Skandinavia Layaknya Surga, Kamu Mau Tinggal Disini?

Rumah unik orang-orang Skandinavia ini dibangun bukan tanpa alasan. Hampir disemua lantai atapnya dipenuhi dengan rumput yang menghijau. Rumah atap hijau ini ternyata memiliki banyak manfaat di saat musim panas maupun musim hujan.

Bak sebuah rumah di negeri dongeng, rumah-rumah ini terlihat sederhana namun tetap menyegarkan mata. Bahkan jika posisinya berada di antara gundukan bukit, rumah unik ini akan berkamuflase seolah-olah bukan seperti tempat tinggal.

Rumah ini memiliki beberapa keuntungan di antaranya mampu penyerap air hujan saat musim hujan, sebaliknya saat musim panas, dengan atap rumput seperti ini ternyata mampu terpaan sinar matahari sehingga menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk dan dingin.

Skandinavia Layaknya Surga, Kamu Mau Tinggal Disini?

Dengan konsep rumah seperti ini, orang-orang Skandinavia bisa menghemat listrik untuk pemakaian pendingin ruangan. Sekaligus ramah lingkungan karena air langsung bisa diserap sehingga benar-benar bermanfaat bagi lingkungan.

Beberapa rumah seperti ini bisa kalian temui di Islandia hingga Norwegia. Setiap tahun bahkan digelar kompetisi untuk menentukan rumah ramah lingkungan terbaik dengan atap rumput atau tumbuhan. Kalian tertarik untuk membangun rumah seperti ini?


 

Comments

comments

BACA JUGA :  Keren! Gua Gletser Cantik Di Vatnajokull, Islandia