Simpan Kenangan Indah Dengan 11 Cara Kreatif Ini Ya!

By | July 16, 2017

Lapakfjbku.com – Sudah berapa lama waktu yang kamu jalani? Setiap hari, pengalaman baru datang silih berganti, orang-orang pun datang dan pergi. Pastinya sudah banyak hal manis yang kamu lalui bareng sahabat, pacar, maupun orang tuamu. Tapi, gimana caranya biar kenangan indah itu tersimpan selamanya? Coba simak artikel ini yuk! Simpan Kenangan Indah Dengan 11 Cara Kreatif Ini Ya, oke!?

1. Sulap kenanganmu jadi benda-benda seni atau perhiasan.


kamu bisa berkreasi menciptakan sesuatu untuk menyegarkan ingatanmu terhadap kenangan manis yang ingin kamu simpan. Banyak orang yang menempelkan lukisan dan foto-foto kenangan. Ada juga yang membingkai kutipan-kutipan favorit mereka.

Kalau kamu bosan dengan hal-hal di atas, cobalah bikin sesuatu yang sekreatif mungkin. Gak ada batasan kok! Mungkin kamu bisa menyalin surat cintamu pada sebuah piring, atau mewujudkan gambar sketsamu masa kecil menjadi boneka kain atau bandul perak. Jadi, mereka gak cuma berfungsi sebagai benda kenangan, tapi juga barang seni dan perhiasan.

2. Album foto? Gimana kalo website?


Menyimpan foto-foto kenangan di album foto itu memang manis. Tapi, kenapa gak mengubah medianya menjadi situs web yang didedikasikan untuk menyimpan memorimu? Di situ kamu bisa menulis cerita, puisi, mengunggah foto dan video, dan bermacam hal yang kamu inginkan.

Dengan internet, memori indahmu akan tersimpan selamanya. Lagipula, kamu bisa dengan mudah memperlihatkan dan membagikannya pada orang-orang tanpa harus pulang ke rumah dan mengambil album foto, ‘kan?

3. Makin sering diceritakan, makin ingat!


Kenapa kisah sejarah yang terjadi zaman dulu bisa abadi sampai sekarang meski tulisan belum ditemukan? Ya, karena terus diceritakan secara turun-temurun. Bercerita adalah salah satu cara untuk menjaga sebuah kenangan tetap hidup di benakmu dan orang-orang yang mendengarnya. Jadi, gak usah ragu buat menceritakan memori indahmu pada orang-orang terdekatmu.

4. Torehkan kisahmu dalam sebuah jurnal.


Kalo kamu gak pandai bercerita, kamu juga bisa lho menuliskan kisahmu ke dalam sebuah jurnal untuk kamu baca ulang nanti atau kamu berikan pada seseorang yang kamu sayang. Membaca ulang jurnalmu akan menghidupkan kembali memori-memori itu. Dan siapatahu, suatu saat, jurnalmu jadi seseuatu yang berharga bagi seseorang.

5. Masukkan kenang-kenangan perjalanan dalam sebuah toples.


Salah satu ide kreatif yang bisa kamu lakukan untuk mengingat perjalananmu selain membuat jurnal adalah mengumpulkan benda kenang-kenangan dalam sebuah toples. kamu bisa memulainya dengan sebuah suvenir mini ciri khas daerah itu — misalnya miniatur candi — lalu dekorlah dengan secarik foto dan tiket dalam sebuah toples menggunakan lem. Lumayan, ‘kan, buat hiasan di kamar.

6. Ubah perca kenanganmu menjadi sebuah memory quilt.


Quilt adalah semacam selimut yang terdiri dari tiga lapisan. kamu gak perlu bikin quilt beneran sih, bikin aja selimut dari benda-benda kenangan. Misalnya, kamu bisa mengubah kaos-kaos kepanitiaan atau event di kampus maupun di luar kampus yang menumpuk di lemari menjadi perca lalu dijahit jadi satu menjadi selimut atau quilt. K

kamu juga bisa mencetak gambarmu ke sebuah printable fabric lalu kamu jahit jadi satu. Biar lebih keren, kamu juga bisa berkreasi dengan t-shirt marker pen biar quilt-mu makin unyu.

7. Temukan dan kumpulkan kembali barang kesukaanmu saat kecil.


Waktu masih kecil, kita pasti punya benda-benda kesukaan. Ia bisa berupa mainan action figur, video game lawas, atau boneka. Kalo benda kesukaanmu itu game, beruntunglah kamu. Cukup unduh file-nya, lalu mainkan dengan emulator di komputermu. Kalo benda kesukaanmu itu berbentuk fisik dan agak susah mencarinya, kamu bisa mencoba situs jual beli semacam eBay.

8. Edit sendiri video kenanganmu jadi sebuah film pendek yang manis.


Selama ini kamu barangkali mengumpulkan banyak potongan-potongan video mentah yang acak. Kenapa gak dijadikan sebuah video yang utuh aja? kamu bisa memanfaatkan perangkat lunak penyunting video seperti Adobe Premier, Edius, Atau Final Cut Pro. Gabungkan foto, video footage, dengan musik yang pas lalu simpan, unggah ke situs web pribadimu, cloud storage, Youtube, atau bakar aja ke DVD untuk ditonton bareng-bareng.

9. Simpan file foto dan videomu dalam sebuah harddrive eksternal.


Cara paling simpel untuk menyimpan semua memorimu yang berformat digital adalah dengan harddrive eksternal. Harganya gak terlalu mahal, dan HDD eksternal yang bagus itu tahan lama. Mereka bakal tetap aman meski komputermu nge-hang atau internet mati. Meski begitu, jangan menjadikannya tempat satu-satunya buat menyimpan foto dan videomu ya.

10. Atau, unggah ke media penyimpanan awan/Cloud Storage.


Zaman sekarang, kamu gak perlu takut file-mu di harddisk terhapus atau rusak karena komputermu ngadat. kamu selalu bisa mem-backup-nya ke jasa cloud storage seperti Dropbox, Microsoft OneDrive, maupun Google Drive. Masing-masing dari jasa ini menyediakan gudang sebesar beberapa gigabyte untuk kamu coba. kamu bisa mengaturnya ke album-album dan membagikannya ke teman-temanmu.

11. Yang paling gampang, gunakan media sosial.


Media sosial adalah cara paling konkret zaman sekarang untuk menyimpan foto dan video kenang-kenanganmu. kamu bisa mengunggahnya ke dalam album-album, membaginya ke teman-temanmu, dan bisa mengaksesnya kapanpun kamu perlu.

Tumblr dan Google+ mengizinkanmu untuk mengunggah foto dengan berbagai ukuran, sementara Instagram dan Facebook akan menyesuaikan dengan skalanya yang standar. Mereka adalah tempat yang baik buat menyimpan memorimu, karena kamu bisa bernostalgia langsung bareng teman-temanmu.

Mau yang lebih privat? Ada Path yang bisa kamu gunakan. Dengan Path, kamu bisa membagikan momen bersama teman-teman, kemudian menyimpannya dalam timeline yang jelas. Melalui media ini kamu bahkan bisa memilih kepada siapa saja momen itu akan kami bagikan, tanpa harus membuat teman yang tidak dibagi merasa tersinggung.

Menyimpan sebuah kenangan manis ternyata gak terlalu sulit, ‘kan? Apakah kamu punya tips lain yang bisa kita gunakan untuk mengenang sesuatu?

Banyak Dicari

Comments

comments