kasur memiliki lempengan batu yang mirip seperti hamparan kasur yang sedianya dilengkapi dengan batu berbentuk bantal dan guling. Rasa penasaran kalian siap-siap bertambah karena di salah satu batu yang berada di Gunung Kasur ini terdapat sebuah telapak kaki yang dipercaya sebagai bekas telapak kaki salah seorang Patih Pertama Cianjur.

BACA JUGA :  Yuk Kunjungi Wisata Puncak Secokro Wonogiri!

Gunung Kasur pun memiliki keistimewaan lain yakni keberadaan makam yang dikramatkan oleh penduduk setempat. Menurut beberapa warga sekitar, makan tersebut merupakan makam Eyang Jaya Paksi yang dipercaya merupakan keturunan Kerajaan Banten.

Tapak Kaki Patih Kerajaan Banten IG @AgusJayaSaputra

Dengan medan yang menanjak dan puncak yang tinggi, beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi Gunung Kasur ini berharap bisa dibuka wisata motor trail dan wisata paralayang seperti di Puncak Bogor. Jika dikelola lebih profesional, Gunung Kasur bukan sekedar tempat wisata sekaligus juga bisa dijadikan sebagai tempat edu wisata dan wisata sejarah.

Memang Gunung Kasur sudah banyak dikunjungi oleh beberapa pelajar terutama pada saat liburan. Namun, keberadaan mereka hanya semata menikmati pemandangan dan pesona alam Gunung Kasur saja. Jika saja bisa dikelola, Gunung Kasur ini memiliki potensi untuk dikembangkan layaknya seperti situs Gunung Padang.

Keindahan Gunung Kasur yang terpendam IG @AgusJayaSaputra

Fenomena wisatawan terhadap wisata baru memang sangat tinggi. Rasa penasaran mereka terhadap tempat wisata baru hanya sekadar untuk memenuhi rasa ingin tahu dan selfie belaka. Amat disayangkan jika tidak ada pelajaran yang bisa dipetik dari setiap perjalanan yang mereka lakukan.

Kondisi Gunung Kasur makin hari makin tidak terawat meskipun sudah ada beberapa wisatawan yang datang untuk membunuh rasa penasarannya. Menaklukkan Gunung Kasur tidaklah mudah karena butuh usaha yang lebih. Pasalnya belum ada jalan yang dibuat secara permanen. Wajar saja jika rata-rata yang datang ke Gunung Kasur merupakan Traveler yang sudah terbiasa naik gunung.

Tebing Keraton Warga Cipanas Ini Keren Banget IG @AgusJayaSaputra

Warga sekitar dan beberapa traveler yang pernah datang ke Gunung Kasur berharap ada perhatian Pemerintah untuk membuka Gunung Kasur sebagai tempat wisata baru di Cianjur. Selain akan memberikan manfaat secara ekonomi terhadap masyarakat sekitar juga memudahkan wisatawan untuk selalu berkunjung ke Gunung Kasur dengan mudah.

BACA JUGA :  Wahana Di Universal Studio Singapura Ini Wajib Kamu Coba!

Saat ini kalian yang berniat ke Gunung Kasur disarankan tidak membawa keluarga apalagi balita atau anak-anak karena akses jalan yang berat. Lokasi wisata Gunung Kasur ini hanya dapat ditaklukkan bagi mereka yang terbiasa menempuh perjalanan jauh dengan jalan kaki dan naik gunung.

Tips dan Panduan ke Gunung Kasur Cipanas

  • Sebaiknya menggunakan sepatu untuk menuju Gunung Kasur Cipanas
  • Jaga cairan tubuh dengan membawa air minum sebagai perbekalan.
  • Hindari untuk naik saat hujan, selain medannya berat juga sangat licin.
  • Kalian juga bisa menggunakan sepeda gunung atau kendaraan roda dua untuk bisa mencapai puncak Gunung Kasur.
  • Jarak dari Istana Cipanas hanya sekitar 2,6 km saja kok. Jadi kalian bisa memarkir kendaraan di tempat yang aman sekitar Istana Cipanas, lalu lanjut dengen hiking ke Gunung Kasur.
  • Karena Situs Gunung Kasur ini merupakan tempat sakral, jaga ucapan dan perbuatan, apalagi tedapat sebuah makam di puncak Gunung Kasur ini.
  • Jangan tinggalkan sesuatu apapun kecuali jejak dan jangan mengambil apapun kecuali foto seperti yang sudah dipesankan oleh banyak Traveler.

Menikmati Malam di Gunung Kasur Cianjur IG @AgusJayaSaputra

Liburan Bersama Keluarga di Gunung Kasur Cianjur IG @AgusJayaSaputra

Gunung Kasur Cianjur IG @AgusJayaSaputra

Comments

comments